13 Obat Herbal Sinusitis Paling Efektif

2399

Penyakit yang berhubungan dengan pernapasan salah satunya adalah sinusitis di mana ini adalah kondisi inflamasi yang menyerang dinding sinus. Sinus sendiri diketahui sebagai rongga berukuran kecil dengan udara di dalamnya, letaknya ada di belakang tulang dahi dan pipi. Penyakit sinusitis atau peradangan di dinding sinus ini dapat menyerang siapa saja karena merupakan penyakit umum.

Potensi untuk orang Indonesia mengalami sinusitis sendiri memang tak sebesar dibanding dengan para penduduk yang tinggal di negara dengan musim dingin. Meski begitu, tetap saja ada sebagian orang yang menderita karena sinusitis ini. Daripada bergantung pada obat kimia, obat herbal sinusitis dapat menjadi pilihan Anda untuk mengobati.

(Baca juga: penyebab hidung tersumbat sebelah – gangguan pada sistem pernapasan)

1. Ekstrak Daun Sambiloto

Dalam mengobati penyakit sinusitis, daun sambiloto yang sangat bermanfaat bagi berbagai penyakit dapat Anda andalkan. Cara penggunaannya pun terbilang sangat gampang karena Anda hanya perlu mengambil ekstraknya saja yang bisa Anda teteskan langsung ke dalam lubang hidung. Cukup 3 tetes saja Anda bisa pakai.

Caranya adalah dengan melumatkan lebih dulu daun sambiloto setelah Anda cuci bersih, lalu peras dengan menekannya menggunakan sendok sampai airnya keluar. Sari atau ekstrak tersebut akan terasa pahit sekali ketika sudah melewati kerongkongan, tapi efektivitasnya termasuk tinggi. Cukup sekali 2 hari Anda meneteskannya, sinusitis dijamin bakal sembuh secara alami asalkan rutin.

Hanya beberapa kali pemakaian, Anda pasti segera merasakan perbedaannya di mana hidung terasa lega dan enakan. Namun memang ada kalanya di masa mendatang sinusitis dapat kembali menghantui, jika demikian Anda bisa langsung menggunakan obat herbal ini lagi untuk mengatasinya. Apabila sekiranya sinusitis mudah kambuh, Anda bisa langsung meneteskan kembali ke dalam hidung.

2. Jelly Gamat

Apapun yang menjadi penyebab sinusitis Anda, jelly gamat yang mungkin agak kurang familiar ini bisa juga dijadikan obat alami ampuh. Bagi sebagian orang yang belum tahu, jelly gamat ini adalah obat yang diolah dari timun laut alias tripang. Ada banyak khasiat yang bisa diperoleh dari jelly gamat ini bagi kesehatan.

Karena di dalam jelly gamat ini penuh dengan nutrisi seperti omega 3, omega 9, dan juga omega 6, berikut juga sifat antiseptik yang besar, jelas jelly gamat merupakn salah satu bahan alami yang lulus untuk dijadikan obat herbal. Belum lagi di dalamnya ada anti-inflamasi yang sangat tinggi untuk mencegah peradangan.

Ada banyak produk olahan yang dijual di luar dan dapat Anda peroleh secara lebih mudah dalam bentuk kapsul atau seperti suplemen. Untuk penyembuhan maksimal, silakan menggunakannya sekali minum 2 sendok makan langsung sehari 3 kali dan harus 1 jam sebelum makan. Bila ingin lebih afdol, campurkan dengan daun sambiloto juga tak masalah.

(Baca juga: cara mencegah sinusitis)

3. Stroberi

Stroberi sudah tak asing lagi tentunya bagi Anda sekalian karena buah yang mengandung vitamin C super tinggi ini kerap dijadikan bahan makanan. Tak jarang juga orang yang lebih suka menikmati jus stroberi yang segar dan rupanya minuman ini sangat bermanfaat bagi penderita sinusitis.

Tanpa menambahkan gula, Anda dapat membuat minuman jus stroberi dan diminum setiap hari sampai sinusitis Anda berkurang dan pernapasan menjadi jauh lebih baik. Karena stroberi kaya akan vitamin C, sudah tak perlu diragukan lagi bahwa minuman jus ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jusnya pun sebaiknya langsung dari beberapa buah stroberi saja dan diblender tanpa air; tambahkan madu sedikit kalau rasanya masam.

4. Air Liur Lebah

Pasti Anda sudah tak asing dengan istilah propolis di mana memang propolis ini berbahan utama air liur lebah. Propolis adalah zat yang alami di mana lebah madulah yang menghasilkannya dari kumpulan pucuk-pucuk daun yang masih muda dan dicampur bersama air liur mereka.

