9 Penyebab Telapak Tangan Berkeringat dan Cara Mengatasinya

12798

Ada bagian – bagian di tubuh kita yang mempunyai keadaan lebih lembab dari area lainnya. Hal ini bisa diakibatkan karena kurang terbukanya bagian tersebut atau karena sering keluarnya cairan dari bagian tersebut. Beberapa bagian yang terasa lembab tersebut terkadang membuat kita yang merasakan tidak nyaman. Salah satu bagian tubuh yang terkadang terasa lembab adalah telapak tangan. Padahal jika kita tahu, bahwa telapak tangan merupakan bagian yang selalu terbuka setiap saat. Kulit pada telapak tangan memang berbeda dari bagian yang lainnya. Dan telapak tangan yang terasa lembab, bahkan basah ini tidaklah dialami oleh semua orang. Ada beberapa orang saja yang mempunyai gejala semacam ini. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan telapak tangan terasa lembab bahkan basah ini?

Telapak yang basah ini bukanlah kondisi yang normal atau lazin ditemui pada setiap orang. Hanya sebagian orang saja yang mengalami gejala sepeti ini. Basahnya telapak tangan ini diakibatkan oleh keringat yang keluar mempunyai kadar yang berlebihan. Keadaan berkeringat secara berlebihan pada saat temperatur sedang tidak panas atau sedang tidak melakukan aktivitas olahraga disebut dengan hiperhidrosis.

Hiperhisrosis umum merupakan keringat yang berlebihan yang tidak hanya terbatas pada bagian tubuh tertentu, dan biasanya terjadi gejala seperti ini ketika seseorang sudah dewasa. Beberapa keadaan yang menyebabkan terjadinya hiperhidrosis ini antara lain:

  1. Penyebab Hiperhidrosis pada Orang Dewasa

Berikut ini adalah penyebab hiperhidrosis pada orang dewasa yang harus kit ketahui :

  1. Penyebab Hiperhidrosis pada Anak dan Remaja

Terkadang hiperhidrosis ini menyerang pada seseorang sejak usia kanak- kanak ataupun remaja. Jika hal ini terjadi, bisa jadi merupakan kelainan lokal atau yang biasa disebut sebagai hiperhidrosis lokal. Gejala seperti ini hanya mengenai tubuh area tertentu saja. Hal seperti itu kemungkinan karena disebabkan oleh hal- hal tertentu, seperti:

  1. Penyakit

Beberapa penyakit diatas adalah penyakit yang kemungkinan menjangkit seseorang karena bagian tubuhnya mengalami hiperhidrosis. Namun penyakit tersebut tidak bisa didiagnosis hanya dengan satu gejala saja, namun harus disertai dengan gejala- gejala lainnya juga. Misalnya pada penyakit jantung. Penyakit jantung biasanya ditandai dengan gejala telapak tangan yang basah, namun juga disertai nyeri pada bagian dada atau sesak nafas terutama saat beraktivitas, berdebar- debar, bengkak pada bagian kaki, dan batuk- batuk.

  1. Sistem Saraf Hiperaktif

Khusus untuk bagian telapak tangan yang berkeringat, disebut dengan istilah medis sebagai Palmar Hyperhidrosis. Banyak orang yang mengalami Palmar Hyperhidrosis ini seringkali merasa malu dan juga minder. Meski penyebab terjadinya Palmar Hyperhidrosis ini masih diperdebatkan oleh banyak kalangan, namun banyak ahli yang menyatakan bahwa hal tersebut karena disebabkan oleh hal tertentu. para ahli percaya bahwa Palmar Hyperhidrosis ini disebabkan oleh sistem saraf simpatik yang hiperaktif, sehingga hal ini akan menyebabkan kelenjar keringat di telapak tangan menghasilkan keringat yang berlebihan.

