Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Apakah anda pernah melihat seseorang menggunakan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma? Mungkin anda sebenarnya pernah melihatnya, namun anda tidak tahu bahwa obat yang digunakan tersebut merupakan sebuah obat yang disebut dengan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma.

Bagi anda yang belum tahu jangan khawatir karena pada postingan kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda secara lengkap mengenai segala hal yang berkaitan dengan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma, termasuk di dalamnya dosis maupun juga efek samping yang harus anda perhatikan ketika anda mengkonsumsi obat tersebut.

Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma merupakan sebuah obat yang digunakan untuk membantu mengatasi infeksi bakteri yang terjadi pada mata. Obat ini termasuk ke dalam obat golongan antibiotik yang mana cara kerjanya adalah dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri.

Perlu anda ingat bahwasanya Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma hanya digunakan untuk membantu mengatasi infeksi bakteri yang menyerang mata, maka dari itu jenis antibiotik ini tidak bisa digunakan untuk membantu mengobati infeksi pada mata yang disebabkan oleh jenis lainnya. Jika misalnya anda salah dalam menggunakan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma, maka bisa menyebabkan berkurangnya tingkat keefektifan dari antibiotik ini maupun jenis antibiotik lainnya.

Berikut ini simak baik – baik penjelasan dari kami mengenai cara penggunaan, cara penyimpanan, sampai kepada efek samping yang akan kami jelaskan.

Cara Penggunaan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma

  1. Anda harus selalu melihat bagaimana cara penggunaan dari Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma maupun jenis antibiotik lainnya yang memang sudah disediakan pada bagian kemasan.
  2. Kami sarankan agar supaya anda tidak menggunakan lensa kontak selama anda menggunakan jenis antibiotik ini maupun antibiotik lainnya.
  3. Kami juga menyarankan agar supaya anda mensterilkan lensa kontak seperti yang telah dijelaskan oleh produsen dari obat ini dan juga anda harus memberitahu kepada dokter jika nantinya anda ingin menggunakannya kembali.
  4. Jika anda ingin mengoleskannya, maka tentunya anda harus mencuci tangan anda terlebih dahulu agar supaya tidak terjadi kontaminasi yang mana hanya akan menyebabkan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma menjadi kurang berkualitas atau malah akan berbahaya.
  5. Anda juga harus berhati – hati agar supaya ujung kemasan tidak sampai tersentuh jari maupun juga tidak sampai tersentuh oleh mata.
  6. Anda juga harus hati – hati memberikannya kepada seseorang yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan antibiotik ini.
  7. Kemudian anda harus memiringkan kepala anda ke belakang dan lalu melihat ke atas, selanjutnya anda harus menurunkan kelopak mata anda ke bagian bawah dengan pelan – pelan. Setelah itu, anda harus menutup mata anda sambil menggerakkan bola mata anda secara perlahan ke semua arah agar supaya antibiotik ini tersebar ke seluruh bagian mata anda. 

  8. Dan juga anda tidak dianjurkan untuk berkedip atau menggosok mata ketika antibiotik ini sudah dimasukkan atau dioleskan.
  9. Anda harus ingat bahwa jika anda menghentikan penggunaan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma secara dini tanpa sebelumnya berkonsultasi kepada dokter, maka besar kemungkinan bakteri tersebut bukan mati malah akan semakin tumbuh yang bisa menjadi sebab infeksi anda akan kambuh atau malah semakin parah.

Cara Penyimpanan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma

Di bawah ini akan kami berikan mengenai bagaimana cara penyimpanan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma yang sesuai dengan ketentuan medis:

  1. Anda harus selalu menyimpan jenis antibiotik ini maupun antibiotik lainnya pada tempat yang memiliki suhu ruangan, namun tempat tersebut tidak terlalu lembab.
  2. Jangan pernah membekukan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma atau bahkan anda menyimpannya di kamar mandi.
  3. Anda juga tidak dianjurkan untuk membuang Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma secara sembarangan, maka anda harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan dokter dan juga pihak pembuangan limbah mengenai dimana seharunya anda harus membuang obat ini. 
  4. Yang tidak kalah penting adalah anda harus menjauhkan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma dari jangkauan anak – anak maupun juga hewan peliharaan anda.
  5. Selalu cek tanggal kadaluarsa dari Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma jika nantinya anda ingin menggunakannya. Jika anda menemukan bahwa Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma sudah habis masa pemakaiannya, maka tentunya anda harus segera menjauhkan antibiotik ini dari jangkauan orang – orang terdekat anda agar tidak sampai digunakan.

Jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai apa dan bagaimana cara penyimpanan yang benar, maka anda bisa bertanya kepada dokter atau juga pihak apotek karena nantinya mereka akan memberikan penjelasan yang lebih lengkap kepada anda.

Dosis Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma

Penggunaan dosis Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma terbagi menjadi dua, yakni dosis yang digunakan oleh anak – anak dan juga dosis yang nantinya akan diberikan kepada orang dewasa. Maka dari itu, simak baik – baik penjelasan dari kami.

Untuk dosis bagi orang dewasa adalah seperti di bawah ini:

  • Dosis salep ophtalmic, maka dosis yang diberikan adalah sebanyak satu tetes untuk setiap 3 jam.
  • Dosis larutan, seperti tetes mata ophtalmic, maka dosis yang diberikan adalah sebanyak satu tetes untuk setiap 1 sampai dengan 4 jam.

Sementara untuk dosis yang diberikan kepada anak – anak yaitu:

  • Dosis salep ophtalmic, maka dosis yang diberikan adalah sebanyak satu tetes untuk setiap 3 jam.
  • Dosis larutan, seperti tetes mata ophtalmic, maka dosis yang diberikan adalah sebanyak satu tetes untuk setiap 1 sampai dengan 4 jam.

Efek Samping Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma

Berikut ini akan kami berikan penjelasan mengenai apa saja efek samping yang akan anda dapatkan ketika nanti anda mengkonsumsi Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma:

  • Efek samping yang diketahui akan anda alami ketika anda menggunakan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma adalah seperti mual tanpa muntah, atau juga bisa menyebabkan anda sakit perut.
  • Efek samping lain juga kemungkinan akan anda rasakan sebagai dampak dari menggunakan jenis antibiotik ini yaitu mengalami diare. Namun anda harus tahu bahwa efek diare tersebut masih tergolong kecil dan juga diare yang akan anda alami masih bersifat ringan.
  • Beberapa orang diketahui akan mengalami sakit kepala ketika mereka menggunakan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma, terutama jika misalnya digunakan dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jelas mengenai apa saja efek samping yang kemungkinan besar akan anda alami, maka kami sarankan agar supaya anda berkomunikasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai kemungkinan – kemungkinan efek samping dari pemakaian antibiotik Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma, kami ingatkan bahwa penggunaan dosis yang sesuai kebutuhan anda nantinya akan sangat berpengaruh terhadap tingkat keefektifan dari antibiotik Chloramphenicol Eye Drops Indo Farma maupun antibiotik lainnya.

Maka dari itu, anda harus berkomunikasi kepada dokter untuk menentukan takaran dosis yang tepat sesuai kondisi yang anda alami. Kami sarankan agar anda juga membaca informasi lainnya seperti Cirloid dan juga Ceftigra. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semuanya.

, , , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Merk Obat C