2 Cara Mengobati Asam Lambung dengan Tepung Kanji Layak Dicoba

Asam lambung adalah suatu jenis penyakit yang berkaitan dengan gangguan pencernaan di mana ketika gejalanya datang, hal ini akan sangat membuat kita tidak nyaman. Bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung, cara mengobati asam lambung dengan tepung kanji berikut ini bisa menjadi solusi paling baik untuk Anda coba di rumah.

  1. Air Tepung Kanji

Alasan mengapa tepung kanji menjadi pilihan tepat bagi Anda penderita asam lambung adalah karena fungsinya yang mampu membuat lapisan lambung menebal tanpa efek samping.

Caranya: Sediakan lebih dulu 1 ons tepung kanji yang kemudian dapat disangrai. Siapkan pula air panas sebanyak ½ gelas yang kemudian bisa ditambahkan dengan tepung kanji hasil sangrai dan menguning tadi sebanyak 2 sendok makan. Aduk-aduk sampai merata dan tercampur dengan baik, diamkan hingga lebih hangat, barulah aman untuk Anda minum. Melakukan perawatan ini dianjurkan untuk selama 1 minggu penuh atau hingga asam lambung benar-benar hilang.

  1. Mengolah Menjadi Makanan

Dalam mengatasi asam lambung menggunakan tepung kanji tidak harus selalu mengolahnya seperti cara pertama. Anda pun dapat mengolah tepung kanji menjadi makanan yang tentunya harus dipastikan lebih dulu aman bagi lambung Anda dan tidak menyebabkan kekambuhan asam lambung. Pilihlah resep makanan yang menggunakan tepung kanji namun dengan bahan-bahan lainnya yang aman bagi lambung Anda tanpa memicu kenaikan asam lambung kembali.

Pantangan Asam Lambung

Selain mengandalkan tepung kanji, penderita asam lambung dapat menjadi lebih baik dan meningkatkan kesehatan lambung kembali dengan mengikuti pantangan-pantangan asam lambung yang ada. Berikut adalah daftar pantangan bagi penderita asam lambung yang perlu diperhatikan supaya tidak gampang kambuh:

  • Pantang makan makanan pedas.
  • Pantang makan makanan asam.
  • Pantang makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan membuat perut terasa penuh seperti ketan dan mie instan.
  • Pantang makan makanan yang mengandung gas tinggi, seperti halnya buah durian, buah nangka, sayur sawi, kol, dan juga singkong.
  • Pantang minum minuman bersoda.
  • Pantang minum minuman berkarbonasi.
  • Pantang minum minuman beralkohol.
  • Pantang merokok karena mampu menjadi faktor peningkat asam lambung sekaligus mengeringkan air liur.
  • Pantang makan makanan yang teksturnya keras dan sulit dicerna oleh tubuh.
  • Pantang makan dengan porsi berlebihan dan sebaiknya selalu makan yang cukup saja.
  • Pantang makan terlambat dan upayakan untuk selalu makan tepat waktu.

Perawatan Asam Lambung Lainnya

Ada kalanya perawatan lebih lanjut diperlukan oleh penderita asam lambung, tergantung dari tingkat keparahan kondisi. Ketika asam lambung sudah cukup parah, endoskopi adalah salah satu cara penanganan yang disarankan karena dengan cara inilah, lambung yang terutama sudah mengalami luka bisa ditangani dengan benar.


Untuk menempuh endoskopi, pastikan terlebih dulu bahwa penggunaan obat asam lambung atau bahkan penggunaan bahan alami seperti tepung kanji tidaklah membuahkan hasil dalam waktu sekitar 8 minggu. Bahkan ketika penderita telah mengalami disfagia atau sulit menelan, muntah-muntah, tak selera makan, penurunan berat badan, hingga anemia, itulah salah satu tanda endoskopi perlu dijalani.

Penyakit atau gangguan pencernaan pada lambung seperti penyakit maag dan asam lambung kerap dianggap sepele dan diabaikan begitu saja karena para penderitanya meyakini gejala akan hilang sendiri. Namun, tahap kronis adalah suatu kondisi yang tak bisa dibiarkan lagi dan operasilah jalan perawatan satu-satunya ketika obat medis maupun alami tak lagi efektif.

Sebelum menjadi parah, ketika gejala asam lambung datang, cobalah cara mengobati asam lambung dengan tepung kanji tersebut. Tepung kanji tergolong aman asalkan tidak diolah menjadi makanan yang asam, pedas atau juga menjadi makanan-makanan pantangan bagi penderita asam lambung.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup