Kutil – Kelamin dan Kulit : Penyebab, Jenis, Cara Mencegah dan Mengobati

Penyebab kutil khususnya kutil kelamin sering tidak disadari oleh wanita maupun pria. Mereka sering tidak menyadari jika di dalam dirinya timbul penyakit yang berbahaya dan menular. Memang untuk tahap pertama kali, kutil hanya tumbuh satu buah saja dan kutil kelamin tersebut bisa menghilang sendiri tanpa pengobatan. Hal tersebutlah yang membuat kutil kelamin sering disepelekan. Untuk kutil kulit bisa muncul di tangan, jari tangan dan masih banyak lagi lainnya. Menyembuhkan kutil kulit dan kutil kelamin akan sama tergantung dengan tingkat keparahan kutil tersebut. Kutil adalah jenis penyakit kulit yang cukup berbahaya jika di biarkan terlalu larut.

Penyebab Kutil Kelamin

Dengan mengetahui penyebab kutil diharapkan anda bisa menghindarinya untuk pencegahan. Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa mencegah itu lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Semua hal yang berkitan dengan penyakit kelamin ada baiknya dicegah atau dihindari, alasannya adalah semua penyakit kelamin penyembuhannya dan pengobatannya membutuhkan waktu yang lama. Penyakit kelamin meskipun sudah disembuhkan bisa muncul kembali meski memiliki rentang waktu yang berbeda antara orang satu dengan orang yang lainnya. Penyebab kutil kelamin yang harus di waspadai adalah sebagai berikut ini :

  1. Tidak Menjaga Kebersihan Organ Intim

Baik pria maupun wanita banyak yang memperhatikan penampilan luarnya dibandingkan dengan organ intimnya. Alasannya sangat simpel sekali, semua orang lebih suka memperhatikan penampilan luar karena penampilan luar lebih terlihat daripada organ dalam. Sehingga mereka berlomba-lomba menjaga penampilan luarnya agar terlihat menarik. Banyak wanita maupun pria yang mengabaikan kebersihan organ intimnya. Mereka membiarkan organ intimnya lembab, gatal dan bau. Hal tersebutlah yang menyebabkan seseorang terkena penyakit kelamin.

  1. Virus

Semua penyakit kelamin disebabkan oleh virus HPV. Namun tidak semua virus HPV menjadi penyebab munculnya kutil di kelamin. Virus HPV dengan tipe 6 dan juga tipe 11 lah yang merupakan pemciu timbulnya penyakit kutil di kelamin (baca : bahaya ciuman bibir).

  1. Free Sex

Mengapa di Indonesia dilarang adanya free sex?, tentu hal tersebut memiliki faktor alasan yang kuat dan bukan tanpa sebab. Jika kita cermati, free sex memiliki dampak buruk bagi kesehatan dan juga organ vital baik pria maupun wanita. Free sex juga memicu tumbuhnya penyakit kelamin seperti kutil. Yang lebih parah lagi free sex yang tidak terkontrol bisa menyebabkan seseorang terkena HIV atau AIDS (Baca : Cara mengobati hiv adis & Penyebab Aids). Di Indonesia sendiri angka penderita HIV AIDS dari tahun ke tahun semakin meningkat. Mengapa orang yang suka free sex lebih rentan untuk terkena penyakit kelamin?, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah karena orang yang suka bergonta ganti pasangan ketika melakukan free sex tidak akan mengetahui gaya hidup pasangan barunya. Dia juga tidak bisa mengetahui hygiene pasangan yang baru dikenalnya itu seperti apa. Berbeda dengan orang yang setia dengan satu orang saja. Dia akan paham betul dengan hygiene pasangannya tersebut. Bergonta-ganti pasangan bisa memudahkan seseorang terkena penyakit kelamin karena penyakit ini bisa menular lewat sentuhan kulit dengan kulit.

