14 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Biotin bagi Tubuh

7891

Biotin atau disebut juga dengan vitamin B7 merupakan salah satu vitamin B yang juga larut dalam air. Vitamin B7 banyak juga yang mengenalnya dengan vitamin H memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh yaitu berperan dalam reaksi biokimia seperti dalam mentransfer karbondioksida dan metabolisme karbohidrat dan lemak. Namun vitamin ini dimasukan kedalam vitamin B kompleks karena struktur kimianya berbeda-beda juga memiliki sifat yang cukup stabil diberbagai kondisi lingkungan seperti panas, paparan cahaya matahari, dan oksigen. Vitamin ini juga mudah didapatkan dalam makanan sehari-hari baik dalam sayur-sayuran, buah-buahan maupun lauk pauk yang bisa menjadi sumber vitamin tersebut.

Sumber-sumber dari vitamin tersebut adalah :

Artikel terkait : Buah Yang Mengandung Vitamin B Tinggi

Selain merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh kita. Vitamin B7 atau biotin ternyata memiliki manfaat dan fungsi yang berguna bagi tubuh kita, jadi dengan mengkonsumsi biotin kita akan menjadi sehat dan tercukupi vitaminnya, namun bagaimana jika kelebihan atau kekurangan biotin. Apakah ada efek yang berbahaya bagi tubuh ? Berikut penjelasannya.

Kekurangan Biotin

1. Membuat Rambut, Kuku dan Kulit Terganggu

Pada dasarnya biotin dapat atau B7 ini dapat menjaga kesehatan rambut, kuku dan kulit, jika biotin tidak tercukupi dalam tubuh maka, kemungkinan akan membuat berbagai masalah yang terdapat pada rambut, kulit, dan kuku baik seperti rambut rontok, kerusakan jaringan kulit, maupun kuku menguning.

Artikel terkait : Bahaya Rambut Rontok Berlebihan

2. Membuat Kulit Kusam

Biotin sejatinya memiliki manfaat untuk mempercantik kulit, termasuk kulit wajah, namun tak hanya itu, kehalusan dan ketidak kusaman kulit ini juga dapat diwujudkan dengan biotin, biotin memiliki fungsi untuk mengembalikan warna kulit agar kembali cerah dan tidak kusam lagi. Sehingga orang yang kekurangan biotin akan membuat kulit menjadi kusam.

Baca juga : Tips Awet Muda

3. Proses Metabolisme Tubuh Menurun

Semakin sedikitnya biotin yang ada pada tubuh manusia akan membuat semakin berkurangnya proses metabolisme tubuh yang akan membantu memproses nutrisi-nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Jadi harus adanya biotin yang tercukupi agar metabolisme dalam tubuh tidak terganggu atau dapat berfungsi maksimal.

4. Berat Badan Tidak Stabil

Kadang berat badan menjadi hal yang paling ditakuti khususnya bagi kaum hawa ketika berat badannya bertambah, tentunya akan merubah penampilan mereka. Sedangkan dengan biotin yang tidak teratur atau tidak tercukupi ditubuh akan membuat berat badan tidak stabil, bahkan bisa menjadi gemuk (obesitas).

Baca juga : Bahaya Obesitas Terhadap Kesehatan Hingga Kanker

5. Kelainan Jantung

Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh kita lewat organ jantung lah proses penyaluran dan penyebaran darah ke seluruh tubuh dilakukan. Banyak pada saat ini makanan yang kita konsumsi berbahaya bagi jantung kita sehingga jantung kita mudah terserang berbagai masalah kesehatan yang menghinggapi jantung kita. Apalagi tidak mengkonsumsi vitamin B7 secara cukup, tentu hal ini juga menjadi pemicu untuk mengakibatkan kelainan pada jantung lagi. Sehingga sulit sekali untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Jantung

6. Kelebihan Gula Darah

Makanan merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun tidak semua orang memperhatikan apa yang ia konsumsi. Kadang lebih mementingkan urusan lidah daripada apa yang terkandung dalam makanan yang ia konsumsi sehingga timbul berbagai macam penyakit dan gangguan-gangguan terhadap tubuh kita seperti meningkatnya gula darah dalam tubuh kita. Karena saking sukannya dengan makanan kadang kurang memperhatikan dengan kandungan yang ada didalam makanan, selain itu kekurangan biotin juga akan menyebabkan sulitnya tubuh untuk mengontrol gula darah yang ada di dalam tubuh akibat makanan yang dimakannya.

