10 Efek Samping Minyak Ikan Omega-3

Minyak ikan adalah cara terbaik yang menjadi pilihan sebagian orang untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian mereka. Ya, minyak ikan memang mengandung banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh khususnya bagi organ otak dan tulang. Keberadaan minyak ikan saat ini mudah didapatkan dan bisa dikonsumsi secara bebas. Namun, ada baiknya jika anda berpikir kembali saat mengonsumsinya dalam jangka waktu lama atau tanpa takaran yang jelas, kaena tentu bisa menimbulkan dampak bagi kondisi kesehatan anda. (baca juga: Cara Mengatasi Bulu Mata Rontok, Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa)

Minyak ikan mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin D, dan asam lemak omega-3 yang sangat berfungsi bagi tubuh terutama saat tubuh dalam masa penyembuhan dan pertumbuhan. Berbagai manfaat terkait kesehatan jantung, kecerdasan otak, dan pertumbuhan tulang yang kokoh bisa diperoleh dengan rutin meminum minyak ikan yang sudah dijual bebas ini. Oleh sebab itu, penting untuk anda mengetahui takaran atau dosis yang tepat untuk mengonsumsi minyak ikan agar terhindar dari efek samping berbahaya.

Artikel Terkait:

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi karena kesalahan baik dari dosis maupun proses konsumsi minyak ikan bagi tubuh.

1. Kanker Pankreas

Pankreas adalah organ dalam yang berperan dalam sistem metabolisme tubuh. Dengan kadar asam omega-3 yang berlebihan akan menimbulkan kerusakan jaringan pada pankreas dan memicu terjadinya kanker. Hal ini bisa dikaitkan dengan stres oksidatif yang dipicu karena banyaknya jumlah asam lemak omega-3 di dalam tubuh yang merusak DNA.

Artikel Terkait: Penyebab Toxoplasma, Cara Memutihkan Kuku Kuning

2. Pendarahan

Pendarahan bisa terjadi bagi anda yang mengonsumsi minyak ikan berlebihan. Kondisi ini disebabkan adanya tekanan pada sistem pembuluh darah yang diakibatkan kadar asam lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan. Tekanan tersebut berakibat pendarahan hebat yang bisa terjadi mendadak apalagi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah lainnya.

3. Pelapukan Tulang

Jika dalam kadar yang tepat, minyak ikan dapat membantu proses pembentukan tulang dengan baik. Namun, berbeda kondisinya jika minyak ikan justru dikonsumsi berlebihan karena akan menimbulkan penumpukan kalsium di beberapa area tulang lunak. Hal ini bisa berakibat rapuh atau pelapukan tulang yang tidak seharusnya terjadi secepat itu apalagi bagi mereka yang masih dalam tahap pertumbuhan tulang.

Baca Juga:

4. Keracunan Vitamin

Beberapa jenis vitamin yang terkandung dalam kapsul minyak ikan tentunya berperan penting bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, dalam hal ini anda harus lebih jeli memilih. Sebagian jenis minyak ikan justru mengandung senyawa beracun yang akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh anda. Selain itu, konsumsi banyak minyak ikan yang akan menyebabkan banyaknya vitamin yang masuk ke tubuh juga bukan hal yang baik karena bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan lainnya.


5. Melemahkan Imunitas

Sistem kekebalan tubuh atau dikenal dengan imunitas juga merupakan salah satu sistem metabolisme tubuh yang sangat berperan aktif untuk mengendalikan berbagai jenis infeksi yang kemungkinan muncul. Sistem kekebalan tubuh tersebut akan melemah jika terindikasi adanya kadar asam lemak omega-3 yang memengaruhi beberapa organ tubuh lainnya. (baca juga: Kista Dentigerous , Jenis Buta Warna)

