Tanda Tanda Kaki Berdenyut – Penyebab dan Penanganannya

10811

Tanda tanda kaki berdenyut dapat muncul karena kelainan saraf , Otot atau karena penyakit lain yang dapat menyerang dewasa dan orang tua. Masih banyak orang yang menganggap munculnya kaki berdenyut adalah hal yang biasa dan akan hilang dengan sendirinya, Namun kenyataannya jika diiringi dengan rasa kebas, Kesemutan dan nyeri maka dapat menyebabkan gangguan psikologis berupa stres dan menghambat aktivitas sehari hari. (Baca Juga: Obat Sakit Lutut Kaki Kanan , Penyebab Kram Pada Kaki)

Tanda Tanda Kaki Berdenyut

  • Area kaki tertentu mengalami kedutan atau berdenyut dengan intensitas yang berbeda beda misalnya denyutan yang lambat, Cepat bahkan timbul tenggelam.
  • Daerah lutut, Betis atau area mata kaki terasa berdenyut denyut, terasa pegal dan linu serta nyeri ketika dilakukan gerakan untuk berjalan, Berdiri atau duduk bersila.
  • Terasa panas pada area kaki tertentu yang mengalami pembengkakan, Peradangan dan terjadi luka yang cukup dalam atau luka berdarah sehingga jaringan luka yang mengalami kerusakan ringan akibat cedera akan berdenyut denyut.

(Baca Juga: Sakit Lutut Sebelah Kanan , Obat Sakit Lutut Kaki Kanan)

Penyebab Kaki Berdenyut

Munculnya kaki berdenyut berbeda beda penyebabnya terlepas dari apa dan bagaiamna sktivitas yang dilakukan secara individu atau memang karena telah memiliki riwayat penyakit tertentu yang ternyata mempengaruhi kondisi jaringan otot dan saraf pada organ kaki.

  1. Pergelangan kaki keseleo

Keseleo pergelangan kaki rentan terjadi pada orang orang yang mengenakan sepatu yang sempit atau terlalu tinggi sehingga Tanda tanda kaki berdenyut akan terasa seperti kedutan lebih mudahmuncul ketika sepatu dibuka dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri . Kondisi itu semakin parah ketika seseorang memakai sepatu yang sempit atau sepatu yang memiliki hak terlalu tinggi lebih dari 10 jam. Pergelanagan kaki dan betis dipaksa untuk terus menerus menopang berat badan dan harus mengendalikan keseimbangan tubuh ketika sedang berdiri ataupun berjalan. Aliran darah pada pergelangan kaki menjadi tersendat karena terhambat dengan pemakaian sepatu yang tidak tepat. (Baca juga : Cara mengatasi keseleo pergelangan kaki , Cara Mengobati Kaki Keseleo)

  1. Retak dan patah tulang

Seseorang yang pernah mengalami kecelakaan maka akan meninggalkan jejak cedera dan trauma yang berat misalnya retak atau patah tulang. Ketika tahap penyembuhan patah tulang sudah dilakukan pada jangka waktu yang lama dan kondisi tulang telah disembuhkan maka suatu hari dimasa depan akan bisa muncul kembali dengan tanda tanda kaki berdenyut yaitu pada saraf saraf tendon diarea bekas cedera tersebut bersamaan dengan rasa nyeri. Kondisi ini dapat terjadi ketika bekas retak ataun patang tulang itu mengalami benturan kembali walaupun pada intensiatas benturan yang tidak berat. (Baca Juga: Cara Mengobati Patah Tulang , Pertolongan Pertama pada Patah Tulang)

  1. Arthristis

Artritis merupakan peradangan parah yang terjadi pada persendian yang menimbulkan rasa berdenyut , Ngilu, Nyeri, Timbul pembengkakan dan kaku pada area kaki sehingga jaringan saraf, Otot, Ligame dan tendon mengalami peradangan dan tekanan.Munculnya penyakit artriris dapat disebbakan karena kegemukan, Genetik atau Aktivitas fisik berlebihan. Tanda tanda kaki berdenyut akibat artritis sangat mudah dikenli jika yang penderitanya adalah lansia. Yaitu berupa munculnya kesemutan dan mati rasa yang terus menerus. (Baca Juga: Obat Herbal Radang Sendi  , Pergelangan Tangan Sakit)

  1. Avascular nekrois aseptik

Avascular nekrois pada tubuh merupakan penyakit yang menyerang fungsi dari jaringan kaki yaitu area paha menjalar kearah pinggang yang muncul disebabkan karena adanya penyakit lain yang menghalangi pembuluh darah kecil yang bertugas mengalirkan dan menyuplai darah dan oksigen di ujung tulag pinggang. (Baca Juga: Cara Mengobati Syaraf Kejepit di Pinggang , Obat Alami Sakit Pinggang)

