23 Penyebab Kaki Ngilu dan Nyeri

10368

Kaki yang nyeri dan ngilu biasanya terjadi di area antara tumit serta panggul dan penyebab kaki ngilu itu sendiri terbilang banyak. Selain penyebab tangan ngilu, pemicu dari kaki yang nyeri dan ngilu pun perlu Anda ketahui karena hal ini mampu mengancam nyawa Anda juga. Di bawah ini adalah faktor-faktor yang diduga menyebabkan kaki terasa ngilu.

(Baca juga: nyeri sendi lutut)

1. Kanker

Nyeri atau ngilu pada kaki bisa saja disebabkan oleh adanya kanker tulang. Ada juga jenis kanker lainnya yang kemungkinan dapat menyerang dan menimbulkan ngilu di kaki, yakni kanker prostat yang sudah metastasis serta kanker ovarium (kanker leher rahim). Khusus untuk kanker prostat metastasis dapat membuat area kaki atas dan panggul menjadi nyeri juga.

2. Diabetes

Tak banyak yang tahu bahwa diabetes rupanya juga mampu menyebabkan gejala seperti kaki ngilu. Justru mereka yang menderita diabetes malah memiliki risiko kaki ngilu jauh lebih tinggi. Ini juga bisa disebabkan oleh komplikasi diabetes di mana neuropati perifer termasuk di dalamnya atau sejumlah gangguan pembuluh darah lainnya. Inilah yang kemudian membuat sirkulasi darah memburuk juga.

(Baca juga: penyebab kaki terasa panas dan kesemutan)

3. PAD atau Peripheral Artery Disease

Kondisi penyakit ini adalah penyakit yang juga disebut dengan arteri perifer di mana pembuluh darah besar mengalami penyumbatan, tapi yang tidak berposisi di dalam koroner, otak, maupun pembuluh darah aorta. Penyebab dari PAD sendiri bisa juga adanya proses inflamasi, trombus, emboli, atau aterosklerosis. Kaki terasa ngilu dikarenakan oleh adanya penyempitan pembuluh darah yang menjadikan aliran darah terbatas.

4. Hamstring Injury

Pernah mendengar soal kondisi penyakit satu ini? Hamstring injury ini merupakan satu keadaan yang dialami seseorang saat salah satu otot hamstrik tegang atau tertarik secara tak sengaja. Otot hamstring ini letaknya ada pada sepanjang belakang paha, dan mungkin Anda kerap atau pernah merasakan ngilu di area tersebut. Hamstring injury ini bisa jadi merupakan faktor yang menjadi penyebab utamanya.

(Baca juga: bahaya akibat kurang minum air putih)

5. Kram Otot

Namanya kram otot selalu menyakitkan dan penyebabnya pun juga banyak, seperti misalnya peregangan yang dilakukan secara kurang tepat atau faktor elektrolit yang tak seimbang. Kram pada otot juga merupakan salah satu akibat bahaya dehidrasi maupun potensi perubahan suhu yang cukup besar. Bila dibiarkan, lama-kelamaan kaki jelas akan terasa sangat ngilu tak tertahankan.

6. Infeksi Radang Sendi

Penyebab kaki ngilu satu ini adalah keadaan cairan sinovial yang terkena infeksi bersama dengan jaringan sendi. Infeksi tersebut berasal dari bakteri, namun juga berpotensi juga disebabkan oleh jamur atau virus. Sendi bakal terinfeksi dan ini berawal dari penyebaran patogen lewat peredaran darah dari jaringan yang sudah kena infeksi yang ada di dekatnya.

7. Deep Vein Thrombosis

Penyakit DVT ini diketahui dapat terjadi ketika ada perkembangan bekuan darah atau trombus di dalam vena. Ini terjadi hampir selalu pada kaki dan memang cenderung terjadi di pembuluh darah kaki seperti poplitea dan vena femoralis. Hal ini pun berpotensi juga berkembang tepat di dalam panggul sehingga Anda perlu waspada.

8. Mialgia

Bagi yang belum begitu familiar, mialgia itu adalah istilah untuk kondisi nyeri otot. Nyeri otot ini sendiri beragam pula penyebabnya, contohnya saja peregangan yang salah atau berlebihan maupun faktor infeksi. Bagi orang-orang yang memiliki jadwal kegiatan padat atau aktivitas fisik berlebih, sindrom kelelahan kronis pun bisa menjadi penyebab mialgia ini.

