19 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami dan Cepat

8085

Panas dalam merupakan sebuah penyakit yang dapat orang dewasa maupun anak-anak dapat mengalaminya. Gangguan kesehatan ini pada umumnya diawali dengan tanda panas berlebihan di bagian sistem pencernaan dan penyebabnya bisa sangat beragam, seperti:

  • Vitamin C yang tidak tercukupi dengan baik, termasuk cairan dan serat.
  • Menurunnya sistem imunitas tubuh.
  • Hormon yang tidak stabil di dalam tubuh.
  • Mengalami stres atau tekanan sehingga membuat banyak pikiran.
  • Faktor cuaca yang begitu panas, begitu juga lingkungan sekitar.
  • Konsumsi makanan berlemak dan panas secara berlebihan.

Secara umum, panas dalam akan menyebabkan tenggorokan terasa sakit sehingga penderita bakal kesulitan untuk menelan. Apabila Anda juga merasa lebih sering haus ketimbang hari-hari biasanya, bisa jadi ini tanda bahwa Anda akan mengalami panas dalam. Lalu, bagaimana cara mengobati panas dalam yang terekomendasi?

(Baca juga: buah penurun panas)

1. Minum Air Putih

Tampaknya sederhana, namun minum air putih dengan kadar seperti yang dianjurkan, yaitu 8-10 gelas setiap hari akan membantu menghidrasi tubuh Anda. Rata-rata sakit atau radang tenggorokan merupakan salah satu gejala panas dalam. Itu adalah bahaya dehidrasi juga di mana Anda sebenarnya kekurangan cairan.

Minumlah air putih yang banyak atau setara dengan 2 liter banyaknya. Ini akan selalu menghidrasi dan mengademkan temperatur tubuh. Bahaya akibat kurang minum air putih sungguh perlu dicegah, termasuk panas dalam. Minum air putih akan mencegah Anda juga dari bahaya penyakit lainnya.

2. Menggunakan Rambut Jagung Muda

Tak banyak mungkin yang tahu akan khasiat dari rambut jagung muda sebagai solusi penyembuh panas dalam. Jika Anda selesai mengupas kulit jagung, apalagi jagung muda, rambut jagungnya jangan Anda buang dulu. Kumpulkan saja dan dan rebus sekitar segenggam rambut jagung tersebut bersama air secukupnya.

Ketika sudah hampir matang, masukkan gula batu dan jahe secukupnya. Angkatlah ketika telah mendidih, tunggulah dulu beberapa saat sebelum akhirnya Anda saring air rebusannya. Konsumsilah selagi air rebusan itu masih hangat sekali sehari hingga terbukti reda panas dalam Anda dan Anda sudah merasa baikan.

(Baca juga: makanan untuk orang demam)

3. Memakai Cincau Hijau

Minuman cincau adalah jenis minuman segar pelepas dahaga di kala cuaca tengah panas-panasnya. Namun sebagian orang masih belum tahu bahwa cincau hijau dapat meredakan panas dalam. Gunakan daun cincau sebanyak 50 lembar untuk diremas-remas di dalam air yang dalam keadaan matang hingga terjadi perubahan warna air menjadi hijau.

Ketika warna berubah dan teksturnya juga sudah lebih kental, air cincau boleh Anda saring pada wadah lain yang bersih. Tunggu beberapa jam untuk menjadikan teksturnya seperti agar-agar. Tapi untuk menyembuhkan panas dalam, Anda tidak diperkenankan untuk menambahkan es ketika mengonsumsi cincau hijau ini atau bahkan menambahkan sirup. Itu karena kedua bahan tersebut malah bisa memperparah panas dalam Anda.

4. Menggunakan Kelapa Hijau

Daripada kelapa biasa, kelapa hijau muda jauh lebih baik apabila digunakan sebagai solusi gangguan kesehatan. Selain menjadi pelepas dahaga dan penyegar tubuh ketika siang hari sedang terik-teriknya, air kelapa hijau muda bisa mengobati panas dalam. Sediakan 1 buah saja dan airnya dapat Anda ambil, dicampurkan dengan madu murni sebanyak 3 sendok makan. Nikmatilah air kelapa hijau muda yang sudah dicampur dengan madu tersebut sehari 1 kali secara rutin hingga gejala panas dalam tidak lagi mengganggu Anda.

(Baca juga: menggigil tapi tidak demam)

5. Memanfaatkan Kencur

Kencur adalah rempah alami yang sangat baik digunakan sebagai obat batuk. Jadi, tak salah apabila Anda menggunakannya juga sebagai obat panas dalam alami. Sediakan saja 1 buah kencur yang besarnya seibu jari Anda. Cucilah lebih dulu sebelum Anda parut hingga lembut. Parutan kencur dapat Anda tambah dengan air hangat lalu tambahkan sedikit madu supaya rasanya tidak menyengat. Ramuan tradisional dengan bahan utama kencur ini dapat diminum sehari 2 kali sebagai obat panas dalam hingga Anda benar-benar merasa membaik.

