11 Cara Mengobati Wasir dengan Lidah Buaya Paling Efektif

Wasir atau ambeien bisa begitu mengganggu karena rasa nyerinya yang membuat tidak nyaman, khususnya sewaktu kita harus duduk. Namun, cara mengobati wasir dengan lidah buaya layak dicoba karena khasiat lidah buaya untuk kulit sendiri tak diragukan lagi besarnya. Mengandung glikoprotein, gel lidah buaya aman untuk area yang terkena wasir dan ampuh dalam mengurangi rasa sakit sekaligus peradangan yang terjadi.

  1. Minum Jus Lidah Buaya

Selain adanya glikoprotein, kandungan gel lidah buaya lainnya yang berperan utama dalam memperbaiki kulit adalah polisakarida yang mampu membuat sistem daya tahan tubuh juga aktif dan meningkat.

Caranya: Sediakan gel lidah buaya segar sekitar ½ cangkir banyaknya, lalu masukkan ke dalam mixer atau blender untuk dicampurkan bersama dengan segelas air putih. Setelah tercampur rata, jus lidah buaya sudah jadi dan siap untuk diminum. Seharinya Anda dianjurkan mengonsumsi 3 gelas jus lidah buaya agar wasir cepat sembuh.

  1. Gel Lidah Buaya sebagai Obat Luar

Selain dapat mengobati wasir dari dalam, lidah buaya pada dasarnya sangat dapat diandalkan sebagai obat ambeien luar sama seperti ketika Anda memakainya untuk masalah kulit lain.

Caranya: Ambil gel lidah buaya secukupnya atau sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu oles dan usap perlahan di bagian anus yang mengalami wasir. Pijat lembut beberapa menit lamanya dan ulangi perawatan ini sehari hingga 3 kali. Dalam beberapa minggu wasir pasti akan hilang secara berangsur.

  1. Lidah Buaya dan Kentang

Selain dikenal sebagai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, kentang juga merupakan bahan alami yang meredakan peradangan sekaligus pembengkakan pada kondisi wasir.

Caranya: Sediakanlah kentang 2 buah yang berukuran sedang, cuci bersih dan kupaslah. Kentang kemudian dapat Anda potong kecil-kecil dan blenderlah. Hasil blender kentang yang sudah halus bisa dicampurkan bersama sesendok makan gel lidah buaya untuk menjadikannya adonan pasta. Ramuan yang telah jadi bisa dioles merata perlahan ke bagian yang terkena wasir menggunakan kapas atau kain halus. Biarkan 10 menit sebelum bisa Anda bersihkan menggunakan kapas bersih.

  1. Lidah Buaya dan Kunyit

Lidah buaya pun dalam mengobati wasir dapat dikombinasikan dengan kunyit, sama halnya seperti cara mengobati wasir dengan minyak zaitun.

Caranya: Campurkanlah sesendok makan gel lidah buaya bersama dengan bubuk kunyit sebanyak ½ sendok teh di dalam mangkuk kecil. Sesudah tercampur dengan baik, penerapan langsung bisa dilakukan pada wilayah anus yang terserang wasir setiap sebelum tidur malam hari. Setiap hari perawatan ini bisa dilakukan sehari sekali agar wasir dapat terobati secara sempurna.

  1. Lidah Buaya dan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan alami nan ampuh dalam meredakan peradangan pada jaringan dan saraf. Kombinasi antara lidah buaya dan minyak kelapa tentunya akan mempercepat kesembuhan wasir Anda.

Caranya: Campurkanlah 2 sendok makan gel lidah buaya dengan minyak kelapa murni 3-4 sendok makan. Bila sudah jadi, dinginkan lebih dulu dengan menyimpannya di dalam lemari es sekitar 1 jam. Setelahnya barulah ramuan siap dipakai dengan mengusapkannya ke area yang terkena wasir.


  1. Lidah Buaya dan Jus Lemon

Vitamin C berikut juga antioksidan di dalam buah lemon sangat tinggi sehingga dinding pembuluh darah dapat diperkuat. Bahkan segala gejala wasir pun dapat diredakan secara alami dan mujarab.