(Baca juga: kaki sering kesemutan saat duduk bersila)

9. Rheumatoid Arthritis

Inflamasi atau peradangan akan menimbulkan kondisi arthritis dan salah satu bentuk arthritis yang sering dialami adalah rheumatoid arthritis. Membran sinovial yang terkena serangan bakal memunculkan rasa nyeri dan pembengkakan di kaki. Kekakuan atau ketegangan di bagian kaki juga bisa saja oleh kondisi ini meski gejala bisa hilang dan timbul kapan saja.

10. Skiatika

Di dalam tubuh kita ada yang namanya saraf sciatic dan saat terkena iritasi, timbul rasa nyeri yang menjalar dari punggung bagian bawah lalu menurun sampai ke area bawah lutut melewati bokong serta paha. Nyeri dapat sangat parah dan terkadang juga disertai kesemutan, mati rasa maupun lemah otot.

11. Osteoartritis

Kondisi ini adalah hilangnya elastisitas pada tulang rawan sehingga kekakuan pun terjadi. Kerusakan pun menjadi lebih mudah terjadi pada tulang tersebut. Terkikisnya beberapa area tulang rawan sedikit demi sedikit akan memicu ligamen dan tendon meregang juga. Dari situlah kaki bakal terasa ngilu, apalagi saat mulai terjadi gesekan antara sendi kaki yang satu dengan lainnya.

(Baca juga: ciri-ciri flu tulang)

12. Arthritis

Perlu diketahui bahwa sistem muskuloskeletal dapat dipengaruhi oleh arthritis dan hal ini tak terkecuali bagian sendi. Osteoartritis yang sebelumnya sudah dijelaskan sedikit merupakan salah satu bagian atau cakupan dari arthritis di mana memang paling umum terjadi pada kebanyakan orang. Jadi, itulah sebabnya mengapa kondisi ini tidaklah dianggap sebagai penyakit tunggal karena memang masih banyak lagi kondisi jenis arthritis yang bisa Anda jumpai atau berpotensi dialami oleh Anda.

13. Herpes Zoster

Kaki yang super ngilu atau sakit juga bisa dikarenakan oleh Herpes Zoster. Ini karena memang salah satu gejala kondisi penyakit tersebut yang paling umum dan utama adalah timbulnya rasa nyeri atau ngilu di area bagian tubuh manapun. Hampir seluruh tubuh akan merasakan ketidaknyamanan gara-gara rasa sakit tersebut, dan kaki adalah bagian tubuh yang tidak terkecuali.

(Baca juga: penyebab kram kaki)

14. Alkoholisme

Faktor alkohol ternyata juga bisa memengaruhi kesehatan kaki Anda. Bahaya minuman keras bagi kesehatan jelas bukan main besarnya apalagi kalau dikonsumsi secara berlebihan. Tak hanya kesehatan sistem saraf otak saja yang bakal rusak, perifer serta otot pun mampu menjadi berkurang fungsinya. Tak hanya ngilu, kaki dapat juga merasakan sering kesemutan, lemat otot dan seperti ada sensasi terbakar.

15. Neuropati Perifer

Masalah fungsi saraf khususnya di luar tulang belakang adalah kondisi yang dinamakan dengan neuropati perifer ini. Salah satu kondisi yang dimaksud tentunya adalah rasa ngilu di bagian kaki di mana rasanya bakal sangat tidak mengenakkan dan tidak nyaman untuk Anda beraktivitas.

Selain rasa ngilu atau sakit, kelemahan otot, kesemutan, mati rasa serta refleks tubuh yang kurang bakal sangat dirasakan oleh penderita. Bahkan lebih seriusnya lagi, meski saat berbaring, kaki akan mengalami sensasi panas atau terbakar. Gejala-gejala tersebut biasanya dipicu oleh diabetes, kekurangan asupan vitamin, penyakit ginjal (gagal ginjal), serta konsumsi obat-obatan tertentu.

(Baca juga: bahaya kekurangan kalsium)

16. Patah Tulang

Bila Anda mengalami patah tulang kaki, kemungkinan besar rasa ngilu yang terjadi adalah berasal dari faktor tersebut karena patah tulang mampu terjadi pada setiap jenis tulang. Patah tulang kaki tidak melulu disebabkan oleh trauma atau kecelakaan, tapi juga bisa karena pasien mengalami osteoporosis. Kekuatan dan kepadatan tulang yang berkurang akan mudah patah saat terjadi tekanan seminimal apapun.

