Home Tips KesehatanKesehatan Mata Kelopak Mata Hitam : Penyebab dan Cara Mengatasi

Kelopak Mata Hitam : Penyebab dan Cara Mengatasi

by Tri Astuti

Kelopak mata merupakan sebuah lapisan kulit yang sangat tipis, bahkan termasuk paling tipis diantara semua bagian tubuh. Kelopak mata memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mencegah semua  benda asing agar tidak masuk dan melukai bagian bola mata. Umumnya kelopak mata memiliki warna yang normal seperti warna kulit yang lain. Pigmen yang berperan mempengaruhi warna kelopak mata adalah melanin. Semua orang memiliki sel yang disebut dengan melanosit dan fungsi sel ini untuk menghasilkan melanin. Terlalu banyak melanin dalam tubuh bisa membuat bagian tubuh menjadi coklat kehitaman. Kondisi kelopak mata hitam sering terjadi ketika tubuh memproduksi banyak melanin. Dibawah ini adalah uraian tentang masalah kelopak mata hitam termasuk untuk penyebab dan cara mengatasinya.

Baca: penyebab kelopak mata gatal dan bengkak – penyebab mata sayu

Penyebab

  1. Alergi

Alergi merupakan salah satu reaksi tubuh ketika tidak bisa menerima zat atau senyawa dari luar tubuh. Alergi bisa menyebabkan beberapa kondisi seperti asma, gangguan pernafasan, gatal, dan reaksi pada mata. Reaksi pada mata sering menyebabkan mata gatal, sakit, merah, dan rasa tidak nyaman. Umumnya pemicu reaksi yang menyebabkan alergi pada mata berasal dari debu, kotoran dan pasir. Awal reaksi bisa menyebabkan rasa gatal yang parah kemudian Anda mungkin akan sering menggosoknya. Kebiasaan menggosok mata bisa menyebabkan peradangan yang kemudian membuat bagian kelopak mata menjadi gelap atau hitam. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan mata terkena infeksi dari bakteri atau virus yang menempel di mata.

Baca: penyebab mata merah – penyebab mata sering berair dan belekan – tahi mata berlebihan

  1. Peradangan

Peradangan atau inflamasi bisa menyebabkan kelopak mata hitam. Kondisi ini paling sering terjadi ketika peradangan sudah lama dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat. peradangan sebenarnya adalah sebuah proses ketika sebuah jaringan tubuh melindungi bagian lain dari kerusakan. Peradangan juga paling sering terjadi berkaitan dengan tekanan pada mata dan cedera pada mata. Peradangan bisa terjadi dalam waktu singkat namun juga bisa sangat lama. Kemudian peradangan bisa membuat warna kelopak mata menjadi lebih hitam. Beberapa kondisi yang terkait dengan peradangan seperti blepharitis dan chalazia.

Baca: Cara mengatasi mata sakit sebelahKelainan yang terjadi pada mata

  1. Iritasi

Iritasi menjadi salah satu gangguan mata yang paling sering terjadi. Iritasi sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan ini bisa disebabkan karena adanya zat atau benda asing yang mengenai bagian mata. Terkadang beberapa bahan kimia yang berbahaya bisa masuk ke mata secara tidak sengaja. Akibatnya maka bagian mata bisa menghasilkan banyak keringat dan cairan. Cairan ini berfungsi untuk mengeluarkan semua kotoran mata. Lalu Anda mungkin akan merasa gatal dan menggosok mata. Gesekan yang keras akan menyebabkan trauma pada kulit mata sehingga kelopak mata menjadi hitam.

Baca: cara menghilangkan lemak di mata – cara menghilangkan mata merah)

  1. Cedera

Cedera yang mengenai bagian kelopak mata bisa menyebabkan warna hitam pada kelopak mata. Kondisi ini bisa bertahan dalam waktu singkat namun juga bersifat tetap. Ada banyak kemungkinan cedera yang bisa terjadi pada mata seperti terkena pukulan benda keras, terantuk benda keras, gesekan yang keras pada mata dan tekanan yang kuat. Terkena pukulan dari bola atau tangan secara tidak sengaja pada area wajah juga bisa membuat kelopak mata hitam. Terkadang kondisi ini juga bisa menyebabkan bagian mata menjadi bengkak.

