Bahaya Efek Samping Endoskopi

Endoskopi merupakan salah satu metode canggih yang sudah sering kali diaplikasikan pada penggunaan medis dan juga kedokteran, untuk memeriksa bagian dalam tubuh pasien. Endoskopi memiliki tujuan utama untuk melihat kondisi dari organ dalam tubuh pasien, dengan cara memasukkan alat endoskopi, yang berbentuk seperti selang dengan kamera dan juga lampu pada ujungnya.

Metode Endoskopi

Berikut ini bagian-bagian alat endoskopi serta fungsinya :

  1. Endoskopi dilakukan dengan cara memasukkan selang atau “endoskop”  ke bagian dalam tubuh manusia melalui tenggorokan. Lalu dimasukkan lewat kerongkokan secara perlahan-lahan, hingga mencapai lokasi organ yang ingin diperiksa dan dilihat kondisinya.
  2. Terdapat lampu pada ujung alat endoskopi ini berguna untuk penerangan, sehingga citra dan juga gambar yang ditangkap oleh kamera dapat terlihat jelas berkat cahaya lampu tersebut.
  3. Bagian lain dari endoskopi adalah kamera kecil yang berada pada bagian ujung dari alat selang endoskopi. Seperti kamera pada umumnya, fungsi utama dari kamera di ujung alat endoskopi adalah sebagai penangkap citra dan juga gambar yang ada pada bagian dalam tubuh anda.

Jadi singkatnya, endoskopi merupakan salah satu teknik yang sangat praktis dan juga bermanfaat untuk melihat secara langsung kondisi organ-organ di dalam tubuh. Tanpa perlu menggunakan bantuan rontgen. Hal ini bisa mencegah bahaya rontgen yang diakibatkan oleh sinar X yang bisa berdampak buruk apabila dilakukan terus menerus.

Dampak dan Efek Samping Endoskopi

Endoskopi sendiri dinilai memiliki efek samping yang jauh lebih aman dibandingkan dengan metode rontgen dengan menggunakan sinar X. sinar X yang digunakan untuk melakukan rontgen biasanya dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, terutama pada bagian tubuh yang sering ditembakan sinar x tersebut, seperti iritasi dan juga kulit menjadi gatal-gatal.

Nah, memang benar apabila dibandingkan dengan metode rontgen, endoskopi jauh lebih aman dan juga informasi yang diperoleh bisa menjadi jauh lebih akurat dan banyak. Hal ini dikarenakan kamera yang dimasukkan ke dalam tubuh, dapat merekam semua aktivitas dan juga berbagai macam infeksi pada organ tubuh secara langsung.

Namun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan metode endoskopi, karena dapat menyebabkan beberapa hal di bawah ini, yaitu :

1. Menyebabkan munculnya infeksi dari bakteri dan kuman pada organ tubuh

Efek samping endoskopi yang mungkin bisa terjadi adalah dapat menyebabkan munculnya infeksi dari bakteri dan kuman di dalam tubuh. Hal ini kemungkinan besar dapat terjadi, terutama ketika alat endoskop yang digunakan dalam proses endoskopi tidak steril. Alat yang tidak steril ini dapat membawa masuk kuman dan penyakit ke dalam tubuh kita. hal ini dapat menyebabkan kuman, bakteri dan juga virus berkembang di dalam tubuh, dan berpotensi untuk menyebabkan berbagai macam penyakit dan mengganggu kinerja dari organ-organ tubuh.

Infeksi bakteri ini juga bisa berakibat pada gangguan kesehatan lainnya, seperti :

2. Berpotensi melukai bagian luar dari organ tubuh dan menyebabkan luka serta pendarahan

Bahaya yang dapat muncul akibat efek samping endoskopi adalah dapat menyebabkan luka dan menggores bagian dari organ tubuh tertentu, misalnya usus dan lambung. Hal ini dapat terjadi apabila dokter yang melakukan teknik endoskopi ini tidak teliti dan kurang terampil dalam memasukkan endoskop ke dalam tubuh pasien. Jika terjadi, hal tersebut berpotensi melukai dan merusak bagian luar dari organ tubuh.

Contohnya ketika muncul luka pada bagian lambung dan usus akibat alat endoskop. Efek samping yang muncul dan kemungkinan dapat menetap adalah terganggunya proses pencernaan, perut dan lambung sering terasa perih dan bukan tidak mungkin akan muncul gangguan-gangguan lainnya. Kerusakan pada bagian organ tubuh ini dapat menyebabkan munculnya luka dan juga pendarah pada organ tubuh yang terkena, yang pastinya akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga keselamatan pasien, dan memiliki dampak jangka panjang.

Bahaya kerusakan tubuh ini, juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti :

Kegunaan Tindakan Endoskopi

Itulah bahaya utama yang dapat muncul karena melakukan teknik endoskopi. Namun demikian, apabila anda dapat memastikan bahwa dokter yang anda pilih untuk melakukan teknik endoskopi ini adalah dokter yang sangat teliti, mahir dan juga berpengalaman, maka anda tidak perlu merasa takut dengan kemunculan efek samping tersebut.

Endoskopi sendiri hingga saat ini masih banyak diandalkan untuk membantu melihat kondisi dari gejala-gejala tubuh yang muncul terutama pada bagian lambung, hati dan paru-paru. Hal ini dikarenakan ketiga organ tersebut paling sering mengalami gangguan dan lebih mudah untuk dilakukan proses endoskopi tersebut. Pada dasarnya anda tidak harus selalu melakukan endoskopi, karena endoskopi sendiri memakan biaya yang cukup tinggi.

Apabila anda merasakan gejala yang mulai terasa aneh dan juga tidak biasa, maka barulah anda bisa meminta dokter untuk melakukan proses pemeriksaan dengan teknik endoskopi. Namun memang beberapa kondisi yang parah, akan membutuhkan endoskopi, seperti :

Demikian artikel singkat mengenai efek samping dari endoskopi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda sekalian.