12 Cara Menghilangkan Bisul dengan Bahan Alami   

7715

bisulApakah Anda pernah terkena bisul? Bisul adalah sebuah jerawat yang berukuran besar terkadang keras pada bagian ujung dan berisi darah atau nanah di dalamnya. Awal dari terbentuknya bisul adalah bagian kulit yang terasa tidak nyaman seperti nyeri atau panas. Kemudian bagian ini akan menjadi kemerahan, menonjol dan terlihat bengkak di sekitarnya. Awalnya bisul akan berwarna tidak terlalu merah kemudian berubah menjadi sangat merah dan bagian ujungnya terlihat seperti akan meletus. Jika dipecah maka bagian ini biasanya akan mengeluarkan nanah berwarna putih disertai dengan darah. Awal pembentukan bisul maka akan terasa sangat sakit dan tidak nyaman. Bisul bisa muncul di semua bagian tubuh seperti wajah, payudara, punggung, kepala, paha, ketiak, pantat dan pangkal paha.

Bisul memang menyebabkan tidak nyaman. Jika terkena bisul, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan bisul dibawah ini.

  1. Kompres dengan Air Hangat

Jika Anda memiliki bisul yang terasa sangat sakit dan bagian nanah yang akan pecah keluar, maka Anda bisa mencoba untuk mengompres dengan air hangat. Gunakan handuk atau kain yang lembut kemudian masukkan dalam baskom berisi air panas. Diamkan sebentar kemudian peras dan letakkan pada bagian bisul. Cara ini akan membantu bisul cepat sembuh karena nanah di dalamnya akan mudah keluar. Bahkan tanpa menariknya maka nanah akan pecah dan keluar sendiri.

  1. Kompres dengan Air Garam Hangat

Jika Anda memiliki bisul yang terasa sangat sakit namun belum ada tanda nanah akan keluar,maka Anda bisa menggunakan air garam yang hangat. Pertama masukkan handuk atau kain yang sangat lembut ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Kemudian diamkan sebentar lalu peras dan letakkan kain pada bagian bisul. Anda juga bisa menguap bagian bisul dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Cara ini akan meringankan rasa sakit dan membuat nanah cepat keluar. Untuk hasil yang lebih efektif maka lakukan cara menghilangkan bisul dengan bahan alami ini, selama empat hingga lima kali dalam sehari.

(Baca juga : bahaya mandi air hangat)

  1. Kompres dengan Larutan Minyak Pohon Teh

Jika Anda memiliki minyak pohon teh, maka bisa digunakan untuk menyembuhkan bisul. Pertama adalah masukkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam air mendidih. Kemudian masukkan handuk atau kain bersih dan rendam selama beberapa saat. Setelah itu angkat dan peras kain kemudian gunakan untuk mengompres. Jika Anda memiliki bisul yang lebih parah maka juga bisa menerapkan beberapa tetes minyak pohon teh ke bagian bisul. Minyak pohon teh akan menyembuhkan bisul karena mengandung minyak esensial yang bisa menjadi bahan antiseptik alami. Tapi ingat untuk tidak minum minyak pohon teh karena bisa menjadi racun dalam tubuh.

  1. Berikan Pasta Susu

Jika Anda memiliki bisul yang baru saja keluar dan sudah terasa bengkak di sekitarnya, maka Anda bisa menggunakan pasta susu. Langkah ini dilakukan dengan memanaskan beberapa sendok susu murni hingga sedikit mengental atau bagian lemaknya keluar. Kemudian ambil bagian susu yang sudah mengental dan masukkan dua atau tiga sendok garam epson. Setelah itu aduk hingga merata dan menjadi pasta. Oleskan pasta ini secara langsung ke bagian bisul dan ulangi selama beberapa kali. Cara ini bisa mencegah bisul agar tidak menjadi lebih parah.