Baca: ablasio retina mata – jenis penyakit mata – kelainan yang terjadi pada mata

  1. Tubuh kurang gizi

Reaksi tubuh yang kekurangan gizi juga bisa menyebabkan kelopak mata hitam. Kondisi ini biasanya tidak terjadi dengan cepat namun apabila sudah terakumulasi dalam waktu yang lama. Beberapa hal yang sering menyebabkan kelopak mata hitam misalnya seperti anemia. Anemia bisa disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi yang bisa membuat sel darah merah dalam tubuh berkurang banyak. Jika kelopak mata dibuka maka  bagian dalamnya akan terlihat lebih pucat. Namun bagian luarnya kelopak mata akan terlihat lebih hitam. Kondisi lain yang bisa menyebabkan masalah ini termasuk ketika tubuh kekurangan vitamin B, kekurangan magnesium dan efek kekurangan nutrisi berkepanjangan.

Baca: akibat kekurangan gizi – gizi buruk pada anak dan orang dewasa

  1. Kurang tidur

Orang-orang yang memang sering bekerja keras dan tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup bisa mengalami kelopak mata yang merah. Ketika kurang tidur maka sebenarnya bagian dari pembuluh darah yang berada di kelopak mata mengalami peradangan dan pembengkakan. Kemudian hal ini bisa menyebabkan perubahan warna kelopak mata menjadi lebih hitam. Kemudian jika sudah terjadi dalam waktu lama maka cairan akan bocor dan masuk ke kelopak mata. Hal ini akan membuat bagian kelopak mata terlihat lebih tebal, bengkak dan hitam. Kurang tidur termasuk salah satu penyebab kelopak mata hitam yang paling sering terjadi.

Baca: penyakit akibat kurang tidur – efek tidak tidur 3 hari – akibat kurang tidur malam

  1. Adanya faktor keturunan

Semua bagian tubuh memang memiliki hubungan yang sangat kuat dengan riwayat garis keluarga. DNA dalam sebuah silsilah keluarga memiliki peran yang penting untuk mempengaruhi gender, kondisi penyakit, warna kulit, warna rambut, bentuk rambut dan berbagai unsur lain. Termasuk salah satunya adalah warna kelopak mata. Menurut sebuah penelitian terbukti jika warna kelopak mata dan kondisi kesehatan kelopak mata juga dipengaruhi oleh keturunan. Anak yang memiliki kelopak mata bersih dan sehat juga diturunkan oleh orang tua. Namun kondisi ini sebenarnya tidak berkaitan dengan hal lain kecuali pigmen kulit. Lalu bisa ditambah dengan faktor lain seperti cedera atau kurang tidur.

  1. Usia lanjut

Apakah Anda pernah memperhatikan penampilan orang lanjut usia. Bagian kelopak mata mereka mungkin tidak hanya berkerut tapi juga berubah warna. Bagian kelopak mata terutama pigmen telah menjadi sangat rapuh karena usia sel-sel kulit yang semakin tua. Kemudian bagian pembuluh darah juga sudah menurun sehingga bagian pembuluh darah mungkin tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Hal ini akan membuat orang tua memiliki kelopak mata berwarna lebih hitam dan terkadang juga mengalami peradangan sehingga terlihat seperti  bengkak.

Baca: penyebab katarak – jenis kelainan refraksi pada mata

  1. Tekanan yang kuat pada mata

Mata berfungsi untuk melihat semua hal dan ini akan berfungsi terus menerus kecuali saat tidur. Anda mungkin sudah terbiasa selalu bekerja dengan komputer atau gadget. Pekerjaan seperti ini juga bisa menyebabkan mata mendapatkan tekanan yang kuat. Tekanan ini akan membuat kelopak mata mengalami peradangan yang bisa membuat warnanya menjadi hitam. Bahkan kondisi bisa menjadi lebih berat ketika mata tidak memiliki waktu yang cukup untuk berisirahat.

