20 Bahaya Berbaring Setelah Makan Bagi Kesehatan

13747

Jangan langsung berbaring setelah makan karena bukan hanya sistem pencernaan yang akan terganggu karena harus bekerja ekstra dalam mencerna makanan tetapi menyebabkan organ tubuh lain merasa tertekan yang pada akhirnya banyak kerugian yang harus anda terima sebagai konsekwensinya.

Inilah 20 dampak buruk bahaya berbaring setelah makan

1. Bobot tubuh bertambah

Pencernaan butuh waktu 2 jam untuk memproses penghancuran makanan. Jika langsung tidur setelah makan makan pencernaan tidak bisa mencerna makanan dengan lancar, akibatnya penimbunan lemak ditubuh tak dapat dihindari, Bobot tubuh anda akan naik seketika. Jika ini terjadi terus menerus anda akan mengalami kegemukan atau obesitas.

2. Sesak nafas

Perut yang penuh dapat menghambat dan menekan  pergerakan oksigen yang akan masuk melalui paru paru. akibatnya nafas tersengal sengal dan membuat dad terasa sesak.

Baca juga : Penyebab dada sesak nafas – Penyebab dada sakit dan sesak – Bahaya fungi

3. Asam lambung naik kerongga dada ( Refluks asam)

Efek gula, efek pedas , efek asam pada makanan dan efek panas akan berputar putar dilambung dan sulit dicerna sedangkan keasaman lambung meningkat dan akhirnya akan keluar menuju rongga dada. Akibatnya dada terasa seperti terbakar.

4.Memicu serangan stroke

Turun naiknya nafas yang tidak normal ketika tertidur setelah selesai makan adalah akibat dari refluks asam dan mempercepat datangnya serangan stroke mendadak

Baca juga : Gejala stroke – makanan sehat untuk penderita stroke

5. Meningkatakan kadar gula dalam tubuh

Kandungan glukosa pada makanan yang tak dapat dicerna dengan normal akan menumpuk dan menggumpal dalam darah dan menyumbat pembuluh darah. karena zat gula tak dapat hancur dan gagal menyebar keseluruh tubuh akibatnya kadar gula daalam darah meningkat cepat.

6. Perut jadi buncit

Mempercepat penumpukan lemak diperut bagiaan bawah .Lemak mengendap karena tak bisa dicerna oleh alat pencernaan.

7. Dada terasa ada penekanan

Perut penuh mengakibatkan oksigen yang masuk menjadi tidak maksimal, dada terasa seperti ada yaang menekan kuat kuat sehingga dada terasa nyeri.

8. Terganggunya alat pencernaan

Fungsi enzim pencernaan menjadi kacau dan tersendat karena makanan yang ada dalam pencernaan tidak dapat bergerak dengan baik. proses penggilingan makanan makan jadi gagal.

9. Memicu panas dalam

Zat gas, rasa pedas, makanan berminyak dan makanan yang berbumbu berat dapat menyebabkan panas dalam karena suhu didalam organ meningkat dan mengalami dehidrasi.

10. Menyebabkan cepat mengantuk

Makan berlebihan dapat menyebabkan rasa kantuk, karena tubuh merasa nyaman dan terlalu santai ketika perut terasa kenyang. Hal ini dapat menimbulkan perasaan jenuh dan malas untuk bergerak, akhirnya otak memberi sinyal untuk segera berangkat tidur.

11. Memicu terserang penyakit Mag

Langsung rebahan setelah makan dapat membuat oragn pencernaan merasa tertekan dan tidak bebas mencerna, akibatnya asam lanbung naik dan oksigen tidak lancar masuk melalui paru paru. Jika terus menerus kondisi ini terjadi akibatnya penyakit mag akan menyerang dengan gejala lambung terasa perih dan mual

12. Memicu munculnya serangan asma

Tidur setelah makan membuat perut melebar karena efek dari penuhnya lambung. saluran pernaafasaan ikut tersendat karena ada penyumbataan masuknya oksigen. Kondisi ini bisa memicu serangan asma ringan.

Baca juga : Pantangan asma – Penanganan asma pada anak – Cara mencegah asma – Cara mengobati asma – Gejala asma ringan

13. Menyebabkan sembelit

Perut yang kenyang tetapi pencernaan tidak  bisa menghancurkan makanan  dengan segera maka akan menjadi penyebab utama mengapa buang air menjadi sulit.

14. Resiko serangan jantung

Jika alat  pencernaan  tidak normal secara langsung akan mengganggu kerja jantung untuk memompa darah dengan lancar. ketidakmampuan jantung berdenyut secara normal bisa mengakibatkan serangan jantung

Baca juga : Cara melatih kesehatan jantung – ciri ciri jantung bengkak – jantung membesar – Gejala gagal jantung – jantung bocor – ciri ciri jantung lemah – jenis jenis penyakit jantung

15. Penumpukan bakteri pada rongga mulut

Tidur setelah selesai makan membuat sisa makanan akan bertahan disela sela gigi dan mengakibatkan naiknya zaat asam dalam rongga mulut yang mempercepat proses pembusukan ketika anda tertidur. pembusukan itu secara otomatis akan menampung berbagai macam bakteri.

