Konsumsi 8 Buah Ini Untuk Penyembuhan Patah Tulang Lebih Cepat !

434

Saat seseorang mengalami patah tulang, solusi perawatan yang biasanya akan dicari adalah langsung ke dokter atau bahkan mencari terapis/ahli pijat profesional untuk mengembalikan tulang yang cedera. Namun, pemijatan yang dilakukan oleh seorang ahli sekalipun dapat memerlukan waktu panjang dan lama sehingga perlu untuk diimbangi dengan konsumsi makanan yang tepat, termasuk buah untuk penyembuhan patah tulang berikut.

  1. Tomat

Buah yang juga dianggap sebagai jenis sayur ini bermanfaat besar dalam mendukung kembali jaringan tulang yang cedera dan patah. Selain itu, mengonsumsi tomat adalah salah satu cara terbaik dan teralami dalam memroduksi kolagen lebih banyak sehingga kulit pun bisa diperbaiki lebih cepat. Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi tomat secara rutin selama pemulihan.

  1. Jeruk

Buah lainnya yang juga akan memulihkan kondisi patah tulang secara ampuh dan efektif adalah jeruk. Jenis buah sitrus ini kita tahu berkandungan tinggi akan vitamin C sehingga rasa sakit karena peradangan akibat patah tulang bisa diredakan. Kabar baiknya lagi, buah ini jika dikonsumsi rutin akan membantu pertumbuhan massa tulang agar naik serta membuat daya tahan tubuh jauh lebih kuat.

  1. Aprikot

Aprikot merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk kesehatan tulang, seperti telah dibuktikan oleh sebuah studi di tahun 2015 bahwa garam dari kalium, yakni sitrat dan bikarbonat mampu membantu penyembuhan tulang yang bermasalah. Bahkan cedera patah tulang pun akan dibantu untuk jadi lebih cepat pulih.

  1. Alpukat

Selain aprikot, alpukat pun merupakan jenis buah yang sama baiknya untuk pemulihan tulang retak atau patah karena cedera atau alasan lainnya. Alpukat yang dikonsumsi harian pun akan mampu mengembalikan mineral yang sempat hilang dan akhirnya menjadi cara melancarkan peredaran darah yang tepat.

  1. Plum

Buah plum tak hanya baik dan bermanfaat bagi Anda yang ingin menjalani diet sehat dengan menurunkan kadar air dari dalam tubuh. Rupanya, plum juga adalah salah satu sumber makanan yang mengandung kalium tinggi sehingga mampu menjadi solusi bagi Anda yang tengah berada dalam masa penyembuhan patah tulang atau sedang menderita osteoporosis.

  1. Lemon

Selain jeruk biasa, buah yang mengandung vitamin C lainnya wajib Anda konsumsi selama penyembuhan patah tulang adalah lemon. Saat mengalami cedera patah tulang, ada peradangan yang terjadi dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh dan membuat radang makin serius. Oleh karena itu, mengonsumsi lemon akan menjadikan tubuh jauh lebih baik.

  1. Kiwi

Satu jenis buah lagi yang juga masih termasuk buah sitrus adalah kiwi. Buah berwarna hijau segar ini kaya akan sifat antioksidan sekaligus menjadi makanan yang mengandung vitamin C tinggi sehingga sangat bisa diandalkan sebagai buah yang mampu meredakan inflamasi alias peradangan. Cedera patah tulang memicu rasa sakit yang luar biasa dan inilah efek dari radang tersebut, jadi untuk pemulihan lebih cepat Anda hanya perlu mengonsumsi buah ini secara rutin baik secara langsung atau dijus.

  1. Buah Berry

Jenis buah sitrus lainnya yang jelas direkomendasikan bagi Anda yang sedang masa penyembuhan patah tulang adalah buah-buahan berry, seperti blackberry, blueberry, cranberry, stroberi dan raspberry yang kaya antioksidan sekaligus menawarkan asupan vitamin C tinggi. Itulah kenapa dengan mengonsumsi buah-buah ini secara rutin, Anda bisa melawan efek radang dan radikal bebas lainnya.

Pantangan Selama Penyembuhan Patah Tulang

Jika buah-buahan di atas termasuk buah untuk penyembuhan patah tulang, maka berikut ini adalah jenis makanan-makanan yang perlu dihindari selama masa pemulihan. Mengonsumsi beberapa makanan dan minuman di bawah ini biasanya hanya akan meningkatkan risiko peradangan dan rasa sakitnya makin parah.

  • Kafein – Meski Anda pecinta kopi, pastikan untuk tidak meminumnya dulu sebelum patah tulang benar-benar sembuh. Ataupun bila ingin tetap mengonsumsinya, batasi untuk tak sampai 2 cangkir lebih per harinya supaya tak menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Jika asupan kalsium terhambat, otomatis Anda juga tengah menghambat pemulihan tulang Anda.
  • Garam Berlebihan – Tulang dapat menjadi makin lemah karena asupan garam atau sodium yang terlalu banyak bagi tubuh. Itulah kenapa Anda perlu membatasi makanan-makanan bergaram tinggi alias makanan asin sekalipun Anda begitu menyukainya.
  • Alkohol – Asupan minuman keras atau minuman yang mengandung alkohol harus Anda hindari sementara waktu agar tidak kemudian mengganggu keseimbangan kalsium apalagi menghambat penyerapannya. Bahkan alkohol juga mampu meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti halnya osteoporosis, kanker, gangguan pada hati, hingga pankreatitis.

Pastikan untuk rajin mengonsumsi makanan yang tepat supaya tahap penyembuhan patah tulang berjalan dengan baik dan sempurna. Apabila Anda merasa bahwa selama masa penyembuhan ada kondisi yang kurang wajar, Anda perlu segera ke dokter untuk mengonsultasikannya dan tidak perlu menunggu terlalu lama.