Baca: bahaya terlalu lama duduk didepan komputer

  1. Pengaruh kacamata dan lensa kontak

Apakah Anda menggunakan kacamata? Kacamata atau lensa kontak berfungsi untuk membantu agar mata bisa berfungsi normal. Kelainan mata baik itu rabun jauh atau rabun dekat maka bisa menyebabkan mata mendapatkan tekanan yang sangat besar. Tanpa disadari maka ini bisa menyebabkan bagian mata sangat lelah. Terlebih jika Anda sering melepas dan memakai kacamata. Mata menjadi sangat lelah dan pembuluh darah di kelopak mata juga akan tidak berfungsi dengan baik. Masalah ini akan menyebabkan kelopak mata menjadi lebih hitam.

Baca: bahaya lensa kontak pada mata – bahaya mata minus tanpa kacamata

  1. Penggunakan kosmetik untuk mata

Penyebab terakhir dari kelopak mata yang hitam adalah pewarna dari kosmetik mata yang dilakukan secara sengaja. Ada banyak alasan untuk menggunakan kosmetik untuk mata termasuk untuk pekerjaan, penampilan dan tujuan lain. Namun karena ini warna buatan maka bisa langsung dihapus ketika sudah tidak diperlukan. Kosmetik untuk mata sangat aman karena digunakan di bagian luar kecuali jika Anda memiliki kulit yang sensitif. (baca: bahaya merkuri pada kosmetik)

  1. Pengaruh pigmentasi akibat sinar matahari

Pada awalnya kelopak mata yang hitam disebabkan oleh masala pembuluh darah yang kemungkinan telah bocor sehingga membuat kelopak mata menjadi lebih hitam. Kemudian pengaruh dari masalah ini membuat banyak darah yang terurai di semua bagian kelopak mata. Lalu pigmen alami dari kelopak mata mengalami kerusakan dan menyebar semakin luas. Ketika bagian ini sering terkena sinar matahari maka warna kelopak mata akan lebih tampak gelap. (baca: bahaya radiasi matahari – bahaya melihat matahari langsung)

Cara Mengatasi

  1. Jangan menggunakan kosmetik sementara waktu

Jika Anda mengalami iritasi mata akibat kosmetik maka hindari menggunakan kosmetik untuk sementara waktu. Anda perlu membuat semua bagian mata menjadi lebih santai dan tidak terkena berbagai bahan kimia. Cara ini bisa mencegah agar mata menjadi lebih sehat dan normal.

  1. Kompres dengan air es

Jika Anda mengalami mata yang sangat lelah atau terkena cedera sehingga membuat kelopak mata hitam maka gunakan kompres dengan air es. Air es yang dingin akan membuat pembuluh darah di sekitar kelopak mata menjadi lebih tenang. Akibatnya aliran darah kembali seperti semula dan warna kelopak mata juga pulih. Anda perlu melakukan perawatan ini secara rutin sehingga kelopak mata yang sehat lembali pulih. Air es juga sangat baik untuk membuat aliran darah di kelopak mata bisa kembali normal.

Baca: cara menghilangkan mata sembab dengan cepat – cara mengobati mata merah

  1. Melindungi mata dari sinar matahari

Membuat mata terkena sinar matahari secara langsung memang tidak baik untuk kesempatan. Pada dasarnya bagian yang terkena radiasi tidak hanya  bagian bola mata tapi juga kelopak mata. Sinar UV bisa membuat mata menjadi tidak nyaman dan terasa lebih panas. Bahkan sinar ini bisa merusak pigmen alami di kelopak mata sehingga kelopak mata menjadi lebih hitam. Karena itu Anda bisa melindungi kelopak mata dengan kacamata atau topi khusus yang bisa membuat kelopak mata tidak terkena sinar matahari. Penerapan bahan khusus seperti kosmetik atau krim mata sebaiknya harus diberikan oleh dokter. (baca: bahaya sinar ultraviolet)

  1. Penggunakan obat khusus

Kelopak mata yang sudah menghitam juga bisa diobati dengan krim topikal yang khusus digunakan untuk kelopak mata. Memang ada berbagai jenis krim yang ditawarkan secara bebas, namun sebaiknya Anda menggunakan krim berdasarkan resep dokter. Obat ini biasa digunakan saat malam hari ketika kelopak mata tidak banyak bergerak. Namun Anda harus melindungi semua bagian mata untuk mencegah bagian mata dalam terkena krim yang bisa menyebabkan efek samping berbahaya.

