Biotin (Vitamin B7) : Manfaat – Sumber Makanan – Dosis – Efek Kekurangan dan Kelebihan

Untuk mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan bugar, anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin. Vitamin sangat diperlukan untuk tubuh karena vitamin biasanya akan membantu dan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang jika anda kurang kekurangan vitamin.

Kali ini kita akan membahas tentang Vitamin B7 yang juga memiliki nama ilmiah Biotin dan merupakan salah satu komponen vitamin B Kompleks. Vitamin B7 juga berbeda karena kita dapat memperolehnya dari bakteri usus, mikrobiata. Manfaat vitamin untuk daya tahan tubuh dan sumbernya juga dapat kita cari lewat beberapa makanan sehat.

Biotin juga sangat berperan untuk koenzim, Vitamin ini membantu koenzim untuk bekerja di dalam tubuh kita. Sebagai koenzim, biotin membantu empat buah enzim yang semuanya bekerja untuk reaksi karboksilasi. Reaksi inilah yang berperan penting dalam proses metabolisme energi, misalnya pembentukan glukosa dan asam lemak, serta pemecahan asam amino. Selain itu, biotin juga mempengaruhi berbagai fungsi sel, ekspresi gen dan menjaga agar proses pembelahan sel berjalan normal.

Biotin juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh diantaranya:

1. Sebagai Metabolisme

Vitamin B7 berfungsi untuk menyediakan energi, dari metabolisme unsur penting seperti lemakprotein dan karbohidrat. Proses ini juga sangat berguna untuk melakukan fungsi rutinnya  untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

2. Perawatan Kulit

Semua orang tentu mendambakan kulit yang sehat bukan? bukan hanya kulit tubuh, tetapi kulit kepala juga harus selalu terjaga. Vitamin B7 (Biotin) sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit  dan kesehatan rambut. Anda juga akan terhindar dari bahaya rambut rontok jika mengkonsumsi Vitamin B7 yang cukup.

3. Pemeliharaan Jaringan Otot

Seperti yang anda ketahui, otot tubuh manusia selalu melakukan regenerasi jika terjadi kerusakan. Untuk menjaga pemeliharaan otot tubuh, vitamin ini sangat berguna serta menjamin berfungsinya kesehatan sistem saraf otak, seiring dengan pertumbuhan yang diinginkan dari sumsum tulang.

4. Menjaga Berat Badan Yang Stabil

Jika anda memiliki masalah berat badan yang mungkin berlebihan atau justru kurang, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk Mengkonsumsi Vitamin B7 ini. Vitamin B7 sangat berguna untuk menjaga kestabilan berat badan agar selalu dalam keadaan yang baik dan stabil.

5. Mempertahankan Tingkat Gula Darah

Vitamin B7 sangat membantu untuk mempertahankan gula darah dalam tingkat yang tepat sehingga tidak timbul berbagai macam penyakit yang berakibat dari kelebihan atau kekurangan gula darah. Vitamin B7 sangat membantu tubuh untuk beradaptasi dengan insulin, sehingga mengurangi resiko gejala penyakit gula atau diabetes.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin B7 ( Biotin ) juga dikenal sangat membantu memastikan fungsi jantung berjalan normal serta membebaskannya dari berbagai penyakit yang membahayakan kesehatannya. Vitamin B7 juga dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol tinggi di dalam tubuh manusia.


Sumber Makanan dan Dosis Mengonsumsi Biotin

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung biotin tinggi untuk tubuh:

  • Yogurt
  • Daging ayam
  • Kembang kol
  • Buah berry
  • Alpukat
  • Ikan sarden dan salmon
  • Telur
  • Produk susu
  • Kacang kedelai
  • Kacang-kacangan
  • Daging sapi
  • Jamur tuna
  • Pisang

Biotin biasanya berbentuk tablet dengan dosis 10 mcg, 50 mcg dan 100 mcg. Sedangkan dosis yang direkomendasikan oleh dokter adalah:

  • 0-12 bulan : 10 mcg per hari
  • 1-3 tahun : 8 mcg per hari
  • 4-8 tahun : 12 mcg per hari
  • 9-13 tahun : 20 mcg per hari
  • 14-18 tahun : 25 mcg per hari
  • diatas 18 tahun : 30 mcg per hari
  • Ibu Hamil : 30 mcg per hari
  • Ibu Menyusui : 35 mcg per hari

