Penyebab Hidung Berair Terus Menerus

9512

Penyebab hidung berair biasa menyerang anak anak dan orang dewasa pada musim hujan ataupun kemarau dan bisa terjadi karena faktor yang berbeda, Misalnya karena tubuh sedang tidah fit yang menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh dan mudah terserang pilek, Karena Flu atau karena Serangan bersin bersin karena alergi yang disebabkan rhinitis alergi yaitu alergi terhadap radikal bebas dan bulu bulu hewan. Namun perlu diwaspadai bahwa tidak semua penyebab hidung berair adalah gejala flu biasa melainkan sebuah indikasi adanya kelainan kesehatan lain yang telah ada dalam rongga hidung seseorang, Misalnya karena tumbuhnya polip, atau karena serangan virus dan bakteri yang lama menetap didalam rongga hidung lalu menyebabkan peradangan dan infeksi. Kondisi tersebut mengakibatkan seseorang menderita hidung berair yang kembali akan mengalir sesaat setelah cairan ingus dikeluarkan dan akibatnya sulit disembuhkan dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Berbagai kebiasaan buruk yamg memicu munculnya gejala hidung berair

penyebab hidung tersumbat sebelah juga bisa disebabkan karena seseorang sering tidur terlalu malam dan begadang dimana tubuh akan mudah mengalami penurunan kekebalan tubuh secara bertahap yang dapat memicu mudahnya virus flu untuk masuk dalam tubuh dan menyebabkan pilek. Jika masalah ini dibarengi dengan kondisi tubuh yang sedang dalam keadaan kelelahan akibat aktifitas sehari sehari maka pilek yang diderita akan semakin parah karena dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit lain yang berhubungan dengan penyakit sinusitis. Perlu diketahui bahwa Kondisi tersebut adalah salah satu jenis kelainan pada hidung manusia yang perlu segera diatasi.

Gejala seseorang terserang penyakit yang berhubungan dengan sinusitis

  1. Hidung berair terus menerus
  2. Hidung tersumbat sebelah
  3. Sering terserang bersin bersin
  4. Menderita sakit kepal yang berulang
  5. Menderita nafas yang kurang sedap
  6. Kesulitan bernafas secara normal
  7. Berkurangnya kualitas penciuman
  8. Berkurangnya kualitas indera perasa
  9. Terjadin iritasi dan nyeri pada rongga dalam hidung
  10. Wajah terlihat pucat dan lesu
  11. Terserang insomnia (kesulitan tidur)
  12. Nafsu makan berkurang
  13. Gatal gatal didalam rongga hidung
  14. Terserang demam yang hilang timbul
  15. Terserang batuk batuk

Apa yang menjadi penyebab hidung berair?

  1. karena alergi terhadap serangan radikal bebas misalnya debu, Asap, Bau bauan atau wewangian yang bersumber dari parfum dan bau bumbu masakan.
  2. Karena alergi terhadap bulu bulu hewan misalnya kucing, Anjing, Hamster, Musang, Burung dan lain lain.
  3. Karena serangan infeksi virus flu yang akhirnya merambat menjangkau daerah sinusitis yang akhirnya menyebabkan peradangan dan infeksi.
  4. Karena kurang tidur dan sering bergadang yang menyebabkan menurunnya kualitas imunitas seseorang
  5. Kurangnya pasokan caairan dalam tubuh yang menyebabkan seseorang kehilangan kekebalan tubuhnya dan mempermudah bakteri atau virus untuk masuk dalam tubuh
  6. Karena perubahan udara atau iklim yang tidak menentu sehingga kelembaban udara selalu berubah ubah
  7. Karena kelelahan yang berlebihan sehingga daya tahan tubuh mudah menurun

Kompilikasi apa saja yang mengiringi kondisi hidung yang berair?

1. Sinusitis

Infeksi yang terjadi pada rongga hidung mengakibatkan cairan hidung terus meler namun dalam kesempatan lain ingus juga tiba tiba tidak mampu mengalir disaluran hidung karena adanya peradangan dan pembengkakan yang disebabkan hidung tersumbat yang biasnya hanya berlaku pada sebelah saluran hidung saja. penyebab hidung tersumbat sebelah lebih sering terjadi karena faktor tertular virus pilek dari orang lain.

