4 Cara Konsumsi Pare Untuk Diabetes Paling Mudah dan Ampuh

Diabetes merupakan jenis penyakit yang sangat berhubungan dengan kadar gula darah. Naiknya gula darah bisa terjadi karena berbagai penyebab yang membuat seseorang nantinya harus menggunakan suntikan insulin. Agar masalah ini tidak sampai terjadi, maka langkah pencegahan adalah cara terbaik yang bisa dilakukan salah satunya dengan mengkonsumsi pare.

Sayuran dengan rasa pahit ini merupakan jenis sayur yang rendah kalori dimana dalam setiap 100 gram pare hanya mengandung sekitar 17 kalori saja. Selain itu, dalam pare juga mengandung beberapa zat penting seperti mineral, vitamin, fitonutrien, antioksidan dan masih banyak lagi. Bagi anda penderita diabetes, ada baiknya untuk menyimak artikel tentang cara konsumsi pare untuk diabetes seperti yang akan kami ulas berikut ini.

Kandungan Pare

Dibalik rasanya yang sangat pahit, namun dalam pare ternyata mengandung banyak nutrisi penting untuk cara menurunkan gula darah dalam tubuh yang sangat penting untuk penderita diabetes. Pare tidak hanya terbukti sebagai sumber insulin, namun dari hasil beberapa penelitian jika ada beberapa senyawa alami lain dalam pare yang sangat penting untuk penderita diabetes, seperti:

  • Asam Oleanolic Glikosida – Senyawa asam oleanolic glikosida yang ada dalam pare bisa meningkatkan toleransi pada penderita diabetes tipe 2 dengan cara mencegah penyerapan gula di usus. Mengkonsumsi pare juga dikatakan bisa meningkatkan jumlah sel beta pada pankreas sehingga kemampuan tubuh juga bisa lebih ditingkatkan.
  • Charantin – Charantin merupakan campuran senyawa steroid yang ada dalam pare dan terbukti jauh lebih efektif dibandingkan obat hipoglikemik oral yang sering dikonsumsi penderita diabetes.
  • Polipeptida P – Seperti halnya insulin, alkaloid yang ada dalam pare juga terbukti bisa menurunkan gula darah meski para peneliti sendiri belum terllau yakni tentang senyawa apa yang paling efektif dan mana yang tidak. Namun salah satu kandungan dalam pare yakni polipeptida p ini diduga menjadi salah satu zat yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah penderita diabetes.

Manfaat Pare Untuk Diabetes

Dari beberapa kandungan pare yang sudah diulas diatas, maka ada beberapa manfaat yang bisa anda peroleh saat mengkonsumsi pare, seperti:

  • Mengontrol gula darah: Kandungan serat dalam pare bisa mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil sebagai cara mencegah diabetes sejak dini.
  • Menghasilkan insulin alami: Dalam pare mengandung phyto nutrient yang merupakan jenis insulin dalam tanaman untuk menurunkan kadar gula darah.
  • Meningkatkan penyerapan glukosa: Pare juga dapat meningkatkan penyerapan glukosa dan glikogen sintesis dalam sel hati karena agen hipoglikemik atau charatin sehingga bisa menurunkan kadar gula darah terutama diabetes tipe 2.

Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Pare sebagai Obat Diabetes

Untuk cara mengolah dan mengkonsumsi pare sebagai obat alami diabetes, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah dan beberapa diantaranya akan kami ulas berikut ini.

1. Jus Pare dan Jeruk Nipis

Untuk mengolah pare sebagai obat diabetes, Anda bisa mengolah pare sebagai jus yang dikombinasikan dengan jeruk nipis supaya rasanya tak sepahit yang Anda bayangkan. Berikut adalah cara mengolah pare menjadi jus yang bisa coba dilakukan:


  • Anda hanya perlu mengupas kulit pare lebih dulu, tapi boleh juga bisa dibiarkan utuh.
  • Susul dengan proses pelumuran menggunakan kunyit dan garam.
  • Setelah itu, peras cairan pahit yang terkandung.
  • Jika sudah keluar cairan pahitnya, buah pare siap diblender sampai halus teksturnya.
  • Selesai memblendernya, konsumsi bersama dengan perasan jeruk nipis untuk meminimalisir rasa pahit dari pare.

2. Jus Pare Tanpa Campuran

Salah satu jenis sayuran untuk diabetes seperti pare juga dapat diolah menjadi jus. Jus pare inilah yang banyak digunakan sebagai obat karena mudah pengolahan dan penggunaannya.

  • Anda bisa mencuci bersih pare secukupnya.
  • Kemudian blender hingga teksturnya benar-benar lembut bersama dengan 1/2 gelas air matang.
  • Sesudah halus, maka segera minum jus tersebut sebanyak 2 kali setiap hari.

3. Sayur Pare

Jika hendak mengonsumsi sebagai sayur pare, maka pare bisa Anda konsumsi langsung bila berani dengan rasa pahitnya. Sebagian orang suka dengan pare mentah di mana mereka mengonsumsinya sebagai lalapan. Jika ingin mengolahnya menjadi tumisan pare pun tidak masalah atau bahkan mengukusnya lebih dulu sebelum dinikmati. Ada berbagai cara untuk menyantap sayur pare sesuai dengan selera Anda bukan?

4. Suplemen Pare

Jika mengkonsumsi pare secara langsung tidak sempat dilakukan sebab masih dianggap repot, maka ada cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan mengkonsumsi suplemen pare. Saat ini, suplemen pare tersedia dalam bentuk kapsul dan juga makanan kesehatan yang bisa dikonsumsi lebih praktis sekaligus lebih mudah.

Demikian ulasan singkat dari kami kali ini tentang cara konsumsi pare untuk diabetes yang bisa anda lakukan dengan mudah di rumah. Meski rasanya yang tidak enak, namun sebenarnya mengkonsumsi pare sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh seperti diet penderita diabetes asalkan tidak dikonsumsi berlebihan untuk menghindari efek samping pare.

, , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Diabetes