Umumnya, lebah-lebah akan memanfaatkan propolis ini sebagai pensteril serta penambal sarang mereka sebagai bentuk perlindungan terhadap serangan bakteri, virus ataupun jamur. Itulah mengapa propolis kerap digunakan oleh manusia juga sebagai obat herbal beberapa penyakit. Salah satu penyakit itu adalah sinusitis karena sifat alaminya akan membantu perbaikan sistem tubuh penderita.

Untuk menggunakan propolis, Anda dapat mengambil secukupnya dengan cara meneteskan langsung ke dalam hidung sehari 1 kali saja. Namun alternatifnya, Anda juga dapat meminumnya dengan mencampurkan propolis sebanyak 5 tetes ke dalam air sebanyak ½ gelas. Konsumsilah secara teratur sehari 3 kali lalu perubahannya dapat dilihat dalam 1 minggu.

(Baca juga: kelainan pada hidung manusia)

5. Jahe

Sinusitis yang berhubungan dengan pernapasan dapat juga diobati dengan jahe walau memang ada efek samping jahe yang tetap harus Anda waspadai. Di dalam jahe, ada kandungan sifat anti peradangan alias anti inflamasi yang bisa mengurangi gejala dari sinusitis ini. Sederhana sekali, Anda bisa membuat air rebusan jahe atau wedang jahe untuk dikonsumsi.

Anda perlu menyediakan seruas jari jahe saja yang tentunya masih dalam kondisi segar untuk Anda campurkan ke dalam air sebanyak 2 gelas atau sekitar 500 ml. Didihkan hingga berkurang sampai separuh, barulah Anda angkat untuk menyaringnya lebih dulu. Sesendok madu murni bisa ditambahkan sebelum Anda minum.

6. Ekstrak Biji Anggur

Obat alami lainnya yang dapat Anda coba gunakan adalah ekstrak dari biji anggur atau yang disebut juga dengan grape seeds extract. Kandungan pada ekstrak biji anggur ini begitu baik untuk penderita sinusitis karena memang adanya sifat antibiotik alami kuat untuk menyembuhkan peradangan.

Ekstrak ini bisa dijadikan obat herbal ampuh karena memang kenyataannya dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran parasit, virus, mikroba, parasit, bahkan sampai dengan 30 jenis jamur Candida di mana ragi termasuk di dalamnya. Ekstrak biji anggur ini dapat Anda semprotkan langsung ke hidung secara rutin supaya bisa mengurangi gejala sinusitis.

(Baca juga: penyebab hidung berair)

7. Cuka Sari Apel

Kalau biasanya cuka sari apel sangat dimanfaatkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi maupun kolesterol jahat, penderita sinusitis dapat menggunakannya sebagai obat juga. Pastikan Anda menyediakan cuka sari apel organik atau yang masih mentah. Ambil sekitar 1-2 sendok teh saja untuk dicampurkan ke air sebanyak 6 ons.

Jangan lupa untuk menyiapkan madu murni juga karena Anda pasti bakal membutuhkannya sebagai tambahan ramuan ini. Sebagai pemanis alami, Anda bisa tambahkan madu sesendok teh saja, barulah setelah itu larutan ini dapat Anda minum sehari 3 kali. Dalam 5 hari apabila obat ini diminum rutin biasanya akan menunjukkan kemajuan karena lendir akan menipis dan lama-kelamaan bakal menghilang.

8. Kunyit

Sudah banyak terdengar bahwa kunyit merupakan rempah alami yang baik untuk berbagai masalah kesehatan. Ternyata kunyit juga dapat Anda jadikan sebagai solusi sinusitis selain dari jahe. Kurkumin merupakan kandungan baik di dalam kunyit yang menjadi anti-inflamasi alami bagi tubuh.

Tak hanya itu, rempah ini juga kaya akan sifat antioksidan sehingga Anda daya tahan tubuh yang tadinya lemah dapat kembali meningkat. Anda bisa merebus kunyit bersama dengan jahe secukupnya untuk dijadikan teh. Teh inilah yang akan membuat pernapasan Anda jauh lebih lega dan baik ditambah akan memberikan kenyamanan bagi yang sedang sakit perut.

9. Minyak Oregano

Obat herbal lainnya yang alami dan aman untuk menyembuhkan sinusitis adalah minyak oregano. Bila Anda dapat dengan mudah menemukannya, Anda bisa mencoba mengambil beberapa tetes saja untuk dicampurkan ke air putih atau segelas jus buah, teh pun juga boleh. Setiap harinya minuman yang sudah dicampur minyak ini bisa Anda konsumsi.

Penuh dengan sifat antijamur, berperan sebagai antibiotik dan antiviral, minyak oregano ini tak hanya baik untuk mengatasi demam, kuku berjamur, atau bahkan masalah ketombe. Asalkan mengonsumsi secara rutin resep obat yang sudah diberikan sebelumnya, Anda akan merasakan efek positif dalam beberapa hari atau minggu saja.