Efek Apabila Kekurangan Mengkonsumsi Biotin

Akibat Kelebihan dan kekurangan biotin di dalam tubuh, jika kita mengkonsumsinya secara tidak seimbang dapat memberikan beberapa dampak dan bahaya buruk untuk tubuh. Berikut efek apabila kekurangan mengkonsumsi biotin:

1. Membuat Kulit Kusam

Menurut penelitian, biotin sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Karena biotin memiliki fungsi untuk mengembalikan warna kulit. Banyak orang yang mengkonsumsi biotin dikarenakan memiliki gejala seperti kulit keriput, ruam bersisik bahkan rambut rontok yang akhirnya direkomendasikan untuk mengkonsumsi vitamin ini secara stabil. Penyakit kulit yang dapat ditimbulkan dalam jangka panjangnya adalah dermatitis seboroik yaitu pengelupasan pada kulit disertai dengan gatal-gatal.

2. Kerusakan Pada Rambut

Rambut rontok juga dapat dikarenakan karena kurangnya konsumsi Vitamin B7 ( Biotin ) pada tubuh. Karena sejatinya biotin sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut. Anda juga akan terhindar dari beberapa macam bahaya rambut rontok yang berlebihan jika mengkonsumsinya secara seimbang.

3. Mudah Lelah

Salah satu efek jika anda kekurangan mengkonsumsi Vitamin B7 ( Biotin ) juga adalah anda akan lebih sering merasa lelah atau lesu. Karena biotin berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh anda, jika anda kurang dalam mengkonsumsi biotin maka tubuh tidak akan maksimal dalam menjalankan fungsinya, dan akan mengakibatkan cepat lelah. Maka dari itu, untuk terhindar dari berbagai masalah dan kurang maksimalnya pekerjaan yang akan anda kerjakan, sebaiknya konsumsi Vitamin B7 ( Biotin ) secara seimbang menurut dosis yang telah kita bahas diatas ya.

4. Berat Badan Tidak Stabil

Semua orang tentu mendambakan bentuk tubuh yang stabil bukan? ya, tidak ada yang ingin mengalami masalah penampilan hanya dikarenakan dengan berat badan yang kurang ataupun berlebihan. Mungkin anda kekurangan mengkonsumsi Vitamin B7 ini jika masih mengalami masalah tersebut. Mengkonsumsi biotin yang tidak teratur dapat mengakibatkan obesitas ataupun kekurangan gizi, tentu masalah ini harus dihindari bukan terlebih lagi untuk kaum hawa?

5. Kelainan Jantung

Jantung merupakan organ yang sangat penting untuk tubuh dikarenakan jantung berfungsi untuk membantu proses peredaran darah dalam tubuh manusia. Jika tidak mengkonsumsi Vitamin B7 secara cukup ini akan mengakibatkan resiko kelainan jantung, sungguh mengerikan sekali bukan? bahkan tidak jarang ibu hamil yang melahirkan bayi yang mengidap kelainan jantung bawaan, disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi vitamin b7 ( biotin) selama kehamilannya. Ada beberapa cara menjaga kesehatan jantung diantaranya anda juga harus mengimbangi dengan olahraga yang cukup setiap harinya.

6. Kelebihan Gula Darah

Kekurangan biotin akan mengakibatkan sulitnya tubuh mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, jika hal ini kita alami dalam jangka waktu yang panjang maka penyakit yang akan ditimbulkan adalah diabetes. Jadi, kita harus selalu menjaga apapun makanan yang akan kita konsumsi ya, jangan sampai makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang selalu memiliki kadar biotin yang lemah. Semua orang tentu mendambakan tubuh yang sanga sehat bukan?

7. Infeksi Pada Vagina

Vagina merupakan organ vital pada wanita yang berfungsi sebagai alat reproduksi. Cara menjaga kesehatan alat reproduksi wanita diantaranya adalah dengan mengkonsumsi biotin secara cukup.

8. Pernafasan Terganggu

Vitamin B7 (Biotin) sangat berpengaruh untuk mengatur oksigen yang masuk di dalam tubuh manusia. Jika anda kekurangan vitamin ini, maka bisa dipastikan anda akan sering mengalami sesak nafas dan sulit untuk bernafas. Penyebab sesak nafas yang lain bisa juga dikarenakan faktor alergi.

