11 Cara Menghilangkan Bisul di Paha Secara Alami

Penampilan anda menjadi terganggu karena adanya bisul di paha? Hmmm, ini memang sangat menjengkelkan sih karena selain membuat penampilan terganggu juga dapat membuat tubuh menjadi sakit. Seperti yang dirasakan oleh banyak orang bahwa satu bisul bisa membuat seluruh tubuh ikut merasakan sakitnya. Sebelumnya mungkin anda perlu mengetahui apa itu bisul. Bisul adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi pada bagian permukaan kulit. Infeksi ini kemudian membuat kulit menjadi terasa gatal dan juga muncul benjolan yang berwarna kemerah-merahan bahkan pada kasus bisul yang sudah parah maka bisa menyebabkan rasa panas, gatal tak tertahankan dan juga rasa nyeri yang cukup parah.

Para penderita bisul ini kerap kali tidak kuat untuk tidak menggaruknya karena rasa gatal yang sangat luar biasa. Namun proses penggarukan bisul ini justru akan membuat bisul menjadi parah dari sebelumnya dan mengakibatkan adanya peradangan. Penggarukan ini pada akhirnya juga bisa membuat bekas yang akan sulit dihilangkan nantinya.

Macam-macam Bisul

Terdapat macam-macam bisul yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Acne kista, merupakan bisul yang terjadi pada permukaan kulit karena adanya minyak berlebih. Ini biasanya ditemukan di bagian kulit wajah terutama yang wajah berminyak dengan produksi minyak wajah yang berlebihan. Penyebab utama bisul jenis ini adalah adanya bakteri pada kelenjar minyak dimana bakteri tersebut akan tumbuh subur di dalam minyak.
  • Kista pilonidal, merupakan bisul yang biasanya terjadi pada daerah pantat atau bokong. Bisul ini biasanya mengeluarkan nanah dan bisa berdarah bila sudah pecah. Penyebab umum dari jenis bisul ini adalah adanya infeksi pada folikel rambut dimana jika bisul terkena tekanan dan gesekan maka bisa membesar dan semakin parah sehingga membuat bisul menjadi lebih parah dan akan terasa sakit luar biasa.
  • Hidradenitis Supprativa, adalah jenis bisul yang biasanya muncul di daerah lipatan seperti lipatan paha, lipatan ketiak dan selangkangan. Pada jenis bisul ini akan terasa sangat perih karena akan tergesek dengan kelenjar keringat dan para penderita akan merasakan gangguan nyeri dan pedih yang cukup parah.

Penyebab dan Gejala Bisul

Bisul dapat muncul dimana saja di tubuh bisa di kaki, tangan, wajah, kepala, pantat, leher, punggung dan area lainnya. hal ini disebabkan karena bakteri penyebab bisul dapat hidup di permukaan kulit mana saja. selain dikarenakan bakteri, bisul juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Adanya pola makan yang tidak sehat, terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak serta tidak higenis
  • Kurangnya kebersihan diri dan kebersihan lingkungan
  • Karena sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Makanan yang tidak terjaga kebersihannya

Bisul ini merupakan salah satu penyakit di kulit namun tidak sama dengan gatal-gatal biasanya yang hanya bertahan sementara. Berikut ini adalah beberapa gejala dari penyakit bisul yang perlu anda ketahui:

  • Munculnya benjolan merah yang cukup besar seperti jerawat pada permukaan kulit
  • Benjolan yang kemerahan yang menimbulkan rasa gatal dan panas
  • Adanya warna putih di tengah benjolan tersebut
  • Benjolan akan terasa sakit bila ditekan
  • Adanya nanah dimana jika keluar baunya tidak sedap
  • Para penderitanya juga biasanya akan merasakan demam pada saat bisulan

Jika anda mengalami gejala bisul di atas maka segera obati karena meskipun satu bisul dapat membuat seluruh tubuh juga ikut menjadi sakit dan hal ini akan sangat menganggu baik penampilan maupun kesehatan.