  1. Nyeri tulang rawan

Seseorang yang menderita penyakit asam urat kronis pada persendian kakinya maka jaringan tulang rawan akan mengalami rasa nyeri , Muncul denyutan denyutan yang awalnya biasa saja tetapi bisa menjadi lebih keras dari biasanya dan mengalami peradangan akibat penumpukan zat purin yang berlebihan. Nyeri tulang rawan yang berkepanjangn dapat memicu munculnya tanda tanda kaki berdenyut yang berujung rasa nyeri jika kaki akan digerakkan. (Baca Juga: Obat Nyeri Tulang Kaki , Penyebab Sakit Tulang Belakang)

  1. Kurang asupan zat magnesium dan kalsium

Kekurangan asupan nutrisi zat magnesium dan kalsium dapat menyebabkan tanda tanda kaki berdenyut dan jika kondisi terus menerus berlangsung maka akan mempercepat pengeroposan tulang, Tulang mudah mengalami keretakan dan penyempitan penbuluh darah dikaki. Kurang zat magnesium dan kalsium dalam tubuh dengan jumlah yang besar dapat menyebabkan saraf saraf mengalami penyempitan dan penyumbatan aliran darah dan menyebabkan kebutuhan elektrolit pada tubuh menjadi tidak seimbang. (Baca Juga: Bahaya Kekurangan Kalsium , Dampak Akibat Kekurangan Magnesium)

  1. Gangguan fungsi saraf

Gangguan fungsi saraf atau gejala neoropati adalah tanda tanda kaki berdenyut akibat masa otot pada jaringan kaki mulai berkurang , Makin mengecil dan menyebabkan munculnya denyutan denyutan yang tidak jarang menimbulkan rasa nyeri. Kondisi ini banyak terjadi akibat serangan penyakit autoimun ( Dimana kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri) (Baca Juga: Jenis Kelainan Saraf)

Penanganan Kaki Berdenyut

Tips mudah untuk mengatasi kaki berdenyut agar tidak menjalar menjadi keluhan kesehatan lain pada area kaki termasuk paha, Lutut, Betis, Pergelanagan kaki, Mata kaki, Telapak kaki dan jari jari kaki.

  • Mengurangi aktivitas yang menggunakan kaki secara berlebihan misalnya olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki untuk menopang berat badan misalnya angkat besi ataupun kegiatan kerja yang membutuhkan pergerakan kaki secara terus menerus dapat juga memicu penyempitan aliran darah dan menyebabkan peradangan pada jaringan otot dan tendon. (Baca juga: Penyebab Otot Kaku , Kelainan Otot Pada Manusia)
  • Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan magnesium agar saraf, Otot dan jaringan lain yang ada pada area kaki dapat memiliki kekuatan ketika menerima tekanan karena aktivitas berat dan dapat menghalau serangan jamur atau virus yang menyebabkan munculnya tanda tanda kaki berdenyut yang diakibatkan karena infeksi pada jaringan organ kaki. (Baca Juga: Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi)
  • Hindari pemakaian sepatu yang sempit dan terlalu tinggi pada kaki dalam waktu yang lama karena dapat memicu munculnya tanda tanda kaki berdenyut yang diiringi rasa sakit dan pembengkakan, Menyebabkan penghambatan aliran darah dan menimbulkan kram otot kaki, Ketegangan otot betis, luka yang menyebabkan iritasi pada jaringan tendon kaki. (Baca Juga: Cara Mengecilkan Betis Kaki)
  • Membiasakan diri untuk melakukan peregangan disela sela kesibukan anda. Namun Peregangan juga harus diimbangi dengan perawatan kesehatan saraf dan otot jaringan organ kaki setidaknya seminggu sekali dengan cara dilakukan pemijatan lembut dan merendamkan kaki pada air hangat yang didalamnya telah ditambahkan air jeruk lemon dan garam atau bisa juga dengan rebusan air sirih dan daun sereh untuk melancarkan aliran darah, Menghilangkan ketegangan, otot kaku serta kelelahan jaringan jaringan otot halus yang ada pada organ kaki yaitu sepanjang lutut, Betis, Pergelangan kaki dan jari jari kaki. Pemijatan bisa pula dilakukan pada tempat tempat yang melayani jasa terapi kaki atau refleksi yang telah memiliki pengalaman dibidangnya.