Leher Kaku – Penyebab dan Cara Mengatasinya

3593

Leher kaku merupakan kondisi leher yang sakit dan sulit digerakan ke samping ataupun menengadah dan menunduk. Sakit pada leher ini merupakan hal biasa yang banyak orang alami dan biasanya juga akan sembuh dalam beberapa hari saja tanpa memerlukan pengobatan khusus. Sakit leher atau leher kaku ini sangat jarang diindikasikan sebagai penyakit yang serius dan harus diperhatikan dengan ekstra.

Rasa sakit pada leher kaku ini bisa terjadi mulai dari bagian bawah kepala hingga pada bagian bahu bahkan pada beberapa kasus bisa menyebar hingga pundak dan tangan tergantung dari seberapa besar rasa sakit itu dirasakan. Meskipun leher kaku merupakan rasa sakit yang tidak berbahaya namun para penderitanya akan sulit dalam melakukan kegiatan sehari-hari karena leher akan susah digerakkan.

Penyebab Leher Kaku

Penyebab dari sakit leher kaku ini beragam misalnya karena terlalu lama bekerja di depan komputer, posisi tidur yang salah, otot leher terkilir atau karena kegiatan yang tidak menguntungkan leher seperti terlalu banyak menengadah dan menunduk. Bukan hanya itu saja, pada orang yang tengah stress juga bisa mengalami sakit leher kaku karena terjadi penegangan otot leher. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa kondisi yang bisa menyebabkan munculnya rasa sakit leher kaku ini.

  1. Saraf yang terjepit

Pada kondisi ini memang lebih banyak dialami oleh para orang yang sudah lanjut usia karena pada bagian diskus atau celah antar tulangnya sudah kehilangan banyak cairan pelumas yang digunakan untuk melancarkan pergerakan tulang leher itu sendiri. Keadaan ini dalam istilah medis dikenal sebagai spondilosis servikal. Kondisi ini sangat berbahaya karena pada saat diskus ini mengalami pergeseran akan membuat saraf pada leher ini terganggu bahkan membuat saraf terjepit. Jika mengalami keadaan ini mungkin anda bisa menggunakan obat pereda rasa sakit namun sebaiknya sangat dianjurkan untuk melakukan operasi untuk membuat letak saraf menjadi kembali seperti semula.

  1. Cedera

Sakit pada leher yang bisa membuat leher kaku ini juga bisa disebabkan oleh suatu kecelakaan seperti tabrakan kendaraan, terjatuh atau terpleset, adanya pukulan yang keras hingga mengenai leher atau cedera saat melakukan olahraga. Jika hantaman atau pukulan cukup keras sebaiknya segera bawa ke dokter atau ahli medis lainnya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut karena bisa jadi terjadi sesuatu di dalam leher yang harus segera mendapatkan pertolongan.

  1. Kolesterol Tinggi

Sakit pada leher yang bisa membuat leher kaku ini juga bisa disebabkan oleh suatu kecelakaan seperti tabrakan kendaraan, terjatuh atau terpleset, adanya pukulan yang keras hingga mengenai leher atau cedera saat melakukan olahraga. Jika hantaman atau pukulan cukup keras sebaiknya segera bawa ke dokter atau ahli medis lainnya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut karena bisa jadi terjadi sesuatu di dalam leher yang harus segera mendapatkan pertolongan.

Info kolesterol lainnya

  1. Keadaan medis lain

Saat ini juga terdapat beberapa kondisi medis lainnya yang bisa menyebabkan munculnya rasa sakit leher kaku ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terjadi penyempitan jalur di bagian saraf tulang belakang
  • Sakit leher kaku juga bisa menjadi salah satu indikasi adanya penyakit meningitis, sebuah penyakit yang menyerang saraf tulang belakang dan selaput pelindung di dalam otak. Kondisi ini sangat berbahaya dan jika tidak segera mendapatkan pertolongan bisa menyebabkan kematian mendadak.
  • Jika anda mengalami sakit leher kaku juga bisa karena anda sedang mengalami sakit flu. Ketika tubuh terserang flu maka akan terjadi rasa sakit pada semua bagian tubuh termasuk di area leher.
  • Sakit rgemuatoid arthritis, sebuah penyakit yang menyerang bagian persendian karena terjadi peradangan sehingga bisa menyebabkan rasa sakit dan leher kaku di dalam leher.
  • Anda juga mungkin mengalami sakit fibromyalgia, yaitu kondisi yang menyerang bagian otot dan jaringan lunak lainnya di dalam tubuh termasuk di dalam area leher.
  • Kanker dan HIV. Harap waspada karena kedua penyakit tersebut menyerang di semua bagian tubuh termasuk di dalam leher sehingga menyebabkan rasa sakit leher kaku.

