Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit Tangan Kram dan Kaku – Penyebab, Cara Mengatasi dan Gejala Penyakit

Tangan Kram dan Kaku – Penyebab, Cara Mengatasi dan Gejala Penyakit

by Mei Riska

Tangan kram dan kaku merupakan suatu kondisi dimana lengan atau tangan kita tidak dapat digerakkan selama beberapa waktu. Umumnya, kondisi tangan kram dan juga kaku hanya berlangsung selama beberapa menit, kira – kira 1 hingga 15 menitan. Apabila sudah lebih dari 15 menit merasakan tangan kram dan kaku, maka ada sesuatu yang salah dengan diri anda. Mungkin, beberapa hal di bawah ini adalah penyebabnya :

  1. Kurang olahraga

Penyebab pertama dari tangan kaku dan juga kram adalah kurang olahraga. Atau lebih tepatnya adalah kurang melakukan olah tubuh dan juga gerakan badan. Ya, seperti kita ketahui, tubuh kita, terutama tangan dan kaki adalah bagian yang secara mekanis digunakan untuk melakukan gerakan – gerakan. Apabila kita kurang dan jarang melakukan olah raga atau gerakan yang dilakukan oleh tangan maupun kaki, maka hal ini tentu saja akan menyebabkan munculnya gangguan kram pada tangan dan juga kaki. Kram akan sangat mudah muncul ketika kita sangat jarang melakukan olahraga. Ibaratnya, seperti sebuah mesin yang tidak pernah digunakan, maka ketika akan dinyalakan, pastilah tidak akan mulus proses menghidupkannya. Tangan dan kaki kita pun begitu, ketika kurang bergerak, maka akan sangat mudah menyebabkan terjadinya kram pada tangan dan juga kaki.

Baca : Akibat kurang olahragaDampak negatif tidak pernah berolahraga

  1. Berdiam Diri

Sebagai seorang karyawan atau individu yang memiliki banyak kesibukan terutama di dalam dunia kerja, terkadang posisi ergonomis seringkali diabaikan oleh banyak orang, meskipun posisi ergonomis merupakan salah satu standar dari sebuah lingkungan kerja yang baik. Kondisi ergonomis itu sendiri meliputi banyak hal, mulai dari posisi duduk, posisi berdiri, cara tangan memegang peralatan tertentu, dan berbagai macam posisi lainnya. Singkatnya, posisi yang ergonomis akan sangat membuat seseorang merasa nyaman dan juga mudah dalam melakukan suatu hal.

Kebanyakan orang justru tidak memperhatikan posisi ergonomis seperti ini. Banyak orang yang bekerja atau melakukan aktivitas tertentu yang melawan hukum ergonomis karena mengedepankan kecepatan dalam bekerja atau melakukan sesuatu. Hal ini justru malahan akan menyebabkan munculnya banyak gangguan, salah satunya adalah kram pada tangan dan juga kaki. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan tangan menjadi kram, serta kaki yang juga ikut menjadi kram akibat posisi ergonomis yang kuran baik, contohnya :

  1. Mengangkat Beban Terlalu Berat

Masalah berikutnya yang sering menyababkan tangan kram dan kaku adalah karena mengangkat beban terlalu berat. Ya, seperti kita ketahui, bahwa tangan merupakan salah saru baguan tubuh yang sanga tepnting peran dan juga fungsinya dalam mengangkat dan membawa benda, termasuk diantaranya adalah beban yang berat. Nah, memmbawa beban yang terlalu berat ini tidaklah baik untuk tangan, karena apabila beban yang dibawa terlalu berat, maka terkadang posisi dan cara kjfa mengangkat seringkali salah, sehingga dapat menyebabkan tangan menjadi kram dan kaku. Untuk mencegah tangan anda menjadi kram dan juga kaku, maka anda bisa mengurangi kegiatan anda dalam mengangkat beban yang terlalu berat, dan melakukan peregangan terlebih dahulu sebelum mengangkat beban yang terlalu berat.

Ada beberapa benda yang kemungkinan besar dapat menyebabkan tangan kram dan kaku, antara lain :

  1. Salah Otot

Salah otot, atau kdang juga sering kita kenal dengan istilah keseleo merupakan salah satu penyebab tangan kram dan kaku lainnya. Yap, salah otot ini biasanya sering sekali terjadi pada saat kita harus mengangkag beban tertentu. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tangan menjadi kram dan juga kaku.