Caranya: Ambil perasan jus dari 1 buah lemon segar yang kemudian Anda perlu campur dengan gel lidah buaya segar 1 sendok teh. Campuran larutan inilah yang diterapkan langsung ke wilayah yang terserang wasir dan perawatan dengan cara ini dianjurkan untuk diulangi setiap 3 jam untuk hasil kesembuhan maksimal.

  1. Lidah Buaya dan Witch Hazel

Witch hazel menawarkan sifat astringent yang mampu meredakan peradangan pada pembuluh darah sekaligus menjadi pereda alami akan pembengkakan dan rasa sakit/gatal akibat wasir.

Caranya: Sediakan witch hazel kering sesendok makan banyaknya dan rebuslah bersama dengan secangkir air. Biarkan selama 10 menit untuk proses seduhan teh ini dan saat sudah lebih dingin bisa Anda saring lalu tambah dengan sesendok makan gel lidah buaya. Bukan untuk diminum, Anda perlu menggunakan bola kapas yang dicelup ke ramuan tersebut, lalu usap-usapkan pada area yang terserang wasir. Melakukan perawatan ini setiap hari 3 kali adalah cara terbaik untuk menyembuhkan wasir Anda.

  1. Lidah Buaya dan Minyak Almond

Minyak almond tak hanya menjadi pereda inflamasi, tapi juga berperan sebagai pelembab alami bagi kulit, khususnya area yang terkena wasir.

Caranya: Sediakanlah masing-masing minyak almond dan gel lidah buaya sebanyak 1 sendok makan, campurkan merata. Gunakan bola kapas untuk dicelup ke ramuan, lalu lanjutkan dengan penerapan langsung ke wilayah yang terkena wasir. Lakukan perawatan sehari beberapa kali untuk kesembuhan wasir yang maksimal.

  1. Lidah Buaya dan Cuka Apel

Cuka apel juga mengandung sifat astringent yang mampu mengurangi pembengkakan akibat wasir sehingga dapat Anda gunakan bersama dengan lidah buaya.

Caranya: Untuk kasus wasir eksternal, campuran masing-masing sesendok teh cuka apel dan gel lidah buaya bisa dioles pada bagian wasir menggunakan cottonbud sehari 3 kali. Untuk kasus wasir internal, campuran masing-masing sesendok teh cuka apel dan jus lidah buaya dalam secangkir air putih bisa diminum sehari 2 kali sampai wasir sembuh.

  1. Lidah Buaya dan Minyak Pohon Teh

Kandungan anti-inflamasi sekaligus antiseptik alami di dalam minyak pohon teh cukup tinggi walau tetap perlu mewaspadai efek samping minyak pohon teh.

Caranya: Campurkanlah minyak pohon teh sebanyak 3 atau 4 tetes bersama dengan sesendok makan gel lidah buaya. Campuran inilah yang menjadi ramuan untuk diusap pada bagian wasir seraya memberikan pijatan lembut beberapa menit. Penggunaan rutin sehari 2 kali selama beberapa minggu akan menunjukkan hasil kesembuhan terbaik.

  1. Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun bukan hanya berfungsi sebagai penurun risiko inflamasi dan mengurangi pembengkakan, melainkan juga dapat menjadi peningkat elastisitas pembuluh darah.

Caranya: Siapkan gel lidah buaya 1 sendok makan, begitu juga dengan minyak zaitun dengan takaran yang sama. Campurkanlah sampai akhirnya tekstur menjadi seperti pasta yang sangat halus. Barulah kemudian ramuan siap diusap ke bagian wasir; melakukan cara ini sehari 2 kali setiap hari akan memberikan hasil paling baik.

Cara mengobati wasir dengan lidah buaya di atas sangat mudah dan aman bukan? Selamat mencoba cara-cara alami tersebut dan membuktikan sendiri khasiat lidah buaya yang besar bagi kesehatan Anda.

, , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Wasir