Cara Mengatasi Leher Kaku

Karena rasa sakit pada leher kaku ini cukup menganggu maka diperlukan pengobatan untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit pada leher kaku ini. ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika anda mengalami leher kaku ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meminum obat pereda sakit

Jika anda mengalami sakit leher kaku anda bisa mencoba mengkonsumsi obat pereda rasa sakit jenis ibuprofen dan parasetamol atau bahkan bisa mengkombinasi keduanya, jika anda bingung obat mana yang mengandung keduanya anda bisa bertanya kepada dokter atau apoteker saja. biasanya mereka langsung paham dan akan memberikan kombinasi obat yang terbaik untuk anda. Atau anda juga bisa mengkonsumsi obat warung yang khusus untuk sakit leher kaku, atau jika anda tidak ingin mengkonsumsi obat dalam bentuk tablet anda juga bisa meminta salep atau obat oles karena saat ini juga sudah banyak beredar di pasaran. Tinggal obat mana yang paling bereaksi dengan cepat pada tubuh anda nantinya.

  1. Menggunakan bantal yang keras dan tidak terlalu tinggi

Banyak orang yang menyalahkan bantal dan posisi tidur dalam timbulnya rasa sakit dan leher kaku. Oleh karena itu salah satu obatnya juga bisa diambil dari permasalahannya tersebut yaitu gunakanlah bantal dan posisi tidur yang baik dan benar. Sebaiknya anda menggunakan bantal yang keras dan tidak terlalu tinggi karena akan membuat leher menjadi posisi seharusnya sehingga leher kaku dapat hilang dengan lebih cepat. Jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi karena justru bisa membuat leher menjadi lebih bungkuk dan kemungkinan akan membuat leher menjadi kaku dan sakit semakin besar.

  1. Melakukan latihan khusus pada leher yang kaku

Latihan pada leher ini sangat penting dilakukan untuk melatih otot leher dalam bergerak dan mengjangkau beberapa titik tertentu. Pada latihan ini sangatlah mudah dilakukan yaitu dengan mengarahkan leher ke atas, ke bawah, ke samping kiri dan ke samping kanan secara terus menerus. Latihan ini akan membuat peregangan otot di dalam leher sehingga tidak terjadi leher yang kaku. Lakukanlah latihan ini secara rutin minimal dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. meskipun anda tidak merasakan leher kaku, anda juga bisa melakukannya supaya bisa mencegah leher kaku lho.

  1. Mengompres leher dengan menggunakan air hangat

Jika anda mengalami rasa sakit leher kaku anda bisa mengompresnya dengan menggunakan air hangat. Caranya sangat mudah yaitu bisa menggunakan handuk atau kain bersih yang sudah dicelupkan dalam air hangat atau bisa menggunakan botol yang sudah diisi dengan air hangat. Cara yang terakhir akan lebih manjur dilakukan dalam menghilangkan rasa sakit leher kaku yang anda alami. Anda juga bisa menggunakan air dingin sebagai kompres, tergantung mana yang paling cocok dan sesuai dengan kondisi anda saja.

  1. Kurangi aktivitas yang menggunakan banyak gerakan leher

Pada penderita sakit leher kaku sebaiknya untuk tidak melakukan kegiatan yang banyak menggunakan aktivitas leher seperti mengemudi kendaraan atau kegiatan lainnya. hal ini juga dilakukan demi kebaikan para penderitanya sendiri supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Perhatikan postur leher

Pada para penderita sakit leher kaku sebaiknya untuk memperahtikan postur dan posisi leher yang tepat. jika tidak diperhatikan dengan baik dan benar maka justru akan membuat sakit leher kaku yang dirasakan akan menjadi semakin parah saja. tentunya anda tidak mau bukan?

Demikian informasi mengenai sakit leher kaku, sebenarnya penyakit leher kaku merupakan sakit yang biasa dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan namun jika berlangsung lama dan dalam jangka waktu yang dekat sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan diagnose yang tepat. hal ini tidaklah berlebihan karena ada beberapa jenis penyakit serius dan berakibat fatal yang diindikasikan dengan adanya rasa sakit pada bagian leher ini. semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan anda dan membuat anda lebih perhatian pada kesehatan anda. Terima kasih.