16 Cara Mengobati Kaki Keseleo Paling Ampuh

3643

Keseleo dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Keseleo dapat terjadi saat kita oah raga ataupun saat kita berjalan. Keseleo atau terkilir adalah cidera yang yang terjadi pada ligamen atau jaringan yang menghubungkan penyongkong sendi dengan tulang kita. Keseleo biasanya sering diaami oleh para atlet, keseleo yang sering terjadi pada atlet adalah keseleo pada pergelangan kaki. Adapun penyebab terjadinya keseleo adalah adanya peregangan yang berlebihan yang disebabkan karena stres berat yang terjadi pada sendi.  Kurangnya pemanasan, teknik latihan yang salah saat berolah raga ataupun jatuh pada posisi yang tidak wajar juga merupakan salah satu penyebab terjadinya keseleo. Adapaun berbagai cara mengatasi keseleo terutama pada peregangan kaki akan dibahas dibawah ini. (Baca Juga: Obat Sakit Lutut Kaki Kanan , Penyebab Kram Pada Kaki)

Cara Mengobati Kaki Keseleo

  1. Melakukan peregangan

Melakukan peregangan saat kaki keseleo sangat diperlukan ha ini agar jangkaun gerakan pada kaki yang keseleo dapat dinormalkan kembali. Untuk membuat ligamen pada kaki menjadi lebih baik kita dapat melalkukan peregangan dengan cara berdiri lalu tempelkan tangan ppada dinding, letakkan kaki yang keseleo satu langkah dibelakang kaki yang lain. Tempelkan tumit pada bagian lantai lalu tekuklah uut secra perlahan sehingga peregangan yang ada pada bagian betis betul betul dapat dirasakan.

Baca Juga:

  1. Menggunakan aloe vera

Aloe vera merupakan salah satu tanaman yang sudah sangat dipercaya dalam penyembuhan pada jenis cidera saat kita melakukan aktivitas olah raga.

  1. Melakukan latihan

Melakukan latihan disini adalah untuk membuat ligamen pada pergelangan kaki bisa pulih dengan cepat, adpun beberapa contoh latihan peregangan ligamen kaki sebagai berikut

  • Ambillah posisi duduk yang nyaman, letakkan pergelangan kaki yang keseleo sejajar diatas lantai, gerakkan lutut kekanan dan kekeiri selama 3 menit, selama melakukan peregangan tersebut pastikan bahwa kaki masih teteap berada dilantai.
  • Putar pergelangan kaki secara perlahan lahan. Biasanya seteah melakukan peregangan ini kaki akan mengalami pembengkakan jika kaki mengalami pembengkakan maka lakukan latihan ini dengan sedikit meninggikan posisi kaki.

(Baca juga: Penyebab Kaki Bengkak pada Penderita Diabetes , Cara Mengobati Kaki Pegal)

  1. Menggunakan metode RICE

Menggunakan metode RICE adalah cra umum dalam mengatasi kaki yang sedang keseleo. Metode RICE diantaranya adalah

  • Rice atau istirahat

Untuk mengurangi rasa cidera pada kaki istirahatkan kaki yang sedang terkena cidera. Ha ini merupakan salah satu pertolongan pertama agar kaki yang cidera atau keseleo tidak bertambah parah. Istirahat yang dimaksud disini bukan mengistirahatkan kegiatan otot secara total, tetapi hanya saja mengurangi kegiatan kegiatan yang berhubungan langsung dengan otot. (Baca Juga: Penyebab Otot Bergerak Sendiri)

  • Ice

Ice dapat digunakan sebagai pertolongan pertama setelah kaki diistirahatkan, yaitu dengan mengkompres bagian kaki yang keseleo atau bengkak agar rasa sakit tidak muncul dan dapat segera dicegah. Caranya dengan menempelkan es sekitar 20 menit pada bagian kaki yang cidera atau keseleo. (Baca Juga: Bahaya Makan Es Batu Setiap Hari)

  • Compress

Compres dengan menggunakan es hampir sama hanya saja untuk mengatasi keseleo pada kaki dengan menggunakan kompres memerlukan perban elastis yang digunakan untuk mengkompres kaki yang keseleo. Untuk melakukan pengobatan dengan kompres ini tidak boleh terlalu longgar ataupun terlalu kencang saat memperban bagian kaki yang keseleo. (Baca Juga: Cara Kompres yang Benar untuk Demam)