Nama lain dari patah tulang ini adalah fraktur dan biasanya menjadi pemicu umum nyeri atau ngilu kaki. Ini dapat dialami jika ujung saraf di dalam jaringan yang mengitari periosteum memberikan sinyal atau pesan rasa nyeri kepada otak. Rasa sakit berpotensi menjadi lebih parah saat otot mulai kejang-kejang.

17. Perdarahan

Ketidaksengajaan atau kecerobohan mampu membuat seseorang mengalami cedera yang rata-rata terjadi di bagian kaki atau tangan. Cedera bisa dalam bentuk keseleo atau patah tulang, namun ada juga cedera yang menyebabkan perdarahan internal. Saat kaki Anda mengalami cedera perdarahan, sangat besar kemungkinannya bagi kaki untuk sering merasa ngilu. Ini karena adanya tekanan di tulang, saraf, maupun ujung jaringan yang disebabkan oleh penumpukan darah.

18. Obesitas

Kaki yang ngilu dan terasa sakit terus-menerus bisa jadi dikarenakan oleh berat badan Anda yang lebih dari seharusnya. Obesitas kelihatannya sepele, namun kondisi obesitas yang sudah parah bakal sangat merepotkan sebab seseorang dengan obesitas bakal sulit untuk berdiri maupun berjalan. Tekanan bagian atas tubuh ke kaki akan begitu besar dan kaki pun akan terasa sakit karena harus berusaha menopang tubuh.

(Baca juga: telapak tangan dan kaki berkeringat)

19. Compartment Syndrome

Kompartemen atau ruang yang terbatas, saraf, serta pembuluh darah dapat terpengaruh oleh adanya pembengkakan serta peningkatan tekanan oleh kondisi ini. Rasa ngilu pun akan muncul ditemani oleh rasa kesemutan dan juga gerakan kaki yang hilang. Saat tak segera ditangani secara tepat, risiko dari kaki ngilu oleh Compartment Syndrome ini adalah kelumpuhan, sampai dengan kontraktur hingga kematian.

20. Sprains atau Strain

Istilah umum yang lebih mudah dimengerti pada istilah strain adalah cedera yang dialami tepat di bagian otot atau tendon. Sedangkan untuk sprains, ini merupakan istilah yang mendefinisikan keadaan cedera karena terkilir yang pada umumnya terjadi di bagian ligamen.

21. Shin Splits

Apabila terjadi rasa ngilu atau sakit di sepanjang tibia atau tulang kering, inilah yang disebut dengan kondisi shin splits atau mungkin istilah medis lain yang lebih dikenal adalah medial tibial stress syndrome. Gejala yang paling umum dialami selain ngilu pada kaki adalah adanya pembengkakan ringan yang muncul pada area kaki yang terkena.

(Baca juga: gejala asam urat tinggi)

22. Asam Urat

Pernahkah kaki Anda terasa sakit dan ngilu khususnya di bagian lutut? Faktor penyakit asam urat bisa menjadi salah satu penyebab. Ketika sendi Anda mengalami penumpukan asam urat, area kaki kemudian merasakan ketidaknyamanan, bahkan ini juga sampai menjalar ke bagian jempol kaki. Jadi, memang harus sering-sering atau teratur mengecek kadar asam urat supaya tak telanjur parah.

23. Hemofilia

Kaki yang sakit dan ngilu bisa saja disebabkan oleh kekurangan asupan protein dan inilah kondisi yang juga dinamakan dengan istilah hemofilia. Setiap manusia di dalam tubuhnya memerlukan protein tak hanya sebagai nutrisi untuk kesehatan dan perkembangan tubuh. Protein sangat dibutuhkan saat perdarahan sewaktu-waktu terjadi. Mengalami penyakit ini tak hanya menjadikan kaki sering ngilu, tapi saat mengalami cedera berdarah, perdarahan akan sulit berhenti.

(Baca juga: penyebab lutut sakit)

Demikianlah daftar penyebab kaki ngilu yang cukup banyak untuk Anda kenali satu per satu. Sebagian dari penyebab tersebut memang termasuk serius, maka Anda perlu lebih waspada dengan memeriksakan kaki yang ngilu secara langsung apabila lebih dari 1 minggu tak mereda juga.