  1. Berhubungan Sex Waktu Muda

Sex terlalu dini memiliki dampak buruk bagi kesehatan si pelaku sex tersebut. Aktif melakukan hubungan seksual di saat usianya kurang dari 20 tahun bisa menyebabkan resiko terkena penyakit kelamin bahkan bisa terkena kanker serviks. Hal itu dikarenakan sat usia tersebut organ reproduksi belum matang dan rentan untuk terkena infeksi serta penyakit kelamin lainnya.

  1. Tanpa Pelindung

Orang yang suka melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan ada baiknya dia menggunakan pelindung agar meminimalsiir terjadinya sentuhan kulit dengan kulit. Selain itu pelindung berguna untuk memnimalisir terkena cairan seksual dari kedua belah pihak. Sentuhan kulit dengan kulit ditambah tercampurnya cairan antara laki-laki dan perempuan bisa menyebabkan orang tersebut terkena penyakit kelamin. Salah satu cara untuk menghindari penyakit kelamin adalah menggunakan pelindung berupa kondom pria maupun kondom untuk wanita.

  1. Berbagi Barang Pribadi

Orang yang suka berbagi barang pribadi akan mudah terkena penyakit kelamin. Jangan sampai anda meminjamkan barang pribadi anda terutama celana dalam kepada orang yang belum anda kenal atau orang lain meskipun anda mengenalnya. Hal tersebut bisa memunculkan resiko bagi anda untuk terkena penyakit kelamin.

  1. Pernah Terkena Penyakit Kelamin

Orang yang memiliki riwayat penyakit kelamin seperti gonoroe, clamidia dan masih banyak lagi lainnya beresiko untuk terkena penyakit kutil kelamin. Begitupula dengan orang yang pernah terkena kutil kelamin. Resiko untuk terkena penyakit kutil kelamin seperti clamidia, gonoroe pun akan semakin besar. Oleh sebab itu pencegahan terhadap penyakit kelamin dibutuhkan agar tidak terkena penyakit kelamin tersebut.

  1. Sex Oral

Jangan menganggap penularan kutil kelamin bisa terjadi hanya lewat kulit kelamin bersentuhan dengan kulit kelamin saja. Kutil bisa terjadi jika ada pasangan yang hobi melakukan oral sex atau sex lewat mulut. Hal tersebut bisa memicu timbulnya kutil dikarenakan kulit bibir akan bertemu dengan kulit kelamin. Jika kulit kelamin tersebut telah terinfeksi dengan virus HPV tipe 6 dan juga 11, resiko untuk terkena penyakit kutil semakin tinggi. Selain bisa menyebabkan penyakit kutil, sex oral bisa menyebakan seseorang terkena herpes.

  1. Hand Job

Mengapa hand job bisa menyebabkan pelakunya bisa terkena kutil kelamin?, hal itu dikarenakan saat hand job kulit tangan akan bersentuhan dengan kulit kelamin yang telah terinfeksi. Yang lebih parah lagi jika tangan pelaku terkena cairan sperma penderita penyakit kelamin. Kuman dan virus tersebut akan menempel di tangan si pelaku. Jika pelaku tidak mencuci tangan atau cuci tangan tetapi tidak bersih bisa menyebabkan dirinya bisa tertular penyakit kelamin salah satunya adalah kutil.

  1. Sex Toys Tidak Steril

Orang yang suka menggunakan sex toys ada baiknya memperhatikan dengan benar kebersihan dan keamanan sex toys tersebut. Jangan sampai sex toys yang dimiliki justru menimbulkan penyakit dan malapetaka bagi si pemakainya. Saat ini banyak sekali sex toys yang ada di pasaran, sex toys tersebut kebanyakan akan melibatkan kulit organ genital. Jika sex toys tidak steril dan menyentuh organ genital akibatnya adalah kuman dan virus pada sex toys tersebut bisa masuk ke dalam organ genital dan menimbulkan penyakit kelamin.