  1. Berikan Krim Susu dan Bubuk Kunyit

Jika Anda memiliki krim susu yang kental dan bubuk kunyit, maka bahan ini juga bisa membantu menyembuhkan bisul. Caranya adalah dengan mencampur krim susu dan bubuk kunyit secara langsung ke dalam wadah.

Aduk perlahan hingga benar-benar merata dan menjadi kental. Tambahkan beberapa tetes cuka hingga campuran menjadi lebih kental. Setelah itu berikan secara langsung ke bagian bisul. Oleskan perlahan dan jangan menekan bisul. Jika dilakukan secara rutin maka bisul akan cepat sembuh dan kering.

  1. Oleskan Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu yang mengandung sulforaphane. Bahan ini bisa melawan bakteri atau jamur yang menyebabkan infeksi pada luka. Selain itu kandungan sulfur sangat penting untuk membersihkan bagian bisul. Karena itulah bawang putih sangat baik untuk membantu menyembuhkan bisul. Caranya adalah dengan menumbuk bawang putih hingga halus kemudian bungkus dengan kapas. Setelah itu terapkan pada bagian bisul secara langsung. Anda juga bisa mengoleskan bawang putih yang sudah halus ke bagian luka. Cara ini bisa dilakukan selama tiga kali dalam sehari.

(Baca juga : efek samping bawang putihbahaya bawang putih mentah)

  1. Berikan Pasta Jahe dan Kunyit

Untuk bisul yang sudah lama dan tidak kunjung memecah, maka Anda bisa menggunakan pasta jahe dan kunyit. Kunyit memiliki sifat untuk membersihkan darah secara alami dan membantu mengurangi peradangan pada bisul. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok kunyit bubuk, satu sendok jahe bubuk dan beberapa tetes susu murni. Kemudian campur semua bahan hingga menjadi pasta yang sangat lembut. Setelah itu terapkan secara langsung ke bagian bisul dan tunggu hingga kering. Jika sudah mengering maka ulangi lagi langkah ini dari awal. Cara ini akan membantu membersihkan bisul dan nanah.

  1. Pasta Tepung Jagung

Tepung jagung juga bisa membantu menyembuhkan bisul dengan lebih cepat. Cara ini bahkan sudah digunakan sejak jaman dahulu. Sekarang Anda bisa menggunakan jenis tepung jagung yang sudah jadi dalam kemasan. Caranya adalah dengan merebus tepung jagung dengan sedikit air. Kemudian masak hingga menjadi bubur atau pasta yang kental. Setelah itu tunggu hingga dingin dan terapkan secara langsung ke bagian bisul. Tutup bagian bisul dengan kapas atau kain yang bersih sehingga nanah bisa melekat dan keluar. Cara ini bisa dilakukan selama beberapa kali dalam sehari.

  1. Rebusan Daun Peterseli

Apakah Anda memiliki daun peterseli yang segar? Daun peterseli juga bisa menyembuhkan bisul karena mengandung minyak esensial. Minyak ini yang akan membantu mengeluarkan nanah dan kotoran dari bisul secara alami. Pertama adalah ambil beberapa daun peterseli yang masih segar. Kemudian rebus hingga mendidih. Ambil beberapa lembar daun peterseli dan terapkan secara langsung ke bagian bisul. Rekatkan dengan kain yang lembut sehingga daun peterseli tetap bertahan di atas bisul. Cara ini akan membantu nanah cepat keluar sehingga bisul sembuh dan kering.

  1. Gunakan Biji Jintan Hitam

Biji jintan hitam atau habbatussauda adalah salah satu bahan terbaik untuk menyembuhkan bisul. Anda bisa menggunakan biji jintan hitam yang sudah digiling menjadi bubuk. Cara untuk merawat bisul dengan biji jintan hitam adalah menerapkan bubuk biji jintan hitam secara langsung ke bagian bisul. Kemudian tunggu hingga beberapa lama. Lakukan selama beberapa kali dan tunggu hingga bisul pecah dan mengeluarkan nanah. Untuk menyembuhkan dari dalam maka Anda bisa mencoba untuk minum rebusan biji jintan hitam selama dua kali sehari.

