Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh 8 Penyebab Tubuh Lemas Tak Bertenaga (#7 Paling Mengerikan)

8 Penyebab Tubuh Lemas Tak Bertenaga (#7 Paling Mengerikan)

by Tri Astuti

Kesehatan bisa jadi merupakan harta paling berharga didunia ini. Coba Anda bayangkan, jika tubuh anda sakit, tak bertenaga dan hanya bisa berdiam diri. Tanpa kesehatan mustahil Anda akan mampu bergerak bebas, dan tertawa lepas dengan kebahagiaan. Namun, seringkali bagi sebagian orang, walaupun sudah merasa menjaga kesehatan tetapi tubuh sering merasa lemas tak bertenaga. Apakah Anda termasuk tipe orang yang seperti itu? Tubuh Anda merasa letih, lelah dan lesu yang luar biasa sementara banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dengan segera. Semakin parah lagi, jika tubuh Anda merasa benar-benar habis tenaganya, tubuh anda merasakan pegal-pegal dan sulit untuk digerakkan.

Ada beberapa penyebab kenapa tubuh Anda seperti kehabisan tenaga. Dibawah ini akan dijelasin beberapa penyebab kenapa tubuh merasakan letih, lelah dan lemas tak bertenaga.

  1. Kelebihan Asupan Karbohidrat

Tubuh manusia menggunakan banyak energi untuk memproses karbohidrat yang masuk dalam tubuh. Ini bisa jadi yang menyebabkan tubuh anda terasa lemas dan lelah. Oleh karena itu, disarankan asupan karbohidrat yang masuk ketubuh diwaktu pagi dengan makanan yang berserat. Seperti buah-buahan, supaya tubuh anda tidak bekerja keras untuk mengolah asupan pagi hari. Ada berbagai akibat kelebihan karbohidrat dalam tubuh yang menimbulkan efek untuk kesehatan. Asupan karbohidrat harus cukup sesuai kebutuhan tubuh, sebab kekurangan karbohidrat juga bisa menyebabkan penyakit akibat kekurangan karbohidrat. Anda harus mengatur jumlah dan menu untuk makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. (baca juga: kebutuhan nutrisi manusia berdasarkan AKG resmi – makanan 4 sehat 5 sempurna : contoh dan manfaatnya)

  1. Kurang Tidur

Ketika tubuh Anda kurang tidur dimalam hari, sudah bisa dipastikan pagi hari tubuh anda akan terasa lemas dan layu, karena tubuh tidak mampu mengembalikan energi yang diperlukan. Perhatikan beberapa ciri-ciri kurang tidur yang cukup pada pagi dan siang hari. Tubuh Anda bukanlah robot yang harus dipaksakan terus untuk bekerja dan terjaga, lakukanlah istirahat untuk tidur yang cukup supaya, badan segar dan tubuh kembali bertenaga. Ada berbagai penyakit akibat kurang tidur malam bagi pria dan wanita yang terbiasa kurang tidur. Bahaya tidak tidur di malam hari bisa muncul kapan saja. Terlebih bagi Anda yang sering begadang bisa terkena akibat begadang malam terus menerus bagi kesehatan seperti bahaya akibat tidur larut malam bagi kesehatan. Jika Anda terkena insomnia maka cobalah melakukan beberapa cara mengatasi susah tidur di malam hari secara alami dan cepat.

Baca juga: bahaya akibat kurang tidur malam bagi kesehatan – pria – wanitagaya hidup tidak sehat kematian menanti, hindarilah! – dampak insomnia bagi kesehatan dan pengobatannya.

  1. Terlalu Banyak Minum Kopi

Secangkir kopi dipagi hari bisa memberikan rangsangan pada kortisol dan adrenalin. Akan tetapi tahukah Anda, minum kopi berlebihan justru akan membuat tubuh Anda mengantuk setelahnya. Efek terlalu banyak minum kopi bagi tubuh biasanya akan terasa setelah kebiasaan ini sering dilakukan. Ada berbagai jenis bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan yang bisa terjadi pada tubuh Anda. Akibat kebanyakan minum kopi untuk kesehatan salah satu tandanya adalah tubuh menjadi lebih mudah lelah.

Apalagi jika Anda terus minum kopi sepanjang hari, ini akan menguras hormon kortisol dan adrenalin dan akan berdampak kelelahan pada tubuh anda. Mulai sekarang, cobalah ganti kebiasaan Anda dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari agar tidak terkena bahaya akibat kurang minum air putih.

