20 Cara Mengobati Tangan Keseleo dan Bengkak Alami

19139

Tangan keseleo bisa dikarenakan ketidaksengajaan saat sedang beraktivitas ringan atau bahkan berolahraga. Ketika tangan keseleo kemudian disertai bengkak, tentu ada rasa tak nyaman dan kesal karena tangan sendiri adalah bagian tubuh yang kerap kita andalkan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk mengobatinya, tersedia banyak cara, termasuk yang alami dan berikut ini adalah beberapa cara mengobati yang bagus untuk dicoba.

(Baca juga: nyeri sendi lutut)

1. Jus Nanas

Ketika membayangkan adanya jus nanas, mungkin bayangan kita adalah jus nanas yang segar dan asyik diminum ketika hawa panas. Namun jus nanas yang dimaksud di sini adalah jus yang bisa mengurangi rasa keseleo; ketika keseleo, itu artinya ada rasa sakit yang terjadi di bagian tangan diakibatkan oleh peradangan. Jus nanas bisa dibuat sehari 2 kali untuk bisa memulihkan otot keseleo lebih cepat.

(Baca juga: cara mengobati keputihan)

2. Minyak Kastor

Minyak kastor atau castor oil merupakan hal mungkin asing bagi beberapa dari Anda, tapi bahan satu ini adalah yang termasuk ampuh dalam mengobati keseleo serta pembengkakan pada tubuh, termasuk tangan. Minyak kastor sendiri berasal dari daun jarak yang memiliki manfaat sebagai pereda rasa sakit otot yang diakibatkan oleh keseleo dan penggunaan dari bahan ini terhitung mudah karena minyak tersebut hanya tinggal dioleskan saja ke bagian tangan yang sakit, kemudian Anda bisa berikan pijatan lembut yang berlangsung selama 10-15 menit.

3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang punya segudang manfaat meski juga diketahui beberapa efek samping bawang putih yang juga patut diwaspadai. Untuk mengurangi rasa sakit, bawang putih bisa dimanfaatkan dan malah akan membantu pemulihan lebih cepat. Di dalam bawang putih ada banyak kandungan baik, termasuk zat besi, sodium, dan potasium yang termasuk di dalam jenis mineral, berikut juga ada vitamin E, B6 dan juga vitamin A yang bergizi.

Untuk cara penggunaannya, cobalah untuk mengambil bawang putih beberapa siung secukupnya saja yang kemudian bisa dicincang-cincang baru dibungkus menggunakan kain katun halus. Ini kemudian bisa diperas sampai minyak keluar. Minyak inilah yang bisa dijadikan obat keseleo dengan mengoleskan hasil perasan bawang putih dalam bentuk minyak tersebut sambil memberikan pijatan-pijatan perlahan agar otot tidak tegang dan bisa membaik.

(Baca juga: bahaya bawang putih mentah)

4. Kunyit + Lemon

Cobalah untuk mengombinasikan kedua bumbu dapur yang sudah sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari kita ini di mana rupanya manfaatnya sangat besar, termasuk meredakan radang yang diakibatkan terkilir. Untuk menggunakannya, cukup hanya dengan menumbuk sejumlah ruas kunyit yang lalu bisa dicampurkan dengan air perasan lemon 1 sendok makan saja di mana bagian yang sakit bisa dioles dengan bahan tersebut di bagian tubuh yang sakit, seperti misalnya tangan ketika dalam keadaan keseleo. Atau cara alternatifnya, coba saja dengan membungkus tangan yang bengkak dan nyeri menggunakan kain katun yang sebelumnya sudah Anda lumuri dengan bahan tersebut.

(Baca juga: lipoma)

5. Minyak Almond

Minyak almond atau almond oil bersama dengan minyak bawang putih alias garlic oil 1 sendok makan saka kemudian dicampurkan akan menghasilkan obat keseleo yang ampuh. Sesudah itu, kedua campuran bahan bisa digunakan yang disertai juga dengan pijatan-pijatan lembut di bagian yang cedera, apabila tangan, pijatlah area yang sakit pelan-pelan. Kedua bahan ini bila dicampur akan sangat berkhasiat dan rasa sakit pun dijamin hilang seketika dengan cepat.

(Baca juga: penyebab encok)

6. Minyak Kayu Putih

Kayu putih adalah bahan alami yang juga baik untuk dijadikan obat keseleo di mana Anda hanya membutuhkan beberapa sendok saja dengan dicampurkan bersama dengan minyak rosemary. Bagian tangan yang sakit bisa dipijat-pijat ringan yang diakibatkan keseleo tadi dan karena bengkak, cobalah memijat pelan. Sirkulasi darah biasanya akan lancar ke otot yang terkilir dengan metode ini dan akhirnya pembengkakan serta rasa sakit akan berkurang dan berangsur membaik. Itulah manfaat minyak kayu putih selain dijadikan cara mengatasi sakit kepala.