Penyebab Kutil Kulit

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena kutil kulit. Kutil kulit berupa tumor jinak yang muncul di permukaan kulit tubuh. Meski tumor jinak, kutil kulit tersebut bisa memicu potensi kanker jika memiliki sifat karsinogenik. Berikut ini adalah penyebab kutil kulit yang harus diwaspadai :

  1. HPV

Kutil atau veruka disebabkan oleh virus. Virus itu bisa menyebabkan kutil pada kulit tangan, jari tangan, lengan dan bagian tubuh lainnya disebabkan oleh virus HPV.

  1. Sistem Imun Rendah

Virus HPV akan mudah sekali masuk ke dalam tubuh orang yang sistem imunnya rendah. Badan yang sehat atau fit bisa menangkal penyakit kutil tersebut.

  1. Darah Kutil

Sama halnya dengan jerawat, darah yang keluar dari kutil tersebut bisa menular ke bagian tubuh lainnya. Misalnya saja kutil di jari tangan digaruk, kemudian berdarah. Darah yang keluar dari kutil tersebut membawa virus dan virus itu bisa menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Jerawat yang di pencet dan keluar nanah bisa mudah menular ke bagian tubuh yang lainnya karena nanah tersebut berisi kuman yang mudah menular begitupun dengan kutil.

  1. Media Penularan Kutil

Kutil juga bisa menular melalui media penularan. Hal itu dikarenakan penularan kutil bisa kontak langsung antara kulit dengan kulit. Tidak hanya itu saja virus HPV tersebut suka dengan tempat yang lembab dan memiliki suhu hangat. Hati-hati dengan barang di bawah ini, sebab barang di bawah ini merupakan media penularan kutil kulit :

  • Sepatu dan kaos kaki.
  • Gunting kuku.
  • Handuk.
  • Pakaian.
  • Pakaian dalam.
  • Kolam renang.
  • Air kamar mandi dan lantai kamar mandi.

Ciri Kutil Yang Harus Diketahui

Kutil memiliki tempat pertumbuhannya sendiri-sendiri, ada yang tumbuh di satu tempat namun ada juga yang tumbuh di berbagai tempat. Berikut ini ciri kutil kelamin dan kutil kulit yang harus diketahui :

  1. Benjolan

Kutil bisa tumbuh bagian kulit manusia dan di kelamin pria maupun wanita. Jika diraba akan terasa benjol. Benjolan tersebut jika sudah tingkat parah tidak hanya satu namun bisa dua atau lebih.

  1. Disertai Pembengkakan

Benjolan pada kutil tidak hanya sekedar benjolan saja namun benjolan pada kutil tersebut bisa disertai dengan pembengkakan. Pembengkakan itu bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

  1. Berisi Daging

Kutil yang muncul di organ genital maupun di sekitar anus adalah kutil yang berisi daging. Banyak orang yang menyebutnya dengan daging tumbuh. Berbeda dengan benjolan lainnya seperti jerawat dan bisul yang berisi dengan nanah atau cairan. Kutil tersebut tidak bisa dipecahkan karena berisi daging.

  1. Seperti Kembang Kol

Pernahkah anda melihat bentuk kembang kol? pernahkah anda meraba permukaan kulitnya?, ya seperti itulah kondisi kutil kelamin jika dibiarkan dalam waktu yang terlalu lama dan tidak diobati.

  1. Begerombol

Kutil kulit maupun kutil kelamin tidak hanya tumbuh satu buah saja namun kutil bisa tumbuh secara bergerombol membentuk suatu kelompok. Kutil yang bergerombol tersebut merupakan kutil yang terlalu lama dibiarkan atau kutil yang dibiarkan menghilang dengan sendirinya tanpa diobati sehingga saat muncul kembali dia akan bergerombol.


  1. Menyebar

Kutil tidak boleh disepelekan sebab bisa menyebar keseluruh bagian permukaan kulit dan organ genital. Misalnya saja kutil kelamin pertama kali muncul di bibir vagina namun lama kelamaan keberadaan kutil itu akan menyebar dan bertambah banyak jumlahnya. Kutil yang awalnya hanya tumbuh di bibir vagina bisa muncul di dalam vagina. Untuk kutil kulit yang muncul di satu jari tangan saja dia bisa menyebar ke beberapa jari lainnya.

