10 Akibat Duduk Terlalu Lama Berjam-jam

9403

Duduk merupakan salah satu kegiatan yang wajar dan juga biasa dilakukan oleh manusia bahkan juga kegiatan duduk ini juga dilakukan oleh spesies hewan yang bukan reptil atau hewan melata. Pada dasarnya, duduk merupakan suatu sikap tubuh dimana bagian bokong menempel pada alas, seperti lantai atau kursi dan tubuh juga tidak berada dalam keadaan berdiri. Duduk sendiri ada banyak sekali jenisnya, seperti duduk tegak, duduk bersila dan juga masih banyak lagi jenis duduk.

Kondisi yang Menyebabkan Duduk Terlalu Lama

Biasanya kegiatan duduk ini dilakukan ketika kita dihadapkan dalam berbagai kondisi. Kondisi paling umum adalah ketika kita merasa lelah untuk berdiri, sehingga memicu sikap tubuh kita untuk duduk. Selain itu, duduk juga secara umum merupakan salah satu bagian dari suatu pekerjaan, seperti menyetir, dan juga pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Rata-rata duduk juga merupakan salah satu metode untuk relaksasi yang biasa dilakukan.

Ketika kita sedang duduk tubuh kita tidak bekerja terlalu berat, sehingga memungkinkan tubuh kita untuk berelaksasi lebih baik lagi. Namun demikian, ternyata ada batasan batasan tertentu untuk melakukan kegiatan duduk ini loh. Paling tidak kita harus bisa melakukan gerakan bervariasi antara duduk dan berdiri, dan disarankan untuk tidak duduk secara terus menerus lebih dari 4 hingga 6 jam.

Resiko Bahaya Duduk Terlalu Lama

Ternyata kondisi duduk yang terlalu lama ini dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan posisi tubuh yang statis dan juga tanpa mengalami pergerakan sama sekali, sehingga memiliki efek buruk. Apa saja bahaya duduk terlalu lama ini? Berikut ini adalah beberapa akibatnya :

1. Memicu kolestrol dan juga obesitas

Akibat pertama yang dapat muncul dari kondisi duduk berjam-jam tanpa adanya perubahan pergerakan dan juga sikap tubuh yang berartI adalah dapat menyebabkan munculnya bahaya obesitas alias kegemukan atau penyakit kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh kondisi dimana ketika kita dudul terlalu lama, maka proses metabolisme di dalam tubuh kita pun tidak akan berjalan dengan baik. Hal ini menyebabkan pembakaran lemak pun menjadi tidak optimal.

Proses metabolisme tubuh yang tidak optimal ini dapat menyebabkan tertimbunnya lemak di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan obesitas. Lebih lanjut, lemak yang menumpuk di dalam tubuh ini dapat menyebabkan terjadinya ciri ciri kolestrol tinggi, yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini sejumlah makanan yang mampu memicu kolesterol dan obesitas :

2. Dapat menyebabkan serangan jantung

Akibat berikutnya dari kondisi duduk yang terlalu lama selama beberapa jam tanpa bergerak dapat memicu terjadinya serangan jantung. Kondisi duduk yang terlalu lama ini dapat menyebabkan kerja jantung menjadi terganggu dan juga tidak normal, sehingga hal ini dapat memicu terjadinya serangan jantung, yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Waspadai gejala serangan jantung berikut ini :

3. Menyebabkan keletihan yang berlebihan

Akibat lainnya yang dapat terjadi apabila anda duduk terlalu lama, tanpa bergerak adalah dapat menyebabkan kelelahan dan keletihan yang berlebihan. Keletihan ini diperoleh dari kondisi tubuh yang tidak bergerak sama sekali, sehingga menyebabkan gerakan tubuh menjadi sangat monoton dan juga tidak bervariasi. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa letih dan juga lelah ketika harus duduk terlalu lama.

Kondisi kelelahan pada tubuh ini, juga bisa disebabkan oleh :

4. Otot tubuh terasa kaku dan pegal

Selain dapat menyebabkan keletihan, akibat duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan munculnya rasa pegal dan juga kaku pada otot tubuh kita. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh kondisi dimana tubuh mengalami sikap duduk yang tidak bergerak, sehingga menyebabkan otot tubuh tidak mengalami variasi gerakan dan hanya berada pada posisi statis saja.

Posisi tubuh seperti inilah yang dapat menyebabkan munculnya rasa pegal dan juga kaku pada otot. Apabila kondisi ini dibiarkan dan juga tidak dicegah, maka kemungkinan otot anda tidak hanya kaku pada saat duduk saja, namun juga saat melakukan aktivitas yang lainnya juga akan terasa kaku.

Otot tubuh yang terasa kaku juga bisa terjadi karena :

5. Diabetes

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh kondisi duduk yang terlalu lama adalah munculnya gejala diabetes. Gejala diabetes ini berkaitan erat dengan kondisi obesitas dan juga kolesterol tinggi yang muncul karena duduk terlalu lama. Apabila anda duduk terlalu lama dan juga tidak memberikan variasi lainnya, maka bukan tidak mungkin akan mengalami bahaya diabetes karena akibat dari duduk terlalu lama.

Diabetes ini juga sangat bisa terjadi dikarenakan :

6. Kanker

Akibat buruk lainnya dari kondisi duduk yang terlalu lama adalah dapat menyebabkan munculnya kanker. Hal ini disebabkan karena posisi tubuh yang statis dan juga diam tak bergerak selama beberapa jam dapat memicu perkembangan dan juga pertumbuhan sel-sel kanker. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh kita, karena dapat menyebabkan kematian.

Peningkatan resiko kanker ini, dapat pula terjadi karena :

7. Kebosanan

Akibat lainnya dari duduk yang terlalu lama adalah dapat menyebabkan munculnya rasa bosan yang berlebihan. Rasa bosan yang berlebihan ini muncul karena adanya posisi tubuh yang statis dan monoton selama beberapa jam. Selain mata yang lelah, serta tubuh yang bisa terasa sakit maka kita juga dapat merasakan kebosanan yang berlebihan ketika kita terlalu lama duduk.

Kebosanan yang berlebihan ini juga bisa menyebabkan :

8. Gangguan pada tulang

Akibat duduk terlalu lama adalah dapat menyebabkan munculnya gangguan pada tulang. Gangguan ini terutama dapat muncul pada tulang belakang. Posisi duduk yang terlalu lama, terlebih lagi posisi yang tidak ergonomis sangat memungkinkan untuk terjadi gangguan pada tulang belakang anda. Hal ini dapat menimbulkan tulang yang tumbuh tidak normal, serta dapat memicu tubuh menjadi bungkuk, dan postur tubuh yang tidak normal.

Kondisi gangguan tulang ini juga bisa disebabkan oleh :

9. Mati rasa / kesemutan

Terlalu lama duduk juga dapat menyebabkan munculnya rasa kesemutan dan juga mati rasa. Kondisi tubuh yang statis dan juga monoton selama beberapa jam dan menyebabkan sering kesemutan dan juga mati rasa, terutama pada bagian kaki anda.

Kondisi kesemutan ini juga bisa menjadi indikasi penyakit berbahaya seperti :

10. Depresi

Akibat duduk terlalu lama lainnya adalah dapat menyebabkan depresi. Hal ini sangatlah berkaitan erat dengan kondisi tubuh yang mengalami kebosanan karena posisi yang tidak berubah-ubah, alias statis begitu saja.

Itulah akibat dari duduk terlalu lama bagi kesehatan tubuh anda. Semoga dengan adanya artikel mengenai akibat dari duduk terlalu lama ini, akan menambah wawasan dan juga pengetahuan anda semua.