Home Penyakit dan KelainanFlu Tulang 12 Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

12 Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

by Ana Rohma

Penyakit flu tulang merupakan sebuah penyakit yang lebih sering disebut dengan nama Chikungunya. Ini adalah salah satu jenis penyakit yang sering berkembang di daerah tertentu. Ketika salah satu orang di daerah tersebut sudah terkena flu tulang, maka penyebarannya akan menjadi lebih cepat. Flu tulang disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh nyamuk. Orang yang terkena flu tulang akan merasa sangat sakit pada persendian. Kemudian penderita akan membungkuk atau meringkuk karena semua tulang akan sakit jika digerakkan. Kondisi ini sebenarnya akan terjadi segera setelah nyamuk menggigit badan penderita.

Fakta Tentang Flu Tulang

  • Flu tulang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dari orang ke orang. Ketika ada nyamuk yang mengggigit penderita maka virus akan berkembang dalam nyamuk. Kemudian nyamuk yang terinfeksi akan menggigit penderita lain yang kemudian menularkan flu tulang.
  • Semua jenis gejala awal seperti sakit kepala, nyeri, demam, dan nyeri sendi akan muncul setelah 3 hingga 7 hari setelah terkena infeksi.
  • Virus akan berkembang dalam tubuh dalam waktu antara lima hingga tujuh hari dan kemudian akan menetap dalam tubuh penderita.
  • Obat untuk flu tulang hingga saat ini belum ditemukan, dan ketika terkena infeksi maka hal yang bisa dilakukan adalah istirahat, makan, minum dan menggunakan obat pereda nyeri untuk mengurangi gejala.
  • Flu tulang akan sembuh sendiri selama tujuh hingga lima belas hari tanpa perawatan. Biasanya penderita akan merasa lebih baik setelah benar-benar pulih.
  • Flu tulang sering didiagnosis dengan demam berdarah, namun pembengkakan sendi bisa menjadi gejala pasti yang menguatkan diagnosisi flu tulang.

Berikut ini adalah ciri-ciri umum yang ditemukan pada penderita flu tulang.

1. Demam

Penderita flu tulang pada awalnya tidak menyadari jika sudah terinfeksi dari jenis nyamuk Aedes Aegypti. 3 hari setelah virus masuk ke dalam tubuh kemudian akan menyerang tubuh dengan cepat. Penderita akan merasa demam yang tiba-tiba muncul pada malam hari. Demam akan membuat penderita tidak bisa bangun dan kemudian rasa sakit  berkembang ke bagian tulang.

2. Nyeri Sendi

Setelah demam maka semua  bagian tubuh akan terasa sangat sakit. Nyeri pada bagian sendi bisa terjadi pada bagian tangan, kaki dan punggung. Rasa nyeri inilah yang kemudian akan menyebabkan tubuh menjadi sangat lemah. Bahkan karena rasa nyeri yang berlebihan maka ketika disentuh dengan tangan juga akan terasa sangat sakit.

3. Sakit Kepala

Setelah virus masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan beberapa gejala maka bisa membuat penderita merasa sakit kepala. Gejala ini paling  sering terjadi bersamaan dengan demam yang muncul pada malam hari. Sakit kepala  menandakan jika virus sudah merusak sistem syaraf yang membuat beberapa bagian sendi kaki dan tangan merasa sulit untuk digerakkan.

4. Sendi Bengkak

Bagian persendian yang terasa sakit juga akan mengalami pembengkakan. Kondisi ini akan menyebabkan sendi yang terasa sakit sudah tidak bisa digerakkan. Sendi yang membengkak akan menyebabkan tubuh terasa semakin sakit. Kondisi ini bisa menjadi lebih parah jika penderita tidak banyak minum air atau dehidrasi.

5. Tulang Sakit Saat Digerakkan

Penderita juga akan merasa tulang yang sangat sakit ketika digerakkan. Seiring dengan bagian sendi yang mengalami pembengkakan maka semua bagian tulang akan terasa lebih sakit. Tulang pada bagian kaki dan tangan biasanya terasa pertama kali. Namun setelah beberapa hari maka semua bagian punggung juga akan terasa sangat sakit.

6. Ruam pada Kulit

Pada tahap awal biasanya juga akan muncul ruam pada bagian kulit. Ruam yang tampak pada bagian kaki dan tangan belum mulai terasa sakit. Namun ketika ruam sudah semakin berkembang pada bagian sendi maka rasa sakit akan lebih mudah muncul. Namun gejala ini biasanya tidak terlalu dominan karena hanya sedikit penderita yang akan mengalaminya.

