Home Penyakit dan KelainanBisul Cara Menghilangkan Bisul Secara Alami

Cara Menghilangkan Bisul Secara Alami

by Ana Rohma

Kulit merupakan bagian penting dari pertahanan kekebalan tubuh terhadap bahan dan mikroba yang asing. Saat kulit terluka atau cidera, lalu kemudian terinfeksi bakteri dapat berkembang menjadi abses (bisul).Bisul adalah gangguan pada kulit berupa benjolan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri yang masuk melalui pori-pori yang kemudian menyerang akar rambut (folikel rambut).

Gangguan ini mengakibatkan timbulnya rasa nyeri, benjolan berwarna merah meradang yang berisi nanah. Organ tubuh yang sering menjadi tempat timbulnya bisul biasanya di leher, ketiak, pantat, bahu, serta mata.

Gejala

penyakit bisulGejala timbulnya bisul ditandai dengan warna kemerahan pada kulit, yang lama kelamaan berubah menjadi benjolan kecil yang jika tersentuh akan terasa sakit. Setelah beberapa hari benjolan tersebut akan semakin membesar yang di dalamnya terdapat nanah dan jika tersentuh rasa sakitpun bertambah. Setelah bisul matang, maka benjolan tersebut akan pecah dan nanah yang menggenang didalamnya akan mengalir keluar.

Tumbuhnya bisul dilihat dengan kemunculan peradangan atau infeksi yang terjadi pada folikel rambut (folikulitis). Kondisi seperti ini dapat berkembang menjadi bintik-bintik kecil berwarna merah di folikel rambut. Infeksi pada folikel rambut dapat terjadi ketika kulit terganggu atau meradang karena sejumlah kondisi, termasuk jerawat, luka, gesekan dari pakaian, keringat berlebihan atau paparan racun.

Namun jika terdapat infeksi yang parah, kemunculan bisul bisa ditandai oleh gejala-gejala seperti :

  • Kulit memerah, terasa sakit menyakitkan, dan terjadi pembengkakan
  • Munculnya benjolan yang berisi nanah
  • Sering kali disertai dengan demam
  • Terjadi pembengkakan di daerah sekitar kelenjar getah bening

Jenis-Jenis Bisul

  • Inas, merupakan abses (bisul) di kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus
  • Jerawat cystic, yaitu jenis abses (bisul) yang terbentuk karena tersumbatnya saluran minyak pada kulit yang mengakibatkan infeksi. Cystic jerawat paling umum dijumpai pada wajah dan biasanya terjadi pada usia remaja.
  • Hidradenitis suppurativa, yaitu suatu kondisi di mana ada beberapa abses yang terbentuk di bawah ketiak dan sering di daerah selangkangan.
  • Kista pilonidal, yaitu jenis abses yang terjadi pada atau di atas lipatan bokong.
  • Tembel (sty), yaitu benjolan merah yang terletak di dasar bulu mata atupun di bawah atau di dalam kelopak mata dan rasanya sangat menyakitkan. Tembel (sty) bisa terjadi karena infeksi lokal dari kelenjar atau kantong rambut kelopak mata, yang sering disebut mata bintitan.

Penyebab

Banyak faktor yang bisa menyebabkan kemunculan bisul. Penyebab bisul biasanya terjadi karena infeksi sejenis bakteri yang dinamakan Staphylococcus (Staph) yang berkembang menjadi abses dengan sangat cepat. Kuman Staphylococcus  ini masuk ke dalam tubuh melalui torehan atau luka kecil di kulit menuju ke folikel rambut.

Bisul juga dapat disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam. Jenis bisul lain yakni seperti jerawat, kemunculannya dapat disebabkan oleh kelenjar keringat yang terinfeksi. Beberapa masalah kesehatan juga bisa menjadi penyebab seseorang rentan terhadap infeksi bisul diantaranya :

  • kencing manis (diabetes)
  • gangguan sistem kekebalan tubuh
  • gizi buruk
  • kebersihan yang kurang terjaga
  • paparan bahan kimia yang membuat kulit iritasi.

Bisul sebenarnya bukan penyakit menular, akan tetapi bakteri penyebab bisul yang keluar bersama nanah saat bisul pecah bisa menumbuhkan bisul-bisul baru di daerah yang terkena paparan nanah tersebut, baik pada penderita bisul maupun orang lain.

Pengobatan

Pada dasarnya bisul (abses) dapat diobati sendiri tanpa memerlukan bantuan medis. Akan tetapi beberapa kasus bisul yang munculnya disertai demam dan pembengkakan kelenjar getah bening, mau tidak mau harus mendapatkan perawatan medis.

Berikut ini beberapa cara untuk mengobati bisul (abses) secara alami :

1. Dengan menggunakan kompres hangat

Pengobatan bisul seharusnya dilakukan segera setelah bisul muncul, hal ini dimaksudkan agar komplikasi dikemudian hari bisa dihindari. Salah satu pengobatannya adalah dengan menggunakan terapi pemanasan pada daerah yang terkena bisul, yaitu dengan kompres hangat maupun merendam daerah yang terkena bisul dengan air hangat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membantu tubuh untuk melawan infeksi dengan membawa antibodi dan sel-sel darah putih pada daerah yang terkena infeksi.

Setelah bisul mulai mengering, cuci dengan sabun antibakteri hingga semua nanah dalam bisul hilang. Tapi yang perlu diingat adalah jangan sampai Anda mengeluarkan nanah dengan cara menusukkan jarum pada bisul. Hal ini bisa berakibat infeksi yang lebih parah.

