7 Penyebab Bisul di Tubuh Tanpa Disadari

9848

Penyebab bisul bisa dari banyak hal seperti makanan dan kebiasaan sehari hari. Bisul atau dalam bahasa latinnya disebut abscessus merupakan suatu kumpulan nanah yang terakumulasi dan mengumpul pada rongga – rongga jaringan setelah mengalami infeksi terhadap sesuatu. Bisul sendiri dapat menjadi penyakit yang menular, terutama melalui kontak terhadap kulit. Hal ini terjadi ketika bisul sudah menjadi besar dan pecah, maka bisul akan mengeluarkan nanah yang berisi bakteri,, yang dapat menimbulkan bisul pada wilayah lain yang terkena.

Bagaimana Proses Terjadinya Bisul?

penyebab bisulUntuk memahami tentang terjadinya bisul pada tubuh anda, maka akan dijabarkan proses – proses terjadinya bisul, seperti di bawah ini :

  1. Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui jaringan kulit
  2. Bakteri tersebut akan mengeluarkan racun yang dapat merusak serta membunuh sel – sel yang berada di dalam kulit
  3. Ketika terjadi infeksi, maka secara alami, tubuh akan menambah jumlah sel darah putih untuk membunuh bakteri tersebut.
  4. Setelah itu, sel kulit akan menutup racun tersebut agar tidak menyebar dengan cara melakukan pembentukan dinding.
  5. Proses pembentukan dinding ini menjadi bisul, yang di dalamnya berisi racun dan berisi nanah

Begitulah proses terjadinya bisul pada kulit anda. bisul bisa terjadi di mana saja, di sekujur tubuh anda, baik daerah kulit luar yang mudah terekspos, ataupun bagian lipatan – lipatan tubuh. Bisul pada awalnya tidak akan terasa sakit, namun ketika mulai membesar dan pecah, maka akan terasa perih dan sakit.

Selain itu, bisul yang tumbuh pada bagian lipatan – lipatan tubuh juga akan mengalami gesekan – gesekan, sehingga mudah untuk pecah dan lebih terasa sakit.

Anda mungkin bertanya – Tanya, apa yang pemicu yang dapat menimbulkan bisul pada tubuh anda? karena, selain bisul dapat tumbuh secara tiba – tiba tanpa ada gejala – gejala tertentu, bisul juga dapat muncul pada segala usia. Berikut ini adalah hal yang dapat menimbulkan bisul :

  1. Bakteri dan kuman

Hal utama yang menjadi penyebab munculnya bisul pada klit adalah bakteri dan kuman yang masuk ke dalam kulit anda melalui rongga – rongga kulit. Bakteri ini disebut dengan nama bakteri stafilokokus.

Bakteri stafilokokus masuk ke dalam kulit melalu rongga jaringan, dan memaksa tubuh secara alamiah menutupinya, hingga akhirnya terbentuklah bisul.

Bakteri ini dapat mudah menular, terutama ketika terjadi kontak dengan kulit yang sudah terinfeksi bakteri stafilokokus.

  1. Faktor Kebersihan

Bakteri tidak akan muncul dan mau masuk ke dalam jaringan kulit yang higienis. Bakteri hanya akan tumbuh ketika kebersihan tubuh anda tidak terjaga. Terutama, ketika anda melakukan aktivitas yang berada di luar ruangan, dan sering melakukan kontak dengan debu dan allergen lain, maka kemungkinan untuk terinfeksi bakteri stafilokokus menjadi lebih besar. Untuk menghindarinya, anda perlu melakukan hal berikut :

  • Menjaga kebersihan tubuh, dengan cara mandi secara teratur dengan menggunakan sabun anti bakteri
  • Menggunakan alat perlindungan pada kulit ketika harus bekerja pada daerah – daerah yang mengandung banyak allergen, seperti pabrik kimia, dan proyek konstruksi
  • Hindari menggunakan handuk, pakaian, dan barang pribadi yang menempel pada tubuh secara bergantian, karena ini dapat menyebabkan penularan bakteri stafilokokus
  • Apabila terpaksa melakukan kontak fisik dengan orang yang mengalami bisul, sebisa mungkin langsung mencuci tangan atau membersihkan diri.
  1. Sering melakukan pencabutan bulu tubuh

Bagi anda yang hobi dan sering mencabuti bulu – bulu tubuh hingga ke akarnya, anda patut mewaspadai hal ini. Ini disebabkan karena, ketika bulu tubuh dicabut, maka pori – pori kulit akan merenggang, dan sangat memudahkan bakteri untuk masuk ke dalam jaringan kulit tubuh anda.