Cara Mengobati Bisul

Para penderita bisul biasanya tidak tahan untuk menggaruknya dan hal ini justru akan membuat bisul menjadi lebih parah dan menimbulkan bekas. Bekas bisul bahkan bisa tetap bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama terutama pada saat kondisi tertentu. Untuk menghindari resiko bisul menjadi lebih parah maka diperlukan pengobatan yang tepat supaya bisul tidak menjadi lebih parah lagi nantinya.


Sebaiknya anda mengetahui dan mengenali gejala bisul lebih awal sehingga pengobatan dapat dilakukan lebih cepat dan lebih optimal lagi. Ketika sudah tahu bahwa itu adalah bisul maka segera oleskan antibiotic yang biasanya ada dalam bentuk salep. Jika bisul sudah besar dan sudah matang maka boleh dikeluarkan nanahnya dengan menggunakan alat-alat yang steril atau bisa mengunjungi dokter jika anda merasa tidak yakin atau karena letak bisul yang cukup membahayakan misalnya saja di dekat mata atau daerah lainnya yang bisa membahayakan organ tubuh lainnya.

Meskipun menimbulkan rasa gatal yang tiada terkira sebaiknya anda tidak perlu memencet bisul atau menggaruknya karena bisa berbahaya bagi bisul itu sendiri nantinya bisa menjadi lebih parah lagi dibandingkan dengan sebelumnya. bila bisul tidak kunjung sembuh atau bisul menjadi berlipat ganda di daerah lainnya maka sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan diagnose yang tepat karena bisa jadi itu menjadi salah satu indikasi bahwa anda mengalami penyakit lainnya yang lebih serius.

Cara mengobati bisul ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan tindakan medis saja ya namun juga bisa dilakukan dengan menggunakan ramuan herbal yang sudah sangat terkenal keberadaannya untuk mengatasi bisul. Berikut ini adalah beberapa ramuan herbal yang bisa anda gunakan untuk mengobati bisul secara mudah, alami dan pastinya ampuh:

1. Lidah Buaya

Tanaman herbal pertama yang bisa digunakan untuk mengobati bisul adalah lidah buaya bahkan jika bisul sudah parah sekalipun. Cara menghilangkan bisul di paha ini sangatlah mudah yaitu hanya dengan mengoleskan getah atau gell lidah buaya pada bisul secara terus menerus. Jadi setelah gell lidah buaya kering dioleskan lagi supaya hasilnya lebih optimal. Saat mengoleskan lebih baik dengan gerakan yang halus dan pelan. Jika anda merasa tidak nyaman dengan bisul maka anda bisa mengoleskan gell lidah buaya kemudian menutup bisul dengan kain atau perban hingga mongering.

2. Daun Bayam Duri

Anda bisa juga menggunakan daun bayam duri sebagai obat bisul yang ampuh. Caranya anda hanya perlu menyiapkan beberapa helai daun bayam duri kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu taburkan garam dapur dan remas-remas daun bayam duri supaya sampai layu bersama dengan garam tersebut. Setelah sudah siap oleskan daun bayam duri tersebut ke area bisul namun usahakan untuk tidak menyentuh bagian mata bisul yang berwarna putih. Khasiat daun bayam duri ini adalah untuk mengurangi rasa panas dan gatal yang biasanya muncul dari bisul.

3. Mentimun dan Buah Pala

Mentimun dan buah pala bisa anda gunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati bisul. Kedua bahwan tersebut juga sangat mudah ditemukan jadi anda tidak perlu bingung jika harus mencarinya. Cara menggunakannya pun sangatlah mudah yaitu dengan memarut mentimun hingga lembut dan kemudian campurkan buah pala yang sudah halus pada mentimun tersebut. Setelah itu bungkus campuran tadi dengan menggunakan daun pisang dan rebus selama beberapa menit pada air yang sudah mendidih. Setelah angkat dan biarkan hingga menjadi hangat dan kemudian buka bungkusan serta oleskan ramuan tadi ke area bisul. Setelah itu tutup bisul dengan menggunakan kain atau perban supaya hasilnya lebih maksimal. jangan lupa untuk menggunakan resep ini dengan rutin dan teratur supaya hasilnya lebih optimal.

