Home Tips KesehatanKesehatan Mata 7 Penyebab Kelopak Mata Gatal dan Bengkak (No. 1 Paling Berbahaya)

7 Penyebab Kelopak Mata Gatal dan Bengkak (No. 1 Paling Berbahaya)

by Roro Dyiah

Mata merupakan bagian organ yang sangat sensitif terhadap berbagai partikel dari lingkungan, seperti debu, mikroorganisme, dan lain sebagainya. Selain mata, daerah lingkungan mata juga sering terkena dampak dari mata yang teriritasi. Salah satu dampak mata yang terkena iritasi adalah kelopak mata yang terasa gatal dan membengkak. Kondisi tersebut tentu menimbulkan gangguan, baik pada penampilan maupun pada penglihatan.

Kelopak mata adalah daerah sekitar mata yang paling sering terkena dampak negatif ketika mata mengalami gangguan. Misalnya saja, saat mata terkena reaksi alergi kemudian penderitanya menggosok mata maka kelopak mata akan terasa gatal dan membengkak. Namun, penyebab kelopak mata gatal dan membengkak bukan hanya karena reaksi alergi saja. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kelopak mata gatal dan bengkak. (baca juga: cara menghilangkan lemak di mata)

1. Blepharitis

Blepharitis muncul karena adanya serangan bakteri pada kelenjar minyak yang terdapat di dekat bulu mata. Kondisi ini sering menimbulkan rasa gatal luar biasa serta diikuti gejala kelopak mata yang membengkak. Hal tersebut terjadi karena kulit alergi terhadap bahan tertentu yang berasal dari riasan mata atau karena seseorang malas membersihkan make up sebelum tidur. Selain gatal dan bengkak pada kelopak mata, blepharitis juga sering menimbulkan gejala lain, seperti iritasi pada mata serta pembentukan sisik pada kelopak mata. Kondisi tersebut tidak akan menyebabkan dampak yang serius pada mata maupun kulit area sekitar mata. Namun, jika tidak segera ditangani, gejala blepharitis bisa bertahan hingga beberapa minggu. (baca juga: gejala mata silinder)

2. Timbilan

Timbilan merupakan bentuk lain dari infeksi yang terjadi pada bagian bawah bulu mata. Hal tersebut biasanya akan menyebabkan kelopak mata merah dan membengkak, biasanya terdapat benjolan seperti jerawat di atasnya. Timbilan bukan permasalahan yang serius terhadap sistem penglihatan. Hanya saja banyak orang yang merasa tingkat kepercayaan dirinya menurun karena memiliki timbilan. (baca juga: bahaya lensa kontak pada mata)

3. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan infeksi pada mata yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Selain menyebabkan rasa gatal dan bengkak pada kelopak mata, konjungtivitis juga sering ditandai dengan gejala mata merah atau yang sering disebut dengan pink eye. Konjungtivitis merupakan jenis infeksi mata yang sifatnya bisa menular. Karena itu, penanganan yang cepat akan mencegah terjadinya penularan. Pada kondisi yang parah, konjungtivitis juga sering menyebabkan gangguan penglihatan. (baca juga: cara menghilangkan mata merah)

4. Kutu

Ternyata kutu tidak hanya bersarang di rambut kepala saja. Kutu juga bisa bersarang di daerah bulu mata. Jika kutu bersarang di area bulu mata kemudian bertelur tentu hal tersebut akan menyebabkan kelopak mata terasa gatal kemudian mengalami pembengkakan. (baca juga: penyebab alis mata rontok)

5. Sengatan Sinar Matahari

Beberapa orang yang memiliki mata serta kulit yang sensitif akan merasa terganggu dengan sengatan sinar matahari yang berlebih. Untuk mengatasi masalah ini ada baiknya Anda selalu menggunakan tabir surya setiap kali akan bepergian atau ketika hendak melakukan aktivitas di bawah sinar matahari. (baca juga: mata juling pada manusia penyebab mata sering berair dan belekan)

