Ini Lho 14 Makanan Penambah Gula Darah Rendah Agar Normal Kembali !

768

Hipoglikemia atau kondisi di mana tubuh mengalami kadar gula darah yang rendah tentunya memerlukan asupan yang bisa meningkatkannya secara alami. Berikut ini adalah daftar makanan penambah gula darah rendah yang paling dibutuhkan oleh para penderita hipoglikemia tapi harus dijadikan pantangan bagi para penderita diabetes atau kondisi terlalu tingginya gula darah.

  1. Roti Putih

Jika memiliki kadar gula darah rendah, maka penting untuk mulai mengonsumsi roti putih agar gula darah meningkat cukup cepat. Bila biasanya penderita diabetes harus menghindari roti putih, maka para penderita hipoglikemia memerlukan asupan ini karena kandungan seratnya yang rendah dan berindeks glikemik 73.

  1. Permen

Supaya dapat menambah kadar glukosa secara cepat, tubuh memerlukan pasokan gula lebih yang bisa didapat dari permen salah satunya. Bahkan karena gampang dicerna oleh tubuh, permen kerap menjadi pilihan utama ketika seseorang ingin meningkatkan kadar gula darah secara efektif. Sedia selalu permen manis dengan rasa kesukaan Anda saat gula darah rendah.

  1. Jelly Bean

Jelly bean pada umumnya termasuk dalam makanan pantangan para penderita diabetes karena memang kadar gulanya yang tinggi. Oleh karena itu, bagi Anda penderita hipoglikemia dengan masalah gula darah rendah sebaiknya memilih juga mengonsumsi jelly bean supaya kadar gula darah dapat meningkat secara lebih cepat.

  1. Kentang

Selain roti putih, kentang juga merupakan sumber karbohidrat tinggi di mana mampu meningkatkan gula darah secara cepat. Indeks glikemik pada kentang rebus besarnya 76 sehingga para penderita kadar gula darah tinggi tak sebaiknya mengonsumsi kentang, tapi pada penderita hipoglikemia justru sangatlah direkomendasikan dan bisa dikonsumsi setiap hari.

  1. Daging Sapi

Penderita kadar gula darah rendah perlu untuk meningkatannya secara alami melalui makanan berupa daging sapi. Daging sapi kaya akan protein dan oleh karena itu Anda yang mengonsumsinya bakal mampu menaikkan gula darah dengan cepat, apalagi dengan asupan 80-100 gram protein yang juga tentunya baik untuk kesehatan dan pembentukan otot.

  1. Kurma

Tingkat indeks glikemik pada kurma termasuk tinggi dan itulah kenapa para penderita diabetes selalu bertanya apakah kurma menyebabkan diabetes dan apakah diabetes boleh makan kurma. Kalau bagi penderita diabetes saja kurang begitu direkomendasikan, maka kurma jauh lebih dianjurkan bagi para penderita gula darah rendah untuk menambah kadar secara alami dan efektif.

  1. Mie

Seperti kita tahu, mie adalah sumber karbohidrat selain roti dan kentang, jadi untuk menambah kadar gula dalam darah yang termasuk rendah, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi mie. Hanya saja, konsumsi mie tak dianjurkan untuk sering-sering dan berlebihan sebab kesehatan tubuh dapat terganggu karenanya.

  1. Nasi

Makan banyak nasi juga bisa membantu dalam menambah kadar gula darah dan oleh karena itu penderita diabetes perlu menghindari nasi karena lonjakan gula darah yang bisa terjadi cukup cepat. Ini karena nasi adalah sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sehingga Anda dapat mengandalkannya; tapi imbangi juga dengan olahraga agar tak memicu kegemukan.

  1. Tomat

Walau mungkin Anda tahu bahwa rata-rata tomat terasa asam, sebenarnya tomat merupakan sumber makanan yang juga tepat bagi Anda yang ingin menambah gula darah dalam tubuh. Pasokan gula dari tomat cukup cepat terkirim bagi tubuh pengonsumsinya, apalagi bila memakannya dalam sehari 5 buah supaya bisa naik pesat.

  1. Madu

Penambahan glukosa cepat dan efektif secara alami lainnya adalah dengan mengonsumsi madu. Kabar baiknya, mengonsumsi sesendok makan madu murni saja ketika Anda sadar bahwa gula darah menurun dan terlalu rendah mampu menaikkannya kembali dengan cepat. Karena juga dapat terserap tubuh dan dicerna secara mudah, maka tak ada salahnya sehari Anda bisa mengonsumsinya 1-3 sendok makan.

  1. Ikan

Sumber asam lemak omega-3 lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah ikan karena kandungan mineral magnesiumnya yang tinggi mampu juga meningkatkan gula darah secara alami. Bahkan Anda bisa mengonsumsi ikan-ikanan supaya tingkat gula darah tetap bisa stabil dan mencegah hipoglikemia kembali terjadi.

  1. Bayam

Selain berkandungan zat besi tinggi, bayam adalah jenis sayur kaya serat yang juga bermagnesium tinggi sehingga baik dalam meningkatkan gula darah yang rendah. Bila ingin menormalkannya pun Anda bisa rajin-rajin mengonsumsi bayam dan bahkan sebagai cara mencegah hipoglikemia kembali terulang pada diri Anda.

  1. Alpukat

Makanan yang mengandung magnesium lainnya yang baik untuk dijadikan penambah gula darah rendah adalah alpukat. Supaya kadar gula darah yang sering turun dan menjadi rendah bisa kembali naik dan normal, Anda bisa coba konsumsi buah alpukat setiap hari atau sesering mungkin, baik itu dijus atau bahkan dimakan secara langsung.

  1. Kacang-kacangan

Sumber magnesium lainnya yang baik untuk menjaga kestabilan gula darah dan mampu mengembalikan kadar gula darah rendah menjadi normal lagi adalah kacang-kacangan. Konsumsilah kacang-kacangan karena kandungan besi, folat, karbohidrat kompleks dan proteinnya termasuk tinggi sehingga Anda bisa terhindar dari hipoglikemia.

Jadi, itulah serangkaian makanan penambah gula darah rendah yang bisa Anda konsumsi supaya kadar gula bisa naik dan terjaga kestabilannya. Imbangi dengan pengelolaan stres yang baik dan tepat, makan teratur, menghindari konsumsi alkohol serta menghindari obat-obatan tertentu yang berlebihan (khususnya obat-obatan diabetes yang memicu hipoglikemia).