Home Featured Intip 7 Bahaya Memanjangkan Kuku Tangan, Anda Harus Tahu !

Intip 7 Bahaya Memanjangkan Kuku Tangan, Anda Harus Tahu !

by Erlita

Baik wanita maupun pria beberapa sangat suka memanjangkan kuku. Kuku panjang yang terpelihara baik menambah sisi keindahan pada penampilan, hanya saja setelah mengenali bahaya memanjangkan kuku tangan seperti berikut ini, Anda mungkin akan lebih tertarik memiliki kuku pendek saja asal selalu terawat dan dalam kondisi bersih.

1. Kuku Gampang Rapuh

Kuku panjang lebih memiliki risiko tinggi dalam hal kerapuhan sehingga bisa menjadikannya lebih gampang patah; ya, memanjangkan kuku adalah salah satu penyebab kuku sering patah jadinya. Memanjangkan kuku memang tampak menyenangkan apalagi jika Anda suka mempercantiknya dengan memakaikan kuteks dan bervariasi dengan itu. Namun kuku yang gampang patah akan kurang sedap dilihat, apalagi jika sampai merugikan diri sendiri (seperti terjadi lecet dan berdarah).

2. Melukai Kulit

Kuku yang sengaja dipanjangkan menjadi sangat mudah patah karena hal tersebut meningkatkan kerapuhan kuku. Masalahnya, kuku yang rapuh dan sudah telanjur patah bisa saja menjadi penyebab luka di kulit sekitar jari atau bagian tubuh lainnya. Lecet dan perdarahan di kulit mungkin hal sepele, namun sebenarnya bisa meningkatkan risiko cedera yang lebih parah.

3. Cantengan

Pada beberapa kasus, memanjangkan kuku malah bisa berdampak pada timbulnya cantengan pada jari. Hal ini adalah efek lanjutan dari rapuh dan patahnya kuku. Kuku yang panjang dan patah tak hanya bisa bikin lecet, tapi dapat juga berlanjut membuat jari cantengan sehingga Anda perlu mewaspadai kondisi seperti ini; cobalah tangani dengan cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih jika telanjur.

4. Pertumbuhan Kuku ke Dalam

Istilah lain untuk kondisi ini adalah inward nail growth di mana memang umumnya lebih sering terjadi pada kuku jari kaki bukan? Hanya saja, perawatan kuku panjang yang kurang baik dan benar bisa saja menyebabkan kuku tangan tumbuh ke dalam sehingga memicu rasa sakit tak tertahankan, kemerahan, hingga perdarahan.

5. Keracunan Makanan

Memanjangkan kuku tangan artinya memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak karena ada berbagai kuman atau mikroorganisme yang biasanya bertahan dan bersembunyi di bawah kuku panjang Anda. Jadi bagi Anda yang terbiasa makan langsung dengan tangan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Hal tersebut meningkatkan risiko organisme-organisme menular untuk masuk ke dalam mulut dan tubuh Anda yang kemudian berdampak pada timbulnya kondisi keracunan makanan. Itulah kenapa, setiap orang perlu mengetahui bagaimana cara mencuci tangan yang benar dan steril lalu menerapkannya setiap kali hendak menyiapkan makanan serta saat makan dengan tangan.

6. Infeksi Jamur

Jamur paling gemar menjadikan area tubuh yang kotor sebagai tempat persembunyiannya, salah satunya adalah kuku bagian bawah. Memanjangkan kuku sekalipun dipercantik bisa saja menjadi tempat jamur bersembunyi dan akhirnya akan berpengaruh pada kesehatan kulit jari tangan dan tangan Anda. Jika tak mewaspadainya, infeksi jamur bisa menyerang sewaktu-waktu.

7. Infeksi Bakteri

Memanjangkan kuku walau dengan tujuan supaya lebih cantik tetap saja tak bisa menghindarkan Anda dari infeksi bakteri, terutama jika tak merawatnya secara tepat. Ketika dibiarkan panjang tanpa dibersihkan secara rutin, maka terdapat berbagai macam kotoran di kuku yang menjadi tempat bersarangnya kuman serta bakteri jahat yang bisa menginfeksi.

Bagi Anda yang baru akan memanjangkan kuku, pertimbangkanlah segala macam risiko bahaya memanjangkan kuku tangan tersebut. Apabila Anda tetap ingin melakukannya, maka beberapa hal di bawah ini bisa diperhatikan:

  • Lakukan perawatan rutin supaya kuku tetap kuat dan bersih, khususnya di bagian kutikula.
  • Hindari aktivitas membuka benda tertentu menggunakan kuku sehingga kuku tak gampang melukai kulit atau gampang patah.
  • Pakailah sarung tangan jika perlu, khususnya sewaktu sedang mencuci piring, memasak, hingga saat membersihkan rumah.
  • Tidak menggigiti kuku yang sudah Anda panjangkan.
  • Jika hendak membuka botol atau kaleng, gunakan alat pembuka khusus supaya tak merugikan kuku.
  • Konsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin E, makanan kaya protein serta mineral kalsium supaya kuku tetap kuat dan sehat.

Begitulah rangkuman dari sejumlah bahaya memanjangkan kuku tangan yang perlu Anda tahu dan cegah dengan benar. Bila pun masih ingin memanjangkannya, pastikan Anda tahu bagaimana cara merawat dan membersihkan secara tepat, termasuk menambah asupan makanan yang baik bagi kesehatan kuku.

You may also like