Karena itu, ketika anda akan mengangkat beban, maka ada baiknya anda melakukan peregangan terlebih dahulu, atau anda bisa meminta bantuan teman anda untuk mengankat beban yang terlalu berar, sehingga dapat meminimalisir resiko terjadinya tangan yang kaku dan kram, serta dapat mencegah terjadinya atau kemunculan cedera.Kebanyakan salah otot dalam mengangkat beban ini terjadi karena beberapa hal, seperti :

  • Beban yang diangkat terlalu berat
  • Salah posisi tangan dalam mengangkat beban
  • Tidak melakjkan peregangan atau pemanasan sebelum mengangkat beban
  • Tidak mengoptimalkan kekuatan pada bagian tangan pada saat akan mengangkat beban tersebut.
  1. Stres dan Depresi

Beberapa penelitian terbaru mengungkapkan bahwa banyak sekali penyakit dan juga gangguan fisiologis, yang dirasakan secara fisik oleh tubuh kita seringkali disebabkan oleh penyebab yang berasal dari kondisi psikologis kita sendiri. Hal ini disebabkan karena adanya body and mind connection, dimana setiap jenjang tubuh dan juga pikiran manusia saling terhubung satu sama lain, sehingga keduanya dapat saling mempengaruhi, menciptakan baik kondisi fisiologis maupun kondisi psikologis tertentu.

Untuk tangan yang kram dan juga kaku, bisa jadi penyebabnya juga karen adanya kondisi psikologis dibdalam diri anda yang kudang sehaf. Misalnya saja anda mengalami stress akibat tekanan pekerjaan, ataupun mengalami trauma yang berhubungan dengan bagian tangan anda, misalnya gangguan PTSD ataupun gangguan kecemasan lainnya. Hal ini akan sangat mungkin membuat tangan anda mudah merasa kram dan juga kaku. Karena itu anda juga selain menjaga kesehatan fisik anda, juga harus mampu untuk menjaga kesehatan mental dan juga psikologis anda. Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan cara berpikir positif akan segala sesuatu, sehingga dapat menjaga kesehatan mental anda menjadi lebih baik dan tidak mudah terganggu.

Baca : Penyebab stresCara menghilangkan stresCiri ciri depresi Cara mencegah depresi

  1. Peredaran Darah yang Tidak Lancar

Penyebab tangan kram dan kaku berikutnya adalah karena peredaran darah yang tidak lancar. Ya, peredaran darah yang tidak lancar merupakan salah satu penyebab lainnya dari terasa kram dan juga kaku pada baguan tangan anda. Hal ini disebabkan karena tangan tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup dan juga optimal, sehinnga nantinya akan membuat tangan menjadi teraasa kaku dan juga ktam.

Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan tangan menjadi terasa lemas dan juga seolah tidak bertenaga dalam melakukan aktivitas, sehingga sangat mengganggu anda. Biasanya, peredaran darah yang kurang lancar ini banyak disebabkan karena tubuh anda mengalami kekurangan zat besi. Ya, zat besi adalah salah satu zat yang sangat penting dalam tubuh anda. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan darah anda peredarannya menjadi tidak optimal, dan akhirnya visa menyebabkan anda mengalama tangan kram dan kaku.

Baca : Cara menjaga kesehatan peredaran darahPenyakit yang berhubungan dengan peredaran darah

Cara Mengatasi Tangan Kram dan Kaku

Untuk mengatasi kram pada tangan maupun kaki bisa dengan beragai macam aktvitas yang menyehatkan. Berikut ini adalah cara mengatasi tangan kram dan kaku yang bisa anda lakukan:

  1. Olahraga

cara yang paling mudah anda lakukan adalah rutin melakukan olahraga. Tidak harus olahraga berat seperti berenang, lari, ataupun angkat beban, namun cukup melakukan olahraga ringan yang tetap menjaga agar kaki dan tangan anda tetap bekerja dengan optimal. Contohnya antara lain adalah :

  • Berjalan kaki
  • Melakukan gerakan squat
  • Menggerakkan pergelangan tangan dan kaki
  • Melakukan gerakan pemanasan ringan pada tangan dan kaki anda
  1. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Cara terbaik menyiasati dan juga mencegah hal ini terjadi adalah dengan cara banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi, seperti buah buahan sayur sayuran dan juga jenis kacang kacangan.

Baca : Makanan yang mengandung zat besiAkibat kekurangan dan kelebihan zat besi

  1. Duduk dengan Posisi Aman dan Ergonomis

Nah, lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi dan juga mencegah terjadinya hal seperti ini, yaitu kram pada tangan dan kaki akibat posisi yang tidak ergonomis? Hal yang harus anda lakukan adalah anda harus memperhatikan kenyamanan dalam bekerja atau menggunakan alat tertentu. Misalnya saja sebuah kursi. Ada kursi yang sengaja dibuat untuk duduk sebentar, lama, dan juga duduk santai. Untuk menghindari kram pada tangan dan juga kaki anda, maka sesuaikan jenis kursi yang akan andda gunakan, sesuai dengan kebutuhan anda. Begitu pula dengan hal hal lainnya, seperti cara memegang bolpoint, memegang alat, menggenggam alat, hingga cara untuk duduk yang baik sesuai dengan posisi ergonomis. Hal ini akan sangat membantu anda dalam mencegah munculnya kram pada tangan dan juga kaki anda.