  1. Gatal

Sama dengan ciri penyakit kelamin lainnya yang didominasi dengan rasa gatal. Rasa gatal itu diakibatkan oleh kuman dan virus yang ada di organ genital.Rasa gatal akan selalu ada selama kuman dan virus tersebut masih ada di organ genital. Kutil kulit juga akan terasa gatal karena disebabkan oleh virus.

  1. Menyerupai Jengger Ayam

Tidak hanya mirip dengan kembang kol saja, kutil kelamin tersebut juga menyerupai jengger ayam. Bentuknya yang bergerombol serta bintik-bintiknya yang banyak meyerupai jengger ayam baik itu jengger ayam betina maupun jengger ayam jantan.

  1. Warna Pada Kutil

Kutil memiliki warna yang berbeda-beda, namun yang pasti adalah warna kutil itu akan berbeda dengan warna kulit di sekitarnya sehingga warnanya akan menonjol. Kebanyakan kutil kelamin akan berwarna kemerahan. Kemerahan itu juga disebabkan oleh iritasi atau infeksi. Selain kemerahan kutil kelamin juga akan berwarna hitam agak kemerah-merahan, abu-abu dan juga kemerahan serta cokelat agar kemerah-merahan. Jika anda menjumpai benjolan dengan warna seperti itu meski baru tumbuh satu anda harus segera periksa ke dokyer kulit dan kelamin. Untuk kutil kulit warnanya didominasi degan warna putih, hitam, cokelat dan juga kuning.

  1. Pendarahan

Ciri kutil lainnya adalah kutil tersebut akan menimbulkan pendarahan. Penderita kutil yang sudah mengalami pendarahan adalah tanda jika kutil sudah ke tahap yang serius lagi. Pendarahan itu bisa berupa darah segar seperti menstruasi atau hanya seperti flek darah segar maupun cokelat. Bagi pria, dia akan mengalami kencing berdarah atau dari lubang kencingnya akan mengeluarkan darah.

  1. Nyeri

Bengkak yang terjadi di daerah sekitar benjolan kutil kulit dan kelamin juga memunculkan rasa nyeri. Tidak hanya itu saja kutil yang bengkak dan meradang jika ditekan pun akan menghasilkan rasa nyeri.

  1. Berbau

Sama seperti penyakit kelamin lainnya, kutil kelamin menimbulkan bau tidak sedap pada organ genital yang ditumbuhinya. Penyebabnya adalah virus HPV tersebut. Semua virus HPV selalu menimbulkan penyakit kelamin dan juga akan menimbulkan bau tidak sedap pada organ genital yang ditumbuhinya.

  1. Mudah Berdarah

Kutil adalah benjolan yang berisi daging. Meski hanya terkena gesekan sedikit saja, kutil itu akan mudah berdarah. Jika sudah berdarah kutil itu akan mudah menyebbakan infeksi. Infeksi hanya akan memperparah kondisi kutil kelamin dan kutil kulit tersebut.

  1. Perih

Rasa perih dan nyeri akan terasa jika kutil yang diderita tersentuh tangan atau terkena kuku. Memakai celana dalam terlalu ketat juga bisa menjadi penyebab kutil kelamin terasa perih. Bagi penderita kutil keamin dilarang memakai celana dalam terlalu ketat, selain menimbulkan gesekan, celana dalam ketat akan memicu pertumbuhan jamur dan juga bakteri yang ada di organ genital. Jika sudah begitu dikhawatirkan kutil tersebut akan menyebabkan komplikasi penyakit kelamin misalnya saja menderita penyakit kutil dengan penyakit jamur kelamin.

  1. Kecil Tapi Banyak

Ciri dari kutil kulit maupun kelamin tersebut adalah benjolannya kecil namun bisa tumbuh banyak dan menyebar.

