7 Ciri Ciri Jantung Bengkak Paling Sering Terjadi

Istilah jantung bengkak merupakan sebuah kondisi pada jantung yang terjadi karena penyakit jantung lain atau kondisi tubuh yang lain. Jantung yang membengkak akan terlihat dari hasil pemeriksaan dengan X – Ray. Meskipun hasil tes ini tidak bisa digunakan untuk menegakkan diagnosa karena, masih membutuhkan pemeriksaan yang lain. Kondisi yang bisa menyebabkan jantung bengkak adalah seperti tekanan pikiran yang berlebihan, kehamilan, otot jantung yang melemah, penyumbatan arteri, masalah kelainan irama jantung dan kelainan katup jantung.

Berikut ini penjelasan penyebab jantung bengkak :

  • Jantung memompa darah dengan cara yang lebih keras sehingga menyebabkan kerusakan otot jantung. Kerusakan ni akan menyebabkan jantung menjadi semakin lemah dan membesar atau membengkak.
  • Penderita sudah mengalami gangguan jantung bawaan, yang menyebabkan jantung tidak bisa berfungsi dengan baik. Kondisi ini bisa terjadi akibat jantung yang memiliki detak tidak normal dan tidak bisa memompa darah dengan baik.
  • Penyakit tekanan darah tinggi yang akan membuat jantung memompa darah dengan lebih keras dan menyebabkan terjadinya penebalan otot jantung.
  • Kelainan penyakit katup jantung yang akan menyebabkan darah tidak bisa mengalir ke arah katup yang benar. Kondisi ini juga sering dipengaruhi dari penyakit rematik jantung dan infeksi jantung.
  • Penyakit kelainan otot jantung yang bisa menyebabkan jantung menebal dan menjadi lebih kaku. Kondisi ini juga bisa menyebabkan jantung memompa darah berlebihan ke organ tubuh namun, kekuatan jantung tidak sesuai dengan kebutuhan.
  • Tubuh mengalami kekurangan sel darah merah seperti yang terjadi pada penderita anemia. Anemia akan menyebabkan sel darah merah tidak bisa membawa jumlah oksigen yang cukup sehingga, denyut jantung menjadi tidak teratur. Ketika hal yang sama terjadi maka jantung dipaksa untuk terus memompa darah sehingga menyebabkan kelainan jantung bengkak.
  • Tubuh mengalami kelebihan zat besi yang menyebabkan tubuh tidak bisa melakukan metabolisme dengan benar. Jantung akan menerima dampaknya karena sistem otot jantung terus melemah dan jantung dipaksa bekerja sangat keras. Kondisi inilah yang kemudian akan menyebabkan jantung membengkak.
  • Serangan jantung yang bisa menyebabkan resiko jantung kekurangan oksigen dan menyebabkan komplikasi jantung bengkak.

Jantung yang membengkak akan menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman. Karena itu beberapa gejala jantung bengkak bisa terlihat dari gejala yang muncul. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri jantung bengkak yang bisa dikenali :

1. Sulit Bernafas

Ketika jantung membengkak maka juga akan membuat penderita tidak bisa bernafas dengan baik. Kondisi ini bisa terjadi ketika jantung tidak memompa darah dengan baik sehingga, menyebabkan aliran oksigen dalam tubuh juga tidak bisa bekerja dengan baik. Bahkan kondisi organ pernafasan akan ikut memburuk. Anak-anak dan orang tua akan mengembangkan gejala ini lebih buruk jika disertai dengan penyakit asma.

2. Pembengkakan


Pembengkakan yang terjadi pada bagian kaki, tangan dan wajah juga bisa menjadi tanda dari jantung bengkak. Kondisi ini dipengaruhi dari penumpukan cairan yang berlebihan dalam tubuh. Bengkak pada kaki akan membuat Anda tidak memiliki ukuran sepatu atau sandal yang sama. Bahkan bengkak ini bisa terlihat sangat jelas.

Hal ini disebabkan karena aliran darah dalam jantung berkurang sehingga, menyebabkan banyak darah yang kembali ke dalam jantung. Kondisi ini kemudian akan memburuk jika ada banyak cairan yang menumpuk pada kaki atau tangan.