Baca juga : Makanan untuk Gula Darah Tinggi

7. Infeksi pada Vagina

Vagina merupakan organ vital yang sangat sensitif bagi wanita. Masalah-masalah pada organ vital ini pun sering terjadi baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Namun jika biotin tidak tercukupi di dalam tubuh, besar kemungkinan infeksi vagina ini akan terjadi, karena tidak adanya vitamin yang menjaga vagina ini.

Baca juga : Penyebab Keputihan pada Wanita

8. Pernafasan Terganggu

Sejatinya Vitamin B7 atau biotin membantu kita mengatur proses pernafasan yang terjadi saat menghirup oksigen, jadi memudahkan kita menyuplai oksigen dengan baik. Namun jika biotin tidak ada di dalam tubuh, atau sangat kurang di dalam tubuh dapat menyebabkan pernafasan menjadi terganggu.

9. Luka Sulit Disembuhkan

Tak hanya untuk pernafasan tetapi ternyata dengan vitamin B7 atau biotin membantu proses penyembuhan luka kita tidak perlu khawatir saat terjadi luka. Tetapi jika dalam tubuh tidak ada biotin maka luka yang terjadi di dalam tubuh akan sulit untuk disembuhkan.

10. Mudah Lelah

Yang terlalu banyak membuat tubuh menjadi lelah, apalagi jika tubuh kekurangan vitamin B7 maka metabolisme tubuh akan berkurang sehingga akan kesulitan untuk mengatur tubuh, hingga tubuh menjadi cepat lelah.

Kelebihan Biotin

1. Keracunan

Kelebihan vitamin B7 atau biotin ini ternyata dapat membut keracunan di dalam tubuh, hal ini diakibatkan karena tidak mampunya tubuh untuk menyerap banyaknya B7 yang masuk sehingga B7 akan menyebar kemana saja, padahal bisa jadi tubuh itu belum membutuhkan B7

2. Tubuh Menjadi Lemas

B7 memang membantu untuk memperkuat kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah merasa lelah, tatapi jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi biotin, justru tubuh akan merasa kesulitan untuk mengatur biotin atau B7 ini sehingga tubuh akan menjadi lemah.

Artikel terkait : Penyebab Tubuh Lemas Tak Bertenaga

3. Kulit Menjadi Rusak

Sejatinya B7 memang menjaga kesehatan kulit, namun jika kulit terlalu banyak menerima vitamin B7 atau biotin maka kulit akan rusak.

Baca juga : Makanan Sehat Untuk Kulit

4. Rusaknya Metabolisme pada Tubuh

Hampir sama dengan tubuh menjadi lemas, metabolisme tubuh akan terganggu jika terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B7 atau biotin, itu sebabnya kita harus menjaga agar vitamin B7 tudak terlalu banyak masuk ke tubuh kita.

Itulah efek dari kelebihan dan kekurangan biotin, bagaimana caranya agar biotin tidak berlebih dan tidak kurang, caranya sangat mudah sekali yaitu dengan berbagai tips dibawah ini :

  • Harus mengetahui kadar biotin yang ada di dalam tubuh
  • Jika biotin berlebih maka kurangilah konsumsi makanan yang mengandung biotin
  • Jika biotin kurang dalam tubuh maka perbanyaklah mengkonsumsi biotin, seperti sudah diuraikan diatas, beberapa makanan yang mengandung banyak B7
  • Berusaha selalu menjaga kestabilan B7 atau biotin agar badan terus sehat

Baca juga : Cara Melakukan Olahraga yang Baik dan Benar bagi Tubuh

Kekurangan vitamin B7 atau biotin sangat merugikan bagi tubuh kita. Ternyata untuk saat ini belum ada kasus tentang kelebihan / keracunan biotin baik yang mengalami gejala ringan maupun sampai penyakit kronis dikarenakan vitamin B7 relatif aman bagi tubuh kita mengingat vitamin ini larut dalam air sehingga kelebihannya mudah dikeluarkan segera oleh tubuh. Jadi untuk saat ini skala untuk mengkonsumsi vitamin B7 secara berlebihan masih dianggap aman bagi tubuh kita dikarenakan masih belum ada gejala-gejala dan gangguan-gangguan yang timbul bagi tubuh. Dengan kita tahu tentang biotin atau vitamin B7 semoga dapat memberi pengetahuan kepada kita arti dan makna bagi asupan bagi tubuh kita itu sendiri.