2. Infeksi telinga

Infeksi telinga dapat muncul ketika rhinitis mengalami infeksi akibat virus yang awalnya berupa hidung berair terus menerus.  perlu diketahui bahwa penyebab pilek tidak kunjung sembuh juga bisa disebabkan karena peradangan rongga telinga yang tidak segera diobati.

3. Adanya polip hidung

Hidung berair terus menerus dan tidak segera diobati maka akan menyebabkan pertumbuhan bakteri dijaringan mukosa yang memicu pertumbuhan jaringan jinak yang akan terus membesar yang menjadi penyebab benjolan dihidung yang biasa disebut polip yang bisa menyumbat pernafasan sehingga seseorang menderita kesulitan bernafas. jika kondisi tersebut dibiarkan saja berlarut larut maka akan menjadi gejala sinusitis akut dan kronis.

Cara mengatasi hidung berair dengan mudah dan tanpa rasa sakit

1. Menghirup minyak Eucalyptus

Ambil minyak Eucalyptus kemudian oleskan pada kain lalu hiruplah aromanya atau teteskan minyak tersebut  pada air panas dibaskom ukuran medium, Lalu hiruplah asapnya berulang kali. Uap dari minyak Eucalyptus dapat melegakan pernafasan dan sebagai cara menghilangkan pilek secara alami dan paling cepat sembuh  agar cairan ingus mudah dikendalikan (dihentikan)

2. Menghirup uap kunyit

Hiruplah air panas didalam baskom yang sebelumnya sudah ditambahkan dengan air kunyit. Cara ini baik untuk agar cairan hidung yang terus meler segera bisa dihentikan. Menghirup uap panas dari perasan air kunyit beberapa kali dan dilakuakn secara teratur yaitu dua kali sehari adalah salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur secara efektif, Karena kebanyakan penderita hidung berair dapat mengalami kesulitan bernafas ketika tidur karena hidungnya mampet.

3. Menggunakan semprotan hidung

Gunakan semprotan hidung steroid yang diformulasikan untuk menstabilkan kondisi hidung yang sedang tersumbat dan berair agar cepat sembuh dan tidak kembali kambuh. Penggunaan semprotan hidung steroid yang digunakan secara teratur bisa dijadikan sebagai alternatif  cara menjaga kesehatan dan kebersihan hidung Karena pada dasarnya penyemprot hidung tersebut dapat mengangkat kotoran yang menetap pada dinding rongga hidung terdalam yang tidak terjangkau oleh tangan .

4. Meminum ramuan kunyit

Minumlah setiap hari dua kali sehari minuamn kunyit yang telah digabungkan dengan madu asli dan air lemon yang mampu mengurangi volume cairan ingus dari rongga hidung terutama pada malam hari agar penderita tidak mengalami kesulitan tidur. penyakit akibat kurang tidur malam dapat memperparah kondisi cairan ingus yang cenderung akan semakin sulit dikendalikan karena hal ini berhubungan dengan sinusitis seseorang.

5. Meminum ramuan Jahe

Cara meningkatkan antibodi pada anak secara alami khususnya yang sedang menderita hidung berair bisa dengan cara berikan air jahe yang telah ditambahakan madu dan air jeruk nipis. Ramuan yang nikmat ini mempunyai kandungan anti inflamasi dan mempercepat penyembuhan pada penderita hidung berair atau pilek. Konsumsilah ramuan sederhana tetapi manjur ini setiap hari dalam keadaan anda terserang pilek ataupun sehat.  Pada orang orang yang sehat minuman ini dapat mempertahankan kesehatan tubuh dari serangan bakteri atau virus penyebab pilek atau demam.

6. Tidak begadang

Terlalu sering begadang menyebabkan kualitas sel darah merah anda menjadi berkurang dan menurunkan pula kekebalan tubuh secara bertahap yang nantinya dapat mempermudah tubuh terserang bakteri, Virus dan jamur penyebab flu, Pilek, Batuk, Masuk angin atau penyakit lain yang menyerang sinusitis. Hati hati dengan bahaya tidak tidur di malama hari karena dapat mempersulit penyembuhan hidung yang sedang terserang pilek.