6. Mengonsumsi Kacang Hijau

Sudah sedari dulu, kacang hijau adalah bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati panas dalam secara tradisional. Hanya dengan memasak kacang hijau seperti biasanya, Anda dapat juga menambahkan gula batu secukupnya serta jahe pada kacang hijau yang sudah masak. Bubur kacang hijau sudah jadi dan Anda bisa memakannya sewaktu masih hangat.

Kacang hijau sanggup membuat perut dan tenggorokan Anda terasa lebih nyaman. Ketika tenggorokan sedang sakit-sakitnya, kacang hijau jugalah yang bisa mengobati secara efektif. Bahkan untuk mengolahnya pun terbilang mudah sehingga panas dalam cepat sembuh.

(Baca juga: cara mengatasi sakit tenggorokan)

7. Memakai Lemon dan Madu

Sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C super tinggi, lemon adalah buah yang berguna untuk mengatasi masalah panas dalam. Percaya atau tidak, ada sejumlah obat batuk yang menyatakan bahwa produk mereka berkandungan lemon dan madu sebagai bahan utama. Itu karena memang kedua bahan tersebut sangat alami dalam mengobati panas dalam.

Jika ingin membuat ramuan sendiri agar lebih sedikit efek sampingnya, Anda dapat menyediakan air hangat 1 gelas saja bersama dengan madu murni 1 sendok makan yang bisa ditambahkan ke air hangat tersebut. Tambahkan juga dengan air perasan lemon sedikit lalu aduk hingga merata; minumlah secara rutin dan sampai habis.

8. Makan Pisang

Selain lemon, pisang pun berkandungan gizi tinggi, salah satunya adalah kandungan vitamin C. Bahkan besi, kalsium, fosfor, magnesium dan kaliumnya juga berkadar tinggi. Panas dalam dapat ditimbulkan juga oleh naiknya asam lambung, jadi ketika makan pisang, kandungan antasidnya bakal mencegah asam lambung naik. Vitamin B6, beta karoten, serta vitamin A-nya adalah nutrisi penjaga sistem daya tahan tubuh Anda.

(Baca juga: penyebab lidah pecah-pecah)

9. Membuat Air Hangat dan Garam

Memang betul bahwa air garam hangat biasanya bisa digunakan untuk mengobati diare, namun selain menjadi obat diare, air hangat yang sudah ditambahkan garam bisa menjadi obat panas dalam ampuh. Ini karena air garam hangat juga mampu menyembuhkan batuk; namun tentunya bukan diminum, melainkan hanya sebagai obat kumur. Berkat sifat antibakteri di dalam garam, panas dalam akan hilang beserta masalah lainnya, seperti bau mulut yang kurang sedap.

10. Memakai Akar Alang-alang dan Madu

Akar alang-alang bagus untuk digunakan sebagai obat panas dalam, bahkan untuk meramunya pun sederhana sekali. Ambil saja akar alang-alang secukupnya dan Anda cuci lebih dulu, barulah dikeringkan dengan cara menjemurnya. Setelah kering, Anda dapat menumbuknya sampai lembut yang kemudian diseduh dengan air hangat. Tambahkan madu juga secukupnya dan aduklah hingga merata sebelum akhirnya dinikmati secara teratur.

(Baca juga: bahaya minum air es bagi kesehatan)

11. Menggunakan Daun Alang-alang

Belum banyak yang tahu bahwa daun alang-alang dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh panas dalam selain dari bagian akarnya. Untuk menggunakannya sangat mudah, rebuslah daun alang-alang yang kemudian bisa dicampurkan dengan gula batu secukupnya. Setelah jadi, air rebusan dapat disaring lebih dulu sebelum akhirnya diminum; mengonsumsinya sehari 2 kali jauh lebih dianjurkan.

12. Memakai Cuka Sari Apel

Selain Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat penurun gejala kolesterol atau mengatasi masalah jenis-jenis penyakit jantung serta tekanan darah tinggi, cuka sari apel baik untuk panas dalam. Tak usah sulit-sulit, Anda hanya perlu mencampurkan cuka sari apel secukupnya ke dalam air putih untuk kemudian dijadikan air kumur. Bakteri pada tenggorokan Anda akan dihilangkan secara efektif oleh zat baik serta vitamin pada cuka sari apel.