16. Lambung mengalami peradangan

Makanan yang tidak dicerna dengan normal membuat lambung terus menerus ikut bekeja untuk proses pengahancuran makanan yang terlalu lama untuk hancur karean posisi perut anda tertekuku ketika tertidur. kondisi ini dapat menyebabkan luka paadaa lambubg kemudian menjadi radang.

17. Organ tubuh lelah

Organ tubuh butuh dalam seperti alat pencernaan , ginjal, hati dan empedu harus bekerja keras untuk ikut melancarkan keberhasilan pencernaan dalam mencerna. jika mencerna makanan sajaa tidak lancar maka organ tubuh menjadi kelelahan daan berpotensi mengganggu sistem metabolisme tubuh.

18. Perut kembung dan masuk angin

Penuhnya lambung membuang perut jadi tidak nyaman dan banyak mengandung gas dan angin didalamnya yang memicu terjadinya perut kembung dan masuk angin.

19. Menimbulkan pegal pegal seluruh tubuh

Tidur setelah makan sama artinya tidak ada pergerakan. Selama tertidur tubuh akan merasa pegal pegal dan linu karena jaringan otot dan persendian tidak melakukan aktifitas gerak untuk membakar kalori berlebih dalam tubuh.

20.Aliran darah tersendat

Pencernaan akan sehat dan cepat mencerna ketika kita berada pada posisi duduk atau berdiri. karena posisi itulah yang tidak menyebabkan penekanan pada perut.

Manfaat Berhenti makan sebelum kenyang

 (Inilah faktor yang membuat anda ingin cepat tidur ketika perut kenyang.)

  • Untuk menjaga kesehatan organ pencernaan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan sebaiknya berhentilah makan sebelum kenyang agar asam lambung tidak meningkat dan tidak menyebabkan kantuk yang hanya akan membuat anda ingin tidur.
  • Perut kenyang cenderung membuat efek malas pada sebagian tubuh untuk bergerak karena sudah terlanjur terikat oleh rasa nyaman dan santai setelah perut merasa kenyang. Kondisi ini yang membuat kita cepat mengantuk dan ingin tidur.
  • Berhenti makan sebelum kenyang dapat memberi ruang gerak yang leluasa bagi alat pencernaan untuk mempercepat proses penghancuran makanan. Kondisi ini dapat menyehatkan enzim percernaan sehingga membuat tubuh selalu segar dan jauh dari serangan kantuk.
  • Setelah selesai makan sebaiknya segeralah makan buah yang banyak mengandung air sebagai pencuci mulut atau makanan penutup. Kesegaran pada buah membangkitkan semangat untuk beraktivitas kembali. Kesegaran rasa pada buah mampu membuat kita terhindar dari rasa kantuk.
  • Setelah selesai makan sebaiknya jangan langsung membuka laptop, komputer atau sejenisnya. Cahaya pada komputer membuat otot mata cepat lelah tetapi membuat kita tidak ingin berhenti.  lambung yang sudah kenyang akan terasa penuh sesak, nyeri ulu hati dan mual karena perut terhimpit dengan tekanan tertentu ketika duduk berlama lama didepan komputer. Akibatnya kantuk lebih cepat datang.
  • Mengurangi asupan karbohidrat berat seperti nasi putih dan makanan berlemak atau berminyak,  karena jenis makanan tersebut membuat perut cepat kenyang dan efeknya mempercepat datangnya rasa kantuk. ini salah satu faktor mengapa anda ingin tidur setelah selesai makan.
  • Tidak dianjurkan minum segelas susu hangat setelah selesai makan, nutrisi baik yang ada dalam produk susu hanya akan menambah beban berat bagi makanan yang belum sempat digiling oleh enzim lipase. Jangan menambah asupan lemak susu karena makanan yang telah anda konsumsi sudah pasti juga mengandung lemak.
  • Makanlah dengan standar gizi empat sehat lima sempurna tetapi pada porsi yang sedang. berhentilah sebelum kenyang, dan segeralah beraktifitas kembali melakukan rutinitas yang tidak terlalu berat. Aktifitas akan menekan keinginan anda untuk berbaring.
  • Perbanyak asupan air putih setidaknya 8 gelas sehari agar tubuh terhindar dari kantuk setelah selesai makan. Tetaplah minum pada saat anda tidak haus agar organ tubuh senantiasa jauh dari dehidrasi dan tetap sehat.

Siapa saja yang boleh tidur setelah makan?

  • Tidak ada anjuran yang memperbolehkan Bahaya tidur setelah makan, kecuali dalam keadaan darurat misalnya sedang sakit yang tidak memungkinkan untuk duduk.
  • Larangan tidur setelah makan berlaku pada segala usia, kecuali pada bayi usia dibawah satu tahun yang biasanya akan tidur setelah selesai makan. Bayi usia dibawah setahun memang harus mendapatkan asupan nutrisi lebih dan tidur yang banyak, hal ini demi kelancaran masa pertumbuhannya.

Pilihan paling bijak adalah tidurlah setelah 2 sampai 3 jam anda selesai makan demi mempertahankan kualitas kesehatan organ pencernaan. Biarkan pencernaan bebas mencerna tanpa harus ada tekanan hanya karena tubuh anda dalam keadaan sedang tertidur.