Home Penyakit dan KelainanPenyakit Flu 3 Penyebab Pilek Tidak Kunjung Sembuh dan Cara Mengatasinya

3 Penyebab Pilek Tidak Kunjung Sembuh dan Cara Mengatasinya

by maya sari

Salah satu penyakit merakyat yang bisa menyerang siapa saja dan tanpa memandang usia dan jenis kelamin adalah penyakit pilek. Pilek ini merupakan penyakit yang terkadang bersifat musiman, namun terkadang juga tidak musiman. Penyakit pilek ini ditandai dengan keluarnya ingus atau lendir dari hidung kita. Biasanya penyakit pilek ini datangnya disertai dengan gejala- gejala lain seperti demam, hidung tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan. Penyakit pilek ini paling menjangkit anak- anak.

Pilek secara umum terjadi selama 1 hingga 2 minggu, namun terkadang ada pilek yang bisa bertahan hingga berbulan- bulan bahkan bisa bertahun- tahun. Pilek yang hanya berlangsung beberapa hari hingga satu minggu saja terasa merepotkan, apalagi jika pilek terjadi selama bertahun- tahun, maka akan terasa sangat merepotkan. Penyakit pilek yang tidak kunjung sembuh ini merupakan penyakit pilek yang tidak biasa. Dan penyakit ini mengindikasikan adanya penyakit tertentu.

Pada saat pilek biasa disebabkan oleh adanya serangan virus tertentu dan biasanya dibersamai dengan adanya demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Pilek biasa ini juga biasanya terjadi selama 1 hingga 2 minggu saja kemudian bisa sembuh. Pada kasus ini berbeda dengan pilek yang tidak kunjung sembuh, bahkan selama bertahun- tahun. Pilek yang semacam ini bukan merupakan pilek yang karena flu pada biasanya, namun karena adanya virus atau penyekit tertentu yang menyebabkan hidung selalu mengeluarkan ingus.

Pilek yang tidak kunjung sembuh (sebagian orang menyebutnya engan pilek menahun) merupakan gejala dari penyakit tertentu.  Penyakit tertentu tersebut merupakan gejala dari penyakit sinusitis dan juga gejala dari penyakit rhinitis. Berikut adalah penyebab pilek tidak kunjung sembuh :

1. Penyakit sinunitis sendiri merupakan penyakit radang atau peradangan yang terjadi pada lapisan rongga sinus . Penyebab sinusitis oleh infeksi kuman atau bakteri tertentu. Beberapa gejala sinusitis yang mengindikasikan penyakit sisnusistis adalah:

2. Selain penyakit sinusistis, pilek yang tidak kunjung sembuh juga merupakan gejala dari penyakit rhinitis. Rhinitis sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada selaput lendir hidung. Peradangan ini terjadi karena reaksi dari alergi tertentu. Rhinitis ini sangat berpotensi menyerang orang- orang yang mempunyai penyakit asma dan alergi. Beberapa yang menyebabkan rhinitis ini diantaranya adalah kitu atau tungau, air liur hewan, bulu hewan, serbuk sari, spora jamur, dan beberapa penyebab alergi lainnya.

Penyakit rhinitis ini mempunyai gejala. Beberapa gejala yang muncul pada penyakit rhinitis antara lain:

  • Sering bersin- bersin jika terkena benda- benda yang membuat alergi
  • Keluar lendir atau ingus dari hidung, dan lendir atau ingusnya berwarna bening dan tidak terlalu kental
  • Hidung mampet atau tersumbat
  • Hidung, mata, telinga, dan juga tenggorokan terasa gatal
  • Tidak disertai dengan demam
  • Bisa saja terjadi saat musim tertentu

3. Rhinitis Vasomotor. Selain kedua penyakit diatas, pilek yang tidak kunjung sembuh merupakan indikasi dari penyakit rhinitis vasamotor. Rhinitis vasamotor sendiri merupakan peradangan pada selaput lendir yang disebabkan karena reaksi alergi tubuh terhadap benda- benda yang menyebabkan alergi (alergen).rhinitis vasomotor ini disebabkan karena terjadinya pelebaran pembuluh darah di hidung yang merupakan akibat terganggunya saraf vasomotor. Hal seperti ini bisa menyebabkan hidung menjadi keluar banyak lendir sehingga nampak seperti orang pilek.

Beberapa gejala yang mengindikasikan penyakit rhinitis vasomotr adalah:

  • Sering bersin- bersin (berkali- kali dan bisa melebihi 5x
  • Sering bersin setelah bangun tidur
  • Sering bersin di pagi hari
  • Bersin- bersi dan juga pilek ini berhenti dengan sendirinya ketika mulai sore atau malam hari
  • Hidung mampet
  • Hidung mengeluarkan lendir yang berwarna bening
  • Mata kering
  • Gejala bisa muncul sepanjang tahun, dan terjadi hampir setiap hari

Ada bermacam- macam sebab atau pemicu yang menimbulkan gejala- gejala ini, seperti udara dingin di pagi hari, perubahan temperatur udara, kelembaban udara, udara yang kering, aroma kuat dari suatu bahan kimia tertentu, stress, dan juga faktor hormon.

Cara Mengatasi Pilek yang Tidak Kunjung Sembuh

Pilek yang tidak kunjung sembuh ini perlu ditindak lanjuti dengan jelas dan tegas.  Selain memetriksakan diri ke dokter perihal pilek yang tidak kunjung sembuh tersebut, kita juga bisa melakukan cara menghilangkan pilek  dengan hal- hal tertentu seperti:

  1. Berkumur dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam
  2. Menghirup uap panas
  3. Menggunakan balsem atau obat tetes untuk hidung
  4. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan zinc
  5. Menggunakan vaporizer di dalam kamar
  6. Minum obat flu yang sudah terdaftat
  7. Menggunakan masker apabila bepergian ke luar rumah
  8. Rajin menjaga kebersihan kamar

Itulah hal- hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi terjangkitnya pilek yang tidak kunjung sembuh. Hal- hal tersebut harus dilakukan secara rutin agar nantinya bisa menghindarkan diri dari pilek yang tidak kunjung sembuh ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

baca juga artikel halo sehat lainnya

You may also like