6. Cedera Mata

Mata atau area di sekitar mata yang mengalami cedera atau luka bisa menyebabkan pembengkakan dan juga rasa gatal pada kelopak mata. Selain itu, kelopak mata yang mengalami peradangan pasca melakukan operasi katarak juga bisa memicu kelopak mata terasa gatal dan membengkak. Hal tersebut juga bisa menjadi gejala yang serius karena bisa jadi hal tersebut menandakan adanya komplikasi pasca operasi. (baca juga: cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata secara alami dan cepat)

7. Alergi

Reaksi alergi juga bisa ditunjukkan melalui gejala pada kelopak mata (gatal dan bengkak). Alergi terhadap paparan partikel dari lingkungan seperti debu, bulu hewan, atau serbuk sari bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kelopak mata. Selain itu, seseorang yang alergi terhadap makanan, seperti ketika mengkonsumsi telur juga bisa menimbulkan gejala kelopak mata gatal dan bengkak. (baca juga: penyebab mata ikanablasio retina mata)

Demikian beberapa faktor yang menyebabkan kelopak mata terasa gatal dan mengalami pembengkakan. Sebagian besar faktor yang memicu kelopak mata gatal dan bengkak biasanya tidak akan menyebabkan komplikasi yang serius pada penglihatan. Karena itu, Anda bisa mengatasi kondisi tersebut di rumah saja.

Cara Mengatasi Kelopak Mata Gatal dan Bengkak

Untuk mengatasi kelopak mata yang gatal dan bengkak, Anda bisa melakukan beberapa metode sederhana berikut ini :

1. Teh Celup

Teh celup yang sudah selesai Anda gunakan untuk membuat minuman ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mata gatal dan bengkak. Caranya cukup mudah, cukup tempelkan teh celup yang sudah selesai digunakan dan sudah dalam keadaan dingin pada kelopak mata. Sensasi dingin dan juga kandungan antioksidan pada teh akan mengatasi pembengkakan dan juga rasa gatal akibat adanya infeksi pada kelopak mata. (baca juga: penyebab belekan pada mata)

2. Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi kelopak mata gatal dan bengkak. Caranya, Anda cukup mengoleskan getah lidah buaya pada kelopak mata. Tunggu hingga mengering kemudian ulangi metode tersebut jika getah lidah buaya pada kelopak mata sudah mengering. Lidah buaya kaya akan kandungan nutrisi yang meyehatkan mata. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat yang bersifat anti inflamasi sehingga efektif untuk meredakan rasa gatal pada kelopak mata. (baca juga: bintik hitam di mata bagian putih)

3. Daun Sirih

Daun sirih terbukti efektif untuk mengatasi kelopak mata yang gatal dan bengkak. Tidak hanya itu saja, daun sirih juga efektif untuk mengatasi konjungtivitis. Kandungan nutrisi dalam daun sirih, seperti zat anti peradangan, anti inflamasi, anti bakterial, dan juga anti virus sangat ampuh untuk mengatasi kelopak mata gatal dan bengkak akibat infeksi. Untuk mengatasi kelopak mata bengkak dan gatal menggunakan daun sirih, Anda cukup merendam daun sirih ke dalam air panas. Diamkan air rendaman daun sirih sampai dingin kemudian pakailah air rendaman daun sirih tersebut untuk membasuh mata dan juga kelopak mata. (baca juga: bahaya melihat gerhana matahari secara langsung)

4. Daun Sirsak

Daun sirsak juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kelopak mata gatal dan bengkak. Kandungan nutrisi dalam daun sirsak juga hampir menyerupai daun sirih. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi air rebusan daun sirsak ternyata juga dipercaya mampu menangkal perkembangan sel kanker karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Untuk mengatasi kelopak mata gatal dan bengkak menggunakan daun sirsak, Anda bisa melakukan metode yang sama seperti menggunakan daun sirih untuk mengatasi kelopak mata gatal dan bengkak. (baca juga; cara mengatasi mata terkena parfum)

Demikian beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kelopak mata gatal dan bengkak. Jika kelopak mata Anda gatal dan bengkak akibat alergi, maka sebaiknya Anda menghindari benda atau makanan yang menyebabkan reaksi alergi tersebut terjadi. Selain itu, jika kelopak mata terasa gatal dan bengkak karena terkena cedera atau terjadi komplikasi pasca operasi, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan medis.

You may also like