7. Seledri

Menjadi salah satu makanan kaya serat, seledri biasanya manfaatnya adalah sebagai penyedap masakan di akhir proses memasak, seledri bisa coba diandalkan untuk menyembuhkan sakit keseleo pada tangan, atau bahkan bagian tubuh lainnya. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan menyediakan daun seledri beberapa lembar dan ditumbuk bersama yang lalu bisa ditambah dengan air. Olesi bagian yang cedera dan bengkak dengan ramuan ini, buktikan keampuhannya segera.

8. Gel Chestnut

Ada zat aescin yang terdapat pada gel chestnut jika Anda belum mengetahuinya, dan zat ini memiliki fungsi baik untuk membuat keseleo lebih baik dengan meredakan rasa nyeri dan mengempeskan bengkaknya. Peradangan yang terjadi di otot tangan akan pulih karena memang sudah menjadi tugas dari zat tersebut untuk membantu memulihkan. Caranya termasuk simpel, yaitu gel chestnut bisa dioleskan ke bagian yang keseleo secara merata dan bila teratur, lihat hasilnya yang luar biasa bisa menyembuhkan.

(Baca juga: kelelahan otot)

9. Jahe

Selain sebagai salah satu cara menyembuhkan vertigo, sifat hangat pada jahe sangat luar biasa dan bisa sangat berguna dalam meredakan rasa nyeri dan juga pembengkakan pada tangan yang keseleo. Caranya tidak sulit dan tidak akan membuang waktu lama di mana jahe bisa diambil secukupnya, kemudian bisa diparut sampai halus, baru parutan jahe bisa dibalurkan ke tangan yang terkilir. Terakhir, untuk menyelesaikan pengobatan, balut tangan yang sudah dibalurkan parutan jahe menggunakan kain yang sudah Anda siapkan.

(Baca juga: cara mencuci tangan yang benar dan steril)

10. Serai + Kemiri

Cukup hanya menyiapkan kemiri 3 butir yang juga sudah dibuang kulitnya, kemudian serai 2 batang bisa membuat nyeri keseleo pada tangan pulih dengan baik. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan batang serai ditumbuk sampai benar-benar hancur yang akhirnya nanti bisa dicampur dengan campuran air dan kemiri. Ini kemudian perlu disimpan pada wadah panas api yang dipanaskan di atas perapian yang bisa ditunggu sampai kondisi menjadi lebih hangat.

Air yang sudah menjadi hangat itu adalah ramuan yang kemudian bisa dibalurkan ke bagian tangan keseleo. Jika tak terpakai semua, air ramuan yang sisa bisa digunakan untuk mengompres dan membalut dengan memakai kain yang bersih supaya sari-sarinya bisa teresap ke dalam kulit secara sempurna. Minimal sehari sekali balutan itu harus diganti.

(Baca juga: penyebab telapak tangan berkeringat)

11. Beras + Kencur

Kencur dan beras adalah obat alami untuk mengobati keseleo pada tangan, termasuk jika terjadi pembengkakan di sana, dengan hanya menyediakan segenggam beras yang telah Anda rendam air (pastikan bahwa itu bukan beras plastik – baca: ciri-ciri beras plastik) dan juga kencur 1 rimpang saja. Cara penggunaannya tidak akan ribet karena kedua bahan hanya perlu Anda gerus hingga halus dan menambahkannya air seperlunya, jadikanlah bahan ini bedak atau param yang bisa dibalurkan ke tangan yang cedera.

12. Daun Dewa + Temulawak + Temu Hitam

Ketiga bahan tradisional ini sangat efektif dalam mengobati tangan yang keseleo maupun bengkak, hanya dengan menyediakan daun dewa segar sekitar 15-30 gram, temu hitam 25 gram, serta temulawak 25 gram. Rebuslah semua bahan bersama dengan air 600 cc sampai akhirnya mendidih dan tersisa setengahnya alias 300 cc. Air rebusan inilah yang kemudian bisa digunakan untuk mengobati, yaitu dengan cara meminumnya hangat-hangat; asalkan konsumsi teratur, pengobatan dari dalam ini akan sangat efektif dan Anda akan merasakan efek baiknya.

13. Daun Gandarusa + Temu Putih

Ramuan dengan temu putih dan daun gandarusa ini adalah ramuan yang akan mengobati keseleo baik dari luar maupun dalam dengan menghaluskan keduanya. Setelah halus, tempelkan ramuan ini di bagian tangan Anda yang cedera dan bengkak. Khusus untuk dalam, Anda bisa menyediakan daun gandarusa 15 gram kering atau bisa juga pilih yang segar 30 gram yang kemudian bisa Anda rebus bersama air 600 cc sampai sisanya mencapai 300 cc. Saringlah ramuan yang sudah jadi dan barulah air bisa dminum secara teratur sampai tangan benar-benar membaik.