7. Minum air putih

Membiasakan diri untuk minum air putih setiap hari setidaknya 7 sampai 8 liter perhari sangat baik bagi kesehatan tubuh karena dapat mencegah bahaya dehidrasi bagi tubuh. Ketika tubuh kekurangan cairan maka dengan mudah tubuh akan menurun imunitas tubuhnya dan kondisi justru memberi peluang bakteri atau virus untuk masuk dalam tubuh dan menyebabkan gangguan pernafasan yang awalnya berupa hidung berair terus menerus.

Jangan anggap remeh hidung berair!

Jangan pernah menganggap remeh hidung berair sebagai hal yang biasa saja, Karena pada hakikatnya sebuah indikasi penyakit justru berawal dari gejala yang dianggap biasa saja. Hidung berair dapat masuk sebagai kategori penyakit hidung yang berhubungan dengan sinus, Dimana sinus terbagi menjadi empat (4)  bagian, diantaranya:

1 .Sinus Frontalis

Sinus Frontalis adalah bagian dahi, Yaitu hidung yang berair terus menerus akibat penyakit pilek dapat mempengaruhi saraf saraf wajah sekitar dahi yang menimbulkan rasa nyeri disekitar dahi jika seseorang menggerakan dahinya keatas dan kebawah atau  ketika mengerutkan dahinya.

2. Sinus Etmoidali

Sinus Etmoidali adalah bagian kedua mata, Yaitu hidung yang berair teus menerus akibat penyakit pilek dapat mengganggu peredaran darah sekitar mata yang dapat memicu mata menderita nyeri, Kelelahan, Mata berair dan merah. Bahkan beberapa orang ada yang mengalami pembengkakan sekitar kelopak mata.

3. Sinus Maksilaris

Sinus Maksilaris adalah bagian pipi, Yaitu hidung yang berair terus menerus akibat pilek dapat mengganggun saaraf saraf wajah dan mengakibntakan ketegangan dan penyumbatan aliran daerah pipi sehingga dapat menyebabkan pipi terasa nyeri dan tidak nyaman ketika seseorang sedang mengunyah makanan atau sekedar tersenyum.

4. Sinus Sfenoidali

Sinus Sfenoidali adalah bagian belakang dahi, Yaitu hidung yang berair terus menerus akibat pilek dapat menyebabkan aliran darah dan saraf saraf belakang dahi menjadi tegang dan tersumbat, Kondisi ini menyebabkan seseorang menderita sakit kepala.

Sehubungan dengan penjelasan mengenai sinus sinus diatas, Masih banyak orang yang menganggap bahwa hidung berair adalah kondisi yang mudah disembuhkan dan tidak akan menyebabkan gangguan organ tubuh lain selain hidung, Jelas anggapan itu tidak benar, Karena pada dasarnya hidung yang berair yang terjadi melebihi lima hari dapat mengindikasikann seseorang sedang terserang gangguan pernafasan. Jika tidak segera mendapat pengobatan yang tepat maka hidung yang berair dapat menggiring seseorang pada penyakit lain misalnya munculnya serangan sakit kepala, Bagian dahi dan belakang dahi.

Pertolongan pertama bagi flu agat terhindar dari serangan hidung berair

Pada saat terserang hidung berair baru melewati 24 jam sebaiknya segeralah ambil langkah pengobatan dengan menggunakan ramuan teradisional yang sudah terbukti mampu menyembuhan hidung tersumbat dan meredakan hidung berair dalam waktu yahg relatif cepat agar tidak perlu lagi dilakukan tindakan medis yang hanya membuang waktu dan biaya saja.

Gunakan manfaat ramuan air kunyit yang ditambahkan madu dan air jeruk lemon atau manfaat ramuan jahe yang ditambahkan madu serta air nipis untuk dikonsumsi sehari hari. ramuan tersebut adalah solusi terbaik dan termudah sebagai cara mengobati sinusitis secara alami .