12 Cara Mengobati Syaraf Kejepit Paling Cepat

Penyakit syaraf kejepit tidak boleh dianggap remeh sebab penyakit ini bisa menyebabkan kualitas hidup seseorang menjadi menurun. Orang yang terkena syaraf kejepit tidak akan bisa melakukan kegiatan yang dilakukan seperti oleh orang lain. Alasannya adalah jika menderita syaraf kejepit, untuk melakukan suatu kegiatan akan terasa menyakitkan sebab rasa ngilu yang diderita. Syaraf kejepit ini bisa terjadi di bagian leher, punggung, lengan atau di bagian tubuh lain. Syaraf yang terjepit ini bisa terjadi ketika tulang yang ada di dalam tubuh seperti tulang rawan, tulang tendon dan juga bagian otot terjebak dan juga tertekan di dalam syaraf yang tidak normal. Mengobati syaraf kejepit ini bisa dengan cara alami dan juga bisa dengan cara bantuan dokter. Berikut ini adalah cara mengobati syaraf kejepit yang bisa dilakukan :

  1. Memperhatikan Kondisi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan kondisi daari syaraf kejepit tersebut. Kondisi yang harus diperhatikan adalah syaraf dalam kondisi terluka diakibatkan oleh hal hal tertentu namun tubuh tidak bisa mengirimkan sinyal jika syaraf sedang mengalami masalah. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan syaraf menjadi kejepit misalnya saja syaraf tertekan oleh cakram hernia, penyakit artritis. Sedangkan penyebab lainnya adaah cedera pada bagian tertentu, membiasakan diri dengan postur tubuh yang buruk, melakukan kegiatan olahraga dan juga karena obesitas.

Syaraf yang terjepit itu bisa terjadi di seluruh tubuh, namun lebih seringnya syaraf terjepit terjadi di bagian tulang belakang, leher dan pergelangan tangan maupun pergelangan siku. Beberapa hal tersebut akan menyebabkan syaraf terjepit menjadi meradang. Kalau sudah meradang, syaraf terjepit yang meradang akan mengalami syaraf semakin sempit dan juga semakin terjepit. Kondisi akan diperparah jika nutrisi tidak tercukupi dengan baik.

Baca : Bahaya mematikan syaraf gigiJenis kelainan syaraf

  1. Gejala

Hal kedua yang bisa digunakan untuk mengobati syaraf kejepit adalah dengan melihat gejala yang ada. Gejala tersebut apakah benar benar disebabkan oleh syaraf kejepit atau disebabkan oleh yang lainnya. Syaraf terjepit tersebut menyebabkan halangan fisik bagi sistem di jaringan tubuh. Gejala yang harus diperhatikan jika seseorang mengalami syaraf terjepit adalah orang tersebut akan merasakan mati rasa, terjadi pembengkakan kecil, rasa sakit yang menusuk nusuk seperti tertusuk jarum, sering merasakan kesemutan, kejang otot dan yang terakhir adalah otot terasa lemas. Jika hal tersebut benar benar terjadi pada anda, itu tandanya anda telah mengalami syaraf terjepit.

Baca : Kesehatan sistem syaraf otakBahaya kaki sering kram

  1. Hindari Aktivitas Berlebihan

Hal lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati syaraf kejepit adalah menghindari aktivitas yang berlebihan terutama di bagian tubuh yang ada syaraf terjepitnya. Setelah didiagnosa oleh dokter mengalami syaraf terjepit sebaiknya mulai melakukan perawatan diri. Perawatan diri yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari menggunakan otot yang ada syaraf terjepitnya. Jika terus digunakan, syaraf terjepit itu akan semakin terasa sakit bahkan bisa sampai membengkak. Jika di bagian syaraf terjepit itu semakin membengkak, syaraf itu pun akan semakin terjepit dan menyebabkan rasa semakin sakit. Mengistirahatkan syaraf yang ada di dalam tubuh anda merupakan cara terbaik agar mengistirahatkan bagian syaraf yang terjepit itu.

Ada berbagai hal yang hatus dihindari agar syaraf terjepit tidak semakin memburuk. Berikut ini adalah hal hal yang harus dihindari penderita syaraf terjepit agar tidak bertambah parah :

  • Hindari meregangkan tubuh secara berlebihan. Jika anda suka meregangkan tubuh akibatnya adalah tubuh anda secara tidak sadar ikut merenggangkan bagian tubuh yang terdapat syaraf terjepitnya.
  • Hindari melakukan atau gerakan yang bisa semakin membahayakan tubuh. Gerakan yang bisa menyebabkan syaraf terjepit semakin terasa meyakitkan adalah ketika digunakan untuk duduk terlalu lama, berdiri terlalu lama, tidur dengan posisi yang tidak benar dan masih banyak lagi lainnya.
  • Saat tidur hindari melengkungkan tubuh, menekuk bagian pergelangan tangan dan juga menekuk leher terlalu dalam. ( Baca : Penyebab syaraf terjepitBahaya syaraf terjepit )
  1. Istirahat dengan Cukup

Cara mengobati syaraf kejepit lainnya adalah dengan melakukan istirahat yang cukup. Istirahat cukup ini merupakan resep sehat yang harus dilakukan oleh semua orang. Orang yang banyak bergadang akan sering mengalami beragam masalah kesehatan mulai dari penyakit ringan sampai dengan penyakit yang kronik. Orang yang menderita syaraf kejepit harus tidur dengan cukup. Tidur secara cukup ini bermanfaat untuk memperbaiki sel tubuh yang mengalami kerusakan secara alami. Jika orang yang normal membutuhkan waktu lama sekitar 8 jam per malam untuk istirahat. Orang yang mengalami syaraf terjepit bisa tidur malam lebih lama dari 8 jam lamanya. Penderita syaraf terjepit dengan tidur yang cukup akan merasakan lebih bugar dan lebih sehat. Selain itu tidur juga berguna untuk menghindarkan tubuh dari berbagai macam kegiatan yang membahayakan syaraf terjepit.

Baca : Terapi menghilangkan ngorok saat tidurPenyebab susah tidur malam hari

  1. Bidal

Bidal atau penahan wajib digunakan bagi orang yang mengalami syaraf terjepit. Memang hidup ini tidak selamanya diisi dengan tidur saja, padahal hanya saat tidurlah syaraf menjadi beristirahat. Oleh sebab itu di saat jam jam produktif, anda bisa menggunakan bidal sebagai penyangga tubuh anda. Bidal itu selain bisa digunakan sebagai penyangga juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya gerakan di area yang mengalami cedera. Anda bisa melakukan beragam pekerjaan anda seperti biasa. Bidal ini bisa dengan mudah anda dappatkan di toko obat, agar bidal bisa berfungsi secara maksimal ikutilah petunjuk penggunaannya. Berikut ini adalah contoh penyangga atau bidal yang bisa anda lakukan :

  • Leher. Leher merupakan bagian tubuh yang sering mengalami syaraf terjepit. Ketika hal itu terjadi anda bisa menggunakan penahan leher untuk tetap bisa melakukan kegiatan seperti biasanya.
  • Sindrom lorong kapal. Penyakit syaraf kejepit lainnya yang membutuhkan bidal adalah sindrom lorong kapal. Jika anda mengalami penyakit syaraf ejepit dengan tipe ini anda bisa menggunakan penahan atau bidal diletakkan di bagian tangan maupun di bagian siku. Bidal ini berguna untuk menahan penderita syaraf terjepit dengan tipe ini melakukan kegiatan yang tidak diperlukan. ( Baca : Cara mengobati patah tulang tanpa obatTahap penyembuhan paah tulang )
  1. Es Batu

Media penyembuhan lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati syaraf kejepit adalah es batu. Es batu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan misalnya saja adalah untuk menghilangkan mata panda, meredakan pendarahan akibat luka dan masih banyak lagi lainnya. Untuk bisa meredakan peradagan dan rasa sakit akibat syaraf terjepit ini anda bisa menggunakan bongkahan es batu. Es batu yang didekatkan di syaraf terjepit bisa membuat sirkulasi peredaran darah dan pembengkakan bisa sedikit terkurangi. Berikut ini adalah cara mengobati syaraf terjepit menggunakan es batu yang bisa dilakukan di rumah :

  • Siapkan bebeapa bongkahan es batu yang anda miliki.
  • Masukkan beberapa bongkahan es batu tersebut ke dalam kantung es. Kantung es ini bisa anda buat sendiri atau bisa anda dapatkan di apotek.
  • Tempelkan kantung yang sudah berisi es di bagian tubuh yang ada syaraf terjepitnya. Menempelkannya harus disertai dengan sedikit tekanan. Tekanan yang diberikan itu bisa membuat area yang ada syaraf terjepitnya menjadi dingin.
  • Saat suhu tubuh dingin, peradangan bisa sedikit berkurang. Yang harus diingat disini adalah menempelkan kantung es dengan bagian tubuh yang terkena syaraf terjepit bisa menggunakan perantara. Perantara itu bisa berupa kain lembut.
  • Lakukan cara ini secara teratur. ( Baca : Pertolongan pertama pada patah tulangObat sakit tulang ngilu dan pegal )
  1. Botol Air Panas