  1. Tidak Nyaman

Semua orang yang menderita penyakit kutil tentu tidak akan merasakan nyaman, selain harus menahan berbagai rasa yang ditimbulkan oleh kutil tersebut ternyata kutil juga menyulitkan orang dalam beraktivitas. Misalnya saja untuk duduk terutama jika kutil kelaminnya tumbuh di antara vagina dan juga anus. Kutil kulit dengan jenis mata ikan juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman untuk berjalan.

Jenis Kutil Dan Letak Pertumbuhannya

Kutil memiliki jenis yang bermacam-macam dan memiliki letak petumbuhan sendiri-sendiri. Berikut ini jenis kutil dan letak pertumbuhannya :

  1. Kutil Kulit Biasa

Kutil kulit biasa ini akan memiliki panjang 0,1 cm sampai dengan 1 cm. Kutil kulit biasa akan tubuh di sekitar lutut dan juga jari kaki maupun jari tangan.

  1. Kutil Periungual

Kutil ini merupakan kutil yang biasa ditemukan pada permukaan kuku. Kutil tersebut lebih familiar dengan nama kutil kuku. Kutil bisa tumbuh pada kuku kaki maupun kuku tangan. Kutil tersebut sangat menyakitkan dan juga nyeri. Pertumbuhannya di kuku menyebabkan bentuk kuku berubah.

  1. Kutil Filiformis

Kutil filiformis banyak menyerang kaum pria, pertumbuhannya bisa di sekitar leher, pipi dan dagu pria. Kutil tersebut juga bisa muncul di kelopak mata meski hal tersebut jarang terjadi.

  1. Kutil Plantar

Kutil plantar disebut dengan kutil mata ikan. Disebut dengan kutil mata ikan dikarenakan bentuknya yang menjorok ke dalam menyerupai dengan mata ikan. Hal itu bisa menyebabkan rasa sakit jika tertekan dengan lantai maupun alas kaki. Pertumbuhan kutil itu banyak di telapak kaki dan berwarna putih dengan titik hitam di area tengah.

  1. Kutil Pipih

Kutil pipih memiliki bentuk yang datar dan warnanya kekuningan. Kutil ini biasa menjangkiti anak-anak pada bagian tangan, kaki maupun wajah. Ukurannya pun tidak besar, maksimal sekitar 0,4 cm.

  1. Kutil Kelamin

Seperti namanya, kutil ini bisa tumbuh di area kelamin wanita maupun pria. Lokasi pertumbuhannya beragam mulai dari bibir vagina, vagina, serviks, batang penis dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Mencegah Kutil Kelamin

Cara mencegah kutil kelamin adalah dengan menghindari faktor penyebabnya. Jika kita sudah bisa menghindari faktor penyebabnya, kita telah mencegah resiko terkena kutil kelamin. Berikut ini cara mencegah kutil kelamin yang harus diketahui :

  1. Vaksin

Cara yang pertama yang bisa digunakan untuk mencegah kutil dan berbagai macam penyakit kelamin lainnya adalah dengan vaksin. Memang harga vaksin tersebut lebih mahal dibandingkan dengan vaksin imunisasi bayi. Namun fungsinya adalah sama yaitu untuk menangkal penyakit yang bisa ditangkal dengan penyakit tersebut. Vaksin tersebut bernama vaksin untuk menagkal virus HPV. Pemberian vaksin ini diberikan secara bertahap dan vaksin tidak dilakukan hanya sekali saja. Yang harus diperhatikan di sini adalah pemberian vaksin tersebut ketika belum aktif secara seksual agar kinerja vaksin tersebut maksimal.

  1. Setia

Kesetiaan itu memang kata yang sulit untuk dilakukan. Setiap hari bertemu dengan orang yang sama memang terkesan membosankan, namun setia pada pasangan adalah cara tepat untuk mencegah penyakit kelamin. Kita bisa tahu hygiene pasangan kita sehingga kita tidak perlu ragu lagi dengan kebersihan organ genitalnya. Setia pada pasagan juga akan menjadikan anda sebagai orang yang bisa menghargai diri sendiri dan juga menghargai orang lain.

