20 Cara Mengatasi Sakit Tumit Kaki Paling Ampuh

Sakit tumit atau nyeri pada tumit biasanya adalah masalah yang umum, namun kalau dibiarkan juga akan sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Seringkali, rasa sakit di bagian tumit bisa muncul bertahap, tapi akan sangat terasa begitu tak nyaman saat kita bangun pagi. Rasa nyerinya benar-benar mengganggu di bagian bawah tumit hingga belakang tumit atau pada lengkungannya.

Penyebab umum dari sakitnya tumit cukup beragam, seperti halnya keausan di bagian bantalan tumit, saraf terjepit, keseleo, cedera, hingga patah tulang. Ada juga beberapa kondisi medis yang mampu menyebabkan tumit terasa sakit, yakni asam urat, plantar fasciitis, bursitis, arthritis, fibromyalgia, Achilles tendinitis, hingga sindrom terowongan tarsal. Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit tumit yang paling direkomendasikan?

Baca juga:

  1. Istirahat Cukup

Ketika tumit terasa sakit, apapun penyebabnya, istirahat yang banyak adalah cara mengatasi paling tepat dan alami. Apabila tumit yang sakit dipakai untuk banyak berjalan, malah justru akan semakin sakit dan lama untuk sembuh. Jadi, banyak-banyaklah mengistirahatkan kaki supaya cepat pulih.

  1. Kompres dengan Es

Aplikasikan es ke bagian tumit yang sakit di mana Anda bisa membungkus lebih dulu beberapa pecahan atau kotak es batu ke dalam kain atau handuk bersih. Kompreskan pada bagian yang terasa sakit selama kurang lebih 15 menit. Efek dingin dari esnya akan membantu mengontrol rasa sakit serta inflamasi.

Alternatif lainnya dengan es adalah dengan mendinginkan sebuah botol berisi air biasa dengan memasukkannya ke dalam freezer lemari es. Lalu setelah itu, Anda bisa mengompreskan botol tersebut sekitar 15 menit pada area tumit yang sakit. Ulangi cara ini sesuai kebutuhan saja, tapi jangan pernah mengaplikasikan es batu langsung ke kulit.

(Baca juga: penyebab kaki pecah-pecahgejala kaki ngilu)

  1. Menggunakan Kunyit

Untuk sakit pada tumit, penggunaan kunyit juga dapat diandalkan. Anda bisa menggunakan kunyit karena di dalamnya terkandung kurkumin, sebuah komponen yang bekerja sebagai penghilang nyeri dan bersifat anti-inflamasi. Anda bisa saja mencampurkan sesendok teh kunyit bubuk ke dalam secangkir susu dan dihangatkan selama 5 menit sebelum ditambah madu sedikit dan diminum 2-3 kali dalam sehari.

Tak hanya itu, ada pula suplemen kunyit yang juga mampu membantu untuk menyembuhkan rasa sakit di bagian tumit Anda. Konsumsilah suplemen tersebut 400-600 mg yang dibagi menjadi 3 kali konsumsi dalam sehari. Namun untuk konsumsi suplemen, pastikan Anda telah mengonsultasikannya dengan dokter.

  1. Menggunakan Minyak Mustard

Apakah Anda cukup familiar dengan minyak mustard? Tak ada salahnya untuk memakai bahan alami ini untuk menyembuhkan rasa sakit di bagian tumit. Cukup dengan menghangatkan lebih dulu minyak mustard yang Anda miliki, lalu ambil sedikit atau secukupnya untuk diaplikasikan pada area yang sakit. Pijatkan selama 10 menit dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

  1. Menggunakan Minyak Wijen

Sama halnya dengan minyak mustard, minyak wijen juga dapat digunakan sebagai penyembuh bagi tumit yang nyeri. Ambil minyak wijen secukupnya lalu hangatkan lebih dulu. Minyak wijen hangat dapat kemudian Anda aplikasikan ke tumit yang sakit sambil dipijat beberapa menit. Lakukan setiap hari agar tumit tak sakit lagi.

(Baca juga: kaki mati rasatanda-tanda kaki berdenyut)


  1. Menggunakan Minyak Ikan

Mungkin tumit Anda sakit karena arthritis? Minyak ikan dapat menjadi solusi terbaik bagi rasa sakit yang dirasakan tersebut. Kaya akan omega-3, minyak ikan mampu membantu mengurangi rasa nyeri dan juga kekakuan pada sendi maupun otot.

Ambil saja minyak ikan yang mengandung EPA/DHA paling tidak 30 persen sebanyak 3 gram untuk Anda pakai sehari 2 kali. Minumlah secara rutin setelah berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Hanya saja, bagi yang sedang mengonsumsi obat diabetes tak boleh mengonsumsi suplemen minyak ikan ini.

