Home Gaya HidupGaya Hidup Buruk Dampak Akibat Tidak Mandi Wajib Seharian : Berbahaya

Dampak Akibat Tidak Mandi Wajib Seharian : Berbahaya

by Ana Rohma

Akibat tidak mandi wajib seharian sudah tentu tidak baik bagik kesehatan dan penyakit kulit sudah menanti anda. Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Pepetah tersebut menunjukkan betapa pentingnya bagi kita untuk menjaga kebersihan.

Dijelaskan bahwa jika kita ingin di katakan sebagai orang beriman, maka kita  seharusnya turut menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan sangat luas maknanya, bisa menjaga kebersihan lingkungan maupun menjaga kebersihan diri kita sendiri. Upaya menjaga kebersihan diri yang utama adalah dengan cara mandi. Membasuh seluruh tubuh kita dengan air bersih dan menghilangkan kotoran yang menempel di seluruh tubuh.

Betapa pentingnya mandi bagi kesehatan kita, karena mampu menghilangkan kuman-kuman penyebab penyakit. Masalahnya sebagian dari kita justru mengabaikan pentingnya mandi. Mandi hanya satu kali sehari atau bahkan seharian tidak mandi sama sekali mungkin pernah kita lakukan. Lalu apa efeknya jika kita tidak mandi seharian?

1. Kotoran menebal di kulit

Perlu di ketahui bahwa tubuh kita ditutupi oleh 2 meter kulit yang di dalamnya terdapat 2,6 juta kelenjar keringat. Kelenjar keringat tersebut mengeluarkan kotoran beserta keringat. Kelenjar keringat kita memiliki 2 jenis, apocrine dan eccrine. Kelenjar apocrine-lah yang mengeluarkan keringat yang mengandung protein dan asam lemak, hal itu yang membuat kotoran akan jadi menebal saat di kulit. Jika kita tidak rajin mandi maka kotoran akan semakin menebal dan bahkan bahayanya jika terlalu lama maka akan sulit keluar dari kulit.

2. Menimbulkan bau tak sedap

Tidak mandi sama artinya dengan membiarkan kuman-kuman menempel di kulit kita. Kuman yang menempel di rambut-rambut kecil yang terdapat pada kulit dalam waktu yang lama akan menimbulkan bau yang sangat tidak enak. Bagi Anda yang banyak memiliki bulu rambut di kulit maka sebaiknya lebih rajin untuk mandi.

3. Menyebabkan penyakit kulit

Sudah pasti bahwa tidak menjaga kebersihan akan membuat bakteri atau kuman semakin berkembang. Jika kita biarkan bakteri menempel di kulit kita maka akan membuat kulit kita beresiko terkena penyakit. Apalagi jika kulit kita terus mengeluarkan keringat namun tidak segera mandi yang membuat kulit kita jadi lembab, dan itu justru membuat bakteri mudah berkembang. Penyakit kulit yang akan ditimbulkan diantaranya seperti panu, kadas, kurap.

4. Menurunkan daya tahan tubuh

Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa suhu tubuh yang panas akan membunuh sel-sel darah putih. Aktivitas yang kita lakukan seharian akan membuat suhu tubuh meningkat dan dengan mandi akan mampu menurunkan suhu tubuh kita menjadi lebih dingin. Penelitian lain mendukung bahwa dengan mandi mampu meningkatkan sel darah putih. Kita tahu sel darah putih sangat berperan penting dalam menjaga immune tubuh. Oleh karena itu, jika kita tidak mandi sama saja dengan membiarkan sel-sel darah putih kita terbunuh.

5. Merusak penampilan

Ini adalah efek kongkrit jika kita tidak mandi. Semua orang tentu akan mampu melihat penampilan kita jika belum mandi. Kita akan terlihat kusam, berantakan, bahkan berminyak. Penampilan tersebut akan menurunkan citra Anda di mata orang lain apalagi lawan jenis. Mudah untuk mengidentifikasi apakah orang tersebut sudah mandi atau belum. So, jangan bosan untuk mandi karena itu baik untuk menjaga citra Anda.

6. Resiko stress

Stress di akibatkan karena otot-otot kita menegang dan pikiran kita merasa tidak nyaman. Biasanya terjadi ketika kita kelelahan untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk secara bertubu-tubi. Mandi adalah cara untuk membuat otot-otot kita menjadi lebih rileks dan pikiran kita akan jadi lebih tenang. Mandi yang sehat akan membuat pikiran kita terasa nyaman dan fresh. Lalu bagaimana jika tidak mandi? Maka tentunya membuat pikiran kita akan terus tertekan setelah lelah bekerja seharian. Oleh sebab itu, setelah bekerja jangan lupa untuk mandi, karena itu baik untuk menghindarkan Anda dari rasa stress.

8. Merasa gelisah saat beraktivtas

Saat tidak mandi akan membuat tubuh terasa cepat panas dan terasa gerah. Kondisi tubuh yang panas berdampak pada pikiran kita juga ikut panas. Kita tidak bisa mengambil keputusan dengan tenang. Studi riset mengatakan bahwa suhu panas akan membuat otak terasa panas dan sulit berpikiran jernih. Ini akan berdampak buruk ketika beraktivitas, Anda akan merasa gelisah dan sulit memutuskan sesuatu dengan kepala jernih. Apalagi pekerjaan Anda sangat tinggi jabatannya dan membutuhkan sikap penyelesaian masalah yang tepat. Jika tidak mandi akan merusak produktifitas kerja Anda.

9. Malas melakukan sesuatu

Tidak mandi seharian akan membuat tubuh merasa lemas dan malas untuk beraktivitas. Yang ingin dilakukan hanya tidur saja. Biasanya ini terjadi di waktu-waktu liburan. Kita jadi malas mandi saat liburan. Padahal perilaku tersebut akan berdampak pada aktivitas Anda lainnya yang menuntut Anda untuk menjadi lebih giat. Oleh karena itu, mari bangun pribadi yang giat dengan rajin mandi minimal 2 kali sehari.

Tips Mandi Yang Sehat

Mandi yang sehat minimal 2 kali sehari di pagi hari dan di sore hari, usahakan tidak mandi malam hari lewat jam 8 malam. Bahaya mandi malam hari dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan merupakan gaya hidup tidak sehat yang wajib kita hindari.

Mandi yang sehat juga wajib menggunakan sabun untuk membersihkan anggota tubuh dan shampo untuk kesehatan rambut. Membersihkan tubuh dari segudang debu dan kotoran saat mandi sangat penting untuk menghindari kita dari bahaya penyakit paling mematikan di dunia seperti kanker.

You may also like