  • Elevate atau angkat

Menganggkat pergelangan kaki merupakan salah satu cara yang evektif dalam mengatasi kaki yang keseleo sebab posisi pergelangan kaki yang ditinggikan dapat menyebabkan cairan pada cidera kering dengan baik. Caranya angkat pergelangan kaki hngga berada diatas posisi jantung. (Baca Juga: Komplikasi Serangan Jantung)

  1. Memakai kubis

Kubis juga memiliki berbagai manfaat , selain digunakan untuk makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan ternyata kubis juga merupakan sayuran yang dapat digunakan untuk mengobati keseleo, kubis memiliki manfaat yang kaya akan fitonutrin dan juga vitamin yang dapat membuat pergelangan kaki lebih cepat sembuh.  Cara menggunakan kubis untuk obat keseleo adalah dengan membuang daun kubis pada bagian luar lalu hancurkan daun kubs untuk dibuat jus. Selain dibuat jus daun kubis juga dapat digunakan sebagai perban yaitu dengan cara menghangatkan daun kubis kedalam oven dan ditutup dengan foil, setelah suhu pada daun kubis hangat tempelkan daun kubis pada pergelangan kaki yang keseleo.

Baca Juga:

  1. Menggunakan minyak esensial serai

Minyak esensial memiiki berbagai kandungan zat zat yang baik diantaranya adalah zat anti bakteri, antiseptik, analgesik dan juga sifat fungisida, untuk mengatasi kaki yang keseleo dengan minyak esensial serai ini cukup dioleskan pada bagian kaki yang keseleo sambil pijat dengan lembut dn perlahan, gunakan minyak esensial serai ini 3 kali sehari secara rutin agar proses penyembuhan berjalan secara cepat dan efektif.

  1. Menggunakan jahe

Selain dapat digunakan sebagai cara menghilangkan amandel secara alami ternyta jahe juga dapat digunakan sebagai obat keseleo pada pergelangan kaki, sebab jahe dapat memberikan kehangatan pada bagian tubuh kita. Cara menggunakan ramuan jahe sebagai obat keseleo adalah rebus jahe yang sudah diiris 2 sampai 3 inci pada air mendidih selama 5 m3nit, sediakan kain yang bersih lalu rendamlah pada ramuan air jahe tersebut dan balutkan pada bagian kaki yang cidera atau keseleo dengan perban yang sudah dibasahi dengan rendaman air jahe tersebut.

Baca Juga:

  1. Menggunakan minyak zaitun

Mnyak zaitun juga memiliki berbagai manfaat, selain untuk kecantikan dan sebagai pengganti minyak goreng minyak zaitun juga dapat digunakan untuk kesehatan. Minyak zaitun dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kaki yang keseleo, yaitu dengan cara 1 sendok teh minyak zaitun bisa dalam keadaan panas atau dingin digunakan untuk memijat mijat bagian kaki yang keseleo. Hal ini digunakan untuk membuat otot yang cidera menjadi lebih rileks. Selain itu dapat juga membuat ramuan minyak zaitun dengan dicampurkan kuning telur lalu dioleskan pada bagian yang keseleo. Agar mendapatkan penyerapan yang lebih sempurna maka gunakan kain katun yang bersih untuk membungkusnya. Untuk hasil yang maksimal gunakan cara ini secara rutin sampai keseleo pada otot teratasi. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat lain diantaranya untuk cara mengobati kaki pecah pecah, untuk obat kaki bengkak karena jatuh, cara menghilangkan kurap, dan cara mengobati sariawan

  1. Menggunakan kunyit

Didalam kunyi juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat digunakan sebagai obat kaki yang terkilir, selain memeiki berbagai manfaat untuk kecantikan, dan cita rasa makanankunyit juga merupakan salah satu tanaman herbal yang ampuh dalam mengatasi kaki yang terkilir, cara mengatasi kaki yang terkilir atau keseleo dengan menggunakan kunyit adalah buatlah pasta kental menggunakan kunyit tambahkan air jeruk nipis satu sendok makan, setelah itu pasta yang sudah jadi ini dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi kaki yang keseleo. Untuk hasi yang maksimal gunakan perban untuk menutupi pasta tersebut sehingga zat zat nya dapat terserap oleh kaki yang terkilir. kunyit pun dapat digunakan untuk obat tradisional darah tinggi, cara menghilangkan bekas luka kenal pot.