  1. Pengaman

Jika anda bukanlah orang dengan kesetiaan tinggi, anda bisa menggunakan pengaman untuk mencegah kontak langsung antar kulit dengan kulit. Pengaman yang bisa anda gunakan adalah kondom yang tidak bocor. Kondom yang bocor bisa memungkinkan anda bisa tertular penyakit kelamin entah itu melalui cairan maupun melalui kontak kulit.

  1. Cuci Tangan Dengan Sabun

Sehabis melakukan hubungan seksual selalu diawali dan diakhiri dengan mencuci tangan. Mencuci tangan itu mudah, namun caranya harus benar. Cara yang salah tetap saja memberikan peluang kuman dan virus menempel di telapak tangan anda. Cuci tangan yang benar adalah dengan sabun antiseptik dimana sabun itu bisa digunakan untuk membunuh kuman yang menempel di telapak tangan. Perhatikan pula cara mencuci tangan dengan benar.

  1. Kebersihan Organ Intim

Saat buang air kecil maupun buang air kecil anda perlu memperhatikan kebersihan organ intim anda. Jangan membiarkan organ intim anda lembab. Sehabis buang air kecil maupun buang air besar usaplah organ genital anda menggunakan handuk, handuk lebih menyerap air dibandingkan tisyu. Tisyu mengandung pemutih yang jika dibiarkan terlalu lama menempel di kulit kelamin justru menimbulkan penyakit kelamin.

Cara Mencegah Kutil Kulit

Berikut ini adalah cara mencegah kutil kulit yang harus diketahui :

  1. Tidak Menyentuh Kutil Secara Langsung

Kutil yang anda miliki maupun kutil yang dimiliki oleh orang lain jangan pernah anda menyentuhnya dengan tangan. Hal itu bisa membuat kutil bisa menular ke anda atau menular ke bagian tubuh lain secara cepat. Virus dan kuman pada kutil itu bisa berpindah ke tangan anda.

  1. Hindari Berbagi Barang Pribadi

Jangan meminjamkan barang-barang pribadi anda ke orang lain. Biarlah dikatakai pelit jika hal tersebut bermanfaat bagi anda. Kutil kulit bisa menular melalui handuk dan barang-barang pribadi yang anda pinjamkan ke orang lain, terlebih lagi jika orang tersebut pernah menderita penyakit kutil sebelumnya.

  1. Penggunaan Sarung Tangan

Jika anda berada di tempat umum selalu lindungi tubuh anda dengan peralatan seperti sarung tangan. Penggunaan sarung tangan bisa mencegah tangan anda menyentuh area yang telah terinfeksi dengan virus dan kuman penyebab penyakit.

  1. Gunakan Alas Kaki

Jika anda berada di kamar mandi umum sebaiknya gunakan alas kaki anda, sebab lantai kamar mandi mengandung banyak kuman dan virus yang bisa memungkinkan anda untuk terkena virus kutil kulit.

  1. Cuci Tangan Dengan Benar

Jika anda sehabis berada di tempat umum dan sehabis menyentuh area di tempat umum tersebut sebaiknya sebelum makan atau menyentuh kulit anda melakukan cuci tangan. Bisa jadi kulit tangan anda telah terinfeksi dengan virus dan kuman penyebab kutil kulit. Cuci tangan harus menggunakan sabun antiseptik dimana sabun itu bermanfaat untuk membunuh kuman yang menempel di tangan anda.

  1. Menjaga Kebersihan Kulit

Menjaga kebersihan kulit bisa dilakukan dengan cara menggunakan pakaian yang bersih. Sering-seringlah mengganti pakaian jika dirasa pakaian tersebut telah kotor. Jika anda sering menggunakan kaus kaki, gunakanlah kaus kaki hanya dalam sehari saja. Ada orang yang malas mengganti kaus kakinya sehingga ada yang menggunakan kaus kaki tersebut sampai berhari-hari lamanya.