(Baca juga: bahaya radang tenggorokan)

13. Menggunakan Telur Ayam Kampung serta Madu

Apakah pernah mencoba menggunakan telur ayam kampung sebagai obat panas dalam selain memasaknya? Campuran telur ayam kampung dengan madu sangatlah luar biasa dan Anda bisa tambahkan kunyit secukupnya sekalian. Untuk meramunya, Anda hanya perlu merebus telur ayam kampung sejenak, barulah ditambahkan madu serta kunyit. Aduk-aduklah sampai tercampur rata sebelum Anda minum dalam sekali teguk; hasilnya akan begitu sempurna bila dikonsumsi rutin.

14. Memanfaatkan Daun Sirih

Daun sirih yang berguna sekali sebagai penyembuh penyakit batuk, tentunya juga sangat bermanfaat sebagai obat panas dalam. Hanya dengan menyiapkan beberapa lembar daun sirih, Anda bisa mencucinya lebih dulu hingga bersih sebelum direbus. Setelah mendidih, Anda diamkan hingga dingin dan air rebusan bisa dikonsumsi untuk meredakan panas dalam. Minumlah rutin hingga batuk Anda membaik.

(Baca juga: penyebab sakit tenggorokan saat menelan)

15. Makan Apel

Apel sangat baik untuk tubuh dan bisa menjauhkan kita dari penyakit, jadi tak salah bila Anda memilih apel sebagai obat panas dalam Anda. Mengonsumsinya setiap hari akan menambah asupan vitamin C yang otomatis meningkatkan daya tahan tubuh. Apel juga bagus sebagai penurun risiko sembelit, diare serta diabetes.

16. Makan Jeruk

Salah satu makanan yang mengandung vitamin C tinggi tentu adalah buah jeruk dengan kandungan besar akan fitonutrien sekaligus flavonoidnya. Sebagai obat panas dalam, Anda bisa mengonsumsinya setiap hari 1-2 buah dan berkat kandungan asam askorbatnya, asam lambung pun bisa ternetralisir. Daripada mengonsumsi suplemennya, jauh lebih disarankan untuk menikmati langsung buahnya.

(Baca juga: penyebab radang tenggorokan)

17. Makan Stroberi

Buah dengan penampilan cantik ini sangat lezat dan banyak digunakan sebagai perasa makanan. Buah yang kaya akan air ini juga berguna bila Anda menjadikannya obat panas dalam. Tak usah repot mengolahnya karena Anda dapat langsung memakannya atau membuat jus stroberi dengan kandungan vitamin C, B kompleks, A dan mineral lengkap. Karena vitamin C-nya tinggi, buah ini diyakini dapat membuat penyerapan zat besi dari makanan lebih sempurna.

Penyakit lainnya yang bisa Anda cegah dengan makan stroberi setiap hari adalah anemia. Jadi untuk hidup tetap segar dan bugar, buah stroberi adalah salah satu makanan yang baik untuk Anda andalkan. Sifat antioksidannya yang juga tinggi bakal dengan mudah untuk tubuh bisa menyerapnya sehingga akan makin maksimal manfaat yang diperoleh.

18. Mengonsumsi Lidah Buaya

Mungkin Anda bingung apakah benar lidah buaya bisa dikonsumsi. Tentu saja ini adalah benar karena selain khasiat lidah buaya untuk kulit, tanaman ini berkhasiat untuk mengobati panas dalam. Buatlah sendiri ramuan dari lidah buaya dengan menyiapkan gel lidah buaya sebanyak 2 sendok makan. Campurkan ke segelas air putih yang kemudian bisa Anda minum sekali sehari setiap hari sampai panas dalam hilang. Tidak dianjurkan untuk menambah takaran alias lebih dari 2 sendok makan dalam sehari.

19. Mengonsumsi Yogurt

Yogurt adalah pilihan yang juga bagus dalam mengobati panas dalam di mana Anda dapat menyediakan yogurt tawar kental ½ cangkir. Tambahkan air dan garam sedikit dan Anda bisa menikmatinya sebagai penurun gejala panas dalam. Mengonsumsinya sehari 2 kali setiap hari dijamin baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh karena bahan ini menyediakan asupan nutrisi vitamin dan mineral lebih kepada tubuh Anda.

(Baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

Demikianlah sejumlah cara mengobati panas dalam secara alami yang pastinya Anda anggap cukup mudah dan bahkan sangat sederhana untuk dicoba. Daripada meminum obat-obat kimia yang kemungkinan akan memberikan efek samping buruk bagi tubuh, Anda bisa membuat ramuan sendiri dari bahan-bahan alami terpercaya seperti yang sudah direkomendasikan di atas. Perbanyaklah makan buah yang disebutkan sebelumnya karena akan menambah daya tahan tubuh sehingga tak mudah terkena panas dalam.