5 Ciri Ciri Kurap pada Kulit

Kurap merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur. Jamur ini bisa bersarang di tubuh manusia seperti di kulit, rambut dan juga kuku. Dalam istilah medis kurap disebut sebagai tinea atau infeksi dari jamur dermatofit. Penamaan penyakit kurap atau tinea ini kemudian akan disesuaikan pada letak jamur itu sendiri seperti kurap pada badan disebut sebagai tinea corporis, kurap pada kulit kepala disebut sebagai tinea kapitis, untuk kurap yang berada di wajah dinamakan sebagai tinea facei, sedangkan kurap untuk bagian paha dan kaki disebut sebagai tinea cruris.

Penyebab kurap seperti yang telah disinggung sebelumnya adalah karena adanya jamur yang menempel pada kulit, rambut dan juga kuku. Jamur dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik di lingkungan yang hangat dan lembab misalnya saja di dalam kolam renang, kamar mandi, dan di daerah lipatan kulit. Oleh karena itu kamar mandi umum merupakan salah satu tempat yang paling sering menularkan penyakit kurap ini. penyakit kurap ini sangat mudah ditularkan oleh manusia namun juga bisa ditularkan melalui hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. (baca juga: efek bahaya bulu anjing)

Penularan ini bisa melalui kontak fisik dengan para penderita kurap secara langsung karena spora jamur sangat mudah berpindah tempat dari tempat satu ke tempat lainnya. benda yang sudah terkena jamur tersebut juga sangat mudah menular misalnya saja handuk, pakaian, kursi dan lainnya. oleh karena itu sangat dianjurkan untuk para penderita kurap supaya tidak berbagi benda pribadi karena sangat rawan terjadi penularan jamur kurap. Kelompok usia yang sangat rawan terkena kurap adalah anak-anak yang biasanya mendapatkan jamur kurap dari tanah karena anak-anak sangat sering bermain di tanah.

Gejala dan Ciri ciri Kurap

Gejala utama dan yang paling umum dialami oleh para penderita kurap adalah munculnya ruam merah yang memiliki bentuk cincin dengan garis yang tidak beraturan di pinggirannya. Ruam ini bisa muncul dimana saja dan dapat melebar kemana saja. ruam ini biasanya juga akan terasa bersisik dan juga akan terasa gatal yang sangat luar biasa. Jika kurap sudah parah maka bisa mengembang dan juga membentuk sebuah benjolan yang berair sehingga seringkali melepuh. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri kurap :

1. Jamur Pada Tubuh Bagian Atas

Pada kurap yang terjadi pada tubuh bagian atas biasanya ditandai dengan munculnya ruam merah dengan bentuknya lingkaran pada kulit. Ruam yang nampak merah ini biasanya terjadi karena kulit mengalami iritasi namun pada kulit bagian dalam akan nampak biasa saja. jika kurap ini sudah semakin parah maka akan menjadi melebar dan melepuh dengan rasa gatal yang sangat luar biasa serta munculnya nanah pada garis pinggirannya.


2. Jamur Pada Kulit Kepala

Kurap juga kerap kali muncul di kepala yang ditandai dengan munculnya area kecil yang berssik dan juga kulit akan terasa perih bahkan bisa menyebabkan kebotakan atau pitak pada tempat tersebut karena rambut akan rontok dan mengakibatkan kulit kepala menjadi sangat gatal. Jika sudah bertambah parah, kurap ini bisa menjadi nanah dan akan menjadi luka yang mengering. Terkadang juga akan muncul luka besar yang membengkak dan luka ini bisa mengeluarkan nanah yang akan membuat penderitanya mengalami demam dan juga pembengkakan pada kelenjar getah bening.

3. Jamur Pada Bagian Kaki

Selain tubuh bagian atas dan kepala juga bisa muncul di kaki, selangkangan dan kuku. Pada anak remaja terutama anak laki-laki biasanya akan muncul kurap di bagian selangkangan dengan gejala kurap pada umumnya. Kurap ini juga bisa menyebar ke bagian paha dalam dan juga area bokong.

4. Jamur pada Bagian Sela Kaki

Selain itu ada juga kurap yang muncul pada bagian kaki yang tepatnya berada di sela-sela jari yang menyebabkan rasa gatal, kering dan juga membuat kulit menjadi terkelupas. Pada kasus kurap yang cukup parah akan membuat kaki berasa menjadi bersisik pada tumit dan juga sisi kaki. Selain itu kurap pada kaki ini juga biasanya menyebabkan luka melepuh, sensasi terbakar dan juga perih pada kulit.

5. Jamur pada Kuku

Kurap pada bagian selangkangan dan kaki ini kerap kali terjadi secara bersamaan karena penderita biasanya secara tidak sengaja memindahkan spora jamur pada selakangan ke kaki atau sebaliknya pada saat menggunakan celana atau saat mencopotnya. Selanjutnya jika kurap ini terjadi pada bagian kuku maka kuku akan menjadi tebal dan berubah warna, menjadi rapuh dan mudah copot. Pada bagian tepi kuku kaki juga biasanya akan menjadi perih karena iritasi pada kulit kaki tersebut.

Terkadang gejala penyakit kurap ini hampir sama dengan jenis penyakit kulit lainnya seperti eksim dan kudis. Jika anda mengalami gejala yang sudah disebutkan di atas maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat dari dokter.


Pengobatan Kurap

Penyakit kurap merupakan salah satu jenis penyakit ringan yang tidak berbahaya namun sangat menganggu. Oleh karena itu harus segera di obati dan anda juga bisa mengobatinya dari rumah saja. pengobatan kurap bisa dilakukan dengan menggunakan obat anti kurap dalam bentuk salep atau krim anti jamur yang bisa anda beli sendiri di toko obat atau apotek tanpa harus menggunakan resep dari dokter. (baca juga: cara mencegah kurap)

Anda juga bisa menggunakan kombinasi dari obat krim anti jamur dan krim steroid karena kombinasi ini mampu bisa menghilangkan jamur lebih cepat kurang dari tujuh hari saja. obat steroid ini mampu menghilangkan rasa gatal dan infeksi yang ada di dalam kurap namun penggunaan obat steroid ini dalam bentuk yang masih murni tidak boleh digunakan untuk menghilangkan jamur di dalam kulit karena sangat berbahaya efek sampingnya.

Lebih lanjut anda juga bisa menggunakan berbagai jenis obat yang tersedia di pasaran saat ini sebagai obat kurap namun bagi anda yang memiliki kondisi tertentu seperti sedang hamil, anak-anak, manula dan para penderita diabetes sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai penggunaan obat tersebut supaya tidak membahayakan kesehatan anda sendiri. (baca juga: cara menghilangkan kurap)

Demikian informasi mengenai ciri-ciri penyakit kurap yang perlu anda ketahui supaya anda bisa lebih cermat dan bijak jika mengalami penyakit kurap. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

artikel lainnya yang berkaitan:

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kulit dan Kelamin