7. Kram Otot

Kram otot adalah salah satu bagian penting ketika pada gejala awal penderita sudah merasakan sakit pada persendian. Kram otot paling sering terjadi pada bagian kaki yang sendinya sudah mulai membengkak. Infeksi menyebabkan otot tidak bisa  bekerja dengan baik. Hal ini juga sering menyebabkan penderita merasa sangat lelah dan sulit untuk bergerak.

8. Mual

Rasa mual biasanya terjadi pada tahap awal gejala flu tulang. Mual disebabkan tubuh membentuk respon yang sangat buruk karena infeksi dari virus yang masuk ke dalam tubuh. Mual akan semakin parah jika penderita juga tidak bisa mengkonsumsi makanan dan kekurangan cairan. Cara untuk mengatasi mual adalah dengan sering minum air agar tubuh tidak dehidrasi.

9. Sakit Kepala

Sakit kepala bisa terjadi pada semua penderita flu tulang, baik pada tahap gejala awal ataupun setelah melewati masa inkubasi. Kondisi kepala sering pusing akan membuat penderita tidak bisa bangun dari tempat tidur dan ditambah dengan rasa sakit pada semua bagian persendian. Untuk mengurangi rasa sakit kepala maka sebaiknya penderita tetap makan dan minum agar tubuh memiliki tenaga agar bisa pulih.

10. Muntah

Muntah disebabkan karena rasa mual yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena penderita tidak mengkonsumsi makanan yang cukup sehingga infeksi menyerang lebih cepat. Bagi penderita penyakit maag maka kondisinya bisa menjadi lebih parah dan sulit untuk pulih. Muntah juga akan lebih parah pada penderita usia lanjut yang sistem kekebalannya sudah lebih lemah.

11. Tubuh Sangat Lelah

Tubuh akan terasa sangat lemah karena tidak mampu melawan infeksi dari virus flu tulang ini. Tubuh yang terasa sangat lelah bisa menyebabkan penderita tidak mampu menahan rasa sakit karena infeksi yang menyerang pada bagian sendi. Biasanya tubuh akan pulih sendiri setelah infeksi sembuh dan tidak memerlukan perawatan khusus.

12. Sakit Punggung

Sakit punggung adalah bagian ketika tubuh terasa sakit yang dimulai pada bagian sendi tubuh. Sakit pada punggung biasanya akan menyebabkan tubuh penderita meringkuk. Ketika tubuh terlalu meringkuk karena menahan rasa sakit pada bagian sendi tubuh maka sakit pada punggung akan bertambah menjadi lebih parah. Kondisi ini akan bertahan hingga flu tulang benar-benar sembuh.

Pengobatan Flu Tulang

Cara cepat agar pulih dari flu tulang :

  • Jangan terlalu banyak bergerak dan lebih baik jika istirahat di tempat tidur
  • Selalu minum air mineral untuk mengatasi dehidrasi agar tubuh tidak terlalu lemah
  • Mengkonsumsi makanan yang lembut agar tubuh mendapatkan asupan kebutuhan nutrisi yang cukup
  • Pemberian obat penghilang nyeri sendi bisa dilakukan oleh dokter yang merawat
  • Setelah pulih maka bisa mencoba untuk bergerak lebih banyak mulai dari gerakan untuk sendi kaki, tangan dan bagian punggung. Jika tubuh tidak bisa bergerak dengan baik maka sangat diperlukan untuk melakukan latihan fisioterapi

Cara mencegah flu tulang :

  • Membersihkan lingkungan tempat tinggal secara rutin agar tidak ada nyamuk penyebab flu tulang yang berkembang.
  • Melindungi rumah dengan obat nyamuk yang berbentuk krim atau obat nyamuk semprot.
  • Membuang semua benda yang tidak terpakai dirumah terutama benda yang bisa menjadi tempat genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk.
  • Selalu menjaga agar rumah tidak disukai oleh nyamuk seperti rumah yang bersih, tidak banyak memiliki benda-benda yang digantung pada dinding dan berbagai perlengkapan yang sering disukai oleh nyamuk.
  • Biasakan tidur dengan jendela rumah atau kamar yang tertutup untuk menghindari agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah pada malam hari.
  • Gunakan pakaian berlengan panjang terutama yang berwarna cerah karena nyamuk tidak suka dengan pakaian terang dan lebih banyak suka dengan pakaian berwarna gelap seperti coklat dan hitam.
  • Kosongkan semua jenis tempat penyimpanan air di dalam rumah. Lebih baik jika Anda segera mengosongkan untuk menghindari agar nyamuk tidak masuk ke genangan air tersebut.

Flu tulang merupakan penyakit yang mudah menyebar di daerah tertentu yang sudah terkena endemi virus. Karena itu lindungi tubuh Anda jika bepergian ke tempat yang menjadi endemi flu tulang.

You may also like