(Baca juga: tangan bergetar sendiri)

14. Minyak Kelapa + Garam Halus + Asam Dapur

Ketiga bahan ini rupanya akan mampu membantu pemulihan dari tangan yang keseleo secara alami di mana pertama-tama Anda bisa menyediakan asam dapur yang bisa ditambah dan dicampur dengan garam halus sedikit saja yang lalu minyak kelapa dimasukkan secukupnya. Remas dan aduk-aduk sampai rata dan pastikan bahwa bahan semuanya sudah tercampur sempurna. Pakailah obat ramuan ini untuk menggosokkan ke bagian tangan yang sakit; melakukannya secara rutin tepat sebelum tidur lalu keesokan paginya dibersihkan menggunakan air hangat akan membawa manfaat besar.

(Baca juga: bahaya kesemutan)

15. Air Arang

Pembengkakan pada tangan yang disebabkan oleh keseleo bakal dapat diatasi dengan air arang yang sangat ampuh hanya dengan menyediakan arang batok kelapa dalam keadaan panas secukupnya saja. Arang tersebut selagi panas bisa dimasukkan ke dalam segayung air (pakai air mentah biasa saja), selanjutnya karena efek arang maka air akan menjadi hangat. Air arang bisa digunakan untuk membasuh tangan Anda yang bengkak dengan melakukannya sehari 2 kali supaya bengkak mengempis dan keseleo pun membaik.

(Baca juga: tangan kram dan kaku)

16. Terapi RICE

Untuk mengobati tangan yang keseleo disertai bengkak, jangan coba-coba pakai cara sembarangan. Anda bisa mencoba yang namanya terapi RICE, seperti berikut ini:

  • Rest/Istirahat. Tentu saat tangan cedera, bagian tubuh ini perlu diistirahatkan dengan baik. Caranya adalah dengan tidak membuatnya aktif bekerja alias menggerak-gerakannya. Jangan juga mencoba menekan-nekan bagian yang sakit atau membebaninya. Kalaupun memberikan pijatan cobalah lakukan perlahan asalkan tidak memberi tekanan secara berlebihan; namun bila takut, tidak usah dipijat sama sekali supaya tak menjadi parah.
  • Ice/Es. Sudah bisa ditebak bahwa cara satu ini adalah dengan menggunakan es untuk mengompres. Proses mengompres bisa dilakukan 15 menit per jamnya di sendi tangan yang keseleo. Tapi coba hindari untuk tidak menaruh es di bagian kulit secara langsung atau Anda akan membuat kulit rusak. Sediakan kain katun tipis untuk menjadi lapisannya sehingga rasa sakit serta memar bisa dikompres.
  • Compression/Penekanan. Hal ini bukan berarti bahwa Anda bisa menekan-nekan bagian yang keseleo secara bebas karena Anda perlu memberikan perlindungan dengan membungkus sendi menggunakan perban elastis di area pergelangan dan sendi. Untuk peradangan bisa diminimalkan, maka perban sangat dibutuhkan sebagai penyangga di area tersebut dan akhirnya bisa menyediakan rasa nyaman. Pastikan Anda membalutnya dengan mantap tapi tidak begitu kencang supaya aliran darah tak terganggu. Lama compression prosesnya bisa dari 1-2 hari apabila pada level ringan atau bahkan 2 minggu pun bisa apabila keseleonya pada tingkat berat.
  • Elevation/Peninggian. Bagian tangan yang keseleo bisa coba digerakkan dengan membuatnya lebih tinggi dari jantung yang biasanya akan berfungsi untuk mengurangi pembengkakan. Keseleo pergelangan tangan pun perlu diperlakukan demikian agar bengkak cepat pulih dan kondisi bisa membaik lebih cepat.

(Baca juga: penyebab kelopak mata gatal dan bengkak)

17. Mengunjungi Ahli Ortopedi

Gejala yang terus berlanjut bisa saja terjadi pada tangan Anda yang keseleo dan bengkak apabila ramuan-ramuan tersebut kurang bekerja secara efektif bagi Anda. Maka, untuk memberikan solusi pengobatan yang terpercaya bagi tangan Anda, pergilah ke ahli ortopedi untuk mendapatkan penanganan yang sempurna. Ingat bahwa ahli ortopedi adalah juga sebagai spesialis sendi namun pembedahan dan suntikan adalah yang mereka gunakan supaya masalah cedera dapat teratasi jika tak kunjung sembuh dengan cara pengobatan biasa.

Misalnya, jari tangan Anda rupanya tak hanya sekadar keseleo, tapi diketahui patah, maka ada operasi kecil yang perlu dijalani. Suntikan obat steroid pun juga bisa didapatkan supaya peradangan dapat dikurangi dengan cepat. Triamcinolone, dexamethasone serta predinisolone merupakan jenis steroid yang banyak digunakan. Ketahui juga adanya tendon melemah, infeksi, serta atrofi otot di bagian yang sakit serta rusaknya saraf merupakan potensi komplikasi yang berkaitan dengan suntikan kortikosteroid di tangan.