8 Efek Samping CTM yang Membahayakan Kesehatan Tubuh

CTM atau sering disebut klofeniramin maleat merupakan sejenis obat yang digunakan untuk menyembuhkan alergi. Obat ini terkenal ampuh untuk membantu mengurangi dan menyembuhkan angergi pada kulit. Tidak jarang banyak orang yang menyimpan dalam jumlah besar sebagai jaga-jaga ketika terkena alergi. Seiringin waktu berjalan, CTM disalahgunakan sebagai obat tidur. Tentu hal ini tidak dianjurkan dalam dunia medis. Selain memang tidak sesuai dengan pemakaian juga menyalahi aturan, yang menyebabkan gangguan dalam tubuh.

Kebanyakan orang menyalahgunakan CTM sebagai obat tidur. Penggunaan ini dilakukan tidak cukup dua sampai tiga kali, melainkan lebih dari itu. Dampak seketika memang akan mudah tidur, namun semakin lama CTM ini akan menjadi moster berbahaya untuk tubuh. Hal ini disebabkan oleh efek samping yang ditimbulkan bagi tubuh. Selain, membuat ketergantungan CTM juga dapat merusak organ-organ penting lainnya. Untuk itulah penting bagi Anda mengetahui efek samping CTM untuk kesehatan.

  1. Komplikasi

Efek samping dari CTM pertama berupa komplikasi. Komplikasi ini merupakan gabungan dari kerusakan organ-organ tubuh. Hal in disebabkan oleh teralu banyak mengkonsumi obat, salah satunya CTM maupun gaya hidup tidak sehat. Obat yang masuk dalam tubuh dalam waktu berkala dan berkepanjangan akan membua orga bekerja jauh lebih keras. Ini disebabkan kandngan obat yang tidak semua mampu diserap oleh tubuh. Semakin lama organ yang bekeja keras akan mengalami gangguan dan bisa jadi kerusakan.

  1. Kerusakan Ginjal

Efek samping CTM selanjutnya berupa kerusakan ginjal. Ginjal sendiri merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi menyaring darah dan obat-obatan yang diangkut oleh darah. Ginjal ini akan menyaring seluruh jenis racun dari obat-obatan yang dimasuk dalam tubuh. Terlalu banyak makan obat akan menjadi penyebab gagal ginjal. Hal ini dikarenakan racun yang menumpuk di ginjal. Untuk mencegah gagal ginjal ini salah satu yang dilakukan adalah minum dalam jumlah yang seuai untuk tubuh.

  1. Berkuranganya Sistem Imun

Sisem imun atau kekebalan tubuh memang sangat diperlukan. Sebab melalui sistem inilah yang akan menjaga kestabilan tubuh. Mengkonsusi obat dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan berkurangnya sistem imun. Hal ini disebabkan oleh racun yang menumpuk dalam tubuh. Racun yang masuk ke dalam tubuh tidak mungkin dapat keluar sempuna melalui keringan. Masih ada yang tersisa. Semakin lama akan semakin banyak dan mengendap. Penumpukan racun inilah yang menyebabkan sistem imun tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal.

  1. Ketergantungan

Efek samping CTM selanjutnya adalah menyebabkan ketergantungan. Ketergantungan ini dapat digolongkan menjadi dua, pertama karena sugesi dan kedua karena penyalahgunaan. Dampak yang ditimbulkan ketika mengalami kecanduan CTM tubuh yang tidak dapat menerima respon obat lain. Maksudnya ketika tidak minum obat yang sama tidak akan dapat sembuh atau dapat tidur. Kecanduan ini berbahaya bagi organ-organ tubuh karena secara tidak langusng menyimpan racun karena obat-obatan tersebut.


  1. Kerusakan Jantung

Jantung yang berfungsi untuk memompa darah. Melalui kinerja jantung inilah tubuh terus teraliri oleh darah. Penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan penurunnan fungsi dari jantung dan menyebabkan penyakit jantung. Kerusakan jantung tidak dapat dikenali dalam jang waktu yang dini. Ketika senja akan dapat merasakan. Tentunya jantung Anda tidak ingin terganggu dan menyebabkan berbagai masalah lainnya. Untuk menjaganya harus menggunakan obat sesuai dengan resep dokter.

  1. Gangguan Saraf Akut

Gangguan saraf ini biasa terjadi ketika usia telah senja. Gangguan ini dimulai dari mati rasa, stroke, tremor hingga kelumpuhan. Penggunaan obat dalam jangka waktu yang lama dan juga penyalahagunaan obat disinyalir menjadi penyumbang terbesar penyebab gangguan saraf akut. Salah satu efek paling parah dari gangguan saraf ini adalah kegagalan sumsum tulang belakang yang memproduksi sel darah merah. Jika hal demikian terjadi akan menyebabkan kematian mendadak.

7. Tumbuhnya Bakteri dalam Tubuh

Efek samping dari CTM selanjutnya adalah tumbuhnya bakteri dalam tubuh. Penyalahgunaan obat CTM dan pemakaian dalam jangka waktu yang lama menyebabkan pertumbuhan bakteri dalam tubuh dan menghilangkan vitamin. Berbagai banda asing yang tidak terserap oleh tubuh akan membentuk semacam snyawan. Senyawa inilah yang semakin lama akan menimbulkan bakteri. Bakteri ini semakin lama juga akan menyebabkan berbagai macam penyakit.

8.  Kerusakan Panca Indra

Penggunaan CTM dalam janga waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan panca indra. Ini disebabkan oleh berbagai racun yang ada dalam obat tidak dapat dikeluarkan secara sempurna oleh tubuh. Racun ini akan mengendap dan menumpuk. Endapan racun inilah yang mengakibat kerusakan panca indra. Tentu Anda tidak meninginkan akan hal tersebut. Untuk itulah, penting untuk tidak menyalahgunakan TCm sebagai obat tidur.

 

 

 

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Obat