  1. Tidur yang cukup

Jika Anda mengalami kelopak mata hitam akibat kurang tidur dan kelelahan, maka Anda harus mencoba untuk tidur yang cukup. Tidur yang cukup sangat baik untuk membantu merawat pembuluh darah yang mengalami kelelahan. Cara ini juga sangat baik untuk membuat mata mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Ketika Anda tidur maka mata tidak terkena pengaruh sinar dari layar komputer atau gadget. Tidur yang cukup juga sangat baik untuk membantu semua bagian mata Anda menjadi lebih segar dan membuat mata bisa berfungsi dengan baik.

Baca: ciri ciri kurang tidur yang cukup – cara mengobati insomnia

  1. Masker dari kunyit dan susu

Apakah Anda ingin merawat peradangan yang telah menyebabkan kelopak mata hitam? Anda bisa mencoba untuk membuat pasta kunyit dan susu hangat yang bisa digunakan sebagai masker kelopak mata. Caranya adalah dengan mencampurkan kunyit bubuk dengan beberapa sendok susu hangat hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pada bagian kelopak mata dan sekitar mata dan tunggu selama 20 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat agar semua bagian mata Anda menjadi lebih lembut. Perawatan ini bisa dilakukan malam hari menjelang tidur. (Baca : Khasiat susu sapi murni – bahaya susu bubuk – bahaya susu kaleng)

  1. Masker dari jus tomat dan lemon

Tomat dan lemon adalah salah satu bahan alami yang sangat penting untuk mengembalikan pigmen asli warna kelopak mata. Bahkan kedua bahan ini juga bisa digunakan untuk merawat kulit di bagian tubuh yang lain. Kandungan utama dari tomat dan lemon adalah vitamin C dan vitamin E yang sangat tinggi. Kedua vitamin ini bisa mempengaruhi warna kulit mata dengan cepat. Anda hanya perlu mencampurkan beberapa sendok jus tomat dengan jus lemon. Lalu oleskan pada bagian kelopak mata dan tunggu selama 10 menit. Kemudian bersihkan dengan air dingin yang menyegarkan. Untuk perawatan dari dalam maka Anda bisa minum jus tomat dan jus lemon setiap hari.

Baca: kandungan gizi tomat – buah yang mengandung kolagen super tinggi

  1. Kompres dengan teh celup dingin

Anda ingin menghilangkan kelopak mata yang hitam agar terlihat seperti warna kulit wajah dan tampak segar? Anda bisa mencoba menggunakan teh celup yang sudah didinginkan. Anda bisa memasukkan teh ke dalam air sebentar saja kemudian simpan di lemari es selama beberapa saat hingga dingin. Setelah dingin maka cobalah untuk menempelkannya di kelopak mata Anda. Kebiasaan ini bisa dilakukan menjelang tidur malam atau saat bangun pagi. Jika digunakan secara rutin maka bisa membuat kelopak mata menjadi lebih cerah. (baca: efek samping ampas teh)

  1. Masker dengan jus jeruk

Jika Anda hanya memiliki simpanan buah jeruk maka buat masker untuk kelopak mata dari jus jeruk. Jus jeruk sangat baik untuk menjaga kesehatan kelopak mata. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk tidak hanya untuk mengembalikan warna pigmen alami tapi juga membuat kulit kelopak mata menjadi lebih segar. Bahkan jika dilakukan secara rutin maka masker dengan jus jeruk juga bisa membuat efek penuaan dini seperti kerutan di kelopak mata akan teratasi. Anda hanya perlu membuat masker dari buliran jeruk yang masih segar kemudian terapkan secara langsung ke bagian kelopak mata. (baca: jeruk bagi penderita diabetes)

  1. Masker dari kentang segar

Apakah Anda memiliki kelopak mata hitam akibat cedera, lelah atau kurang tidur? Anda bisa menghilangkan kelopak mata hitam dengan cara yang sangat mudah yaitu dengan menggunakan masker dari kentang segar. Kentang mengandung vitamin C dan juga enzim khusus yang ditemukan pada bagian cairan dari ketang. Kedua bahan ini bisa membuat peradangan dan iritasi pada kulit di kelopak mata akan cepat sembuh. Anda hanya perlu membuat jus kentang dari kenyang segar, kemudian ambil airnya dengan kapas. Lalu gunakan kapas untuk mengompres bagian kelopak mata yang hitam selama 20 menit saja. Perawatan teratur bisa membuat kelopak mata cepat pulih.