Bagi anda yang mengalami alergi dingin, anda tidak dianjurkan untuk mengobatinya menggunakan es batu. Es batu yang ditempelkan ke tubuh anda justru bisa menyebabkan alergi dingin anda menjadi kambuh. Gunakan media penyembuhan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan syaraf terjepit yang bersifat panas. Pilihlah air panas untuk bisa meredakan gejala syaraf terjepit yang dialami. Cara meredakan syaraf terjepit menggunakan air panas ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini.

  • Siapkan botol bekas yang terbuat dari kaca, bersihkan sampai benar benar bersih. Anda bisa memanfaatkan botol bekas sirup.
  • Masukkan air panas yang baru saja mendidih ke dalam botol kaca yang sudah anda siapkan.
  • Seka bagian tubuh yang terdapa syaraf terjepitnya menggunakan botol air panas itu. Jangan langsung menempelkan botol air panas itu di atas kulit anda, namun gunakan kain sebagai perantara antara botol panas dengan kulit anda.
  • Seka secara perlahan lahan, sampai kulit anda merasakan hangat. Rasa hangat yang menempel di tubuh anda bisa melancarkan sirkulasi darah yang ada di saarf terjepit tersebut. ( Baca : Cara mengobati panas dalamPenyebab perut panas )
  1. Tukang Pijat

Cara mengobati syaraf terjepit lainnya adalah dengan memanggil tukang pijat. Tukang pijat yang dimaksud adalah tukang pijat yang ahli syaraf. Tukang pijat yang ahli syaraf mampu memberikan tekanan dan menghindarkan ketegangan di bagian syaraf yang terjepit tersebut. Suruhlah tukang pijat untuk memijat seluruh tubuh anda. Pijatan itu bisa digunakan untuk merelaksasikan otot otot yang ada di dalam tubuh anda, pijatan itu juga bisa diguakan untuk membuat oto menjadi lemas dan tidak kaku. Jika anda tidak percaya dengan tukang pijat karena perasaan risih atau lainnya, anda juga bisa memijat tubuh anda sendiri. Berikut ini adalah teknik pemijatan yang bisa anda lakukan :

  • Hal pertama yang bisa anda pijat adalah bagian tubuh yang terkena syaraf kejepit.
  • Pijatlah bagian tersebut agar rasa sakit menjadi berkurang.
  • Urut bagian syaraf terjepit tersebut dengan sedikit tekanan.
  • Pijatan yang anda lakukan berguna untukmellancarkan sirkulasi di dalam peredaran darah anda.
  • Meski menggunakan tekanan, jangan terlalu menekan bagian tubuh yang terkena syaraf terjepit itu terlalu keras. Tekanan yang terlalu keras justru membuat syaraf terjepit akan semakin parah. ( Baca : Bahaya logam berat bagi kesehatan tubuhEfek samping biji mahoni )
  1. Obat

Obat merupakan hal penting dalam mengobati syaraf terjepit yang anda derita. Ada beberapa macam obat yang bisa digunakan untuk mengatasi syaraf kejepit. Untuk bisa meredakan syaraf terjepit yang bisa anda gunakan untuk mengobati syaraf kejepit adalah obat anti radang nonsteroid misalnya ibuprofen maupun aspirin. Yang harus diingat disini adalah ketika mengkonsumsi obat itu anda harus mengikuti petunjuk penggunaan. Konsultasikan kepada dokter jika anda tidak bisa mengkonsumsi obat tersebut. Hal itu berguna bagi anda yang mengalami masalah kesehatan tertentu misalnya saja adalah penyakit hati dan lain sebagainya.

Baca : Obat herbal sinusitisObat herbal batu ginjal

  1. Konsultasikan Kepada Dokter

Mengobati syaraf kejepit memang tidak mudah, meskipun bukanlah penyakit berbahaya seperti stroke, jantung dan diabetes namun penyakit ini tidak boleh dianggap remeh. Pengobatannya pun lumayan rumit mengingat di dalam tubuh manusia tedapat banyak syaraf yang saling berhubungan. Mengobati satu syaraf terjepit jangan sampai menganggu kesehatan syaraf lainnya oleh sebab itulah mengapa pengobatan syaraf termasuk rumit dilakukan.