Dengan mudahnya bakteri masuk ke tubuh, maka infeksi yang disebabkan oleh bakteri, terutama bakteri stafilokokus akan lebih besar kemungkinannya.

Baca juga : bahaya akibat mencabut bulu ketiak

  1. Alergi

Bisul juga dapat tumbuh karena respon dari alergi kulit anda terhadapa allergen – elergen yang berada di udara. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, debu – debu dan allergen lainnya dapat memicu timbulnya bisul pada kulit anda.

Hal ini dapat terjadi, terutama ketika anda harus bekerja pada bidang pekerjaan yang ‘ akrab ‘ dengan allergen seperti debu dan bahan – bahan kimia.

  1. Makanan

Salah satu faktor lain yang dapat menimbulkan bisul pada kulit anda adalah faktor makanan yang anda konsumsi sehari – hari. Kandungan protein yang terlalu tinggi pada makanan yang anda konsumsi sehari – hari disinyalir dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya bisul pada tubuh anda. beberapa makanan yang mengandung protein tinggi yang apabila dimakan berlebihan dapat menimbulkan bisul adalah :

  • Telur
  • Daging merah
  • Susu
  1. Luka

Selain melalui pori – pori kulit yang melebar, luka pada bagian kulit juga dapat menyebabkan terjadinya bisul pada kulit anda. dengan adanya luka ini, bakteri tersebut dapat menginfeksi dan masuk ke dalam jaringan kulit anda, sekaligus akan ikut terbawa dalam aliran darah, dan kemungkinan akan timbul pada bagian lain dari kulit anda.

  1. Penyembuhan luka yang lambat

Biasanya, kelainan dalam menyembuhkan luka yang begitu lambat terjadi pada beberapa pasien penderita sakit kronis, seperti diabetes. Dan faktanya adalah pasien yang mengalami diabetes, atau paling tidak memiliki kelainan dalam penyembuhan luka memilik faktor resiko yang tinggi dalam timbulnya bisul pada kulit.

Itulah beberapa penyebab dari timbulnya bisul pada tubuh anda. untuk mencegah munculnya bisul, anda dapat melakuukan beberapa hal berikut :

  • Budayakan gaya hidup bersih, dengan mandi teratr dan selalu cuci tangan dengan sabun.
  • Usahakan menggunakan pelindung yang maksimal ketika bekerja pada wilayah yang memiliki banyak allergen.
  • Perbanyak konsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh anda, dan menjaga kesehatan kulit anda.
  • Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.

Cara Mengobati Bisul

  1. Kompres dengan air hangat di bisul, sangat baik untuk menyembuhkan dengan cara mempercepat bisul agar matang. Selain itu juga berfungsi agar mengurangi nyeri yang ditimbulkan bisul
  2. Jangan di pencet
  3. Hindari kontak fisik dengan bahan kimia atau tangan dan permukaan yang kotor agar tidak semakin meradang
  4. Usahakan ditutup dengan kain pelindung yang bersih yang tidak terlalu tebal agar udara dapat keluar masuk

Kapan wajib ke dokter ?

  • Menimbulkan rasa sakit yang sangat mengganggu hingga demam
  • Lebih besar 2 inch
  • Timbul dibagian lain
  • Tidak sembuh lebih dari 14 hari
  • Lokasi ditempat yang sangat mengganggu seperti mata, hidung, bibir, dan punggung.

Cara Mencegah Bisul

  • Jangan mencabut bulu ketiak, bahaya akibat mencabut bulu ketiak akan membuat bakteri mudah masuk
  • Rajin cuci tangan sebelum kontak dengan anggota tubuh
  • Hindari memencet dan mengaruk muka atau permukaan kulit secara membabi buta
  • Hindari pemakaian barang pribadi secara bergantian seperti handuk
  • Jaga kebersihan diri.
  • Mandi rutin min 2 x sehari, bahaya akibat tidak mandi seharian salah satunya adalah menyebabkan bisul

Nah dengan mengetahui penyebab bisul semoga dapat membantu mengatasi masalah yang mengganggu ini dengan cepat dan mencegahnya agar tidak terjadi kembali.