Heskopaq – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

136

HeskopaqHeskopaq merupakan obat yang dibuat untuk pengobatan penyakit kencing manis atau istilah medisnya dinamakan sebagai diabetes. Diabetes adalah penyakit yang menjadi salah satu penyakit berbahaya yang mana salah satu penyebab seseorang menderita diabetes adalah karena faktor keturunan.

Heskopaq memang tergolong ke dalam obat anti diabetes yang sudah terbukti ampuh dijadikan sebagai salah satu obat terbaik untuk pengobatan kencing manis. Bagi anda yang ingin mendapatkan Heskopaq, maka anda harus pergi ke dokter terlebih dahulu dan memeriksakan kondisi anda karena obat ini tergolong ke dalam obat resep.

Berikut ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai apa saja informasi seputar Heskopaq, termasuk juga seperti apa cara penggunaan dan dosis yang harus anda ketahui sebelum anda meminum obat ini.

Fungsi Heskopaq

  1. Heskopaq merupakan obat pilihan pertama untuk pengobatan penyakit kencing manis tipe 2, terutama untuk seseorang yang memiliki kelebihan berat badan maupun juga bagi mereka yang belum bisa mengontrol kadar gula darah meskipun sudah berolahraga dan memiliki pola makan yang baik.
  2. Heskopaq juga berguna sebagai obat untuk pasien yang menjalani prediabetek. Prediabetek merupakan sebuah terapi yang dilakukan untuk orang-orang yang beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Kontraindikasi Heskopaq

  • Seseorang yang pernah mengalami alergi terhadap kandungan yang ada di dalam Heskopaq disarankan untuk berhati-hati ketika ingin mengkonsumsi obat ini.
  • Seseorang yang pernah menderita hipersensitivitas ketika mengkonsumsi obat-obatan juga sebaiknya berbicara kepada dokter terlebih dahulu sebelum ingin mengkonsumsi obat ini.
  • Adapun bagi ibu hamil dan menyusui yang ingin mengkonsumsi Heskopaq, sebaiknya tidak mengkonsuminya karena dikhawatirkan bisa menyebabkan gangguan pada bayi dan bayi yang dikandung.
  • Dan bagi seseorang yang pernah mengalami epilepsi atau penyakit kejang lainnya, disarankan juga untuk bertanya kepada dokter mengenai keamanan dari Heskopaq.

Dosis Heskopaq

  • Dosis awal yang harus diberikan kepada orang yang mengkonsumsi Heskopaq adalah 1 tablet 500 mg untuk dua kali dalam sehari. Atau bisa juga diberikan dosis sekali sehari sebanyak 1 tablet forte 850 mg.
  • Dosis pemeliharaan yang harus diberikan adalah 1 tablet 500 mg untuk 3 kali dalam sehari maupun juga bisa diberikan 1 tablet forte 850 mg sebanyak 2 kali dalam sehari.
  • Jika selama pengobatan menggunakan dosis tersebut masih belum menunjukkan tanda-tanda bahwa pasien mengalami perubahan yang positif, maka nantinya dosis bisa ditingkatkan hingga mencapai 3 kali sehari 2 tablet 500 mg maupun juga 3 kali sehari untuk 1 tablet forte 850 mg.
  • Anda bisa memberikan Heskopaq bersamaan dengan makan atau sebelum makan.

Cara Penggunaan Heskopaq

  1. Anda harus selalu menggunakan Heskopaq sesuai dengan apa yang sudah diberitahu oleh dokter.
  2. Anda dilarang menambah ataupun mengurangi dosis Heskopaq jika sebelumnya tidak ada instruksi dari dokter. 
  3. Jangan lupa untuk mengecek kadaluarsa dari Heskopaq sebelum anda hendak mengkonsumsinya.
  4. Jika ternyata selama pengobatan menggunakan Heskopaq, ternyata anda mengalami beberapa masalah seperti ruam kulit, gatal, atau kondisi lain yang ada kaitannya dengan alergi, maka anda harus segera berhenti mengkonsumsi Heskopaq dan segera hubungi dokter.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

Sama halnya dengan obat pada umumnya, Heskopaq bisa menimbulkan beberapa masalah jika anda tidak mengkonsumsinya dengan benar maupun bagi anda yang sebelumnya pernah memiliki penyakit tertentu.

Beberapa kondisi yang bisa anda alami adaah seperti berikut:

  1. Mual tanpa muntah
  2. Sakit kepala
  3. Sembelit

Dan yang tidak kalah penting adalah jika selama mengkonsumsi Heskopaq anda juga mengkonsumsi obat-obatan lainnya, maka anda harus memberitahu dokter tentang hal tersebut.