7 Cara Melakukan Meditasi Transendental dan Manfaatnya

4229

Meditasi merupakan salah satu jenis olahraga yang tidak hanya melibatkan fisik tetapi juga melibatkan jiwa dan justru memang lebih menitikberatkan pada jiwa. Dalam proses meditasi, hal yang diolah yaitu tentang pernapasan dan pikiran. Meditasi ini dilakukan dengan cara memusatkan konsentrasi pada satu hal, dalam hal fisiknya dengan mengatur dan konsentrasi pada respirasi atau jalan keluar masuknya nafas. Keberhasilan dari meditasi ini sangat ditentukan pada unsur ketenangan hati dan batin serta pengendalian pikiran serta emosi. Faktor pendukung lain yang tidak kalah penting untuk keberhasilan proses meditasi yaitu suasana yang nyaman, hening, syahdu dan tentram. [Baca Meditasi untuk kesehatan : 20 manfaat]

Baca juga cara meningkatkan konsentrasi dan daya ingat – cara menjaga kesehatan organ pernapasan manusia dan penjelasannya – penyebab gangguan jiwa pada manusia

Salah satu jenis meditasi yang sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan jiwa dan raga yaitu meditasi transendental. Meditasi transendental merupakan salah satu cara yang populer dari relaksasi mental dan fisik. Meditasi ini akan mampu menghilangkan stres serta realisasi diri. Meditasi transendental diperkenalkan oleh Maharishi Mahesh Yogi di India pada tahun 1955. Awalnya meditasi ini didirikan dengan tujuan untuk pengembangan kesadaran diri. Namun seiring dengan perkembangan yang terjadi, maka meditasi transendental ini ternyata memilki banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika orang dengan rutin melakukan aktifitas transendental.

Manfaat Meditasi Transendentral

  • Mengembangkan Potensi Mental

Mental mempunyai pengaruh besar dalam jiwa dan kepribadian manusia. Dengan melakukan meditasi transendental ini akan membantu mengembangkan potensi mental anda karena sebenarnya semua manusia mempunyai kesempatan yang sama dalam mengembangkan dan memperbaiki mental diri. Mental yang kuat akan dapat menciptakan jiwa yang kuat dan akan mempengaruhi keberhasilan dalam hidup anda.

Dengan melakukan meditasi transendental ini maka akan membuat pikiran lebih jernih dan lebih fokus, akan meningkatkan kecerdasan atau IQ, meningkatkan daya ingat, meningkatkan integrasi dari fungsi otak, meningkatkan kemampuan berinovasi serta akan meningkatkan kemampuan belajar. Jika mental dalam diri seseorang bisa terolah dengan baik, maka akan mempengaruhi segala hal yang berhubungan dengan mental dan jiwa seperti yang telah disebutkan.

Baca juga :

  • Meningkatkan Kesehatan

Meditasi transendental memang lebih condong pada pengolahan pikiran dan emosi. Tetapi jika pikiran dan emosi dalam diri seseorang dapat terkontrol dengan baik, maka akan berpengaruh pada kesehatan raga, seperti menghilangkan stres, kualitas istirahat yang lebih baik, ketenangan yang akan meningkat, mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi penebalan pada dinding pembuluh darah, mengurangi rasa cemas, mengurangi resiko penyakit kencing manis (diabetes) dan penyakit jantung, serta menjadi lebih awet muda. Kesehatan fisik atau raga memang berhubungan erat dengan pikiran dan jiwa. Banyak penyakit yang timbul atau bahkan semakin parah akibat adanya gangguan pikiran atau kurangnya ketenangan pikiran dan jiwa. Sehingga semakin sehat pikiran dan jiwa akan semakin meningkatkan kesehatan raga.

Baca juga:

  1. Meningkatkan Perilaku Sosial

Orang bisa dikatakan benar-benar sehat jika hati, pikiran, jiwa serta raganya sehat. Tidak hanya raga yang perlu diperhatikan kesehatannya, sebab orang yang pikiran atau jiwanya kurang sehat akan kurang peduli terhadap lingkungan serta jiwa sosialnya kurang. Kita hidup di dunia ini tidak mungkin bisa sendiri, kita merupakan makhluk sosial yang perlu saling kenal serta peduli satu sama lain. Melakukan meditasi transendental akan membantu meningkatkan perilaku sosial seperti meningkatkan apresiasi dengan sesama, meningkatkan kepuasan terhadap pekerjaan, meningkatkan hubungan baik dengan atasan, meningkatkan hubungan baik sesama teman atau sahabat serta akan dapat meningkatkan kemampuan adaptasi seseorang terhadap berbagai kondisi lingkungan dan masyarakat.

Baca juga : efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial – dampak bahaya dadah pada kesehatan dan sosial

  1. Menciptakan Perdamaian Dunia

Perdamaian merupakan kunci dari ketenangan jiwa maupun raga. Jika semua orang didunia ini menyadari akan hal tersebut maka dunia ini akan damai, aman dan tentram. Meditasi transendental akan mampu membuat hati dan pikiran manusia menjadi tenang dan damai sehingga akan mampu menciptakan perdamaian dunia karena setiap orang akan sadar bahwa berbuat kejahatan merupakan perilaku yang akan menimbulkan ketidaktenangan dan kerusuhan.

