Diabetes Boleh Makan Kurma Tidak Sih? Ini Tips Konsumsi Aman Bagi Penderitanya!

545

Kurma kita tahu adalah jenis buah yang sangat manis di mana jelas kandungan gulanya tinggi sehingga patut dipertanyakan apakah penderita diabetes boleh makan kurma. Buah yang paling gampang dijumpai di Timur Tengah ini dianggap mampu menjadi peningkat kadar gula darah sehingga terjadi lonjakan cukup tinggi, tapi benarkah demikian?

Punya diabetes, boleh tidak sih makan kurma?

Pada buah kurma, tak terdapat kandungan kolesterol, bahkan kurma adalah salah satu makanan yang mengandung serat tinggi serta berlemak rendah dan kaya akan antioksidan. Berbagai vitamin dan mineral lain pun ditawarkan oleh buah ini sehingga sebenarnya kurma adalah buah yang menyehatkan secara umum.

Lalu, bagaimana dengan penderita diabetes? Amankah untuk mengonsumsi buah ini? Kurma dalam bentuk kering jauh lebih berbahaya bagi penderita penyakit gula karena kandungan gula serta kalorinya jauh lebih tinggi daripada kandungan gula dan kalori di dalam kurma segar. Bahkan dibandingkan dengan buah lainnya, kurma memiliki kandungan glukosa dan fruktosa lebih tinggi sebanyak 80 persen.

Itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang mengatakan bahwa kurma tidak diperuntukkan bagi penderita penyakit diabetes. Tapi kabar baiknya, hasil penelitian dari Israel di tahun 2009 menunjukkan bahwa sebenarnya mengonsumsi kurma tak meningkatkan kadar glukosa dalam darah secara signifikan, bahkan hal ini pun berlaku pada orang-orang yang memiliki penyakit gula.

Justru sekelompok orang sehat yang setiap hari diberi makan kurma 100 gram 4 minggu berturut-turut menunjukkan kestabilan pada kadar gula darah serta berat badannya. Walau tergolong aman, tetap dianjurkan untuk mengonsumsi kurma 3 buah per hari dengan kadar glikemik yang diberikan 45 saja sehingga tidak berlebihan.

Tips Makan Kurma Bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes pasti harus mengatur asupan gula agar lonjakan kadar glukosa darah tidak terjadi yang memperburuk kondisi diabetes. Jika pun ingin mengonsumsi kurma, tetap harus membatasi dan menghindari konsumsi secara berlebihan walau memang sudah diteliti bahwa kurma tak menjadikan kenaikan gula darah secara signifikan bagi penderita diabetes.

Secara umum, orang-orang dengan diabetes perlu melakukan pemenuhan kebutuhan kalori 10 persen totalnya dari karbohidrat sederhana atau gula. Supaya konsumsi kurma aman bagi para penderita diabetes, maka beberapa hal ini wajib diperhatikan dan diikuti:

  • Konsumsi cukup 2 sampai 3 buah kurma saja setiap harinya.
  • Pastikan ketika Anda memutuskan untuk mengonsumsi kurma, di hari yang sama Anda tak mengonsumsi minuman maupun makanan manis lainnya.
  • Imbangi asupan kurma dengan olahraga setiap hari secara rutin, luangkan waktu setengah jam saja untuk hal tersebut, tapi pastikan hindari bahaya olahraga tanpa pemanasan maupun bahaya olahraga yang berlebihan.
  • Anda bisa memakan kurma mentah-mentah, atau bahkan sah-sah saja mengolahnya menjadi kue atau masakan.

Asalkan mengonsumsi secara wajar, kurma tak akan membahayakan para penderita diabetes. Bahkan kurma juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan lainnya, salah satunya adalah mencegah gangguan pencernaan. Ini karena mengonsumsi kurma sama dengan mengasup serat lebih, sehingga sistem pencernaan fungsinya dapat ditingkatkan.

Bahkan mengonsumsi buah kurma pada jumlah seperti yang telah dianjurkan setiap hari tak perlu takut lemas dan kehabisan energi, sebab tubuh Anda akan terhindar dari letih dan lesu. Tenaga yang sempat hilang bakal kembali lagi karena tubuh mendapatkan glukosa serta fruktosa yang instan dari kurma sehingga Anda pun bisa berkegiatan lagi secara normal dan aktif.

Bila salah satu bahaya makan manis adalah obesitas, maka makan kurma tidak akan membuat diri Anda gemuk. Bebas lemak tinggi, buah kurma dapat menjadi pilihan buah yang baik bagi penderita diabetes sekaligus obesitas. Tentunya hal ini juga sedikit banyak perlu didukung dengan pola makan yang sehat bernutrisi serta olahraga yang tepat dan rutin.

Diabetes boleh makan kurma? Tentu boleh dan sudah terbukti aman dari berbagai penelitian yang ada, tapi asal Anda tahu seberapa banyak porsi yang normalnya harus diasup setiap hari. Segala yang berlebihan dikonsumsi jelas tak bagus untuk kesehatan dan berisiko memicu berbagai penyakit kronis, begitu juga dengan buah kurma.