6. Alergi

Minyak ikan terbuat dari ekstrak beragam jenis ikan laut. Nah, khusus bagi anda yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan laut, ada baiknya menghindari saja konsumsi minyak ikan ini karena akan menimbulkan alergi lebih parah jika tidak segera diatasi dengan baik. Peringatan juga ditujukan bagi mereka yang mengidap inveksi virus HIV atau AIDS yang sebaiknya tidak menggunakan minyak ikan sebagai multivitamin karena akan berdampak buruk bagi keseimbangan hormonal.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Sakit Tumit , Alergi Jagung

7. Kerusakan Hati

Semua orang tahu bahwa organ liver adalah satu diantara beberapa organ dalam yang paling peka jika dikaitkan dengan pemakaian obat atau zat tertentu. Demikian halnya dengan penggunaan minyak ikan pada dosis yang tidak sesuai anjuran akan menimbulkan kerusakan hati sehingga racun yang seharusnya dinetralkan justru bisa bercampur dan berakibat fatal bagi kondisi hati seseorang.

8. Kerontokan Rambut

Rambut juga bisa menjadi sasaran efek samping merugikan dari konsumsi minyak ikan yang berlebihan. Kerontokan rambut akan menjadi tanda bahwa tubuh anda sedang keracunan vitamin A. Kondisi ini ditandai dengan produksi minyak berlebih pada kulit kepala yang akan memicu terjadinya kerontokan rambut. Tanda lain dari kondisi ini adalah rasa nyeri pada kepala disertai mual yang berlebihan. Jika sudah demikian, hal yang penting dilakukan adalah mengurangi kadar minyak pada folikel rambut dan menghentikan pemakaian minyak ikan tersebut.


Baca Juga:

9. Gangguan Jantung

Penumpukan kalsium akibat konsumsi minyak ikan yang berlebihan akan menimbulkan timbunan kalsium merambah area jantung dan sekitarnya. Hal ini bisa berakibat fatal jika dibiarkan karena akan meningkatkan risiko serangan jantung atau gangguan pada detak jantung yang tidak lagi berjalan normal.

10. Disfungsi Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah yang berada di sekitar area mulut akan mengalami gangguan berupa tidak mampu memproduksi air liur dalam kadar normal. Ketidakmampuan (disfungsi) ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan mulut dan pencernaan karena memicu munculnya risiko xerostomia atau keadaan dimana mulut menjadi kering dan produksi air liur sangat kurang. Kondisi mulut kering bisa berakibat pada dehidrasi akut serta gangguan sistem pernapasan yang menyebabkan seseorang mengalami sesak napas.

Artikel Terkait: Artritis Septik , Makanan Penambah Sel Darah Putih

Efek samping yang ditimbulkan tersebut tentunya berkaitan dengan jumlah konsumsi harian minyak ikan oleh seseorang. Penting untuk diketahui atau bila perlu dilakukan konsultasi pada ahli gizi terkait agar takaran dapat disesuaikan berdasarkan kondisi seseorang tersebut. Namun demikian, hal ini tidak mengurangi minat menggunakan minyak ikan sebagai suplemen tambahan karena fungsinya yang sangat bermanfaat. Berikut ini adalah tips bagi anda yang ingin mengonsumsi minyak ikan secara aman:

  • Konsultasikan segera pada ahli medis mengenai keinginan anda untuk meminum suplemen tambahan agar dokter dapat memberikan saran terkait dosis dan juga informasi lain mengenai suplemen yang hendak diminum.
  • Pilih dan gunakan merk yang sudah teruji serta terdapat izin resmi dari dinas terkait.
  • Pastikan anda mengonsumsi tepat waktu dan menghindari penyimpanan minyak ikan pada tempat yang salah.
  • Segera melakukan pemeriksaan jika merasakan beberapa gejala seperti diatas.

Baca Juga:

Demikian artikel informatif tentang efek samping minyak ikan yang penting untuk diketahui bersama dan mampu meningkatkan juga wawasan serta kewaspadaan kita selama mengonsumsinya. Semoga bermanfaat bagi anda!

, ,
Oleh :
Kategori : Multi Vitamin