Home Tips KesehatanKesehatan Kuku 13 Cara Mengobati Kuku Rusak Karena Jamur dengan Bahan Alami Paling Ampuh

13 Cara Mengobati Kuku Rusak Karena Jamur dengan Bahan Alami Paling Ampuh

by Erlita

Kuku yang terkena jamur bisa saja kemudian menjadi rusak yang artinya akan membuat penampilan kuku menjadi kurang indah. Berikut adalah beberapa rekomendasi cara mengobati kuku rusak karena jamur dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda coba karena khasiatnya yang efektif dan tidak berbahaya bagi kesehatan kuku sekaligus juga kulit di sekitarnya.

  1. Baking Soda

Baking soda bisa mengobati kuku yang rusak akibat terserang infeksi jamur, yakni dengan mencampurkan ½ cangkir baking soda dengan ¼ cangkir 3 persen hidrogen peroksida dan juga ½ cangkir garam Epsom ke dalam 4 cangkir air panas. Ketika sudah tercampur rata, tambahkan cuka putih sebanyak ¼ cangkir. Rendamkan kuku ke dalam larutan 10 menit dan setelahnya bisa dibersihkan dengan air bersih; lakukan perawatan sehari 2 kali untuk hasil paling efektif.

  1. Minyak Bawang Putih

Karena di dalam bawang putih terkandung sifat antijamur, maka boleh kiranya Anda mencoba menggunakan minyak ini sebagai obat alami. Penggunaannya adalah dengan mencampurkan minyak bawang putih dengan minyak zaitun masing-masing dengan takaran yang sama sesuai kebutuhan dan aplikasikan langsung di bagian kuku yang hendak diobati. Balut dengan kain perban dan tinggalkan beberapa jam; lakukan setiap hari sampai kuku yang rusak kembali normal dan jamur seluruhnya terbasmi dengan baik, namun tetap ketahui sekaligus mewaspadai efek samping bawang putih.

  1. Cuka Apel

Cuka apel mampu mencegah penyebaran jamur kuku dengan baik, bahkan juga cuka apel dikenal efektif dalam membunuh bakteri dan jamur. Campurkan cuka apel ke dalam air dengan jumlah takaran yang sama masing-masing lalu rendamkan kuku yang rusak ke dalamnya selama 30 menit setiap hari. Pakailah setiap hari sampai kuku kembali normal dan infeksi benar-benar sembuh.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak herbal ini berkandungan antiseptik dan antijamur yang sangat efektif dalam mengobati jamur kuku bahkan memperbaiki kuku yang rusak karena jamur. Beberapa tetes dari minyak pohon teh ini bisa dicampur bersama minyak zaitun atua minyak kelapa secukupnya dan terapkan pada kuku yang rusak menggunakan bola kapas. Tunggu sekitar 10 menit dan gosoklah kuku menggunakan sikat gigi; lakukan cara ini sehari hingga 3 kali demi hasil paling efektif.

  1. Minyak Kelapa

Dalam menggunakan minyak ini sebagai obat kuku rusak karena jamur, Anda bisa menghangatkan lebih dulu minyak ini sebelum diterapkan pada setiap kuku yang hendak dirawat. Ketika menerapkan, lakukan sambil memberi pijatan hingga 5 menit. Ini akan meningkatkan sirkulasi darah sekaligus melembabkan kuku. Cara ini sebaiknya dilakukan selama beberapa minggu lamanya sampai kuku bisa kembali sehat dan juga cukup kuat sebelum berhenti.

  1. Minyak Vitamin E

Vitamin E tak hanya baik untuk meningkatkan kesehatan kulit, tapi juga untuk kesehatan kuku. Kapsul vitamin E bisa coba Anda buka dan ekstraknya dapat diterapkan langsung pada kuku yang rusak setiap malam sebelum tidur. Berikan pijatan juga selama 5 menit untuk memperlancar peredaran darah. Untuk hasil terbaik, alangkah dianjurkan untuk melakukan perawatan ini setiap hari dalam waktu 2 minggu.

  1. Garam Laut

Karena di dalam garam laut ada kandungan mineral yang menjadi penyembuh alami bagi kulit rusak serta penguat bagi kuku, Anda boleh coba mencampurkan 2 sendok makan garam laut ke dalam semangkuk kecil air hangat. Tambahkan pula minyak esensial lemon dan mir 2 tetes masing-masing dan rendamkan kuku di sana 15 menit lamanya. Setelahnya, bersihkan dengan membilas menggunakan air hangat; melakukan cara perawatan ini seminggu 3 kali secara teratur akan memberikan hasil efektif.

  1. Jus Lemon

Untuk memperbaiki kondisi kuku yang rusak, jus lemon di mana buah lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi bisa dicoba sebagai perawat kuku Anda. Jus lemon segar bisa dicampurkan dengan minyak argan di mana masing-masing bertakaran sama. Rendam kuku ke dalam larutan tersebut kurang lebih 20 menit dan lakukan sehari sekali selama 3 minggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Minyak Lavender

Antiseptik di dalam minyak ini begitu besar dan Anda cukup menggunakan 5 tetes minyak ini yang dicampur dengan minyak pohon teh yang kemudian bisa dioles pada kuku yang rusak karena jamur menggunakan bola kapas. 10 menit berlalu, bersihkan dengan membilasnya, akan lebih efektif hasilnya bila melakukan cara ini sehari 2-3 kali.

  1. Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit secukupnya yang dicampur dengan sedikit air akan membentuk pasta dan pasta inilah yang bisa dioles pada kuku Anda. Biarkan sampai kering dan ketika kering, bersihkan dengan membilasnya menggunakan air biasa, dan keringkan dengan baik untuk pencegahan kelembaban dari infeksi dan kerusakan kuku lebih jauh.

  1. Yogurt

Makanan probiotik ini bisa dikonsumsi setiap hari tak hanya sebagai bagian dari tips diet sehat, tapi juga membantu agar kuku jauh lebih baik dan infeksi jamur yang merusaknya pun terhambat penyebarannya serta lebih cepat pulih.

  1. Bawang Merah

Bawang merah adalah bahan alami lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat bagi kuku yang rusak karena jamur. Irisan bawang merah bisa diusap-usapkan pada kuku Anda dan lakukan hal ini setiap hari supaya infeksi dan kerusakan kuku bisa sembuh. Namun, efek samping bawang merah tetap perlu diwaspadai sehingga Anda bisa memakainya dengan bijak.

  1. Cuka Putih

Selain cuka apel, ada pula cuka putih yang bisa digunakan dengan cara mencampurkannya dengan air biasa dengan perbandingan 1:2 di mana air lebih banyak. Kuku yang hendak disembuhkan bisa dicelupkan dan direndam selama 15 menit sebelum dilanjutkan dengan membersihkannya. Keringkan kuku dnegan baik dan setiap hari bisa Anda lakukan 2 kali.

Itulah beberapa cara mengobati kuku rusak karena jamur dengan bahan-bahan paling alami dan aman yang bisa dicoba. Dengan pemakaian rutin sesuai anjuran, penyebab jamur kuku dan gejalanya yang memicu kerusakan dapat diatasi dengan sempurna.

You may also like