  1. Sabun Jangan Bergantian

Kamar mandi di dalam satu rumah sering menggunakan sabun secara bergantian. Hal tersebut bisa menimbulkan penyakit kulit seperti panu dan juga penyakit kutil kulit. Penyebabnya adalah sabun yang habis dipakai oleh anggota keluarga yang menderita penyakit kulit menempel pada sabun tersebut.

Cara Mengobati Kutil

Mengobati kutil kulit dan kutil kelamin prosedurnya sama. Yang berbeda hanyalah pengobatan yang dilakukan berdasarkan dengan tingkat keparahan kutil tersebut. Berikut ini cara mengobati kutil kelamin dan kutil kulit :

  1. Perekat

Untuk mengobati kutil yang masih berjumlah satu buah saja anda bisa menggunakan perekat. Anda bisa memotong perekat atau plester untuk luka dan ditempelkan pada kutil tersebut. Perekat bisa digunakan untuk menghindari sentuhan dan menghindari keluarnya darah dari kutil.

  1. Asam Salisilat

Cara mandiri yang bisa digunakan untuk mengobati kutil adalah dengan menggunakan asam salisilat. Pengobatan ini tidak menimbulkan rasa sakit. Asam salisilat berbentuk salep yang bisa dioleskan ke kutil. Cara salep ini menghilangkan kutil adalah salep tersebut bisa membuat virus HPV di dalam kutil menjadi teriiritasi. Salep itu juga merangsang bagi sistem imun untuk melawan virus tersebut.

  1. Glutaradehyde Dan Formaldehyde

Obat ini digunakan untuk menghancurkan sel-sel kutil di permukaan kulit. Caranya sama dengan salep asam salisilat, yaitu dioleskan ke bagian kulit yang ada kutilnya.

  1. Cryotherapy

Penggunaan cryotherapy akan ebih efektif dibarengkan dengan penggunaan asam salisilat. Metode yang dilakukan oleh terapi ini adalah membekukan jaringan sel-sel kutil tersebut. Terapi ini akan menggunakan cairan bernama nitrogen sehingga setelah dibekukan, jaringan sel kutil akan mengelupas dalam waktu satu minggu setelah dilaksanakan terapi. Caranya nitrogen tersebut bisa dengan disemprotkan atau dioleskan ke kutil. Pengobatan ini rutin dilakukan sebanyak 3 minggu sekali. Sebab jaringan kutil bisa muncul kembali setelah dilakukan terapi ini. Pengobatan rutin juga mencegah jaringan kutil tumbuh kembali di atas permukaan kulit.

  1. Bedah Elektro

Tindakan bedah yang dilakukan akan menggunakan alat-alat listrik atau elektro. Langkah yang dilakukan ini menggunakan pembakaran listrik dimana pembakaran listrik itu berguna untuk memecah sel jaringan kutil di permukaan kulit.

  1. Kuret

Kuret akan dilakukan untuk mengobati kutil kelamin wanita yang tumbuhnya di leher rahim. Kuret merupakan pembedahan yang dilakukan untuk memotong jaringan menggunakan pisau atau sendok.

  1. Bedah Laser

Bedah laser adalah pengobatan kutil yang paling canggih untuk menghilangkan kutil tanpa sayatan. Sayangnya meski tergolong canggih, teknik bedah ini memiliki keberhasilan yang rendah dibandingkan dengan bedah elektro.

Nah semoga ulasan mengenai jenis kutil serta berbagai informasi mengenai kutil ini dapat menghindari kita dan mengenal lebih jauh seluk beluk kutil kelamin dan kutil kulit yang berbahaya.

,
Post Date: Monday 09th, November 2015 / 13:06 Oleh :
Kategori : Kulit dan Kelamin