Penyakit yang Menyebabkan Tangan Kram dan Kaku

Selain karena beberapa penyebab yang sudah disebutkan diatas, biasanya tangan kram dan juga kaku merupakan sebuah petunjuk ataupun pertanda yang merupakan sebuah gejala – gejala dari penyakit tertentu. Ada beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala berupa tangan kram dan juga kaku, antara lain adalah :

  1. Kolesterol Tinggi

Penyebab tangan kram dan juga akku yang pertama akibat suatu penyakit adalah karena kolestrol anda yang tinggi. Ya, seperti yang sudah pernah kita ketahui sebelumnya, kolestrol merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kandungan lemak jahat di dalam tubuh yang tinggi, sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Ada banyak sekali penyebab kemunculan kolestrol di dalam tubuh kita, berikut ini adalah beberapa penyebab kemunculan penyakit kolestrol :

  1. Stroke

Stroke merupakan sebuah penyakit yang menyerang manusia karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga penderitanya mengalami kejang dan terjatuh serta tak sadarkan diri. Stroke bisa menyebabkan seseorang meninggal saat itu juga, namun kebanyakan mereka yang terserang stroke biasanya akan mengalami malfungsi pada bagian – bagian tubuhnya, misalnya saja mengalami kelumpuhan. Bisa jadi, ketika anda merasakan bahwa tangan anda sering terasa kram dan juga kaku, hal tersebut merupakan dampak dari penyakit stroke yang sudah pernah anda alami.

Baca : Bahaya strokeJenis-jenis strokeCiri ciri stroke

  1. Cedera Pada Syaraf

Penyakit lainnya yang mungkin dapat menjadi salah satu penyebab dari tangan kram dan juga kaku adalah karena adanya cedera ataupun gangguan pada syaraf. Ada baiknya, ketika anda merasakan kram dan juga kaku pada bagian tangan dalam jangka waktu yang lama, anda memeriksakannya ke dokter syaraf, untuk memastikan apakah terdapat masalah cedera dan juga gangguan pada bagian syaraf anda. Gangguan atau cedera pada syaraf ini terutama syaraf yang berhubungan dengan bagian tangan dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain adalah :

  • Kelainan genetika
  • Kesalahan posisi dalam mengangkat beban
  • Kelumpuhan akibat kecelakaan
  • Kurang nutrisi atau pola makan yang tidak sehat
  1. Radang Sendi

Selain pengaaruh atau disebabkan karena gangguan dan juga kelainan pada syaraf, penyebab lainnya dari tangan kram dan juga kaku adalah peradangan pada sendi, terutama bagian persendian pada tangan. Peradangan pada sendi palign sering menimbulkan gejala sakit pada saat menggerakkan tangan, mirip seperti ketika anda mengalami gejala pada penyakit asam urat. Peradangan sendi sendiri penyebabkan tidak berbeda jauh dengan cedera ataupun gangguan pada syaraf, namun radang sendi lebih banyak terjadi kasusnya dibandingkan dengan gangguan syaraf.

Baca : Nyeri sendi lutut

  1. Penyakit Autoimun

Penyebab tangan kram dan juga kaku lainnya adalah karena serangan penyakit yang berhubungan dengan autoimun. Beberapa penyakit seperti lupus dapan menyerang system imun tubuh, sehingga sangat berbahaya. Gejala yang muncul, selain tubuh terasa sangat lemas adalah seringnya ram dan juga kak pada bagian tubuh tertentu, salah satunya adalah tangan. Penyakit autoimun sendiri masih belum dapat dipastikan darimana bisa berasal, ataupun bagaimana cara penularannya. Namun demikian, apabila anda mengalami tangan kram dan kaku dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya anda memeriksakannya ke dokter kepercayaan anda untuk penanganan lebih lanjut.

Baca : AIDSLupus

Itulah berbagai hal yang berhubungan dengan tangan kram dan kaku. Semaki bertambah usia sseorang maka resiko terkena tangan kram dan kaku akan smakin besar. Oleh sebab itu selagi masih muda usahakan untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga agar saat tua terhindar dari kram dan kaku.

You may also like