  1. Kompres dengan susu dingin

Anda juga bisa mencoba untuk menghilangkan kelopak mata yang hitam dengan susu dingin. Masukkan susu segar ke dalam kulkas selama beberapa saat hingga menjadi lebih dingin. Lalu ambil susu dingin dengan kapas dan terapkan langsung pada kelopak mata serta biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Cara ini juga bisa membuat mata menjadi lebih segar dan mengurangi lelah berlebihan.

  1. Oles dan pijat dengan minyak almond

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mencoba untuk memijat lembut dan mengoles bagian kelopak mata dengan minyak almond. Minyak almond mengandung vitamin E berupa emolien yang akan bekerja untuk membuat kelopak mata menjadi lebih kenyal. Anda bisa mencoba untuk mengambil minyak almond dengan ujung jari, lalu mulai pijat lembut dari bagian luar mata. Gerakan memijat harus melingkar mengikuti bentuk mata dan gerakan harus sangat lembut. Bagian kelopak mata memiliki banyak pembuluh darah yang lembut sehingga harus dilakukan dengan hati-hati. Kemudian bersihkan dengan air dingin atau air hangat. Cara ini sangat baik untuk membuat mata menjadi lebih segar.

  1. Kompres dengan daun mint

Daun mint menjadi sangat terkenal karena memiliki aroma yang lebih kuat dan rasa dingin yang menyegarkan. Karena itu Anda bisa menggunakan daun mint untuk membuat mata menjadi lebih segar dan menenangkan bagian kelopak mata yang hitam. Anda bisa mencoba untuk menghancurkan daun mint hingga sangat lembut kemudian terapkan langsung pada mata. Biarkan selama kurang lebih 20 menit lalu coba bersihkan dengan air dingin. Perawatan ini sangat baik jika dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur. (baca: khasiat daun mint)

  1. Cobalah melakukan meditasi

Kelopak mata hitam memang bisa disebabkan oleh stres dan tekanan hidup yang berat yang kemudian bisa menyebabkan cemas dan kurang tidur. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa melakukan meditasi. Meditasi akan membantu kondisi pikiran menjadi lebih sehat sehingga Anda juga bisa tidur dengan baik. Meditasi dan yoga untuk menghilangkan kelopak mata yang hitam juga bisa dibantu oleh pelatih yang sudah profesional. Inti dari latihan ini adalah untuk menjaga agar pikiran menjadi lebih tenang dan membuat Anda bisa tidur dengan baik.

Baca: cara melakukan meditasi transendental – cara melakukan meditasi untuk kesehatan

  1. Kompres dengan air mawar

Bunga mawar sudah terkenal sebagai bunga yang memiliki aroma harum dan bersifat menenangkan. Anda bisa mencoba untuk menghilangkan kelopak mata yang hitam dengan menggunakan air mawar. Caranya adalah dengan menggunakan air mawar yang sudah dikemas atau mencoba untuk merendam bunga mawar ke dalam air bersih. Kemudian ambil airnya dengan kapas dan gunakan untuk mengompres bagian kelopak mata yang hitam. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Kompres dengan mentimun

Anda juga bisa membuat kelopak mata menjadi segar dan memiliki warna yang alami dengan menggunakan mentimun yang segar. Caranya adalah dengan memotong beberapa buah mentimun lalu langsung terapkan pada kelopak mata . Biarkan selama 30 menit hingga semua bagian mata Anda menjadi lebih segar. Cara ini sangat baik untuk membuat mata menjadi lebih sehat dan tidak terlalu lelah.

Baca: cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata – khasiat timun

Kelopak mata hitam memang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Setiap orang memiliki penyebab yang berbeda dan kemungkinan juga harus menemukan cara perawatan yang berbeda. Namun Anda bisa mencoba untuk mencegah semua masalah ini dengan menjaga kesehatan mata dengan baik. Hindari bahan berbahaya yang bisa menyebabkan kontaminasi pada mata sehingga mempengaruhi kerja pembuluh darah di kelopak mata.

You may also like