7 Cara Mencegah Bisul Tumbuh Datang Kembali

14395

Bisul atau yang dalam bahasa latinnya dikenal dengan nama abscessus adalah suatu kumpulan nanah yang terakumulasi dan mengumpul pada rongga-rongga jaringan, setelah mengalami infeksi terhadap sesuatu. Bisul sendiri bisa saja menjadi salah satu penyakit yang menular, terutama melalui kontak terhadap kulit. Hal ini dapat terjadi apabila bisul sudah menjadi besar dan kemudian pecah, maka bisul akan mengeluarkan nanah yang berisi bakteri, yang dapat menimbulkan bisul pada wilayah lain yang terkena.

Proses Terjadinya Bisul

Bisul sendiri sebelum benar-benar muncul pada bagian tubuh tertentu, akan mengalami beberapa macam proses terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa proses dari kemunculan bisul itu sendiri :

  • Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui jaringan kulit
  • Bakteri tersebut akan mengeluarkan racun yang dapat merusak serta membunuh sel-sel yang berada di dalam kulit
  • Ketika terjadi infeksi, maka secara alami, tubuh akan menambah jumlah sel darah putih untuk membunuh bakteri tersebut.
  • Setelah itu, sel kulit akan menutup racun tersebut agar tidak menyebar dengan cara melakukan pembentukan dinding.
  • Proses pembentukan dinding ini menjadi bisul, yang di dalamnya berisi racun dan berisi nanah

Penyebab Bisul Muncul

Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui appa saja hal yang dapat menyebabkan kemunculan bisul. Bisul sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Berikut ini adalah beberapa macam penyebab bisul pada tubuh dan juga bagian kulit anda :

  • Bakteri dan kuman
  • Faktor Kebersihan
  • Sering melakukan pencabutan bulu tubuh
  • Alergi
  • Makanan
  • Luka
  • Penyembuhan luka yang lambat

Untuk mencegah kemunculan bisul sendiri, ada beberapa cara yang bisa anad lakukan dengan mudah. Cara-cara ini dapat anda lakukan sendiri, tanpa perlu menggunakan bantuan obat-obatan dari dokter, ataupun penggunaan suplemen tertentu. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah munculnya bisul :

1. Selalu membudayakan pola hidup yang sehat dan juga bersih

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mencegah kemunculan bisul adalah dengan cara menerapkan pola hidup yang bersih dan juga sehat. Hal ini termasuk dengan cara selalu mandi dan juga membersihkan badan dengan menggunakan sabun, untuk memaksimalkan pembunuhan bakteri-bakteri yang kemungkinan bisa masuk ke dalam tubuh.

Gunakanlah jenis sabun yang memiliki kandungan anti bakteri dan selalu mandi dan bersihkan diri anda sesuai dengan ketentuan, seperti mandi 2 kali sehari, cuci dan basuh wajah anda setiap mandi, dan sebagainya. Dengan menerapkan pola hidup bersih, maka anda dapat terhindar dari bisul.

Kondisi diri yang bersih juga akan menghindari tubuh dari penyakit lain seperti :

2. Memaksimalkan perlindungan tubuh terhadap kuman dan debu

Salah satu penyebab utama dari kemunculan bisul adalah bakteri debu juga kuman, yang menyebabkan allergen di udara. Semua hal tersebut bisa saja menempel di dalam tubuh dan juga menginfeksi tubuh, sehingga menyebabkan munculnya bisul dan juga jerawat. Maka dari itu, untuk cara mencegah bisul maka dapat menggunakan proteksi yang maksimal terhadap tubuh anda, seperti menggunakan masker, pakaian yang tertutup, serta menggunakan perlindungan lainnya yang dapat mencegah menempelnya bakteri pada tubuh anda, sehingga menyebabkan bisul.

Perlindungan ini juga bisa membantu tubuh menghindari bahaya penyakit :

3. Konsumsi makanan sehat, agar menjadi anti bakteri

Cara mencegah bisul lainnya yang penting adalah dengan cara mengkonsumsi berbagai bahan makanan yang kaya akan vitamin-itamin serta mineral yang berperan penting sebagai anti bakteri, seperti makanan yang mengandung vitamin C, makanan yang mengandung vitamin A dan sebagainya. Vitamin tersebut bisa ditemukan pada buah dan sayur, yang dapat membantu mematikan serta mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh.

4. Kurangi makanan berprotein tinggi, jangan berlebihan mengkonsumsinya.

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kemunculan bisul adalah konsumsi protein yang berlebihan. Sumber makanan yang mengandung protein yang tinggi, seperti susu, daging merah, dan juga telur merupakan salah satu penyebab dari kemunculan bisul, karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Jadi, salah satu cara yang tepat adalah dengan mengurangi konsumsi protein, karena hal tersebut sangat meningkatkan resiko anda mengalami bisul pada tubuh anda.

Makanan berprotein ini juga dibunakan sebagai :

5. Hindari polutan dan allergen

Anda juga selain dapat memproteksi diri anda dari polutan danjuga allergen yang dapat menyebabkan kemunculan bisul, anda juga dapat menghindari polutan dan allergen penyebab bisul. Hal ini dapat dilakukan, misalnya dengan cara menghindari lokasi yang mengandung banyak debu, seperti lokasi proyek konstruksi, ataupun pabrik kimia, serta lokasi yang kotor.

Polutan ini juga banyak ditemukan pada :

6. Jangan pernah melakukan pencabutan terhadap bulu tubuh

Kebiasaan mencabuti bulu tubuh merupakan salah satu faktor lainnya yang dapat menyebabkan kemunculan bisul. Ya, kebiasaan ini akan membuat pori-pori tubuh menjadi membesar. Efek jangka panjangnya dari pori-pori tubuh yang membesar ini adalah bakteri dan juga kuman akan masuk dengan mudah ke dalam tubuh, sehingga akan meningkatkan potensi munculnya bisul. Karena itu, hentikanlah kebiasaan mencabuti bulu tubuh, agar dapat terhindar dari kemunculan bisul.

Kondisi ini bisa terjadi karena :

7. Hindari penggunaan handuk dan barang pribadi yang sering kontak dengan kulit tubuh secara bersamaan

Cara mencegah bisul lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari penggunaan barang pribadi, yang memiliki kontak langsung dengan tubuh, seperti handuk, sarung tangan, pakaian, secara bergantian tanpa dicuci terlebih dahulu. Kuman dan bakteri yang tertinggal pada barang-barang pribadi tersebut dapat menular dan menginfeksi tubuh, sehingga dapat menyebabkan kemunculan bisul pada tubuh.

Itulah cara penting yang dapat anda lakukan untuk mencegah bisul. Semoga degan adanya artikel ini, wawasan dan juga pengetahuan anda mengenai cara mencegah bisul dapat bertambah, dan juga semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.