6 Efek Sering Minum Susu Kental Manis Berbahaya Bagi Kesehatan

461

Susu adalah sumber nutrisi tambahan bagi tubuh berkat kalsiumnya. Tubuh kita terdiri dari rangkaian tulang yang harus di jaga kekuatannya. Oleh sebab itu di perlukan adanya penyempurnaan dari kalsium susu atau makanan serta minuman olahan susu lain. Dengan begitu tulang akan tersuplai kalsium dengan cepat dan menjadi lebih kokoh. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua susu cukup aman. Mengapa?

Ada berbagai produk susu yang sudah merupakan produksi pabrik. Otomatis, sebaik-baiknya susu tersebut tetap saja tidak 100% murni. Susu yang benar-benar murni dengan kandungan nutrisi penuh adalah hasil perahan dari sapi yang kemudian di rebus tidak sampai mendidih. Sayangnya, tidak semua orang menyukai susu sapi sehingga beralih pada produk yang telah menjadi penanganan pabrik.

Nah dari berbagai macam jenis susu, susu kental manis adalah salah satu diantaranya yang paling populer di kalangan masyarakat. Ternyata ada beberapa efek sering minum susu kental manis mengingat beberapa waktu ini terdapat kontroversi susu kental manis di mana masyarakat bingung tentang susu kental manis bukan susu. Sebagai saran, sebaiknya jika anda sudah terlalu sering mengkonsumsi susu kental manis bisa beralih pada susu bubuk atau susu cair.

Hal itu karena tidak sepenuhnya susu kental manis aman dan baik untuk kesehatan. Salah satu fakta susu kental manis adalah bahwa pada dasarnya hanya digunakan sebagai campuran adonan kue, topping dan pelengkap makanan penutup. Sebaiknya kurangi, berikut dampak buruk yang harus Anda kenali.

1. Memicu Penyakit Diabetes, Penyakit Jantung dan Stroke

Anda tentu tahu, apa itu penyakit diabetes? Ya, sebuah kondisi tubuh yang mulai mengalami pembusukan akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis berlebih. Penyakit ini rentan menyerang di usia 50 tahunan. Akan tetapi tidak sedikit pula orang di usia yang terbilang muda terjangkit diabetes, bahkan serangan stroke dan penyakit jantung.

Sangat disayangkan jika sejak dini tidak memelihara kesehatan anda dengan mengonsumsi susu kental manis berlebihan dan terus-menerus, apalagi kalau sudah ada risiko diabetes, penyakit stroke dan penyakit jantung. Selain menghindari susu kental manis yang kaya gula dan lemak jenuh, berbagai macam cara mudah mencegah diabetes sejak dini, cara menjaga kesehatan jantung, dan cara mencegah stroke ini juga bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari supaya terhindar dari penyakit yang cukup membahayakan ini.

2. Merusak Ginjal

Penyakit tak kalah serius yang diakibatkan oleh Susu Kental Manis berikutnya yakni menyerang ginjal. Entah batu ginjal, gagal ginjal dan jenis penyakit ginjal lainnya. Sama seperti diabetes, penyakit ginjal bisa sampai merenggut nyawa apabila tidak segera mendapat penanganan. Anda juga harus memperhatikan kesehatan jangka panjang, sehingga selalu berhati-hati dalam menjaga pola makan sehat dengan cara konsumsi berbagai macam makanan yang tercatat dalam daftar contoh menu makanan sehat sehari-hari berikut.

Ginjal bisa saja rusak apabila anda terlalu sering mengkonsumsi minuman susu kental manis. Mungkin untuk waktu dekat belum terlihat, tetapi memang harus di percaya untuk masa yang akan datang atau khususnya di usia yang menginjak 50 – 60 tahun kerusakan ginjal mulai beraksi.

3. Merusak Gigi

Efek sering minum susu kental manis berikutnya yaitu merusak gigi. Jika anda terus menerus mengkonsumsi ini, bukan tidak mungkin lagi menyerang pada kerusakan gigi. Padahal gigi merupakan salah satu aset seseorang setelah rambut sebagai mahkotanya. Mempunyai gigi bagus adalah mimpi setiap orang yang tidak semuanya bisa mendapatkan.

Susu kental manis jika dibandingkan dengan susu murni dengan gula itu cukup jauh perbandingannya. Sebagian besar hanyalah gula semata yang membawa bakteri dari hasil manisnya pada mulut dan mempengaruhi gigi anda. Jadi, Anda bisa perhitungkan sendiri efek sampingnya sejak sekarang sebelum semuanya terlanjur buruk. Daripada terus menerus konsumsi susu kental manis, coba beralih ke susu sapi secara bertahap yang mana manfaat baiknya cukup banyak dan bisa diketahui dalam pembahasan khasiat susu sapi murni ini.

4. Meningkatkan Risiko Obesitas

Kegemukan alias berat badan berlebih yang kita kenal dengan istilah obesitas menjadi hal yang sebaiknya juga dicegah dengan tidak terlalu banyak dan sering mengonsumsi susu kental manis. Kandungan karbohidrat, gula, lemak jenuh hingga kalori yang tinggi di dalamnya kiranya menjadi pertimbangan Anda untuk menghindari konsumsi terus-menerus apalagi tanpa diseimbangkan dengan asupan nutrisi lain yang seimbang.

Lalu bagaimana pemikiran anda tentang efek sering minum susu kental manis ini? Semua pilihan ada di tangan anda sebagai pemegang kendali dalam setiap mengkonsumsi. Namun, sangat disarankan memilih berbagai jenis makanan yang menyehatkan baik jangka pendek atau jangka panjang. Semoga bermanfaat!