Demikian beberapa manfaat yang bisa diambil dari melakukan meditasi transendental. Manfaat tersebut jika bisa diambil secara maksimal oleh setiap orang maka akan menciptakan ketenangan dan kesuksesan. Dalam melakukan meditasi transendental perlu dilakukan cara yang benar agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari usaha yang dilakukan. Beberapa cara yang harus anda pelajari dan pahami agar dapat berhasil dalam melakukan meditasi transendental yaitu sebagai berikut:

  1. Posisi Tubuh yang Benar

Untuk dapat melakukan meditasi transendental ini perlu posisi tubuh yang benar yaitu dengan posisi punggung yang tegak, tetapi tubuh harus tetap rileks, jangan tegang atau kaku. Jika kaku atau tegang maka akan terasa cepat lelah. Posisi punggung tegak tetapi tidak boleh bersandar karena jika bersandar akan bisa menjadikan mengantuk atau terlelap tidur.

Tujuan dari meditasi untuk mendapatkan ketenangan, tetapi bukan ketenangan tidur, melainkan ketenangan agar dapat membangun kesadaran yang tinggi dalam jiwa.

Baca juga Posisi tidur yang baik untuk kesehatan  – Penyebab tubuh bungkuk (No. 2 Paling Berbahaya)

  1. Kosongkan Pikiran

Melakukan meditasi harus dengan pikiran yang kosong, maksudnya adalah melepaskan beban-beban yang memberatkan pikiran serta menyingkirkan berbagai pikiran negatif yang dapat membuat kecemasan tercipta dalam jiwa. Kondisikan pikiran anda tenang dan terkendali selama proses meditasi transendental berlangsung. Baca juga Pikiran positif : manfaat dan penelitian lengkap

  1. Kuasai Alam Bawah Sadar Anda

Semua orang mempunyai alam bawah sadar yang dapat memikirkan atau berangan-angan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh alam nyata. Kirimkan sinyal alam bawah sadar anda sehingga anda dapat membayangkan hal-hal yang tidak dapat dibayangkan atau disaksikan oleh jasad anda. Dalam melakukan ini harus tetap dalam keadaan rileks serta cermat dan tetap waspada.

  1. Pusatkan Pikiran pada Proses Pernapasan

Meditasi transendental ini memang lebih pada proses respirasi atau keluar masuknya pernapasan. Dalam proses ini pusatkan pikiran dan perhatian anda pada keluar masuknya nafas anda. Rasakan proses pernapasan anda dari masuk sampai keluarnya dari rongga hidung hingga masuk ke dalam paru-paru serta pemompaan pada jantung. Di dalam proses pernapasan ini terdapat atma atau energi pemberian kehidupan sehingga akan semakin meningkatkan kesadaran diri anda.

  1. Konsentrasikan pada Proses Pembuangan Aura Negatif

Dalam proses meditasi transendental ini dilakuakan dengan mengatur keluar masuknya nafas. Saat nafas dihembuskan keluar, maka sugestikan pada alam bawah sadar anda bahwa sesuatu yang pekat, hitam sedang keluar dari tubuh anda. Sesuatu yang pekat dan hitam ini merupakan energi jelek dalam tubuh yang bisa memberikan aura negatif seperti kecemasan, kegelisahan, stres, depresi ketakutan, kekhawatiran serta keraguan. Jika anda sedang menarik nafas kedalam maka sugestikan bahwa alam bawah sadar anda sedang ada energi putih dan bersih sedang masuk ke dalam jiwa anda yang akan membuat aura jiwa anda menjadi positif.

  1. Sabar dan Telaten

Dalam melakukan meditasi transendental ini tidak dianjurkan dengan terburu-buru ingin dapat merasakan manfaat dari meditasi, tetapi anda harus ingat bahwa melakukan meditasi ini diperlukan konsentrasi serta kerja keras untuk sabar dan telaten. Rasakan proses keluar masuknya nafas serta gerak-gerak semua proses pernapasan agar anda bisa merasakan manfaatnya, dan memang perlu proses dan tahapan untuk mencapai keberhasilan memperoleh manfaat dari meditasi ini.

  1. Lakukan Selama 11 sampai 17 Menit

Meditasi transendental ini perlu dilakukan dengan tahapan waktu. Untuk permulaan maka anda bisa melakukan 11 sampai 17 menit. Seiring dengan semakin baik dalam melakukannya, maka anda bisa menambahkan waktunya. Awalnya hanya konsentrasi pada proses aspirasi atau pernapasan tetapi jika sudah pada tahap lanjutan maka akan bisa ditingkatkan pada hal spiritualnya agar dapat mendapatkan manfaat yang lebih tinggi.