4. Bawang Putih

Tentunya anda pasti sudah tidak asing dengan bumbu dapur ini bukan? Untuk menemukannya sangatlah mudah karena hampir seluruh dapur rumah menyediakannya. Khasiat bawang putih ini bisa dijadikan sebagai antibiotic yang akan membasmi bakteri penyebab bisul. Untuk menggunakannya sangatlah mudah yaitu dengan menyiapkan beberapa siung bawang putih yang telah dikupas dan kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah selesai kemudian oleskan bawang putih tadi ke area bisul. Proses ini memang akan menimbulkan efek perih namun hal ini tidaklah mengapa karena sebagai salah satu proses penyembuhan bisul.

5. Daun Sirih

Daun sirih sangat banyak manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan manusia salah satunya adalah untuk mengobati bisul. Anda bisa menggunakannya dengan cara menumbuk beberapa daun sirih hingga halus kemudian oleskan tumbukan daun sirih tersebut pada aera bisul. Anda bisa menggunakan bantuan perban atau kain untuk membalutnya supaya tumbukan daun sirih dapat menempel dengan sempurna.

6. Daun Kamboja

Daun kamboja ini bisa digunakan sebagai obat bisul menggunakan beberapa cara. Pertama adalah dengan menggunakan getah dari daun kamboja dan mengoleskannya pada bisul. Kedua adalah dengan mengoleskan minyak kelapa panas pada daun kamboja dan kemudian digunakan untuk menutup bisul. Ketiga adalah dengan menumbuk daun kamboja dan beri minyak kelapa panas lalu kemudian oleskan ke bagian bisul. Caranya bisa anda pilih sesuai yang anda sukai. Jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin supaya hasilnya lebih optimal.

7. Daun Waru

Jika anda pernah melihat daun waru yang biasanya digunakan sebagai pembungkus nasi saat ada hajatan di desa maka daun waru ini ternyata juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati penyakit bisul. Caranya sangat mudah yaitu dengan melumatkan daun waru kemudian tempelkan ke area bisul atau dengan cara lain yaitu dengan mengasapkan daun waru pada api hingga menjadi layu dan kemudian tempelkan pada bagian bisul dan sekitarnya. Daun waru ini bisa mengurangi rasa gatal pada bisul.

8. Daun Iler

Daun iler atau daun miana yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias berwarna ungu ini juga bisa digunakan sebagai obat alami bisul. Cara menggunakannya hampir sama dengan daun waru yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa di daun iler kemudian dipanas-panaskan di atas api sampai layu dan pada saat sudah hangat langsung tempelkan ke area bisul dan sekitarnya.

9. Bawang Merah

Bukan hanya sebagai bumbu dapur saja ternyata bawang merah juga bisa digunakan untuk mengobati bisul yaitu dengan cara menumbuk bawang merah yang sudah dikupas hingga halus kemudian tumbukan bawang merah tersebut dioleskan pada bagian bisul. Lakukan ini hingga bisul menjadi mereda.

10. Sosor Bebek

Sosor bebek sudah sangat terkenal khasiat dan manfaatnya dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti sakit kepala, demam, vertigo, muntah darah, rematik, disentri, radang lambung, diare dan juga bisa mengobati bisul. Cara menghilangkan bisul di paha ini pun sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan tiga lembar daun sosor bebek dan kemudian tumbuk hingga halus dengan ditambah dengan garam. Setelah itu oleskan pada bagian bisul supaya hasilnya lebih maksimal lagi. Gunakan ini sebanyak dua kali sehari dan anda akan mendapatkan khasiatnya lebih optimal.

11. Daun Katuk

Mungkin anda hanya menggunakan daun katu sebagai sayuran saja namun ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan alami pengobatan bisul. Caranya hanya dengan melumatkan daun katu yang sudah ditambahkan garam dan kemudian oleskan di bagian bisul dan sekitarnya. Tunggulah hingga ramuan ini mongering

Demikian informasi mengenai penyakit bisul dan cara mengobatinya baik secara medis dan juga tradisional. Jika anda sedang menderita bisul saat ini maka tidak usah sungkan untuk menggunakan berbagai obat yang sudah disebutkan di atas.

artikel lainnya yang perlu anda baca:

, ,
Post Date: Monday 07th, March 2016 / 14:42 Oleh :
Kategori : Bisul