Home Tips KesehatanKesehatan Kulit 17 Cara Mengobati Gatal di Selangkangan Paling Ampuh

17 Cara Mengobati Gatal di Selangkangan Paling Ampuh

by Erlita

Rasa gatal jelas adalah suatu kondisi yang sama sekali tak membuat nyaman dan bisa membuat aktivitas sehari-hari kita menjadi terganggu. Rasa gatal dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk juga pada bagian selangkangan yang bila digaruk saat di tempat umum akan tampak kurang pantas. Gatal di selangkangan akan disertai juga dengan kulit mengelupas dan kemerahan dan bila dibiarkan kemungkinan besar dapat menjadi lecet.

Selangkangan yang terasa gatal tentu tak akan terjadi secara tiba-tiba dan selalu ada penyebab gatal di selangkangan yang sebaiknya kita perlu ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, kemungkinan besar pun kita bakal mampu mengatasinya. Rata-rata faktor pemicu rasa gatal tersebut adalah:

  • Alergi makanan. Makanan tertentu memang adalah alergen bagi sebagian orang dengan reaksi alergi dan gatal-gatal dapat muncul juga di daerah selangkangan. Mungkin Anda mempunyai riwayat alergi terhadap makanan tertentu, seperti makanan laut, jamur, telur, ikan atau sumber makanan lainnya. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, gatal dapat muncul.
  • Tingkat kebersihan yang rendah. Kurangnya menjaga kebersihan, terutama di bagian selangkangan juga mampu membuatnya lebih mudah terkena gatal-gatal. Seperti halnya orang yang jarang mandi lalu tubuhnya terasa gatal, begitu juga saat area selangkangan tak dalam keadaan bersih. Jamur sangat suka dengan kelembaban, jadi perhatikan juga kebersihan area paha dan selangkangan Anda apalagi setelah melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat. (baca juga: bahaya fungi bagi tubuh)
  • Mengenakan celana ketat. Kini memang tengah tren akan skinny jeans di mana rata-rata sangat ketat dengan tujuan mempertunjukkan bentuk kaki pemakainya. Namun celana yang terlalu ketat dan tidak nyaman berkemungkinan besar malah menyebabkan rasa gatal pada bagian selangkangan. Ini karena timbul adanya iritasi di area tersebut, khususnya jika bahan dari celana tersebut kurang cocok di kulit Anda. Daerah selangkangan akan mudah menjadi lembab ketika bahan celana tersebut kurang cocok sehingga gatal-gatal pun tak terhindarkan.

Lalu, cara mengobati gatal di selangkangan apa saja yang kiranya dapat dicoba di rumah? Perhatikan serangkaian rekomendasi cara berikut ini yang cukup mudah dilakukan.

(Baca juga: obat alergi gatal)

1. Ganti Pakaian setelah Berolahraga

Tepat selesai berolahraga, pastikan untuk tidak mengenakan pakaian dalam serta celana yang tadinya digunakan untuk olahraga. Karena sudah penuh dengan keringat, gantilah dengan pakaian dalam serta celana yang baru dalam keadaan kering. Ingat bahwa jamur akan senang berkembang biak di tempat yang lembab, yaitu selangkangan dan paha.

2. Memilih Bahan Celana yang Tepat

Celana dalam ataupun celana pendek/panjang yang dikenakan harus dipastikan terbuat dari bahan yang tepat dengan daya serap keringat tinggi. Biasanya yang menyerap keringat dengan mudah itu bakal terasa nyaman digunakan karena keringat akan berkurang dan jumlah jamur pun otomatis menurun. Ketika memilih memakai bahan celana yang berbahan panas, ini justru melembabkan area paha dan selangkangan lebih mudah.

(Baca juga: penyebab kelopak mata gatal dan bengkak)

3. Menjauhi Makanan Pemicu Alergi

Jika Anda tahu bahwa Anda memiliki alergi makanan, jangan coba-coba untuk memakannya, apalagi dalam jumlah berlebih. Mempunyai riwayat alergi seharusnya menjadikan Anda lebih waspada dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Ketika mengonsumsi makanan yang merupakan alergen tersebut, ada kemungkinan gatal tak hanya muncul di selangkangan saja, namun juga di punggung, leher, tangan bahkan hingga kaki.

4. Mandi Teratur

Sebagian orang mempunyai kebiasaan jarang mandi, entah dengan alasan sudah terlalu lelah sesampainya di rumah atau memang pada dasarnya malas untuk mandi. Padahal mandi paling tidak 2 kali sehari dapat membersihkan tubuh dari segala bentuk bakteri dan kuman. Mandi menggunakan sabun antiseptik bakal lebih efektif dalam mengusir kuman penyebab gatal-gatal yang timbul pada daerah selangkangan.