  1. Menggunakan bawang merah

Selain digunakan untuk memasak ternyata bawang meah juga dapat digunakan sebagai salah satu obat yang mujarab untuk mengobati pergeangan kaki yang keseleo.  Didalam bawang merah juga memiiki kandungan anti infamasi yang dapat menyembuhkan peradangan pada kaki yang keseleo. Cara menggunakan bawang merah sebagai obat kaki yang keseleo adalah dengan menyimpan bawang merah yang berukuran agak bsar kedaam kulkas lalu potong kecil kecel seteah itu camurkan garam pada potongan bawang merah tersebut. Letakkan racikan tersebut pada bagian kaki yang keseleo lalu balut menggunkaan kain agar zat zat baik yang ada pada racikan tersebut segera terserap dengan baik oleh kaki yang keseleo. Lepas balutan tersebut setelah 8 jam. Namun tidak boleh terlalu banyak karena ingat efek samping bawang merah pun ada

  1. Menggunakan es

Segera kompres bagian yang keseleo menggunakan air es, hal tersebut digunakan untuk membekukan pembuluh darah, agar kaki yang keseleo tidak semakin sakit, jika mengkompres kaki yang keseleo menggunakan air hangat atau panas menyebabkan peredaran darah pada pembuluh darah menjadi lancar sehingga sulit terjadi pembekuan pada pembuuh darah, dan hal tersebut malah memnuat penderita kaki yang keseleo semakin merasakan sakit.

Baca Juga:

  1. Menggunakan bawang putih

selain untuk memasak bawang putih yang memiliki kandungan inflamasi didalamnya dapat digunakan sebagai salah satu obat untuk mengatasi keseleo meskipun terdapat efek samping bawang putih tetapi bawang putih tetap aman digunakan sebagai obat untuk mengatasi keseleo, mengatasi kaki yang keseleo dengan bawang putih dapat diakukan dengan cara mencampurkan minyak bawang putih satu sendok teh dengan minyak almond 1 sendok teh untuk dioleskan pada bagian kaki yang cidera. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat maka lakukan cara tersebut 3 kali dalam sehari.

  1. Menahan rasa sakit

Jika anda mengalami keseleo pada kaki jangan asal pijat bagian yang keseleo jika kita tidak memiliki ilmu yang cukup tentang memijat, sebagai pertolongan pertama ketika kaki keseleo maka lakukan penahanan pada kaki yang keseleo tersebut lalu datangkan atau obati pada tukang urut. (Baca juga: Patah Pergelangan Tangan)

  1. Istirahat

Banyak melakukan aktivitas dan merasakan ngantuk terus merupakan salah satu penyebab terjadinya keseleo pada pergelngan kaki. Jika hal tersebut terjadi maka segeralah lakukan istirahat atau lakukan pengurangan aktivitas pada bagian tubuh yang keseleo. selain itu kurang istirahat juga menjadi penyebab badan lemas

  1. Membalut dengan kain

Membalut bagian tubuh yang keseleo dengan kain merupakan salah satu pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika kaki sedang keseleo, sebab dengan membalut bagian tubuh yang keseleo dapat mengurangi ruang gerak pada tubuh atau kaki yang keseleo.

Baca Juga:

  1. Menggunakan air arang

Air arang memiiki khasiat yang sangat ampuh dalam mengatasi pembengkakan pada kaki yang keseleo. Cara pengobatan kaki yang keseleo menggunakan air arang adalah siapkan batok kelapa secukupnya yang sudah dipanaskan. Masukkan arang yang masih panas kedalam satu gayung air yang sudah disediakan, gunakan cara tersebut pada bagian kaki yang keseleo, cara ini dapat membantu meringankan kaki yang bengkak disebabkan karena keseleo.