Baca juga: bahaya minum kopi pada saat haid – wanita dan kesehatanmakanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi – efek bahaya kafein bagi tubuh

  1. Kurang Olahraga

Bisa dipastikan Anda akan merasa kehilangan tenaga setelah berolahraga jika Anda tidak terbiasa melakukan olahraga. Karena tubuh akan ‘kaget’ yang berdampak pada kelelahan, sekalipun melakukan olahraga ringan, tubuh Anda akan bekerja keras lebih dari biasanya.Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan kebiasaan olahraga secara rutin, supaya tubuh melepaskan endorfin secara berkala, sehingga tubuh bisa menyesuaikan diri dengan aktivitas anda sehari-hari. Dampaknya tubuh akan terlihat fit, fresh dan bertenaga. Tidak pernah berolahraga juga bisa menjadi penyebab obesitas tubuh yang bisa meningkatkan resiko penyakit stroke. Ada berbagai akibat kurang olahraga pada tubuh dan kesehatan yang sangat merugikan. Namun jangan olahraga berlebihan untuk menghindari resiko bahaya olahraga yang berlebihan. Sebaiknya Anda mengikuti cara melakukan olahraga yang baik dan benar bagi tubuh.

Informasi lain tentang tips olahraga

  1. Stres

Setiap manusia tentu memiliki masalah, dan masalah itulah yang akan membuat hidup mengalami stress. Tergantung bagaiman diri Anda menyikapinya, stress yang berlebih akan menyebabkan otak Anda menggunakan banyak energi sehingga akan banyak melepaskan adrenalin.

Hal ini akan menyebabkan tubuh anda merasa cepat lelah dan malas melakukan aktivitas. Stres juga bisa menjadi penyebab kematian mendadak pada manusia sehingga memang sangat berbahaya. Berbagai penyebab stress berkepanjangan bisa dihilangkan dengan cara menghindari stres dan penyebabnya. Anda juga bisa mencoba melakukan berbagai cara menghilangkan stres berat dengan cepat dan cara mengatasi stress super ampuh.

  1. Gangguan Tiroid

Kelebihan dan kekurangan hormon tiroid ternyata dapat menyebabkan tubuh anda merasa kelelahan. Dengan pemeriksaan darah secara teratur Anda dapat mendeteksi dan menyingkirkan penyakit ini. Kelenjar tiroid berbentuk kupu-kupu dan terletak dibagian bawah leher. Fungsi dari kelenjar ini adalah untuk memproduksi hormon tiroksin. Selain itu, fungsi kelenjar tiroid yaitu mengontrol tubuh dalam produksi hormon dan pembakaran energi yang akan membantu mengatur detak jantung, suhu dan tekanan darah tubuh. Gangguan tiroid juga bisa menjadi penyebab gondok tiroid dan penyebab benjolan di leher.

  1. Anemia

Anemia merupakan penyebab kelelahan tubuh yang paling banyak terjadi. Kondisi ini terjadi ketika seseorang memiliki asupan hemoglobin darah rendah. Gejala anemia sering membuat badan terasa lemas, mudah lelah, pusing dan mengantuk. Tidak jarang penderita anemia terlihat pucat serta melemah daya konsentrasinya. Biasanya kondisi anemia ini terjadi akibat pendarahan dalam jumlah yang besar seperti menstruasi berlebihan, BAB hitam dan muntah darah. Kondisi anemia sangat mengerikan seperti bahaya anemia bagi ibu hamil dan komplikasi penyakit. Namun sebenarnya ada berbagai cara mencegah anemia secara alami seperti mengkonsumsi makanan untuk anemia paling sehat dan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi super tinggiMengenali ciri ciri anemia dan penyebabnya sejak dini juga sangat penting untuk mencegah anemia. 

Baca juga: penyebab anemia – gejala dan cara mengatasinya – cara mengatasi anemia (No.27 langsung terasa) – pantangan darah rendah – penyebab dan pencegahan – akibat kurang darah : penyakit & keluhan kesehatan.

  1. Depresi

Jika merasa tubuh anda lelah dan disertai dengan kesedihan, hilangnya nafsu makan serta susah merasakan kegembiraan, maka bisa jadi Anda berada pada zona depresi. Kondisi ini menyebabkan tubuh Anda akan cepat letih, lesu dan tak bersemangat karena beban perasaan dan pikiran yang berat. Gejala depresi pada orang dewasa dan anak-anak sangat beragam. Namun semua orang yang terkena depresi bisa mencoba melakukan cara mencegah depresi pada diri sendiri. (baca juga: ciri ciri depresi ringan – berat – penyebab depresi pada lansia – dewasa – anak anak)

Itulah beberapa penyebab yang menjadi tubuh anda lemas, lesu dan tak bertenaga. Mulai sekarang, lakukanlah kebiasaan-kebiasaan positif yang membuat tubuh anda tetap sehat, semangat dan fresh. Sehingga pekerjaan dan aktivitas Anda tidak terganggu. Seperti dengan melakukan yoga, cara melakukan meditasi untuk kesehatan, bersantai dan bepergian untuk rekreasi. Tubuh Anda juga punya hak untuk mendapatkan kebahagiaanya dengan mendapatkan asupan dan nutrisi yang bermanfaat.

You may also like