Pengobatan syaraf kejepit tidak akan maksimal jika tidak melibatkan dokter syaraf di dalamnya. Oleh sebab itu bagi anda yang mengalami syaraf kejepit buatlah jadwal untuk bisa bertemu dengan dokter syaraf. Jika memang pengobatan yang selama ini dilakukan bisa mengurangi gejala dari syaraf kejepit, anda bisa mengunjungi dokter jika anda menemukan gejala gejala seperti di bawah ini:


  1. Meningkatkan Konsumsi Kalsium

Siapa yang tidak kenal dengan kalsium. Kalsium merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak mengherankan jika kalsium ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit terutama yang berhubungan dengan kesehatan tulang. Orang yang kurang dalam mengkonsumsi kalsium pun berpotensi untuk terkena syaraf kejepit ini. Tidak hanya itu saja, kekurangan kalsium juga akan menyebabkan seseorang mudah terkena osteoporosis. Bagi orang yang mengalami syaraf kejepit ada baiknya mulai mengonsumsi kalsium untuk meringankan gejala syaraf kejepit sebaiknya rutin mengkonsumsi kalsium. Ada berbagai macam makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi yaitu susu, keju, yoghurt dan berbagai jenis sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Tidak hanya memperbaiki syaraf kejepit saja yang bisa diatasi menggunakan kalsium ini, namun kalsium yang dikonsumsi oleh penderita syaraf kejepit bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan di dalam tubuh. Berikut ini adalah cara mengobati syaraf kejepit menggunakan kalsium yang bisa dilakukan di rumah :

  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium setiap harinya. Jumlah asupan kalsium yang dikonsumsi oleh orang yang menderita syaraf kejepit lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki syaraf kejepit. Jangan sampai jumlah kalsium yang dikonsumsi setiap harinya jauh dari batas cukup atau normal.
  • Jika anda tidak suka rasa amis dan bau amis dari makanan dan minuman yang umumnya mengandung kalsium, anda bisa mengkonsumsi supplemen yang banyak mengandung kalsium. Supplemen ini bisa anda dapatkan di toko kesehatan, toko kelontong dan juga di apotek. Minumlah supplemen itu setiap hari dan baca aturan pakainya. Bagi yang suka makan dan minum berbau amis, sebaiknya sesekali saja mengkonsumsi supplemen ini. Hal itu dikarenakan mengkonsumsi sumbernya secara langsung lebih baik dibandingkan dengan supplemen.
  • Melihat label makanan juga disarankan agar anda bisa mendapatkan asupan kalsium yang maksimal. Lihat berapa banyak jumlah kalsium yang terdapat dalam makanan atau minuman tersebut. Semakin tinggi kadar kalsiumnya justru semakin bagus untuk kesehatan tubuh. ( Baca : Akibat kelebihan kalsiumBahaya kekurangan kalsium )
  1. Kalium

Tidak hanya kalsium saja yang dibutuhkan oleh orang yang mengalami syaraf kejepit, namun orang yang mengalami syaraf kejepit pun membutuhkan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalium. Kalium adalah zat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme sel yang ada di dlam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium berguna untuk melemahkan hubungan antar syaraf. Orang yang belum terkena syaraf kejepit pun sebaiknya mencukup kebutuhan tubuh akan kalium ini. Hal itu dikarenakan kalium mampu menghindarkan anda dari gejala syaraf kejepit. Masukkan makanan yang mengandung kalium ke dalam daftar makanan anda. Berikut ini adalah cara mengobati syaraf kejepit menggunakan kalium :

  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalium. Makanan yang mengandung kalium adalah aprikot, pisang, avokad an juga kacang. Minuman yang bisa mempercepat penyerapan kalium adalah susu dan jus jeruk.
  • Anda bisa mengkonsumi supplemen kalium. Supplemen kalium yang dikonsums secara teratur bisa membuat anda lebih sehat. Namun sebelum anda mengkonsumsinya sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Konsultasi ke dokter bagaimana menerapkan pola makan yang bagus dengan memperbaiki asupan kalium. Dokter juga bisa melakukan diagnosa apakah seseorang kekurangan kalium ataukah tidak. ( Baca: Cara mengatasi kekurangan kaliumGejala kekurangan kalium )

Itulah beberapa cara mengobati syaraf kejepit yang bisa dilakukan. Penanganan syaraf kejepit secara cepat dan tepat sangat dibutuhkan. Diagnosa syaraf kejepit secara cepat juga diperlukan untuk menentukan tindak lanjut pengobatan dari syaraf kejepit tersebut.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Saraf Terjepit