Efek Apabila Kelebihan Mengkonsumsi Biotin

Bukan hanya kekurangan vitamin B7 (Biotin) ini saja yang memiliki dampak tidak baik untuk tubuh, namun jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan juga dapat mengalami hal-hal seperti:

1. Alergi

Masalah kulit yang dapat ditimbulkan lainnya adalah Alergi, namun alergi biasanya dikarenakan konsumsi biotin yang secara berlebihan. beberapa ciri-ciri alergi yang terjadi biasanya dapat ditandai dengan gejala awal seperti timbul bintik bintik merah pada kulit serta sesak nafas. Jadi, meskipun biotin sangat berguna untuk membantu kesehatan kulit, jika anda tidak cerdas mengkonsumsinya serta diatas ambang maksimum maka justru dapat mengakibatkan alergi yang berdampak pada kerusakan pada kulit.

2. Keracunan

Kelebihan konsumsi Vitamin B7 (biotin) dapat mengakibatkan tubuh menjadi keracunan. Hal ini diakibatkan oleh tubuh tidak dapat menampung banyaknya biotin yang masuk sehingga biotin ini akan menyebar melalui mana saja meskipun mungkin sebenarnya tubuh belum membutuhkan biotin ini. Dan jika hal itu terjadi, keracunan pada tubuh tidak akan dapat anda hindari.


3. Menyebabkan Jerawat

Jerawat adalah timbunan sedikit lemak yang ada pada permukaan kulit dan tentunya akan membuat kita tidak nyaman jika mengalaminya, jerawat cenderung terasa nyeri, apabila anda kelebihan mengkonsumsi biotin maka efek selanjutnya yang dapat terjadi adalah munculnya jerawat pada area sekitar dagu dan rahang. Vitamin ini meningkatkan produksi sebum di kulit, membuat jalan untuk pecah dan akumulasi kotoran.

Tapi jerawat juga bisa menghilang jika anda langsung menghentikan konsumsi biotin, meskipun tidak instan namun dalam waktu beberapa hari dapat dipastikan jerawat anda akan segera menghilang. Hal ini lebih baik untuk mengkonsumsi biotin dalam kondisi yang stabil, minumlah banyak air selagi mengkonsumsi vitamin ini agar anda terhindar dari masalah jerawat.

4. Meningkatkan Kadar Glukosa Darah

Orang-orang yang menderita diabetes, biasanya sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi Vitamin B7 ( Biotin ) ini. Hal ini disebabkan oleh biotin meningkatkan produksi lemak serta glukosa dalam tubuh. Jika anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, dan ingin tetap mengkonsumsinya maka sebaiknya anda konsultasikan dahulu kepada dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Meningkatkan Resiko Keguguran

Pada kasus ibu hamil, sebaiknya menghindari konsumsi yang berlebihan pada vitamin ini. Karena telah banyak ditemukan kasus keguguran yang terjadi jika mengkonsumsi biotin secara berlebihan dan dalam jangka panjang. Jika anda yang sedang hamil ingin mengkonsumsinya usahakan untuk berkonsultasi pada dokter kandungan terlebih dahulu.

6. Gangguan Pada Sistem Pernafasan

Konsumsi Vitamin B7 (Biotin) yang berlebihan dalam jangka waktu yang panjang selanjutnya adalah gangguan pernafasan. Gejala awalnya akan ditandai dengan anda akan kesulitan bernafas serta sesak untuk menghirup oksigen. Dan jika terus dibiarkan akan terjadi kondisi Eosinophilic Pleuropericardial Effusion atau saat dimana darah dan udara yang masuk ke area paru-paru yang menyebabkan infeksi paru utama, kondisi ini dapat mengancam jiwa penderitanya.

Kelebihan serta kekurangan mengkonsumsi Vitamin B7 ini mungkin akan sangat menakutkan ya untuk anda semua, namun tenang saja hal itu tidak akan terjadi jika anda dapat mengontrol dan mengkonsumsi suplemen tersebut secara seimbang. Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup, gizi seimbang dan olahraga yang rutin setiap harinya. Semoga artikelnya bermanfaat ya.

, , , , , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Vitamin