(Baca juga: bahaya mandi saat masih berkeringat)

10. Kulit Manggis

Sudah banyak orang yang tahu sebesar apa efektivitas dari kulit manggis untuk berbagai masalah kesehatan kronis. Bahkan untuk sinusitis, kulit manggis pun dapat Anda pertimbangkan karena memang zat antioksidan di dalamnya sangat tinggi. Sinusitis adalah jenis penyakit akibat peradangan, dan zat antioksidan pada kulit manggis bakal melawan segala virus dan bakteri penyebab peradangan tersebut.

Sinusitis mudah kambuh dikarenakan daya tahan tubuh penderitanya yang tengah melemah sehingga sangat mudah terkena lagi dan lagi. Oleh karena itu, kulit manggis boleh menjadi pegangan karena obat herbal ini punya zat xanthone yang berfungsi membantu sistem kekebalan tubuh meningkat kembali.

Ketika tubuh memiliki daya tahan tubuh tinggi, otomatis sinusitis yang sedang menyerang akan cepat sembuh. Tak hanya itu, bila sistem kekebalan tubuh terus pada keadaan yang normal dan kuat, jelas penyakit apapun termasuk sinusitis tidak akan berani menyerang kembali. Itulah mengapa kulit manggis juga perlu dimasukkan ke dalam daftar obat alami mujarab untuk sinusitis.

11. Daun Sirsak

Ketika ciri-ciri sinusitis mulai tampak, jangan abaikan tanda-tanda tersebut karena Anda perlu mencari obat yang tepat secepatnya. Sebelum menjadi lebih parah, daun sirsak pun dapat Anda pergunakan untuk mengobati masalah pernapasan Anda. Walau diketahui bahwa daun sirsak mengandung zat anti-kanker, fungsinya tak sebatas mencegah kanker di dalam tubuh.

Zat tersebut ada untuk membantu tubuh penderita sinusitis untuk membuat peradangan berhenti secara alami tanpa adanya efek samping. Sel-sel yang kiranya sudah mengalami kerusakan juga akan dapat diperbaiki oleh zat ini. Tak lupa juga, tugasnya adalah untuk memberikan proteksi kepada sel-sel di dalam tubuh sehingga tak gampang terserang virus dan sel kanker.

(Baca juga: gejala polip)

12. Cabe Rawit, Bawang Merah, Bawang Putih dan Lobak

Ada keuntungan bagi Anda para pecinta makanan pedas karena bila Anda terserang sinusitis, cabe rawit, lobak, bawang merah dan bawang putih dipastikan dapat mengatasi masalah tersebut. Ketika sinusitis terjadi, alangkah mengganggunya karena lendir yang terproduksi di dalam hidung sangat berlebihan.

Demi menipiskan atau melarutkan lendir tersebut, Anda bisa menambahkan bahan-bahan tersebut ke dalam menu diet Anda. Campurkanlah 4 bahan alami tersebut ke dalam menu sup Anda, dan santaplah seperti biasanya Anda menikmati makanan Anda. Cobalah rasakan perbedaannya setelah beberapa hari atau 1 minggu setelah menggunakan cara ini secara rutin.

13. Lobak dan Jeruk Nipis

Selain lobak tadi dapat dikombinasikan bersama bawang merah, bawang putih serta cabe rawit, kali ini Anda juga bisa memakainya bersama dengan jeruk nipis. Sebelumnya, ambil dulu ekstrak atau air jeruk nipis, barulah Anda campur dengan sesendok kecil lobak yang sudah dihaluskan. Cobalah untuk mengonsumsinya, namun jangan berada jauh-jauh dari wastafel atau kamar mandi supaya ketika lendir mulai keluar Anda dapat siap siaga mengeluarkannya.

(Baca juga: cara mengobati sinusitis – penyebab pilek tidak kunjung sembuh)

Kunci dari cepat sembuhnya kondisi sinusitis selain dari penggunaan obat-obat herbal di atas adalah dengan minum banyak-banyak air putih. Anda juga bisa menggunakan air garam sebagai obat kumur bila ingin mengurangi sinusitis dengan cepat. Selama pengobatan menggunakan obat herbal sinusitis di atas, pastikan Anda juga berpantang, seperti menghindari minuman beralkohol, minuman berkafein, serta susu.

Daftar obat herbal tersebut adalah yang termujarab, namun bila Anda sudah mencobanya dan kurang begitu efektif, jangan ragu untuk segera ke dokter. Lebih baik tidak menunggu sinusitis menjadi lebih serius, yaitu dengan menemui dokter dan mendapatkan penanganan tepat.