  1. Minum Pala dan Susu

Bisul juga bisa disembuhkan dari dalam tubuh dengan minuman susu dan pala. Pala bisa membantu mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh dan mengeluarkan semua racun. Sedangkan susu akan membantu menjaga keseimbangan sirkulasi darah dalam tubuh. Cara menghilangkan bisul ini sangat mudah yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh pala bubuk ke dalam segelas susu hangat yang murni. Kemudian aduk hingga tercampur rata dan minum selama beberapa kali. Minuman ini akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh termasuk darah kotor seperti bisul.

  1. Kompres dengan Air dan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih mengandung bahan alami yang bisa menyembuhkan peradangan pada bisul. Cara ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu memasukkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air mendidih. Setelah itu masukkan handuk atau kain yang bersih ke dalam air panas. Angkat handuk dan peras kemudian terapkan secara langsung ke bagian bisul. Lakukan cara ini selama beberapa kali hingga bisul bisa mengeluarkan nanah dan bengkak hilang. Ini cara alami yang sangat aman, tapi perhatikan untuk tidak minum minyak kayu putih secara langsung.

Gejala Bisul

  1. Terlihat bintik merah kecil dibagian bisul.
  2. Semakin bertambah hari maka bisul berubah menjadi ukuran yang lebih besar.
  3. Jika sudah mendekati masa matang maka akan berisi nanah dan ditunjukkan dengan ujung kecil berwarna keputihan.
  4. Ketika akan pecah maka bagian sekitar bisul berubah menjadi merah, besar dan terlihat bengkak.
  5. Beberapa jenis bisul disertai dengan rasa panas, nyeri dan sangat gatal.
  6. Bisul bisa muncul sendiri dan bisa juga berkelompok.
  7. Ketika bisul membengkak maka sering disertai dengan demam dan tidak nyaman.

Apa Penyebab Bisul?

  1. Tidak menjaga kebersihan kulit dengan baik sehingga mudah terkena bakteri atau kuman yang menyebabkan bisul.
  2. Tubuh kekurangan nutrisi atau gizi yang menyebabkan bisul mudah terbentuk.
  3. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol berlebihan.
  4. Terlalu sering menggunakan pakaian ketat.
  5. Menderita penyakit diabetes.
  6. Bagian kulit yang lebih sering terkena paparan bahan kimia dan menyebabkan alergi untuk kulit.

Cara Mencegah Bisul

  1. Biasakan untuk selalu rajin mencuci tangan baik setelah dari fasilitas umum atau tidak.
  2. Selalu menggunaka handuk yang bersih setelah mandi dan cuci handuk selama dua kali sehari atau sering berganti handuk.
  3. Selalu berusaha untuk berganti pakaian sesering mungkin atau setelah mandi untuk mengurangi kontaminasi kotoran dengan kulit dari baju.
  4. Gunakan jenis sabun antiseptik atau antibakteri untuk mandi agar kulit terlindung dari kuman dan bakteri.
  5. Jangan sesekali menekan atau memaksa nanah keluar dari bisul saat belum matang untuk menghindari infeksi.
  6. Makan sayuran dan buah yang mengandung vitamin C dan makanan yang mengandung vitamin E yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.
  7. Hindari berbagi pakaian dan handuk dengan orang lain karena bisa meningkatkan resiko penyakit kulit menular termasuk bisul.
  8. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan minyak.
  9. Hindari mengkonsumsi kafein saat terkena bisul karena bisa membuat peradangan menjadi lebih parah.

Bisul memang tidak hanya sakit tapi juga sangat tidak nyaman. Terlebih jika bisul terjadi pada bagian yang mudah terlihat sehingga bisa menurunkan rasa percaya diri. Untuk itu daripada mengobati bisul maka lebih baik untuk mencegah agar tidak terkena bisul.

Baca juga mengenai :