Apakah Penderita Diabetes Bisa Gemuk Lagi? Ini Penjelasan dan Solusinya

2784

Penderita diabetes rata-rata akan mengalami penurunan berat badan, walau gejala yang dialami termasuk sering lapar dan pada akhirnya sering makan. Meski perut terus-menerus lapar dan terus juga diisi, berat badan bisa mudah menurun sehingga akhirnya berdampak pada tubuh yang makin kurus. Lalu, apakah penderita diabetes bisa gemuk lagi kalau sudah telanjur kurus?

Bisakah Penderita Diabetes yang Kurus Menggemuk Lagi?

Ada potensi bagi penderita diabetes yang mengalami penurunan berat badan untuk menggemukkan badannya lagi. Namun, jauh lebih baik kalau alasan penurunan berat badan itu sendiri diketahui secara jelas lebih dulu. Sebab, kurusnya penderita diabetes dapat berasa dari konsumsi makanan non-gula.

Karena tak mendapatkan cukup gula, pada akhirnya tubuh pun harus mengambil lemak dari dalam tubuh sebagai cadangan tenaga karena zat gula yang kurang untuk pengolahan menjadi energi. Lemak sebagai zat yang memampukan tubuh supaya nampak jauh lebih berisi akhirnya dipilih tubuh untuk dijadikan cadangan energi.

Walau memungkinkan bagi para penderita diabetes untuk bisa gemuk lagi, tentu tetap harus ada pengendalian kadar gula darah secara benar supaya tidak terjadi lonjakan drastis. Ini karena berat badan akan sulit untuk naik apabila kadar gula darah dalam tubuh masih terlalu tinggi. Maka pola makan dan pola hidup sangat perlu diperhatikan oleh para penderita diabetes yang ingin gemuk lagi.

Cara Untuk Bisa Gemuk Lagi Bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes yang mengurus dan ingin menggemukkan lagi badannya dengan cara yang alami dan sehat perlu memerhatikan beberapa langkah. Berikut ini adalah sejumlah tindakan yang aman dan paling dianjurkan dalam program menggemukan lagi tubuh penderita diabetes yang telanjur kurus.

  1. Mencukupi Asupan Protein

Bagi penderita diabetes yang ingin bisa gemuk lagi, penting untuk memilih mencukupi asupan protein dari sumber makanan yang tepat. Makanan yang mengandung protein tinggi seperti kacang-kacangan dan sayur-sayuran. Asupan protein yang didapat dari kedelai juga baik untuk Anda, namun dengan catatan bahwa Anda tidak sedang menderita asam urat.

  1. Mengonsumsi Alpukat

Alpukat adalah pilihan buah yang paling baik di mana kandungan lemaknya memang cukup banyak dan baik bagi penderita diabetes yang hendak menaikkan berat badannya. Kandungan lemak di dalam buah ini tergolong aman asalkan buahnya tak dicampur bersama susu kental manis sebab diabetes menjadi salah satu efek sering minum susu kental manis.

  1. Mengikuti Pantangan

Meski ingin gemuk lagi, para penderita diabetes tetap wajib memerhatikan dan mengikuti pantangan-pantangan yang ada, seperti misalnya:

  • Pantang makan makanan yang digoreng.
  • Pantang mengonsumsi daging merah.
  • Pantang makan jeroan.
  • Pantang makan makanan laut.
  • Pantang makan nasi putih, karena jauh lebih aman dan sehat bila mengonsumsi ubi-ubian, jagung, kentang, nasi hitam, hingga nasi merah.
  • Pantang makan buah peningkat gula darah seperti mangga, semangka, dan melon apalagi jus buah.
  • Pantang makan makanan bergaram dan ber-MSG tinggi, seperti dendeng, telur asin, dan ikan asin.
  1. Mengonsumsi Kayu Manis

Setiap hari, penderita diabetes yang ingin gemuk bisa coba mengonsumsi bubuk kayu manis 1 sendok teh. Jika dilakukan rutin, cara ini diyakini ampuh untuk menyuplai gula pada darah seperti peran insulin dalam tubuh. Dengan begitu, badan penderita diabetes bisa menggemuk lagi tanpa takut bahaya dan efek samping.

  1. Mengonsumsi Susu

Susu adalah salah satu sumber minuman kaya lemak selain kalsium sehingga bisa coba dikonsumsi oleh para penderita diabetes yang ingin menggemukkan badan. Asalkan tidak dikonsumsi dengan mencampurkannya pada puding dan makanan manis lainnya, minum susu termasuk cara yang paling direkomendasikan.

  1. Mengonsumsi Minyak Sehat

Minyak wijen dan minyak zaitun adalah contoh sumber nutrisi yang juga baik dan aman bila penderita diabetes ingin mengonsumsinya supaya berat badan bisa naik lagi. Dengan mencampurkan salah satu minyak tersebut pada makanan Anda, cukup sederhana bukan untuk menggemukkan badan lagi?

  1. Sering Makan dalam Porsi Kecil

Jika Anda sudah tahu makanan apa saja yang boleh dikonsumsi selama program penggemukan badan, makanlah sering-sering tapi bukan dalam porsi besar. Makan dengan porsi kecil tapi dilakukan cukup sering dalam sehari jauh lebih baik dan dianjurkan.

  1. Berolahraga

Seperti pada tips diet sehat pada umumnya, proses penggemukan badan pada penderita diabetes bisa dilakukan dengan cara berolahraga juga. Pilihlah olahraga yang tepat untuk menstabilkan kadar tekanan darah, kolesterol hingga gula darah, seperti:

  • Jogging
  • Berenang
  • Bersepeda
  • Jalan cepat
  • Tenis
  • Menari

Apakah penderita diabetes bisa gemuk lagi? Tentu bisa asalkan dengan melakukan cara-cara yang tetap sehat, alami dan aman. Supaya jauh lebih baik, Anda bisa berdiskusi dengan dokter lebih dulu tentang makanan dan aktivitas fisik apa yang boleh dan tidak boleh.