2. Menghindari memencet bisul

Tindakan memencet bisul maupun menusuk dengan jarum untuk mengeluarkan nanah di dalamnya dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah. Hal ini bukannya mempercepat proses pengobatan, akan tetapi malah memperburuk keadaan.

3. Pengobatan dengan terapi herbal (obat-obatan tradisional)

Negara kita sangat kaya dengan berbagai macam tumbuhan yang banyak memiliki kontribusi penting dalam upaya pengobatan suatu penyakit, baik untuk penyakit akibat infeksi ringan, bahkan infeksi penyakit paling mematikan yang berbahaya. Seperti halnya bisul juga dapat disembuhkan dengan beberapa jenis tanaman yang banyak kita jumpai di sekitar kita, misalnya :

  • Mentimun

Cara memanfaatkan mentimun untuk pengobatan bisul adalah dengan mencampur parutan buah mentimun dengan biji pala. Lalu dibungkus dengan daun pisang dan untuk selanjutnya dipanggang di atas api selama beberapa saat hingga menjadi hangat. Setelah itu balur ramuan tersebut pada bisul (abses) dan perban. Lakukan terapi ini dengan rutin 2 kali sehari sampai bisul sembuh.

  • Bawang putih

Kandungan antibiotik pada salah satu jenis bumbu dapur ini ternyata mampu membantu dalam mengobati bisul (abses). Caranya yaitu, dengan membalurkan hasil tumbukan bawang putih pada daerah yang terkena bisul. Selain itu, bawang putih merupakan makanan penurun darah tinggi yang ampuh.

  • Daun Cabe

Tanaman penghasil rasa pedas yang satu ini dapat diambil manfaat daunnya untuk pengobatan bisul. Caranya sangat mudah, yaitu dengan membalurkan hasil tumbukan daun cabe yang telah dicampur dengan minyak kelapa pada daerah yang terkena bisul. Setelah kering, jangan lupa untuk mengganti dengan ramuan yang baru.

  • Sirih

Daun dari tanaman merambat ini sudah terbukti mampu mengobati beberapa jenis penyakit maupun infeksi. Termasuk bisul. Langkah pengobatannya sama dengan jenis tanaman diatas, yaitu dengan cara membalurkan hasil tumbukan daun sirih pada daerah yang terkena bisul.

  • Bayam

Bayam terkenal sebagai makanan yang mengandung zat besi, namun siapa sangka bila bayam dapat mengobati bisul. Daun bayam yang ditumbuk, kemudian dicampur dengan sedikit garam  dapat memberikan efek dingin pada daerah yang terkena bisul yang biasanya terasa panas dan nyeri. Balurkan ramuan tersebut pada daerah yang terkena bisul, akan tetapi jangan sampai menutupi mata bisul. Lakukanlah terapi ini beberapa kali sehari sampai bisul anda sembuh.

  • Ubi Jalar

Manfaatkan daun ubi jalar sebagai obat alternatif bagi bisul anda. Caranya adalah dengan menempelkan daun ubi jalar yang telah dipanggang di atas api hingga layu pada bisul anda. Gunakanlah perban sebagai perekat.

  • Bunga matahari

Hasil sangrai bunga matahari yang dicampur dengan minyak wijen ternyata mampu membantu mengobati bisul. Tempelkan ramuan tersebut pada bisul, hingga bisul mengempis.

  • Asam jawa

Khasiat tumbukan daun asam jawa juga mampu mengobati bisul. Tempelkan ramuan tersebut merata pada daaerah yang terkena bisul.

  • Ciplukan

Jenis tanaman liar ini dapat kita ambil manfaat daunnya sebagai sarana pengobatan bisul. Caranya adalah dengan menumbuk halus beberapa lembar daun ciplukan, lalu membalurkannya pada bisul secara merata.

  • Krokot

Jenis tanaman liar ini banyak kita jumpai di mana-mana. Walaupun sering dianggap sebagai tanaman pengganggu, tapi ternyata krokot juga mempuyai sisi baik dalam mengobati infeksi bisul. Caranya adalah dengan menyeduh tanaman krokot yang sudah dikeringkan selama beberapa hari menggunakan air hangat. Lalu minum ramuan tersebut 3 kali sehari sampai bisul menghilang  atau sembuh.

  • Kangkung

Daun kangkung yang ditumbuk halus lalu dicampur dengan sedikit garam dapat membantu mengobati infeksi bisul. Balurkan ramuan tersebut pada bisul. Setelah kering lepas dan cuci daerah bisul anda dengan menggunakan air bersih. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai bisul anda sembuh.

  • Kentang

Selain dapat berkhasiat memutihkan serta menghilangkan noda hitam di wajah, ternyata kentang juga dapat bermanfaat sebagai herbal untuk mengobati bisul. Caranya adalah dengan membubuhkan parutan kentang pada daerah yang terkena bisul.

  • Kamboja

Tanaman satu ini dapat kita ambil manfaat getahnya untuk mengobati bisul. Caranya adalah dengan mengoleskan getah kamboja pada bisul.

Pencegahan

Pada beberapa orang yang mengalami bisul ini, diharapkan untuk melakukan pencegahan bisul agar tidak menularkan bakteri bisul ini.

  • Sebaiknya memisahkan barang-barang pribadi milik penderita bisul saat mencucinya, misalnya pakaian, handuk, selimut, dan lain sebagainya.
  • Segeralah melakukan pengobatan pada luka seringan apapun itu. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya kuman Staphylococcus ke folikel rambut melalui luka tersebut.
  • Selalu menjaga kebersihan pribadi dan menerapkan gaya hidup sehat, yang bersih.

You may also like