Sistem saraf simpatik ini mengelola berbagai macam fungsi dalam tubuh yang membentuk suatu respon yang disebut dengan fight- or- flight. Fight- or flight ini merupakan pelepasan sejumlah bahan kimia seperti adrenalin, meningkatkan denyut jantung, konstriksi pembuluh darah, dan tentu saja keringat. Pada kondisi normal, sistem saraf simpatis akan aktif ketika mendapat stimulus atau stressor dari luar, seperti halnya ketika cemar, ketakutan, dan lain sebagainya. Namun pada saaat sistem saraf ini terganggu (hiperaktif), maka respon fight- or- flight ini dapat muncul pada situasi yang tidak tepat, seperti pada kasus telapak tangan yang basah karena keringat ini. Namun gangguan yang menyebabkan telapak tangan menjadi berkeringat ini bukanlah selalu sebuah penyakit.

Gejala Penyakit Penyebab Telapak Tangan Berkeringat Basah

Seringkali kita mendengar di masyarakat berdar kabar bahwa telapak tangan yang basah merupakan sebuah gejala dari penyakit tertentu. Meskipun terkadang kabar yang tersiar itu belumlah tentu kebenarannya, namun biasanya gejala telapak tangan berkeringat atau basah ini seringkali dihubung – hubungkan dengan penyakit- penyakit tertentu. Memang beberapa penyakit mempunyai gejala berupa telapak tangan yang basah tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa beberapa penyakit yang mungkin muncul atau diderita seseorang yang mempunyai gejala berupa telapak tangan basah antara lain:

  1. Penyakit jantung. ( Baca : Sayuran untuk lemah jantungPenyebab penyakit jantungSerangan jantung )
  2. Penyakit kelainan kelenjar keringat.
  3. Penyakit kelainan saraf.
  4. Penyakit kelainan pembuluh darah. ( Baca : Cara menjaga kesehatan peredaran darah )
  5. Adanya stress psikologis.

Itulah beberapa penyakit yang mempunyai gejala berupa telapak tangan basah atau berkeringat. Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi hal ini? Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengurangi atau meminimalisisr gejala telapak tangan berkeringat ini.

Cara Mengatasi Telapak Tangan yang Berkeringat

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala telapak tangan yang basah akibat berkeringat ini. Beberapa tips tersebut antara lain adalah:

  1. Pahami Penyebabnya

Tips pertama yang dilakukan untuk mengatasi masalah telapak tangan basah akibat keringat adalah mencari tahu penyebabnya. Hal ini karena hampir semua orang pernah mengalami masalah telapak tangan berkeringat ini. Namun biasanya, seseorang mengalami masalah telapak tangan basah hanya sementara waktu saja atau ketika mengalami kondisi tertentu, seperti cemas, takut, dsb. Namun terkadang ada pula orang yang mengalami hal ini tanpa bisa mengendalikannya. Hal ini terjadi karena sistem saraf yang tidak sadar dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, serta sinyal yang salah dikirim dari otak ke saraf keringat. Nah, penyebab telapak tangan yang berkeringat ini perlu dicari tahu lebuh dahulu.

  1. Menghindari Stres

Khusus untuk Anda yang telapak tangannya berkeringat dalam jumlah banyak serta sering terjadi, dan terlihat ada tanda- tanda ketidaknormalan, maka Anda perlu menghindarkan diri dari stress. Stress yang berlebihan akan menyebababkan telapak tangan ini semakin mudah untuk berkeringat karena mengganggu saraf yang ada.

  1. Menghindari Pengkonsumsian Alkohol

Alkohol merupakan kandungan pada cairan yang menimbulkan dampak tidak baik bagi kesehatan. Alkohol ini juga disinyalir menjadi salah satu penyebab terjadinya telapak tangan yang basah akibat keringat. Oleh karena alkohol ini dapat juga merusak saraf apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu lama. Oleh hal int, bagi yang merasa telapak tangannya mudah basah, Anda sebaiknya menjauhkan diri dari alkohol ini.

  1. Pola Hidup Sehat

Hidup dengan cara yang sehat memang bisa menjauhkan diri dari resiko terkena berbagai penyakit. Begitu pula dengan gejala telapak tangan yang basah ini. Oleh karena itu perlu bagi kita untuk menerapkan pola hisup sehat. Agat kita terhindar dari resiko terkena berbagai peyakit. Pola hidup sehat yang dapat diterapkan antara lain seperti olahraga teratur, serta makan banyak sayur dan juga buah.

Itulah beberapa penyebab telapak tangan berkeringat dan cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi gejala telapak tangan basah akibat keringat. Semoga artikel ini bermanfaat.