(Baca juga: makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit)

5. Mengeringkan Tubuh secara Merata setelah Mandi

Sesudah mandi, jangan lupa untuk menggunakan handuk bersih dengan daya serap air tinggi untuk mengeringkan tubuh secara merata. Keringkan bagian-bagian yang agak privasi sekalipun, seperti area selangkangan. Karena bila tak dibersihkan dan dikeringkan secara seksama, otomatis daerah tersebut akan lebih lembab dari bagian tubuh lainnya. Jika dibiarkan lembab, kuman dan jamur akan secara mudah menginvasi dan menimbulkan rasa gatal.

6. Mengenakan Celana Longgar

Karena salah satu penyebab dari gatal di selangkangan adalah memakai celana yang ketat, jadi sebaiknya hindari celana model demikian. Ini akan mengurangi rasa gatal yang terasa begitu tak nyaman. Untuk mendukung dan memaksimalkan pengobatan gatal pada selangkangan, cobalah memakai celana yang longgar dengan bahan yang menyerap keringat dengan sempurna.

(Baca juga: obat gatal-gatal)

7. Menjaga Asupan Nutrisi

Alergi yang memunculkan gatal-gatal di area selangkangan dapat dipicu oleh imunitas tubuh yang terlalu rendah atau sedang menurun. Sebagai kuncinya, Anda dapat menjaga asupan nutrisi makanan dengan memilih konsumsi makanan berserat dan bervitamin tinggi. Alangkah baiknya bila Anda dapat menjauhi makanan-makanan cepat saji.

8. Membilas dengan Air Garam

Bila ingin hasil yang memuaskan dalam mengatasi dan mengobati gatal di selangkangan, cobalah untuk memakai air garam untuk membilas bagian yang gatal-gatal. Gatal dan bakteri serta jamur yang menyerang area tersebut akan dilawan oleh kandungan antibakteri pada garam. Saat sesudah mandi atau kapanpun Anda mau, pakailah cara ini.

Ketika gatal belum sembuh atau kembali datang, segera siapkan air garam untuk membilas area yang gatal. Secara instan air garam ini akan meredakan rasa gatal yang mengganggu tersebut. Bahkan air garam ini jugalah yang bakal mencegah multiplikasi jumlah perkembangan bakteri pada area selangkangan kita.

(Baca juga: cara menghilangkan alergi)

9. Menggunakan Bedak Antibakteri

Bedak yang mengandung sifat antibakteri adalah yang paling tepat juga bila digunakan sebagai obat gatal. Ini juga akan aman bila diaplikasikan pada area paha dan selangkangan yang sudah parah tingkat kegatalannya. Bedak homeopati atau herbal akan lebih membantu karena sifatnya yang ringan sehingga bakal lebih pas untuk kulit tubuh Anda.

Jenis bedak antibakteri herbal memang diakui lebih efektif dalam menyembuhkan gatal, tapi juga bukan berarti ini akan dapat sembuh secara instan. Tetap memerlukan waktu untuk merasakan keefektifan dari bedak tersebut. Asalkan dipakai secara rutin, terutama setiap setelah mandi, dijamin gatal akan hilang dan memudar secara bertahap.

10. Mengonsumsi Yogurt

Yogurt adalah salah satu jenis makanan berprobiotik yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh karena kemampuannya dalam melawan bakteri-bakteri jahat. Tentu saja yang paling baik untuk digunakan adalah yogurt murni karena bakal lebih efektif. Karena menjadi salah satu cara mengatasi alergi obat, maka tentunya yogurt pun layak dipertimbangkan sebagai obat gatal di selangkangan.

Cara menggunakan yogurt murni ini pun sangat sederhana, yakni dengan mengonsumsinya setiap hari secangkir saja. Infeksi jamur yang menyerang bagian selangkangan serta paha kita pun akan dapat dibasmi oleh kandungan baik yogurt. Yogurt yang dibuat dari susu domba dan susu kambing lebih direkomendasikan dalam mengobati gatal.

(Baca juga: penyebab alergi kulit)

11. Menggunakan Bawang Putih

Terlepas dari efek samping bawang putih yang kita tahu bakal berbahaya untuk tubuh, ada segudang khasiat di dalam bumbu dapur ini yang tak boleh kita lupakan. Sifat antibakteri dari bawang putih sangat kuat dan karena itulah Anda mampu memanfaatkannya dalam meredakan gejala gatal secara instan.

Bila rasa gatal terus-terusan terasa begitu mengganggu, jangan ragu untuk menggunakan bawang putih demi meredakannya. Cukup dengan menyediakan 2-3 siung yang dikunyah-kunyah dan ditelan sudah akan dapat dirasakan hasilnya. Jika berani dengan rasa panasnya, buatlah menjadi bentuk pasta lalu aplikasikan ke area selangkangan yang kemudian ditutup dengan kain bersih. Tak perlu khawatir akan bahaya bawang putih mentah karena khasiatnya jauh lebih besar.