3. Detak Jantung Tidak Teratur

Jantung bengkak sering menyebabkan detak jantung tidak teratur, bisa menjadi sangat cepat atau sangat lambat. Kondisi ini sering disertai dengan gejala lain seperti penyebab dada sesak nafas. Pada penderita kelainan jantung akan membuat tubuh menjadi sangat lemah. Jika terjadi pada orang yang pernah mengalami gagal jantung maka bisa sangat berbahaya. Kondisi detak jantung yang memburuk akan membuat penderita sulit untuk bernafas dan bisa kehilangan kesadaran.

4. Batuk Darah

Jantung bengkak juga bisa menyebabkan batuk darah. Kondisi ini terjadi ketika gejala sudah sangat buruk sehingga, menyebabkan banyak darah yang tertekan dalam jantung. Darah keluar dari mulut ketika ada banyak darah yang tidak bisa masuk dalam jantung dan kemudian menyebabkan gangguan untuk rongga paru-paru. Bahkan berbaliknya aliran darah dari jantung bisa menyebabkan pendarahan paru-paru.

5. Sakit Kepala

Jantung bengkak menyebabkan potensi terkena pembekuan darah juga akan semakin besar. Biasanya penderita tidak menyadari jika terkena gangguan ini namun biasanya hanya menganggap gejala biasa. Sakit kepala terjadi ketika darah dalam jantung tidak bisa dipompa ke semua bagian tubuh sehingga menyebabkan otak juga mengalami kekurangan oksigen. Pada penderita penyakit tekanan darah tinggi maka kondisinya bisa menjadi lebih buruk.

6. Tubuh Mudah Memar

Tubuh penderita jantung bengkak bisa menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif dan bagian kulit menjadi lebih mudah memar. Aliran darah yang masuk ke dalam organ tidak berjalan dengan seimbang karena jantung bengkak. Kemudian pembekuan darah juga bisa menjadi ancaman yang sangat serius. Berbagai organ yang seharusnya mendapatkan aliran darah tidak mendapatkan pasokan yang tepat sehingga muncul pendarahan pada kulit.


7. Kulit Pucat

Penderita penyakit jantung bengkak umumnya memiliki kondisi warna kulit yang lebih pucat. Hal ini disebabkan  karena tubuh tidak mendapatkan pasokan darah yang mencukupi. Kulit akan berubah menjadi sangat pucat, bahkan warna kuku menjadi biru dan terlihat sangat putih pada bagian bawahnya. Kondisi ini menggambarkan bahwa jantung bengkak sudah menganggu aliran darah dalam tubuh dan harus segera mendapatkan pertolongan.

Bahaya Jantung Bengkak

  1. Gagal jantung yang merupakan kondisi yang sangat mengancam jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Gagal jantung bisa menyebabkan bagian ventrikel kiri jantung menjadi lebih besar kemudian, sistem otot jantung tidak bisa bekerja dengan baik. Gagal jantung akan membuat jantung tidak lagi bisa mengedarkan darah ke semua bagian tubuh.
  2. Pembekuan darah bisa menjadi kondisi kesehatan yang sangat berbahaya. Pembengkakan jantung akan menyebabkan pembekuan dan ini bisa mengancam nyawa ketika, darah yang membeku kemudian akan membuat organ tubuh tidak mendapatkan pasokan darah.
  3. Kematian mendadak adalah bahaya yang sangat fatal dari jantung bengkak. Jantung bengkak akan membuat jantung tidak bisa bekerja dengan baik yang ditandai dengan irama jantung yang tidak teratur. Pada beberapa kejadian sering menyebabkan penderita pingsan dan kematian.

Mengingat jantung bengkak memang memiliki resiko atau akibat yang sangat berbahaya, maka orang yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung harus waspada. Semua ciri atau gejala bisa muncul perlahan atau sangat cepat. Karena itu penderita kelainan jantung harus selalu menjalani gaya hidup sehat dan terus memeriksakan kondisi kesehatan jantung.

,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung