17 Cara Mengobati Syaraf Kejepit di Pinggang Paling Efektif

6949

Syaraf kejepit bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, baik itu di punggung, leher, lengan, maupun pinggang. Ketika seseorang terkena syaraf kejepit atau yang mungkin juga dikenal dengan istilah urat terjepit, maka otomatis kegiatan sehari-hari pun menjadi sangat terganggu. Segala aktivitas dan gerak tubuh menjadi sangat terbatas.

Jika Anda merasakan syaraf kejepit di bagian pinggang, jangan takut atau panik walau memang terjadi penurunan sistem saraf yang mengirim sinyal yang berasal dari otak. Ketika mulai terjadi rasa sering kesemutan, nyeri di bagian pinggang, mati rasa, hingga jalur saraf yang ototnya melemah, Anda bisa mencoba untuk mencoba cara mengobati syaraf kejepit di pinggang berikut ini.

(Baca juga: cara menyembuhkan syaraf kejepit)

1. Istirahat

Dalam mengobati syaraf yang kejepit, baik itu di pinggang, punggung, atau bagian tubuh lain, Anda bisa mengambil waktu lebih untuk beristirahat. Hanya saja, kalau bisa Anda perlu menghindari posisi tidur yang sama dalam jangka waktu cukup lama. Bahkan tempat tidur pun harus yang senyaman mungkin supaya pinggang Anda merasa lebih baik.

2. Berjalan

Justru untuk menghadapi sebuah kondisi syaraf yang kejepit, Anda bisa melatih tubuh untuk bergerak dengan berjalan. Berjalan merupakan sebuah bentuk olahraga yang cukup membantu asalkan Anda berjalan di atas permukaan yang rata. Berjalanlah selama 10-20 menit setiap 3 jam sekali; tapi memaksakan diri sangat tidak dianjurkan.

3. Memakai Kunyit

Kunyit tidak hanya dapat menjadi obat kaki bengkak karena jatuh saja karena pada dasarnya kurkumin yang terkandung di dalam kunyit sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Antioksidan ada di dalam kurkumin di mana ini juga menawarkan sifat anti-inflamasi yang memberikan antihistamin bagi tubuh. Baik itu dalam bentuk tablet, kapsul atau bubuk, Anda bisa memanfaatkannya.

(Baca juga: ciri-ciri syaraf kejepit)

4. Akupuntur

Mungkin sepintas memang agak mengerikan ketika membayangkan tubuh kita ditusuk-tusuk jarum. Namun metode akupuntur sebetulnya sangat bisa membantu seseorang dengan berbagai keluhan penyakit, termasuk juga syaraf kejepit. Asalkan dilakukan dan dibantu oleh seorang terapis ahli dan terpercaya, dijamin kondisi pinggang Anda akan jauh lebih baik.

5. Merilekskan Otot

Untuk mengobati syaraf kejepit, yang Anda perlu lakukan adalah merilekskan otot pinggang. Lakukanlah dengan cara mengangkat kedua kaki saat berbaring dengan ditopang sebuah bola atau bantal yang cukup tinggi. Biarkan posisi tersebut selama setengah jam dan lakukanlah sehari 2 kali untuk perkembangan pinggang supaya lebih nyaman.

6. Asam Lemak Omega-3

Tahukah Anda bahwa makanan-makanan yang mengandung asam lemak omega-3 mampu membantu agar tingkat peradangan berkurang? Anda juga bisa mengonsumsi suplemen untuk menjadikan kondisi pinggang lebih baik dan rasa sakitnya berkurang. Asam lemak ini menghasilkan kolagen yang sangat baik untuk tubuh gunakan dalam memperbaiki syaraf yang kejepit.

(Baca juga: makanan yang baik untuk syaraf kejepit)

7. Garam Epsom

Percaya atau tidak, garam Epsom merupakan salah satu cara mengobati syaraf kejepit secara alami dan efektif. Bahkan sudah banyak yang membuktikan bahwa bahan alami ini sangat mujarab. Cukup dengan menambahkan 1-4 cangkir banyaknya akan garam Epsom ke air mandi Anda, Anda bisa berendam di sana.

Pastikan bahwa air mandi yang diisikan di bathtub merupakan air hangat dan Anda bisa mengambil waktu beberapa menit untuk berendam di sana supaya pinggang jauh lebih rileks. Namun bila Anda penderita alergi terhadap sulfur, sedang hamil, atau penderita diabetes, konsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum memakai garam Epsom.

8. Memakai Daun Comfrey

Nama lain dari daun ini adalah kompering atau komfri di mana memang daun komfrey ini termasuk sangat ajaib dan bisa diandalkan untuk masalah syaraf kejepit. Daun ini sudah cukup sering digunakan oleh para penderita gangguan tulang dan jaringan ikat. Cara penggunaannya yang mudah adalah salah satu kelebihannya.

Cukup dengan menyiapkan 1 pon daun komfri segar atau 6 pon daun komfri kering, Anda bisa kemudian memasukkannya ke dalam 5 liter air dingin. Selama 12 jam Anda perlu meninggalkannya, lalu solusi bisa Anda panaskan dan tambahkan ke air mandi setelah disaring. Berendamlah dengan air ini untuk pinggang yang lebih baik.

(Baca juga: penyebab syaraf terjepit)

9. Kompres Dingin atau Panas

Untuk mengobati syaraf kejepit di bagian pinggang, Anda juga bisa menggunakan cara yang alami dan mudah, yaitu kompres dingin atau panas. Saraf yang kejepit seringkali juga ditambah dengan pembengkakan, dengan demikian akhirnya saraf menjadi lebih tertekan. Supaya bengkak berkurang dan sirkulasi darah bisa meningkat, kompres adalah solusinya.

Penggunaan kompres dingin dan panas tidak boleh dijadikan satu atau dilakukan secara bersamaan. Penggunaan es dan panas perlu untuk Anda rotasikan periodenya untuk diaplikasikan ke syaraf yang sedang kejepit. Inilah yang juga disebut dengan istilah hidroterapi, metode penempelan es sehari 3-4 kali selama 15 menit lamanya.

Metode ini tak boleh disepelekan karena kompres dingin maupun panas akan membuat inflamasi berkurang. Sesudah kompres dingin, Anda bisa menyiapkan bantalan panas yang kemudian dikompreskan ke area pinggang yang sama selama sejam. Kompres panas dianjurkan untuk Anda lakukan 4-5 kali dalam seminggu sampai rasanya agak lebih baik.

Tak masalah juga apabila Anda ingin membuat pinggang jauh lebih baik dengan cara mandi dengan air panas. Siramkanlah air tersebut tepat pada area syaraf yang kejepit, tujuannya adalah untuk membuat otot-otot pada area tersebut menjadi lebih lemas dan aliran darah pun bisa meningkat.

  • Untuk kompres dingin, pastikan Anda memakai kantong es yang bisa Anda beli di toko maupun membuatnya sendiri. Tekanan dari kantong es akan memberikan efek dingin bagi area yang terjepit tersebut, namun Anda perlu memakai kain atau handuk lembut sebagai pemisah antara kulit dengan es batu. Jangan sampai Anda menempelkan es batu secara langsung ke permukaan kulit sebab bisa menimbulkan luka. Penggunaan pun tak dianjurkan di atas 15 menit sebab aliran darah bisa menurun dan hanya akan membuat penyembuhan menjadi lebih lambat.
  • Untuk kompres panas, bantalan panas bisa Anda siapkan dan tempelkan ke area pinggang tepat setelah selesai dengan kompres dingin. Hal ini bertujuan agar aliran darah dapat terdorong dan mampu membuat proses penyembuhan jauh lebih cepat. Lebih dari 1 jam tidak dianjurkan sebab mampu memperburuk kondisi inflamasi pada pinggang.

(Baca juga: bahaya syaraf terjepit)

10. Pijat

Rupanya syaraf kejepit pada pinggang dapat membantu membuat ketegangan mereda dengan baik. Rasa sakit di pinggang dijamin juga akan mereda, jadi tak masalah bila Anda memanggil tukang pijat profesional dan terpercaya untuk memijat seluruh bagian tubuh. Ini justru akan membuat tubuh lebih rileks di bagian ototnya.

Daerah pinggang yang syarafnya kejepit dan juga menegang serta nyeri pun akan terasa melemas. Memijat sendiri sebetulnya sah-sah saja, karena hal ini juga terbukti berpotensi meredakan rasa sakitnya. Hanya saja, jangan terlalu kasar atau sembarangan dalam memijat, pastikan Anda mengurutnya secara pelan-pelan.

Aliran darah pasti akan naik dan otot-otot menjadi lebih longgar. Pijatan intens sangatlah dilarang dalam hal ini karena tekanan intens sekaligus keras hanya akan dapat membuat kondisi syaraf kejepit menjadi lebih buruk. Jika memang ingin yang aman, tukang pijat yang memang ahli dalam hal ini bisa dipanggil saja.

11. Meningkatkan Asupan Kalsium

Tak hanya asam lemak omega-3, asupan kalsium juga bisa Anda tingkatkan karena syaraf kejepit, di manapun terjadinya, sebetulnya dapat difaktori oleh kekurangan kalsium. Makanan yang mengandung kalsium tinggi, seperti sayuran hijau, yogurt, keju serta susu adalah yang paling Anda butuhkan.

12. Meningkatkan Asupan Kalium

Tubuh juga selalu membutuhkan asupan mineral kalium secara cukup. Percaya atau tidak, metabolisme sel di dalam tubuh setiap manusia ditentukan juga oleh kalium. Makanan yang mengandung kalium tinggi merupakan kunci bagi setiap penderita syaraf kejepit untuk menjadikan tubuh lebih baik.

(Baca juga: terapi syaraf kejepit)

13. Injeksi Steroid Epidural

Demi mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan bagian syaraf yang kejepit, injeksi steroid epidural adalah salah satu solusinya. Metode pengobatan ini hanyalah meliputi suntukan steroid yang biasanya diberikan dokter langsung pada tulang belakang. Pemberian suntikan tentu harus disesuaikan dengan keadaan tubuh pasien di mana tentunya harus melalui diskusi lebih dulu dengan sang terapis.

14. Minum NSAID

Minum obat pereda nyeri juga adalah solusi dalam mengatasi syaraf kejepit di pinggang Anda. Obat penghilang rasa sakit seperti NSAID alias obat anti-inflamasi non-steroid (aspirin dan ibuprofen) adalah cara untuk mengurangi rasa sakit sekaligus pembengkakan. Akan ada instruksi pemakaian sehingga Anda bisa mengikutinya; konsultasikan dengan dokter juga sebelum meminumnya.

15. Menggunakan Cabe Rawit

Untuk mengobati masalah syaraf kejepit di bagian pinggang, Anda bisa memanfaatkan cabe rawit sebagai bahan alami yang efektif sebagai solusi. Anda bisa mengaplikasikan cabe rawit yang sudah ada dalam bentuk pasta dan dicampur air ke area pinggang yang sakit. Lakukan secara rutin hingga Anda merasa bahwa pinggang sudah baikan.

(Baca juga: jenis kelainan saraf)

16. Fisioterapi

Diketahui bahwa fisioterapi merupakan sebuah cara ampuh yang bisa digunakan juga dalam mengobati syaraf kejepit. Ada ahli atau terapis yang bakal menginstruksikan apa yang harus Anda lakukan serta membantu untuk berjalan, berdiri dan melakukan rutinitas dengan benar. Tanyakan kepada terapis Anda juga akan metode peregangan dasar yang benar supaya otot lebih kuat.

17. Memakai Passionflower

Untuk kesembuhan syaraf kejepit di area pinggang, jangan lupa bahwa Anda juga bisa memakai passionflower. Ini merupakan sebuah jenis bunga yang memang berkhasiat utama untuk membuat sistem syaraf lebih tenang. Anda bisa meminum kapsul ekstrak passionflower ini untuk meredakan inflamasinya, tapi sebaiknya memang berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit syaraf)

Itulah sejumlah cara mengobati syaraf kejepit di pinggang yang patut Anda coba ketika kondisi ini menyerang. Tak masalah untuk mencoba beberapa cara sederhana dan alami lebih dulu, dan bila belum juga efektif, barulah Anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.