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Ada pula cara alami nan ampuh yang bisa dicoba, yakni menggunakan minyak kelapa. Dengan menghangatkan lebih dulu minyak kelapa yang sudah diambil secukupnya, setelah itu langsung dapat dioles ke bagian tumit yang nyeri secara merata sambil dipijat-pijat lembut. Melakukannya 2-3 kali dalam sehari dan rutin setiap hari akan memberikan hasil maksimal.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Satu lagi jenis minyak yang bisa Anda andalkan ketika tumit terasa sakit dan tak nyaman. Ambil minyak zaitun secukupnya untuk Anda hangatkan lebih dulu, barulah kalau sudah oleskan secukupnya ke bagian yang sakit pada tumit sambil memijat-mijatnya selama 10 menit. Mengaplikasikannya beberapa kali sehari setiap hari akan mempercepat kesembuhan tumit.

(Baca juga: cara menghilangkan mata ikan di kakicara memutihkan mata kaki)

  1. Menggunakan Garam Epsom

Untuk tumit yang sakit tak tertahankan apapun penyebabnya, cobalah untuk memanfaatkan garam Epsom untuk menyembuhkan. Kandungan magnesium sulfat pada garam inilah yang memiliki kelebihan dalam mengurangi rasa sakit, inflamasi maupun bengkak yang kiranya muncul pada bagian tumit kaki.

Masukkan saja 3 sendok makan garam Epsom ke dalam air mandi atau sebuah ember dan kemudian rendamkan kaki yang bagian tumitnya terasa sakit di sana. Rendamlah selama kurang lebih 20 menit sebelum kemudian Anda keringkan dengan handuk. Setelah kering dan dioles dengan pelembab, pijatlah pelan-pelan untuk membuat otot dan sendi lebih rileks. Dalam seminggu ulangi cara ini 2-3 kali sampai sakitnya hilang.


  1. Memakai Cuka Sari Apel

Bukan hanya mujarab bagi penderita tekanan darah tinggi, untuk menangani masalah sakit tumit pun efektif. Anda bisa juga mencampurkan ¼ cangkir cuka sari apel dan 1 ½ cangkir air ke dalam panci. Hangatkan dan kemudian celupkan kain bersih di sana lalu setelah itu kompres bagian tumit yang sakit selama 15 menit. Ulangi metode ini 2-3 kali dalam sehari agar tumit cepat membaik.

  1. Mengonsumsi Jahe

Untuk tumit sakit cepat sembuh, silakan untuk meminum teh jahe sehari 3 kali berikut juga menambahkan jahe mentah ke dalam masakan Anda. Dalam membuat teh, cukup tambahkan 5 iris jahe ke dalam 1 ½ cangkir air mendidih dan tunggulah 5-10 menit sebelum kemudian dikonsumsi rutin.

(Baca juga: bahaya kaki sering kram penyebab kaki ngilu)

  1. Diet Alkali

Dalam membuat rasa sakit di tumit hilang, jangan lupa untuk berdiet alkali, yang artinya Anda harus meningkatkan asupan makanan yang mengandung alkali. Berdiet alkali seimbang akan mampu membuat tingkat pH bertahan dan akhirnya peradangan pun berkurang.

  1. Menggunakan Cabai Rawit

Ada kandungan capsaicin di dalam cabai rawit yang merupakan senyawa khusus penghilang rasa sakit dan nyeri. Cabai rawit dalam bentuk bubuk bisa Anda konsumsi supaya mampu membuat rasa nyeri pada tumit berkurang. Atau, campurkan saja 1 sendok teh bubuk cabai rawit dengan minyak zaitun ¼ cangkir minyak zaitun untuk kemudian dioles pada tumit yang nyeri selama 15 menit.

Tips Lain dalam Mengatasi Sakit Tumit

Ada juga sejumlah tips lainnya yang patut dicoba supaya rasa sakit pada tumit cepat berkurang bahkan hilang, yaitu:

  • Melakukan peregangan, baik sebelum olahraga maupun ketika senggang.
  • Kenakan sepatu yang pas dengan ukuran kaki Anda.
  • Hindari bertelanjang kaki ketika berjalan.
  • Kurangi berat badan apabila memang Anda juga punya masalah dengan obesitas.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi tentang cara mengatasi sakit tumit paling alami dan efektif yang layak dicoba. Kiranya bermanfaat dan semoga sakit tumit Anda lekas membaik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 19th, May 2017 / 16:01 Oleh :
Kategori : Kesehatan Kaki