Bolehkah Mandi Setelah Olahraga Malam? Atau Justru Berbahaya?

568

Berolahraga memang pada umumnya dilakukan pagi atau sore hari, namun beberapa orang dengan jadwal padat berkemungkinan melakukannya di malam hari. Tentu saja setelah olahraga malam pun, kita perlu membersihkan diri terlebih dulu sebelum akhirnya bisa beranjak tidur nyenyak. Hanya saja, bolehkah mandi setelah olahraga malam?

Boleh dan aman tidak sih mandi sehabis olahraga malam?

Mulai dari olahraga ringan seperti jogging, bersepeda hingga main sepak bola atau futsal di malam hari dianggap sebagai kegiatan fisik yang menyenangkan bagi mereka yang mempunyak jadwal kegiatan padat dari pagi hingga sore. Beberapa orang selepas kerja tetap berpikir memerlukan aktivitas fisik yang sesuai, tapi masalahnya setelah olahraga tentu perlu mandi bukan?

Supaya tubuh jauh lebih segar dan keringat berlebihan dapat hilang, mandi adalah cara membersihkan diri yang pasti dilakukan. Mandi di malam hari setelah olahraga sah-sah saja, sebab makin tak baik kalau Anda tidur dengan tubuh penuh keringat yang membuat fisik jadi tak nyaman yang akhirnya bisa membuat susah tidur.

Hal terpenting untuk diperhatikan di sini adalah bahwa Anda tak melakukan olahraga di waktu tengah malam dan berada di tempat terbuka yang memungkinkan adanya paparan angin malam dan embun dingin. Ketika Anda dalam kondisi kedinginan setelah olahraga dan bahkan menggigil, justru inilah kondisi yang tak memperbolehkan Anda mandi.

Ketika Anda mengalami kedinginan dan menggigil karena berolahraga di tempat terbuka dan terkena paparan angin sekaligus embun, beristirahatlah dulu. Tunggu keringat kering atau hilang (ini adalah waktu untuk membiarkan pori-pori kulit yang terbuka untuk menutup kembali), barulah Anda bisa membersihkan diri.

Tips Aktivitas Sesudah Olahraga Malam

Beberapa orang dengan kebiasaan melakukan aktivitas olahraga di malam hari perlu tahu, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan setelah berolahraga supaya tidak sakit dan bahkan bisa terhindar dari insomnia. Berikut ini adalah beberapa tips yang kiranya bisa membantu Anda agar tetap bisa menikmati olahraga di malam hari dan menjaga tubuh tetap bugar.

  • Pendinginan 10 menit – Melakukan pendinginan sekitar 10 menit adalah salah satu cara yang ampuh dalam membuat otot-otot tubuh mengendur. Bila sebelum olahraga ada pemanasan, setelah olahraga pun Anda perlu melakukan pendinginan di mana gerakannya pun bisa dipilih yang paling sederhana sambil membantu agar detak jantung normal lagi.
  • Mandi air dingin – Mandilah ketika keringat sudah kering pada tubuh (aktivitas pendinginan akan membantu proses pengeringan keringat ini). Mandi menggunakan air dingin bertujuan sebagai penstabil suhu tubuh yang tadinya meningkat karena olahraga. Ketika suhu tubuh bisa kembali stabil, maka Anda akan terhindar dari gangguan tidur jenis apapun.
  • Tidak minum es – Hindarilah mengonsumsi minuman dingin setelah olahraga malam. Hal ini mampu menyebabkan penurunan daya tahan tubuh sekaligus berefek pada pembuluh darah yang menyempit. Ketika efek-efek tersebut terjadi, maka Anda bisa jadi mudah terkena flu dan batuk.
  • Memakai minyak esensial – Jenis minyak esensial yang umumnya dipilih untuk bisa membantu membuat tubuh rileks adalah aroma lavender. Menghirupnya saat sudah akan tidur dapat menjadi cara menghilangkan stres pikiran yang ampuh.
  • Meditasi – Setelah berolahraga dan sudah membersihkan diri, waktunya untuk istirahat. Untuk mendukung tidur malam Anda, bermeditasilah barang beberapa menit. Cara ini adalah langkah efektif dalam menurunkan kadar kortisol sehingga tubuh bisa jadi lebih rileks dan akhirnya tidur nyenyak.

Jadi, bolehkah mandi setelah olahraga malam? Tentu saja Anda perlu membersihkan diri setelah berolahraga supaya bisa tidur malam dengan nyaman. Hanya saja, tunggu barang 10-15 menit sebelum mandi dan biarkan keringat mengering dulu supaya tak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Pastikan juga bahwa jam olahraga malam Anda tak terlalu dekat dengan jam tidur.