3 Cara Mengolah Lidah Buaya Untuk Obat Diabetes Paling Praktis Dikonsumsi

2037

Tanaman yang mempunyai kandungan cukup baik untuk kebutuhan manusia adalah lidah buaya. Bukan hanya bisa menyuburkan rambut, akan tetapi lidah buaya atau sering disebut aloevera bisa di konsumsi. Beberapa usaha rumahan atau pabrikan kecil telah mensiasati dengan banyak cara untuk mengolah lidah buaya menjadi makanan yang layak dikonsumsi.

Uniknya lagi, lidah buaya bisa menjadi obat beberapa penyakit serius. Jadi, anda tidak perlu resah menentukan obat yang mana untuk mengobati jika mempunyai penyakit serius agar lebih cepat sembuh. Salah satu jenis penyakit yang bisa disembuhkan adalah diabetes. Orang kebanyakan sering menyebutnya dengan penyakit gula atau kadar gula tinggi.

Kabar baiknya, ada aloe vera, yakni tanaman yang bisa berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Khasiat lidah buaya untuk kulit sangat besar tak terkecuali dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas luka dengan aloe vera. Tanaman ini telah digunakan sejak lama oleh bangsa Samaria sekitar tahun 1875 SM. Sedangkan bangsa Mesir kuno telah mengenal khasiat lidah buaya sekitar tahun 1500 SM. Oleh karena khasiatnya tersebut bangsa Mesir menamai aloe vera ini sebagai tanaman keabadian.

Semua fakta-fakta menarik terkait tentang tanaman lidah buaya, bisa anda simak dari beberapa hal berikut ini:

  1. Mampu Merangsang Insulin – Salah satu kelebihan tentang aloevera adalah mampu merangsang produksi insulin. Sehingga, lidah buaya bisa mengontrol keadaan hiperglikemi. Inilah alasan mengapa banyak orang memanfaatkan lidah buaya untuk diabetes.
  2. Mengandung Glukomanan Tinggi – Glukomanan ada di dalam lidah buaya dengan kadar kandungan cukup tinggi. Glukomanan sendiri adalah polisakarida dari jenis hemiselulosa yang terdiri dari rantai galaktosa, glukosa, dan manosa. Zat tersebut mudah larut dalam air dan proses serap cepat oleh tubuh sehingga kadar gula dalam darah dapat menurun secara signifikan sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai obat Diabetes.
  3. Mengandung Antrakuinon – Antrakuinon yang ada pada lidah buaya sangat penting sekali untuk anda ketahui sebelum mulai mengolahnya. Antrakuinon atau yang di sebut glikosida, dalam lidah buaya mempunyai peran fungsi sebagai “obat” alami yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, meremajakan sel-sel tubuh yang telah rusak, dan mempunyai efek hipoglikemik. Zat ini sangat penting sekali dalam rangka pengobatan guna mencegah komplikasi akibat diabetes.

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya akan bekerja sangat baik untuk melawan diabetes. Zat-zat tersebut mampu melindungi tubuh dari kemungkinan luka pada penyakit diabetes, seperti bisul, gangren, dan ulkus. Selain itu, anti oksidan juga berguna untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan sehingga mampu mengurangi risiko komplikasi terhadap ginjal, otak, hingga jantung.

Cara Mengolah Lidah Buaya sebagai Obat Diabetes Mellitus

Ada beberapa cara mengolah lidah buaya untuk obat diabetes, tetapi kali ini akan diulas adalah pilihan yang paling mudah sehingga praktis untuk dikonsumsi. Khususnya untuk pengolahan diabetes melitus yang bisa anda ketahui dari langkah di bawah ini:

1. Air Rebusan Lidah Buaya

Bahan-bahan:

  • Lidah buaya 2 batang
  • Air bersih 3 gelas

Langkah-langkah:

Bersihkan batang lidah buaya yang telah di siapkan, cuci bersih dan buang durinya. Potong sebelum di rebus dalam 3 gelas air. Saring terlebih dahulu sebelum di minum. Lakukan minimal sehari 2 kali untuk di konsumsi.

2. Lidah Buaya dan Madu

Bahan-bahan:

  • Lidah buaya 2 batang
  • Air putih bersih 4 gelas
  • Madu maksimal 4 sendok makan (jangan pakai gula)

Langkah-langkah:

Cuci bersih lidah buaya dengan menggunakan air bersih dan buang durinya. Seperti cara pertama, setelah di potong-potong lidah buaya di rebus namun jangan terlalu lama sekitar 5 menit saja. Jika sudah, angkat dan masukkan dalam blender bersama dengan madu dan air yang telah di sediakan. Lalu hancurkan sampai halus dan saring. Anda bisa meminumnya sehari minimal dua kali.

Mengolah Lidah Buaya untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

1. Lidah Buaya dan Air Garam

Bahan-bahan:

  • Pelepah lidah buaya 2 buah
  • Air garam 2 gelas
  • Air tawar biasa 3 gelas

Langkah-langkah:

Bersihkan pelepah lidah buaya dengan air bersih dan buang durinya. Rendam ke dalam air garam selama 30 menit. Setelah itu remaslah sebentar dan bilas dengan air mengalir. Jika sudah, anda bisa merebusnya dengan takaran air 3 gelas yang telah di sediakan. Racikan lidah buaya siap untuk di minum.

Semoga artikel tentang cara mengolah lidah buaya untuk obat diabetes bukan hanya menambah wawasan akan kandungan di dalamnya, tetapi juga bisa membantu anda semua untuk solusi pengobatan lebih alami dan tentunya akan terbebas dari efek samping yang kebanyakan terkandung dalam obat kimia. Anda juga bisa mencoba mencari tahu obat tradisional diabetes lainnya setelah tahu apa saja gejala awal diabetes. Hal ini supaya penanganan tepat bisa dilakukan dengan cepat dan dapat menghindari berbagai kebiasaan penyebab diabetes untuk melakukan pencegahan.