12. Menggunakan Es Batu

Kita tidak pernah tahu kapan rasa gatal akan mengganggu, ini bisa terjadi saat kita tengah beraktivitas, atau justru sewaktu kita tengah beristirahat di malam hari. Kapanpun itu, rasa gatal yang cukup intens dapat diatasi dan diobati menggunakan es batu. Kompreskan saja es batu langsung ke daerah yang gatal.

Cara ini cukup ampuh dalam membuat gatal tersebut hilang dan tidak akan mengganggu aktivitas maupun tidur Anda lagi. Gatal yang telah berada pada tingkat parah dapat coba ditangani menggunakan cara mudah ini. Selain murah, cara ini dapat dibuktikan keefektifannya.

(Baca juga: cara mengobati alergi udang)

13. Menggunakan Obat Jamur

Gatal yang diakibatkan oleh jamur akan lebih baik kalau diatasi menggunakan obat jamur. Obat jamur ini biasanya dapat dijumpai dan dibeli di apotek terdekat, bila bingung Anda dapat menanyakannya kepada staf apotek obat jamur apa yang bagus. Hanya saja dalam membeli beberapa obat jamur, Anda perlu membawa dan menunjukkan resep dokter.

Tapi kabar baiknya adalah bahwa rata-rata obat jamur yang ada di negara kita dapat dibeli meski tanpa resep dokter. Penting juga untuk diketahui bahwa dalam mengobati gatal karena jamur wajib dilakukan secara total. Karena saat masih terdapat sisa jamur, ini bakal memicu pertumbuhan jamur kembali yang akhirnya menimbulkan gatal lagi. Obat jamur ini sebaiknya disimpan baik-baik untuk jaga-jaga.

14. Menghindari Memakai Celana Bergantian dengan Orang Lain

Baik itu masih keluarga sendiri atau teman, sebaiknya Anda tidak sering-sering berganti-gantian mengenakan celana yang sama dengan mereka. Memakai celana secara bergantian apalagi dengan orang lain akan meningkatkan potensi gatal-gatal pada daerah selangkangan. Kita tidak pernah tahu adanya bakteri atau jamur dari celana yang sudah dipakai berkali-kali oleh orang lain, jadi sebaiknya pakailah celana milik sendiri.

(Baca juga: cara memutihkan selangkangan secara alami dan permanen)

15. Cuci Celana Tepat setelah Mengenakannya

Baik itu celana dalam atau celana lainnya, cucilah secara langsung tepat sesudah Anda mengenakannya, apalagi celana dalam. Hindari penggunaan berkali-kali tanpa mencucinya karena bakteri otomatis bertumpuk di celana tersebut. Bahkan untuk celana panjang maupun celana pendek yang sering Anda pakai, cucilah secara rutin maksimal setelah 2 kali pakai.

Namun bila celana tersebut digunakan untuk olahraga, jangan kenakan kembali di lain waktu tanpa mencucinya lebih dulu. Keringat Anda sewaktu berolahraga mengenakan celana tersebut masih menempel, jadi sebaiknya cuci sampai bersih. Bila langsung memakainya lagi di lain waktu tanpa mencucinya, jamur dan bakteri dengan gampang bakal menyebar ke area paha dan selangkangan Anda. Hindari rasa malas untuk mencuci celana sendiri supaya tidak berimbas pada kesehatan kulit selangkangan Anda.

16. Memanfaatkan Madu

Untuk menghentikan sekaligus menjadi obat gatal yang ada pada area selangkangan, cobalah untuk memanfaatkan madu asli. Temukan cara membedakan madu asli dan palsu supaya Anda dapat menemukan madu yang benar-benar murni. Sifat anti jamur dan antibakteri di dalam madu mampu mengatasi gatal akibat infeksi jamur dan bakteri.

Cukup dengan mengoleskan madu ke area selangkangan yang gatal, lalu tinggalkan selama setengah jam, Anda akan merasakan manfaatnya. Sesudah setengah jam, mandilah dan bersihkan madu yang dioles tadi menggunakan air hangat. Pengobatan sehari 2 kali akan membantu Anda meraih hasil maksimal. Dari dalam juga bisa, yakni dengan meminum air yang sudah dicampur dengan 1-2 sendok makan madu setiap hari.

(Baca juga: cara menghilangkan bisul secara alami)

17. Minum Jus Cranberry

Untuk mengobati gatal-gatal di bagian selangkangan, cobalah untuk meminum 2 gelas jus cranberry tanpa pemanis setiap harinya. Perawatan ini perlu dilakukan sampai gatal benar-benar hilang. Kandungan pada cranberry sangat baik dalam menghambat pertumbuhan jamur penyebab gatal.

(Baca juga: ciri-ciri kurap)

Itulah cara-cara mengobati gatal di selangkangan yang akan memberikan hasil terbaik bila dilakukan dengan tepat. Walau amat mengganggu, Anda pasti dapat mengobatinya ketika berhasil mengutamakan kebersihan diri ditambah dengan obat-obat yang direkomendasikan di atas.

You may also like